Menguak Kegilaan Orang Terkaya Dunia Pada Junk Food

Jakarta - Apa makanan kesukaan orang terkaya dunia, Bill Gates? Salah jika mengira ia hanya gemar santapan mahal. Pendiri Microsoft itu ternyata sangat gemar dengan burger.

Burger yang di Amerika Serikat masuk kategori junk food itu telah lama menjadi kesukaan Gates. Itu menurut penuturan orang yang dekat dengannya.

"Dia suka makan siang dengan burger. Jika Anda makan siang bareng sama dia, maka Anda juga makan burger, " kata Joe Cerrel, Managing Director Bill and Melinda Gates Foundation yang dikutip detikINET dari The Street.

Meski kadang istrinya Melinda tak setuju dengan makanan kurang sehat itu, Gates sering meminta dipesankan burger McDonalds. "Seseorang selalu akan mengantar kantong makanan McDonalds padanya," tambah Joe.

Tapi bukan burger McDonalds rupanya yang paling digemari Gates. Melainkan burger buatan salah satu franchise makanan di AS yaitu In N Out.

Bill pernah menyebut bahwa burger McDonalds atau Burger King memang enak. "Tapi burger In N Out sangatlah enak," katanya suatu ketika.

Dengan kekayaan USD 86 miliar, ternyata burger sudah cukup membuat Gates bahagia. Sahabatnya yang juga salah satu orang terkaya dunia Warren Buffet, kadang juga diajaknya makan burger di restoran cepat saji. (fyk/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xRMPcV
via IFTTT

Hari Kesaktian Pancasila Puncaki Tranding Topic Indonesia

Jakarta - Hari Kesaktian Pancasila menggema di dunia maya dan menjadi tranding topic nomor satu di Twitter Indonesia.

Pantauan detikINET pada Minggu siang (1/10/2017), banyak netizen di Tanah Air mengicaukan Hari Kesaktian Pancasila. Tidak saja berbentuk kata-kata, tapi juga lewat foto yang memperlihatkan kecintaan dan kesetiaannya pada Pancasila.

Seperti postingan akun resmi Gerakan Pramuka, @kwarnas, mereka memposting foto Pancasila lengkap dengan lima silanya di Pengunungan Alpen.

Sementara musisi Addie MS memposting video Mars Pancasila sembari menuliskan Selamat Merayakan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017.

Sementara sejumlah netizen menuliskan sejumlah harapannya dalam momen Hari Kesaktian Pancasila tahun ini.

"Selamat Hari Kesaktian Pancasila, NKRTI jaya selalu," tulis akun @luluk_Yulkie26.

"Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Ayi perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik," kata akun @ealysican (afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xGeQ7M
via IFTTT

Nextdev 2017 Incar Startup Daerah

Jakarta - Makassar jadi kota terakhir dalam pergelaran showcase Nextdev 2017 yang digawangi Telkomsel. Acara yang sudah masuk tahun ketiga ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 30 September - 1 Oktober 2017 bertempat di Trans Studio Mall, Makassar.

Di tahun ini, Nextdev fokus pada startup yang datang dari daerah-daerah di luar Jakarta. Salah satu caranya adalah mendatangi langsung wilayah bagian Indonesia Timur. Oleh karena itu, tahun ini adalah pertama kalinya Nextdev menyambangi kota Makassar.

"Makassar jadi kota spesial. Selama ini pemenang kebanyakan selalu datang dari ibukota, jadi kita ingin ada startup dari luar kota agar punya kesempatan yang sama dengan di Jakarta. Oleh karena itu kita bawa ini (Nextdev) di luar Jakarta agar semakin banyak lahir startup dari kota-kota di luar ibukota," ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati di sela-sela acara pembukaan Nextdev 2017 di Makassar.

Sebelumnya, Nextdev sudah digelar di berbagai kota, antara lain Medan, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Nextdev akan memilih 20 finalis. Tahun ini diklaim sudah ada 1.200 pendaftar yang berpartisipasi. Menurut Telkomsel, tiap tahunnya jumlah peminat Nextdev terus meningkat.

Nah, dari 5 kota terpilih tersebut, masing-masing kota akan diambil satu pemenang yang berhak mendapatkan tiket masuk ke 20 besar tanpa harus bersaing dengan ribuan pendaftar lainnya. Untuk mendapatkan tiket itu pun, mereka harus bersaing dengan startup lainnya yang berasal dari kota yang sama.

Nextdev 2017 Incar Startup DaerahFoto: Josina/detikINET

"Mereka bersaing dengam kotanya sendiri untuk mendapatkan 1 tiket masuk 20 besar. Jadi setiap 1 kota ada 10 finalis dari kota yang sama, kita ambil dari 1.200. Mereka yang kalah akan berkompetisi lagi di jalur reguler," terang Dita.

Jadi, pendaftar dari daerah tersebut harus bersaing ekstra untuk memperebutkan sisa 15 tiket lagi. Setelah dipilih 20 besar, mereka akan dikompetisikan lagi untuk 4 startup terbaik dari masing-masing kategori, yakni e-Health (kesehatan), e-Education (edukasi), e-Agriculture (agrikultur), dan e-Transportation (transportasi).

Diijelaskan oleh Dita, konsep Nextdev tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang awalnya hanya ajang kompetisi. Di tahun ini, setelah kompetisi, masing-masing finalis tahun ini maupun tahun lalu, akan dibina selama 6 bulan dengan nama NextAcademy.

"NextAcademy ini adalah wadah para finalis yang sudah terpilih untuk mengembangkan produknya dengan memberikan program mentoring, pendampingan, lalu membuka market serta mempertemukan dengan calon investor dan melihat peluang-peluang kolaborasi bisnis antara startup dengan Telkomsel," pungkasnya. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2yxPBkU
via IFTTT

Getty Images Tolak Foto Hasil Editan

Jakarta - Proses editing foto biasa dilakukan fotografer model iklan atau majalah. Karenanya, bantuan photoshop sangat dibutuhkan untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna mulai dari lekuk tubuh agar terlihat propsional.

Namun ternyata, hal lumrah ini banyak ditentang, karena dianggap bisa menciptakan ekspektasi yang tidak sehat bagi yang melihat dan tidak realistis.

Salah satu yang menentang hal tersebut adalah Getty Images salah satu perusahaan agen penyedia foto terbesar di dunia. Perusahaan yang berbasis di Seattle, Washington, Amerika Serikat ini mengumumkan, mulai 1 Oktober tidak akan lagi menerima kiriman foto model yang tubuhnya telah diedit-edit.

"Kami telah mengubah persyaratan penyampaian klaim materi iklan agar Anda tidak menyerahkan konten kreatif apapun yang menggambarkan model yang bentuk tubuhnya telah diedit sehingga membuatnya terlihat lebih kurus atau lebih besar," tulis Getty dalam pengumumannya seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Sabtu (30/9/2018)

"Harap dicatat bahwa perubahan lain pada model seperti perubahan warna rambut, bentuk hidung, memuluskan kulit dan menghilangkan noda, dan lain-lain, merupakan di luar undang-undang jadi hal tersebut masih bisa diterima," tambahnya.

Pengumuman tersebut dibuat bersamaan dengan undang-undang yang dibuat Prancis, di mana gambar yang digunakan untuk tujuan komersial harus dijelaskan apakah bentuk tubuh model tersebut asli atau tidak. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2x2568l
via IFTTT

'Zuckerberg Pakaiannya Buruk, Dia Seharusnya Malu'

Jakarta - Mark Zuckerberg, sang pendiri dan CEO Facebook, dikenal hampir selalu berpakaian santai. Kaos warna abu-abu dipadukan jeans adalah favoritnya. Banyak yang menganggapnya wajar, namun ternyata ada saja yang mengkritiknya.

"Kita sebuta saja Mark Zuckerberg berpakaian dengan buruk, dia seharusnya malu setiap kali tampil di publik," tulis Damon Beres, editor senior di media teknologi Mashable.

Damon sepertinya tak begitu suka dengan Zuck dan Facebook ciptaannya. Sebab Facebook menurutnya telah berperan memecah belah warga Amerika Serikat. Dan Zuck yang dinilainya selalu berpakaian asal-asalan dikatakannya sombong.

"Pakaiannya itu mengatakan bahwa dia lebih baik dari kita. Dia seharusnya lebih rendah hati. Tapi tidak demikian. Baru saja ia bertemu dengan gubernur. Dan dia terlihat seperti ba*****n," ketusnya.

"Kaosnya itu berarti kurang menghargai para pejabat di ruangan itu. Dan tentu saja Zuck tidak menghormati mereka. Dia mengira Facebook adalah solusi masalah terbesar dunia meski banyak bukti sebaliknya," ketus Damon.

"Kaos dan jeans Zuckerberg artinya seperti mengatakan, tak butuh mengesankan siapapun. Tapi mereka yang berpikir kritis tahu bahwa dia ini seorang anak dari dunia impian Silicon Valley yang tidak mengerti seperti apa orang dewasa dengan pakaian pantas," lanjutnya.

Damon juga menyoroti gaya pakaian santai Zuckerberg dengan Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg. Sheryl selalu berpakaian stylish dan mahal sehingga berkebalikan dengan Zuckerberg. Artinya ada standar yang berbeda antara pria dan wanita di Facebook.

"Itu adalah simbol dari sistem yang membiarkan pria bisa melakukan apapun sementara wanita dibedakan standarnya," demikian pendapat Damon. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2k90GGO
via IFTTT

'Iron Man' Tawarkan Transportasi Roket Antarnegara Kecepatan Fantastis

Jakarta - Elon Musk pendiri SpaceX dan Tesla yang kerap disebut sebagai 'Tony Stark' di dunia nyata kembali bikin heboh. Kali ini ia memamerkan teknologi yang membuat manusia bisa berpindah dari satu negara ke negara lain dengan kecepatan fantastis.

Memangnya seberapa fantastis sih? Sebagai contoh, dengan teknologinya ini, perjalanan dari New York, Amerika Serikat ke Shanghai, China bisa ditempuh dalam waktu 39 menit saja. Padahal jarak antara kedua kota itu mencapai 7.000 mil.

Musk juga mengklaim kalau orang bisa pergi ke mana saja di bumi dalam waktu kurang dari satu jam. Ada lagi yang bikin teknologi ini sangat menarik, yaitu tarifnya tak akan lebih mahal dari tiket pesawat terbang kelas ekonomi, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (29/9/2017).

Teknologi yang dipakai Musk untuk ini adalah sistem roket SpaceX yang sejatinya dipakai untuk mengantar manusia ke luar angkasa. Perbedaannya adalah roket ini tak akan melanjutkan perjalanan ke luar angkasa setelah melewati atmosfer bumi.

Jadi begitu si roket melewati atmosfer, ia akan kembali masuk ke dalam atmosfer namun dengan arah yang berbeda dari keberangkatannya. Ada beberapa rute yang dipamerkan oleh Musk, yaitu Hong Kong ke Singapura (22 menit), London ke Dubai atau New York (29 menit) dan Los Angeles ke Toronto (24 menit).

Semua hal yang dibicarakan di atas memang masih berupa sebuah teori, namun Musk berharap konstruksi roket yang ia maksud bisa dimulai dalam enam atau sembilan bulan ke depan. Untuk saat ini, kita baru bisa berandai-andai sambil melihat video yang diposting oleh Musk tersebut.

[Gambas:Youtube]

(asj/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2wnSpjH
via IFTTT

Video Blue Bird Akui Kesalahan Dipuji Netizen

Jakarta - Video iklan yang dikemas apik memang menarik ditonton, apalagi jika isi dan penyampaiannya berkesan. Salah satunya seperti yang ditampilkan Blue Bird dalam salah satu video iklannya.

Diposting di akun resmi Blue Bird di YouTube, video berjudul 'Blue Bird Berbenah untuk Berubah' sebenarnya merupakan video lama yang diupload sekitar setahun lalu.

Entah apa pemicunya, sejumlah netizen ramai membagikan video tersebut baru-baru ini. Namun jika dilihat, pesan yang disampaikan dalam masih relevan, terkait persaingan transportasi online dan konvensional yang semakin ketat.

Berdurasi dua menit tujuh detik, video ini dibuka dengan memperkenalkan CEO of Blue Bird Group Holding Noni Purnomo yang menjadi narator keseluruhan video.

"Kami sadar betul, ada masanya kami seperti tuli dan buta akan zaman yang terus berubah. Bahwa kami lamban dan pelan melihat ke luar jendela dunia yang bergerak begitu cepat. Tapi sebenarnya kami sedang belajar mendengar dan belajar untuk berubah. Kami masih kawan sama yang selama ini kamu andalkan," tutur Noni.

Alur cerita mengalir, menampilkan para driver Blue Bird dan keseharian mereka saat bertugas, diiringi setiap penggalan kalimat yang dinarasikan sang CEO.

Video ini sepertinya sukses membuat sebagian besar netizen yang menonton video tersebut tersentuh dan bersimpati memuji keberanian perusahaan taksi tersebut mengakui kekurangan.

"Salah satu syarat menyelesaikan masalah adalah kita menyadari bahwa kita memiliki masalah.... good job blue bird, mari berlari bersama :))," komentar akun Kaka Mama.

"Karena tidak semua yg salah, sudi mengaku kalah. Dan bagusnya yg kalah, mau untuk berbenah. bersaing lg secara sehat. Smoga bluebird dapat memakmurkan para drivernya," harap akun Nickmal Maulan Hakim.

"Keren,karena salah satu sikap untuk menjaga kesuksesan di puncak itu adalah sikap rendah hati dan selalu ingin belajar tuk jadi lebih baik. Good luck untuk pembenahannya," sebut Raymondhioe

Di antara viewers, banyak juga yang tak ragu memuji kemasan video iklan itu sendiri dan mengacungkan jempol.

"Great job for the video.. Jarang sekali liat sebuah company yang kasih video jujur and menunjukkan proses.. Ditunggu perkembangannya, semoga bisa bertanding dengan bisnis bisnis yang ada.. Great job for the video, true advertising," puji Daniel Yahya.

"Tepuk tangan untuk copy writer-nya!," tulis Agusthya disertai emoticon tepuk tangan.

Selain itu, beberapa netizen juga menyampaikan kritikan dan masukan kepada Blue Bird melalui komentar di video ini.

"Iklan yang bagus. Dimaafkan kesalahannya tetapi masih ditunggu arah dan program nyatanya. Karena baru-baru ini saya mendapat cerita dari teman-teman kalau driver-nya sekarang suka muter2in jalan karena masih kalah dengan taksi online," kata Ray Pradana.

"Menurut gw, perubahan yg paling penting ya argonya," komentar Idhamok.

"Yang terpenting harga bisa bersaing dengan grab dkk.. pasti bisa bersaing sehat akhirnya :)," kata Michael Agustinus.

Berbicara persaingan transportasi online dan konvensional, pamor Blue Bird sebagai penyelenggara layanan transportasi besar sedikit banyak memudar dengan kehadiran transportasi via aplikasi seperti Uber, Go-Jek dan Grab.

Tahun lalu, gesekan antara transportasi online dan konvensional sempat memanas yang diperparah dengan aksi demonstrasi besar-besaran para sopir Blue Bird.

Nama besar yang dibangun Blue Bird sejak lama, anjlok seketika dan perusahaan berlogo burung biru ini menjadi bulan-bulanan di media sosial. Blue Bird pun berupaya membangun kembali reputasinya. Berikut adalah video yang ramai dikomentari tersebut.

(rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2yKaoCJ
via IFTTT

Apple Music Tebar Ancaman ke Spotify

Jakarta - Setelah dua tahun diluncurkan, kini Apple Music telah mencapai separuh jumlah pelanggan yang dimiliki 'raja' layanan streaming musik, Spotify. Jimmy Iovine, yang mengepalai Apple Music, mengatakan kepada Billboard bahwa jumlah user mereka sudah menyentuh angka 30 juta.

Apple Music memang terus menampilkan pergerakan jumlah pelanggan yang signifikan. Mulai diluncurkan pada Juni 2015, mereka telah mencapai angka 10 juta subscribers pada Januari 2016. Kemudian, pada Desember 2016, jumlah user Apple Music sudah menembus 20 juta.

Sedangkan Spotify, yang menginjak usia ke 8 tahun ini, mengaku sudah memiliki 60 juta subscriber di seluruh dunia pada Juli lalu. Jumlah tersebut meningkat 20% dari Maret yang hanya 50 juta user.

Selain membuntuti dari sisi jumlah users, pertumbuhan subscriber Apple Music juga makin mendekati Spotify. Apple Music mencatatkan rata-rata 15 juta pelanggan tiap tahunnya, sedangkan Spotify menorehkan 20 juta pelanggan tiap tahunnya. Pertumbuhan ini mengacu dalam dua tahun terakhir ketika Apple Music mulai didirikan.

Popularitas dan persaingan yang tinggi diantara keduanya membuat mereka terhitung menyumbang, sampai saat ini, sebesar 62% dari pendapatan di industri musik pada 2018.

Jimmy Iovine mengatakan, ini masih tahap awal bagi Apple Music. Ia percaya bahwa mereka mampu menyalip Spotify dalam beberapa tahun ke depan karena sumber daya yang dimiliki Apple nyaris tidak terbatas.

Kini, lanjut Jimmy Iovine, mereka tengah meningkatkan pelayanan untuk mendekatkan hubungan antara para musisi dengan fans mereka melalui konten eksklusif seperti video dokumenter, wawancara khusus, hingga iklan yang lebih menarik.

"Saya pikir layanan streaming saja tidak cukup. Harus ada pendekatan yang lebih terhadap artis dan penggemarnya. Kami punya rencana besar dan butuh waktu untuk merealisasikannya. Saya rasa memang mustahil untuk melakukan itu semua hanya dalam dua tahun," katanya, seperti dikutip detikINET dari Financial Times. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2k9xZt5
via IFTTT

Facebook Dikritik Donald Trump, Ini Balasan Zuckerberg

Jakarta - CEO Facebook Mark Zuckerberg membantah tudingan bahwa jejaring sosialnya berperan dalam kampanye Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS) dan menjawab tuduhan dirinya melawan atau anti Donald Trump.

Bantahan ini dikemukakan Zuckerberg, menyusul terungkapnya sejumlah akun palsu oleh Facebook, yang diduga didanai pihak tertentu di Rusia selama kampanye Pilpres yang berujung pada kemenangan Trump di 2016.

Dalam postingan di akun Facebook-nya, pria yang akrab disapa Zuck ini menyebutkan, Trump dan kelompok liberal sama-sama kecewa dengan konten dan ide yang berseliweran di Facebook selama masa kampanye.

"Seperti itulah menjalankan sebuah platform yang menampung semua ide," kata Zuck.

Dia menambahkan, kampanye Pilpres AS di 2016 merupakan yang pertama kalinya ketika internet menjadi strategi utama para kandidat berkomunikasi dan berusaha menarik minat para pemilih.

Hal ini dinilainya sangat bagus. Pasalnya, interaksi kandidat dan para pendukungnya di internet dan media sosial mampu memancing para calon pendukung untuk berpartisipasi untuk memilih dalam Pilpres.

Di postingan yang sama, Zuck sekaligus menyesalkan karena setelah masa Pilpres berakhir, beredar luas opini yang menyebutkan banyaknya salah informasi di Facebook yang berkontribusi pada hasil Pilpres. Komentar ini menurutnya meremehkan.

Sebelumnya, Trump menyerang Facebook dengan mengutarakan kritikan pada raksasa jejaring sosial tersebut melalui Twitter. Twitter memang menjadi favorit sang presiden dalam mengeluarkan beragam pendapatnya atau pengumuman tertentu. Trump menuding Facebook sangat anti dengan dirinya.

"Facebook selalu anti Trump. Jejaring itu selalu anti dengan Trump," tulisnya di Twitter.

Mengapa Trump meradang pada Facebook? Rupanya karena situs besutan Mark Zuckerberg itu akan menyerahkan sebanyak 3.000 iklan politik pada parlemen AS. Iklan itu diduga didanai oleh pihak tertentu di Rusia selama kampanye Pilpres.

Rusia selama ini memang dicurigai turut membantu Trump menjadi presiden AS melalui aktivitas di dunia cyber. Dugaan yang selalu dibantah oleh Trump, demikian juga oleh otoritas Rusia.

Facebook menjadi bagian dari investigasi anggota parlemen dan Departemen Kehakiman AS mengenai masalah tersebut dan diminta memberi kesaksian. Namun belum diketahui apakah Zuck yang akan datang dalam kesaksian tersebut, atau eksekutif Facebook lainnya.

Anggota parlemen dan Departemen Kehakiman AS yang sedang menginvestigasi masalah tersebut meminta jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter terbuka dan mau bekerja sama. "Publik berhak mengetahuinya," tutur Adam Schiff, politisi Partai Demokrat.

Trump sendiri memang sering tidak akur dengan Mark Zuckerberg dan kadang berseberangan pendapat. Ada dugaan pula Zuckerberg berniat menantang Trump di Pilpres AS mendatang. (rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2hyZXh9
via IFTTT

Digital Challenge 2017, Cara Developer Dukung Asian Games 2018

Jakarta - Dengan waktu penyelenggaraannya yang semakin dekat, pemerintah semakin gencar untuk melakukan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Pemerintah mengharapkan masyarakat untuk merasakan euforia ajang tersebut sekaligus menggemakan nama Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus – 2 September tahun depan.

Maka dari itu, Direktorat Jenderal APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang bekerjasama dengan Ericsson menyelenggarakan Digital Challenge 2017, sebuah kompetisi pembuatan aplikasi digital, dengan tema "Feel The Experience Being Connected in 18th Asian Games 2018".

Pada Kamis (28/9/2017), bertempat di Ruang Anantakupa, Gedung Depan Kemkominfo, dilangsungkan Final Digital Challenge 2017 dengan enam kontestan turut berkompetisi dalam acara tersebut. Mereka terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Smart City Digital Service dan Sport Digital Experience.

Dari hasil rundingan panel juri, terpilih pemenang untuk masing-masing kategori, yaitu I Wayan Dharmana dan Adithya Harun Tular lewat aplikasi Games Connect: Asian Games 2018 untuk kategori Smart City Digital City. Sedangkan kategori Sport Digital Experience dimenangkan oleh Najib Abdillah melalui aplikasi bernama JKTPLM 2018.

"Mereka terpilih berdasarkan inovasi didalamnya, user friendly dan user experience yang ditampilkan, serta impact yang besar bagi seluruh stakeholder event sehingga mereka merasa butuh untuk dowload aplikasi tersebut," tutur Sigit Permana, selaku Director of Government Relations Ericsson

Sementara para pemenang menyebut kalau aplikasi besutannya masih akan terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan akan Asian Games 2018. Terutama dalam tujuannya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi delegasi peserta Asian Games 2018, sekaligus untuk makin memperkenalkan wisata Indonesia ke kancah global.

"Nanti akan expand ke sisi tourism soalnya Indonesia kaya banget tujuan wisata," ujar I Wayan Dharmana.

"Kalau saya akan lebih fokus ke sektor IoT (Internet of Things) untuk menghadirkan user experience yang lebih baik lagi," kata Najib Abdillah.

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fVcd82
via IFTTT

Digital Challenge 2017 Jadi Cara Developer Dukung Asian Games 2018

Jakarta - Dengan waktu penyelenggaraannya yang semakin dekat, pemerintah semakin gencar untuk melakukan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018, yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Pemerintah mengharapkan masyarakat untuk merasakan euforia ajang tersebut sekaligus menggemakan nama Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 18 Agustus – 2 September tahun depan.

Maka dari itu, Direktorat Jenderal APTIKA Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang bekerjasama dengan Ericsson menyelenggarakan Digital Challenge 2017, sebuah kompetisi pembuatan aplikasi digital, dengan tema "Feel The Experience Being Connected in 18th Asian Games 2018".

Pada Kamis (28/9/2017), bertempat di Ruang Anantakupa, Gedung Depan Kemkominfo, dilangsungkan Final Digital Challenge 2017 dengan enam kontestan turut berkompetisi dalam acara tersebut. Mereka terbagi ke dalam dua kategori, yaitu Smart City Digital Service dan Sport Digital Experience.

Dari hasil rundingan panel juri, terpilih pemenang untuk masing-masing kategori, yaitu I Wayan Dharmana dan Adithya Harun Tular lewat aplikasi Games Connect: Asian Games 2018 untuk kategori Smart City Digital City. Sedangkan kategori Sport Digital Experience dimenangkan oleh Najib Abdillah melalui aplikasi bernama JKTPLM 2018.

"Mereka terpilih berdasarkan inovasi didalamnya, user friendly dan user experience yang ditampilkan, serta impact yang besar bagi seluruh stakeholder event sehingga mereka merasa butuh untuk dowload aplikasi tersebut," tutur Sigit Permana, selaku Director of Government Relations Ericsson

Sementara para pemenang menyebut kalau aplikasi besutannya masih akan terus dikembangkan demi memenuhi kebutuhan akan Asian Games 2018. Terutama dalam tujuannya memberikan pengalaman yang lebih baik bagi delegasi peserta Asian Games 2018, sekaligus untuk makin memperkenalkan wisata Indonesia ke kancah global.

"Nanti akan expand ke sisi tourism soalnya Indonesia kaya banget tujuan wisata," ujar I Wayan Dharmana.

"Kalau saya akan lebih fokus ke sektor IoT (Internet of Things) untuk menghadirkan user experience yang lebih baik lagi," kata Najib Abdillah.

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2k7c3Pm
via IFTTT

Peluncuran Vivo V7+ Ramaikan Twitter

Jakarta - Peluncuran ponsel terbaru Vivo, yakni V7+ digelar megah dan tayang serentak di sembilan stasiun televisi. Peluncuran ini mengundang komentar netizen di jagat media sosial Twitter.

Dari pantauan detikINET, hashtag #VivoV7Plus bertengger di posisi nomor satu trending topic Twitter di Indonesia. Berbagai macam cuitan netizen menghiasi trending topic ini.

"Keren Live 9 stasiun Tv artisnya juga keren keren #VivoV7Plus," cuit akun @YuliantinL*a.

"Yahh abis Acaranya ;( keren w acungin Jempol WOW BANGET ini malam yg Seru Thanks udh Undang My Idol @agnezmo #VivoV7Plus," cuit akun @uc*cimilikiti.

Adapula netizen yang takjub melihat peluncuran besar-besaran ini. "Gile hampir semua stasiun tipi nyiarain acara ini #VivoV7Plus," kicau akun @ala*syahh17.

Peluncuran bertajuk Perfect Moment ditayangkan serentak di sembilan stasiun televisi nasional. Peluncuran ditayangkan selama kurang lebih selama 90 menit.

Vivo V7+ punya keunggulan di layar FullView tanpa bingkai dengan aspek rasio 18:9. Layar 5,99 inch yang diusung punya resolusi 1.440 x 720 pixel, dengan tipe panel IPS.

Perangkat ini juga menjadikan sektor kamera utama 16 megapixel dan kamera depan 24 megapixel sebagai jualannya. Dapur pacunya mengusung prosesor octa core Snapdragon 450 dengan kecepatan 1,8 GHz dan RAM 4 GB.

Otak ini didukung kapasitas penyimpanan internal 64 GB yang bisa ditambah dengan microSD. Soal baterai, kapasitas yang dipakai adalah 3.225 mAh. Harganya dibanderol Rp 4.699.000. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2yaEP8a
via IFTTT

JD Ikut-ikutan Amazon Mau Kirim Barang Pakai Drone

Jakarta - Amazon punya proyek ambisius untuk mengirimkan barang pesanan menggunakan drone. Tapi kini langkah tersebut akan diikuti oleh JD.

Bedanya, salah satu e-commerce terbesar di China ini tak sendirian. JD kabarnya telah menjalin kerjasama dengan Nvidia untuk menyiapkan drone pengantar barang. Perangkat nirawak ini rencananya dikembangkan di bawah JD X, lab inovasi kepunyaan JD.

Menariknya lagi, drone yang disiapkan tak hanya satu, tapi dua sekaligus dan masing-masing memiliki fungsi spesifiknya sendiri-sendiri. JD X menamainya sebagai JDrone dan JDrove.

Jadi JDrone disiapkan untuk menangani pengiriman lewat udara, sementara JDrover lewat darat. Sedangkan campur tangan Nvidia terletak pada platform yang diusung bertajuk Jetson. Platform ini merupakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk navigasi.

Seperti dikutip detikINET dari Tech Crunch, Kamis (28/9/2017), platform Jetson memungkinkan Jdrover menjelajah jalanan sembari mengenali kepadatan lalu-lintas. Bahkan JDrover juga akan bisa mematuhi rambu-rambu dan lampu lalu-lintas.

JD Ikut-ikutan Amazon Mau Kirim Barang Pakai DroneJDrover. Foto: istimewa

Di sisi lain, JDrone menjanjikan kecepatan terbang hingga 100 kpj dan mampu membawa beban seberat 28 kg. Namun JD juga disebut tengah menyiapkan JDrone yang bisa mengangkut beban sampai 199 kg.

Dalam rencananya, JD berharap bisa ada satu juta JDrone yang melayang dalam lima tahun ke depan. Tak hanya untuk melakukan pengiriman barang, JDrone nantinya juga akan digunakan untuk misi penyelamatan, pengiriman obat-obatan, bahkan untuk menebar pupuk.

JD juga mengklaim kehadiran JDrone kelak bakal memangkas biaya ekspedisi hingga 70% dibanding yang konvensional.

Selain JD, rencana penggunaan drone untuk pengiriman barang juga sedang digarap oleh sejumlah perusahaan. Tercatat ada Google, Amazon, Walmart, dan Rakuten.

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2hzAmEB
via IFTTT

Driver Keluhkan Laporan Keuangan, Grab: Kami Transparan

Jakarta - Sejumlah mitra driver Grab, baik ojek maupun taksi online, mengeluhkan laporan keuangan yang kurang transparan. Lantas, bagaimana tanggapan Grab?

Marketing Director Grab Indonesia Mediko Azwar mengatakan, pihaknya berupaya membuat laporan perjalanan mitra driver secara transparan. Sebab salah satu dari empat pilar utama Grab adalah mempermudah mitra pengemudi mendapatkan secara rutin laporan hasil perjalanan mereka.

"Sehingga, mitra bisa mempertanggungjawabkan untuk diri sendiri maupun keluarga," kata Mediko usai peresmian Grab Driver Center di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Dijelaskan lebih rinci oleh Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. Saat ini di aplikasi yang digunakan oleh mitra driver telah ditambahkan fitur baru bernama statement. Di bagian itu semua dibeberkan secara terperinci.

"Di situ jelas sekali, pemotongan pajak pun jelas, komisi, alasan kenapa terkena pemotongan. Kita semua jelaskan di situ," kata Ridzki di tempat yang sama.

Jika mitra driver masih kurang sreg dengan hasil laporan, mereka bisa mendatangi driver center hub, di antaranya di Plaza Maspion (GrabCar) dan Bendungan Hilir (GrabBike).

"Nanti mitra driver dijelaskan lagi. Pokoknya semua transparan," pungkas Ridzki. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fr77jj
via IFTTT

Grab Ajak Istri Mitra Driver Jadi Pengusaha

Jakarta - Grab berupaya meningkatkan kesejahteraan keluarga mitra driver. Salah satu yang dilakukannya dengan mengajak istri mitra jadi entrepreneur alias pengusaha.

Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan pihaknya punya misi untuk memperbaiki taraf hidup mitra driver. Cara yang ditempuh adalah dengan mengandalkan teknologi.

Pertama membuat pemasukan lebih tinggi. Mereka membuat sistem booking marathon, jadi pengemudi bisa mendapatkan order baru 5-10 menit sebelum pengantaran selesai.

Selain itu terdapat layanan GrabShare yang bisa menambah pemasukan. Ada pula pemetaan daerah yang sedang melonjak tarifnya.

Grab membuka bagi peluang bagi mitra pengemudi GrabCar untuk mendapatkan penghasilan lebih besar. Mitra pengemudi dapat mengakses pendapatan baru melalui aplikasi Kudo dengan menjadi agen bagi dirinya sendiri dan menjual barang secara online kepada konsumen.

"Jika mitra menawarkan top-up ke pelanggan, mereka bisa mendapat casback diskon 10% pembelian bahan bakar," kata Ridzki saat acara peluncuran Grab Driver Center di Plaza Maspion, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Tidak sampai di situ upaya Grab. Perusahaan yang berasal dari Malaysia itu juga mengajak istri dari mitra menjadi entrepreneur.

Pihak Grab melihat banyak istri dari mitra driver tidak bekerja. Agar lebih produktif, mereka bisa jadi agen Kudo.

"Transaksi tidak hanya dijalankan mitra saja, tapi sama istri mereka di rumah. Bisa menjadi family entrepreneur," kata Ridzki.

Grab akan memberikan sejumlah pelatihan bagi para istri mitra sehingga bisa sukses menjadi entrepreneur.

"Dari pada ngecekin suaminya ke mana nganter penumpang, lebih baik produktif untuk menambah income keluarga," pungkas Ridzki. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2k0kETQ
via IFTTT

Kabel Optik Bawah Laut Microsoft dan Facebook Selesai Dibangun

Jakarta - Pada 2016, Microsoft dan Facebook bekerja sama membangun kabel bawah laut melintasi Samudra Atlantik. Kini, kabel optik bernama Marea itu selesai dibangun.

Marea yang dalam bahasa Spanyol artinya gelombang, melintasi Samudra Atlantik, menghubungkan pantai Virginia, Amerika Serikat, dengan Bilbao, sebuah kota di utara Spanyol. Kabel bawah laut itu sendiri panjangnya sekitar 4 ribu mil, dengan berat 10 juta pon.

Setelah selesai dibangun, Marea bakal memberikan bandwidth sebesar 160 terabits/detik. Pembangunannya sendiri hanya membutuhkan waktu kurang dari dua tahun, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Rabu (27/9/2017).

Hal menarik dari Marea sebenarnya bukan itu, melainkan desainnya yang terbuka. Hal ini memang disengaja oleh Microsoft dan Facebook, yang membuatnya agar bisa berevolusi sesuai dengan perubahan teknologi yang ada. Kabel ini nantinya membutuhkan jalur data lebih besar dan lebih cepat.

Meski dibangun oleh Microsoft dan Facebook, perusahaan yang akan mengurus kabel ini adalah Telxius, sebuah divisi di Telefonica, perusahaan telekomunikasi asal Spanyol. Nantinya, kapasitas jalur data dari Marea ini juga akan dijual ke perusahaan lain. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fy6ec7
via IFTTT

WhatsApp, Raksasa Dunia yang Ditolak China

Jakarta - WhatsApp adalah layanan messaging terbesar di dunia. Bayangkan saja, jumlah pengguna aktif terakhirnya mencapai 1 miliar. Itu menurut data Facebook, sang induk perusahaan.

Popularitas WhatsApp seakan menenggelamkan layanan sejenis yang lain, misalnya BlackBerry Messenger (BBM) yang sempat berjaya pada masanya.

Memang sejak berdirinya di tahun 2009 sampai sekarang, WhatsApp seakan tak terbendung karena kemudahan penggunaan, keamanannya, dan juga bebas iklan.

Seperti diketahui, WhatsApp didirikan oleh duet Jan Koum yang sekarang menjabat CEO bersama sahabatnya, Brian Acton.

Berkali-kali kisah hidup Koum diceritakan karena memang menginspirasi, dia lahir dan dibesarkan di sebuah desa di Ukraina, sebuah negara di Eropa Timur yang saat ini dilanda prahara politik.

Tahun 1990 ketika Koum berusia 16 tahun, ia dan sang ibu berimigrasi ke Mountain View, Amerika Serikat. Langkah ini dipandang paling aman karena gejolak politik dan gerakan anti Yahudi makin besar di Ukraina.

Ayahnya berencana segera menyusul, namun sayangnya tidak pernah kesampaian. Ia meninggal dunia di tahun 1997.

Di Amerika Serikat, keadaan Koum dan ibunya tidak serta-merta membaik. Mereka masih hidup kekurangan. Ibunya bekerja sebagai pengasuh bayi dan Koum kadang menyapu toko untuk mendapat upah.

Begitu miskinnya mereka sehingga harus hidup dengan makanan subsidi pemerintah. Mereka tinggal di apartemen dengan dua kamar tidur yang juga dibiayai pemerintah AS. Cobaan kembali datang setelah ibu Koum didiagnosa menderita kanker. Sang ibu akhirnya meninggal dunia di tahun 2000.

WhatsApp, Raksasa Dunia yang Ditolak ChinaInfografis WhatsApp

Kelahiran WhatsApp

Tapi beruntung, Koum dianugerahi otak yang pintar. Dia diterima di Yahoo di mana saat itulah, Koum bertemu dengan Acton. September 2007 dengan berbagai pertimbangan, Koum dan Acton sepakat meninggalkan Yahoo. Selama setahun, mereka bersenang senang dan berwisata ke Amerika Selatan.

Pada 24 Februari 2009, Koum mendirikan perusahaan WhatsApp Inc di California. Saat itu, layanan messaging populer yang menjadi pesaing hanya BlackBerry Messenger (BBM), namun kelemahannya terbatas hanya bisa digunakan di BlackBerry.

WhatsApp: Raksasa Dunia yang Ditolak ChinaBrian Acton dan Jan Koum. Foto: istimewa

Potensi WhatsApp membuat Acton semakin tertarik. Ia berhasil menarik pendanaan dari lima orang mantan karyawan Yahoo senilai USD 250 ribu.

Acton pun bergabung secara resmi dan bersama Koum, mereka memiliki saham WhatsApp sampai 60%. WhatsApp pun kemudian dibuat untuk bermacam platform populer termasuk iPhone, Android dan BlackBerry.

Desember 2009, WhatsApp untuk iPhone bisa dipakai untuk mengirim foto. Kemudian semenjak itu, pertumbuhan user WhatsApp tak terbendung. Awal tahun 2011, WhatsApp sudah masuk top 20 aplikasi di App Store Amerika Serikat.

Potensi WhatsApp yang luar bisa membuat Facebook dan Google berebut meminangnya. Akhirnya, para pendiri WhatsApp setuju dibeli Facebook senilai USD 19 miliar.

Ditolak China

Tapi tak semua wilayah dapat ditaklukkan WhatsApp sekalipun sudah ada Facebook sebagai pendukung yang sangat kuat. WhatsApp baru saja diblokir sepenuhnya di China. Setelah tak bisa berkirim foto dan video, kini layanan messaging milik Facebook itu pun tak lagi bisa berkirim pesan teks.

Pemblokiran terhadap WhatsApp ini dilakukan setelah pemerintah China meningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan proteksi yang ketat.

Dengan demikian, Facebook pun benar-benar dibuat mati kutu. Pasalnya, WhatsApp adalah layanan terakhir milik mereka yang mampu menembus tembok China setelah Facebook diblokir sejak 2009 lalu. Instagram pun demikian.

WhatsApp: Raksasa Dunia yang Ditolak ChinaWeChat. Foto: Brent Lewin/Bloomberg

Memang tidak ada kesulitan berarti bagi China mengenyahkan WhatsApp dari negaranya. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu ini tidak memiliki ketergantungan besar terhadap WhatsApp karena punya aplikasi chat sendiri yang lebih berjaya di negerinya.

WeChat, nama aplikasi chat tersebut, kepopulerannya di China melebihi WhatsApp. Sebagai aplikasi chat nomor satu di China, layanan yang dikembangkan oleh Tencent ini seolah sudah menjadi bagian dari keseharian pengguna smartphone China.

Dengan beragamnya layanan yang disediakan WeChat, aplikasi ini tak hanya digunakan warga lokal untuk chat, melainkan juga untuk bermedia sosial, belanja online, bermain game, mengakses berita dan hiburan, sampai melakukan pembayaran non tunai.

WeChat saat ini adalah salah satu aplikasi pesan instant dengan pengguna aktif bulanan terbesar di dunia. Sejak dirilis pada 2011, WeChat kini punya lebih dari 963 juta pengguna aktif setiap bulannya.

(fyk/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fqOKuQ
via IFTTT

Begini Cara Grab Manjakan Mitra Driver

Jakarta - Bagi perusahaan ride sharing, driver punya peran yang sama pentingnya dengan pelanggan. Sadar akan hal itu, Grab pun coba memanjakan mitra drivernya dengan sejumlah cara.

Perusahaan asal Malaysia ini baru saja membuka kembali driver center di Gedung Maspion Plaza, Jakarta. Dengan tampilan baru, Grab Driver Center (GDC) diharapkan dapat memberikan kenyamanan saat mitra pengemudi GrabCar berkunjung.

"Ini salah satu komitmen dari Grab, bahwa kami selalu mendengarkan segala masukan dari mitra pengemudi. Bukan hanya mendengar, tapi kami memperbaiki," kata Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia saat acara peresmian, Jakarta, Rabu (27/9/2017).

"Mudah-mudahan bisa jadi milestone bagi Grab dan mitra driver. Kami yakin layanan yang baik dari Grab ke mitra pengemudinya akan membuat layanan yang terbaik dari mitra pengemudi ke pelanggan," imbuhnya di Gedung Maspion Plaza.

Ini Cara Grab Manjakan Mitra DriverFoto: detikINET/Adi Fida Rahman

Di GDC, mitra pengemudi mendapat pelayanan secara langsung. Dengan demikian, beragam keluhan mereka langsung tertangani.

Bagi mitra driver yang berprestasi atau disebut Top Partner, mereka mendapatkan perlakuan khusus. Mulai dari line khusus saat di customer service hingga diskon pembelian merchandise.

Selain dari fasilitas fisik, Grab memanjakan mitra GrabCar dengan sejumlah inisiatif baru. Kini di aplikasi mitra terdapat laporan pendapatan mitra pengemudi.

"Kami buat sangat transparan. Sampai potongan-potongan terkecil pun ditampilkan," kata Ridzki.

Selain itu, mitra pengemudi kini diberikan fitur ulasan perjalanan, sehingga mereka dapat melaporkan perilaku pelanggan selama perjalanan.

Tidak ketinggalan, Grab menghadirkan program umroh dan bantuan pendidikan. Khusus mitra driver yang masuk dalam Top Partner, mereka mendapatkan asuransi kesehatan.

"Mendapat asuransi kesehatan itu sulit karena harus menjadi karyawan dalam perusahaan. Tapi bagi Top Partner dan keluarganya akan mendapat asuransi kesehatan," kata Ridzki. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2ys6FZp
via IFTTT

Cerita di Balik Foto Selfie Ronaldo Jadi Karyawan Indomaret

Jakarta - Dunia sosial media, khususnya Facebook dan Instagram, dibuat ramai dengan beredarnya foto-foto editan yang kocak. Mulai dari Cristiano Ronaldo jadi kasir Indomaret, rapper Kanye West jadi tukang sate hingga penyanyi Bruno Mars jadi tukang becak.

Foto editan itu ternyata ulah seorang pria bernama Indra Nurul Hakim asal Jakarta. Ia tak menyangka bahwa hasil fotonya yang bermula dari keisengan, ternyata mendapatkan respons positif bahkan menjadi viral di internet.

Followernya pun bertambah banyak, hingga ribuan.

Kisah Dibalik Editan Foto Kocak Ketika Ronaldo Berseragam KasirFoto: Dok. Indra Hakim

"Bingung kok bisa padahal awalnya followers cuma 600-an. Ini cuma iseng-iseng saja, karena gak bakat selfie jadi pakai foto seleb saja," ujarnya saat berikirim pesan dengan detikINET, Rabu (27/9/2017).

Diceritakan Indra, beragam profesi di Indonesia seperti tukang becak, tukang sate, tukang bengkel, menjadi inspirasi dia untuk dijadikan bahan editan fotonya, yang kemudian ia tambahkan dengan wajah artis ternama dari luar negeri.

Kisah Dibalik Editan Foto Kocak Ketika Ronaldo Berseragam KasirFoto: Dok. Indra Hakim

"Saya melihat di Indonesia ini banyak yang memandang rendah profesi kalangan bawah. Makanya, awalnya saya buat artis luar negeri alih profesi menjadi profesi yang ada di Indonesia," ujar lulusan Desain Komunikasi Visual ini.

Sejak duduk di bangku SMA, tahun 2004 silam, ia sudah mulai belajar edit foto secara otodidak. Indra mengatakan, editan foto tersebut hanya menggunakan aplikasi software Adobe Photoshop. Lalu bahan fotonya ia ambil sembarang dari Google.

Diakui Indra, hal tersulit membuat editan foto seperti ini adalah bagaimana menyesuaikan angle, warna, dan idenya, untuk jadi satu foto. Untuk mengedit satu foto, waktu yang dibutuhkan olehnya tidak tentu. Tergantung tingkat kesulitannya.

"Nggak tentu, ada yang berjam-jam, ada yang tidak sampai sejam, ada juga yang sampai berhari-hari," tambahnya yang saat ini bekerja sebagai Senior Graphic Designer (web).

Indra pun berbagi tips bagi pemula yang ingin belajar Photosop. Ia mengibaratkan Photoshop itu bagai sebagai sebuah game yang jika dimainkan pasti lebih menyenangkan.

"Anggap saja Photoshop itu game. Edit foto itu sebagai misinya. karena kita anggap itu game pasti lebih menyenangkan untuk dimainkan. Intinya sering main Photoshop, jangan takut dikomentarin. Saya banyak belajar dari komentar orang, jadi saya tahu di mana kesalahan saya," pungkasnya.

(jsn/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2ys1cBV
via IFTTT

132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila Medsos

Jakarta - Laporan Tetra Pak Index 2017 yang belum lama diluncurkan, mencatatkan ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial, atau berkisar di angka 40%.

Angka ini meningkat lumayan dibanding tahun lalu, di 2016 kenaikan penguna internet di Indonesia berkisar 51% atau sekitar 45 juta pengguna, diikuti dengan pertumbuhan sebesar 34% pengguna aktif media sosial. Sementara pengguna yang mengakses sosial media melalui mobile berada di angka 39%.

Mengusung tema 'The Connected Consumer', edisi ke-10 dari Tetra Pak Index ini memang menggali lebih jauh dunia digital dan konsumen online.

Kembali ke 2017, Tetra Pak Index juga mengungkap bahwa tercatat ada lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan media sosial tiap bulannya. Di mana 85% di antaranya mengakses sosial media melalui perangkat seluler.

"Pengguna internet di Indonesia didominasi oleh generasi millennial dan generasi Z; generasi yang lahir di era digital, dimana smartphone dan belanja online sudah menjadi bagian dari keseharian mereka. Brand yang ingin terlibat dengan konsumen yang serba terhubung ini perlu memahami hal apa yang mendorong mereka, dan bagaimana menciptakan pengalaman menarik bagi brand, yang bisa dirasakan baik secara online dan offline," ujar Gabrielle Angriani, Communications Manager Tetra Pak Indonesia, dalam keterangannya.

"Sosial media memiliki pengaruh besar dalam pertumbuhan bisnis, khususnya bisnis berbasis online di Indonesia. Konten buatan pengguna (user generated content) menjadi semakin penting pada era digital sekarang, yang menyumbang 65% waktu penggunaan media untuk rata-rata konsumen secara global. Selain itu, ulasan konsumen independen menjadi hal kedua terpenting yang dapat mempengaruhi proses pemasaran suatu produk. Mengacu pada Tetra Pak Index 2017, Super Leader --istilah yang diberikan untuk influencer dengan engagement tinggi-- juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penetrasi brand di pasar," imbuhnya.

Super Leader merupakan konsumen terhubung yang paling aktif dan berpengaruh secara global dan 98% mengatakan bahwa mereka 'terus terhubung' sepanjang hari.

Tersebar di seluruh dunia dan memiliki porsi sebesar 7% (atau sekitar 250 juta dari 3,6 milliar konsumen yang terhubung secara global) dari jumlah total populasi online, Super Leader biasanya adalah pengadopsi paling awal, influencer, dan juga trendsetter.

Super Leader biasanya akan melakukan posting komen dan gambar atau foto, dengan tujuan untuk menceritakan pengalaman mereka. Konsumen yang terhubung biasanya akan lebih mempercayai mereka dibandingkan dengan konten marketing, khususnya menyangkut hal-hal terbaru dan menarik untuk dicoba atau dirasakan.

132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila MedsosFoto: Tetra Pak Index 2017

Hasil temuan Tetra Pak Index 2017 juga menunjukkan bahwa kemasan memiliki peran penting untuk menjadi pintu gerbang bagi keterlibatan konsumen yang lebih luas. Sebagai contoh, kode digital yang dicetak pada kemasan dapat meningkatkan transparansi penelusuran suatu produk, yang memungkinkan konsumen untuk mengakses informasi tentang produk tersebut.

Kemasan saat ini dapat diubah menjadi platform informasi dua arah, di mana brand dapat menangkap data spesifik dan berharga tentang konsumen mereka, juga berbagi informasi lebih banyak tentang produk itu sendiri.

"Di Tetra Pak, kami menginisiasi penggunaan teknologi digital baru seperti augmented reality dalam kemasan kami untuk membantu brand memikat dan terhubung dengan konsumen generasi baru ini," kata Wibisono, Marketing Director Tetra Pak Indonesia.

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fqAQZx
via IFTTT

Rusia Ancam Matikan Facebook

Moskow - Rusia mengancam akan memblokir Facebook di negaranya. Kecuali jejaring sosial terbesar di dunia itu mau mematuhi aturan yang diterapkan di Negeri Beruang Merah itu.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (27/9/2017), aturan dimaksud mengharuskan website yang menyimpan data pribadi warga Rusia wajib melakukannya hanya di server yang berada di Rusia. Facebook diberi tenggat waktu sampai tahun depan untuk menaatinya atau diblokir.

"Setiap orang harus mematuhi hukum. Di tahun 2018, semua harus dilakukan sebagaimana mestinya," sebut Alexander Zharov dari lembaga pengawas komunikasi Rusia, Roskomnadzor.

Sebelumnya, jejaring sosial untuk profesional LinkedIn sudah menjadi korban pemblokiran karena tak melakukan kewajiban tersebut. Aturan hukumnya sudah disetujui presiden Vladimir Putin pada tahun 2014 dan mulai diimplementasikan pada tahun 2015.

"Aturan hukum itu harus diimplementasikan atau perusahaan tidak bisa beroperasi lagi di teritori Federasi Rusia seperti yang terjadi pada LinkedIn. Tidak ada perkecualian," tambahnya.

Alexander menyebut bahwa Twitter sudah berjanji akan melakukannya pada pertengahan tahun 2018. Langkah yang diharapkan juga diikuti oleh Facebook.

"Kami memahami dengan jelas bahwa Facebook memiliki jumlah pengguna yang signifikan di Rusia. Di sisi lain, kami menganggap ini bukan layanan yang istimewa dan juga ada media sosial yang lainnya," pungkas Alexander. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xEChgS
via IFTTT

Google dan Levi's Bikin Jaket Pintar, Bisa Apa?

Jakarta - Setelah diperkenalkan ke masyarakat luas lebih dari setahun yang lalu pada sebuah konferensi Google I/O, akhirnya Google yang bekerjasama dengan Levi's, resmi meluncurkan smart jacket yang diberi nama Levi's Commuter Trucker Jacket.

Produk ini merupakan bagian dari Google Advanced Technology and Projects (Google ATAP) yang memfasilitasi penanaman sensor sentuh dalam pakaian, seperti dilansir detikINET dari The Verge pada Rabu (27/9/2017).

Jaket denim ini memungkinkan penggunanya untuk menyetel musik, menunjukkan arah, hingga membaca pesan masuk hanya dengan mengusap atau menyentuh bagian ujung lengan pakaian ini.

Hal tersebut bisa dilakukan berkat sensor gesture-sensing bernama Jacquard yang ditenun sendiri oleh Google di dalam jaket tersebut. Gerakan untuk setiap fungsi di jaket ini juga dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna melalui sebuah aplikasi khusus.

Google menjelaskan, Jacquard didukung dengan koneksi nirkabel yang dapat terhubung dengan smartphone penggunanya melalui chip kecil yang tertanam di dalam ujung lengan jaket tersebut menggunakan snap tag yang fleksibel.

Snap tag ini juga mampu memberikan tanda jika terdapat panggilan ataupun pesan yang masuk. Sementara pihak Levi's mengatakan, jaket ini dapat dicuci sebagaimana pakaian pada umumnya, asal melepaskan snap tag-nya terlebih dahulu.

"Kami ingin mendapatkan timbal balik dari pengguna. Dengan begitu, kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan Jacquard untuk ditanam dalam jaket versi terbaru nanti, maupun barang lainnya," kata Google.

Levi's Commuter Trucker Jacket sendiri mulai dijual pada 27 September di beberapa kota di Amerika Serikat. Adapun harga yang ditawarkan untuk memboyong jaket yang bisa terhubung ke perangkat Android dan iOS ini adalah sebesar USD 350 atau sekitar Rp 4,6 juta (USD 1 = Rp 13.300). Berminat?

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2k1wWLK
via IFTTT

Sering Hate Speech, Twitter Malah Tolak Blokir Trump

Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump kembali bikin heboh setelah kicauannya dianggap sebagai pernyataan perang oleh Korea Utara. Namun Twitter memilih untuk membiarkan kicauan tersebut.

Menurut Twitter, kicauan Trump itu tak akan dihapus ataupun diblokir karena dianggap punya nilai berita. Padahal dalam aturan yang sudah mereka tetapkan, kicauan Trump itu sebenarnya sudah memenuhi syarat untuk dihapus.

Twitter malah akan memperbarui aturan main jejaring mikroblogingnya itu, di mana mereka akan mengganti aturan-aturan yang mengatur apakah sebuah kicauan layak untuk dihapus atau tidak, dan menambahkan aspek nilai berita ke dalam aturan tersebut.

"Ini sudah lama menjadi kebijakan internal kami, dan kami dalam waktu dekat akan memperbarui aturan tersebut ke publik untuk merefleksikan hal tersebut. Kami akan lebih baik dalam hal ini," tulis Twitter dalam pernyataannya.

Trump memang sudah menjadi kontroversi di Twitter sejak lama, terkait kicauan-kicauannya yang sering menyerang individu atau negara lain. Dan sejumlah pihak sejak 2016 sudah menekan Twitter agar memblokir akun pribadi Trump, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (27/9/2017).

Namun dari pernyataan terbaru Twitter itu bisa diambil kesimpulan kalau mereka tak akan pernah menyensor akun Twitter Trump. Pasalnya apapun kicauan yang dilontarkan oleh Trump mempunyai nilai berita.

(asj/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xw6788
via IFTTT

Unik! Snapchat Punya Filter Ganti-ganti Langit

Jakarta - Beragam fitur keren terus dihadirkan Snapchat untuk memanjakan penggunanya. Belakangan, perusahaan milik Evan Spiegel dan Bobby Murphy ini merilis fitur yang diberi nama Sky Filters.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengubah suasana langit, dari yang aslinya cerah di siang hari, menjadi langit keemasan di sore hari sampai cerah berawan di malam hari. Fitur ini tentu saja memanfaatkan teknologi augmented reality.

Unik! Snapchat Punya Filter Ganti-ganti LangitSky Filters. Foto: snapchat

Bicara teknologi augmented reality, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (27/9/2017), Snapchat memang sangat berambisi mengembangkan teknologi tersebut. Jadi, Sky Filters ini bisa dibilang menjadi salah satu proyek ambisius Snapchat dalam bentuk filter.

Untuk bisa menikmati Sky Filters, yang harus dilakukan adalah cukup mengarahkan kamera dan memastikan langit terlihat jelas. Setelah itu, pengguna cukup swipe untuk mencari filter yang diinginkan.

Filter ini mungkin masih kurang populer dibanding filter Snapchat lainnya, seperti topeng wajah. Namun, paling tidak filter ini memberi angin segar bagi pengguna Snapchat.

(mag/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2yFSQHO
via IFTTT

Keren! Robot Gundam Kembali 'Menantang' di Tokyo

Tokyo - Kabar gembira bagi pecinta Gundam. Setelah sempat menghilang, kini patung robot Gundam sudah kembali berdiri kokoh di Odaiba, Tokyo, Jepang.

Patung robot Gundam yang berdiri tepat di depan pusat perbelanjaan DiverCity Tokyo Plaza ini memang menjadi salah satu daya tarik turis ketika berkunjung ke Tokyo. Namun, patung Gundam dengan seri RX-78-2 ini dipindahkan ke sebuah daerah di Jepang pada bulan Maret 2017.

Nah, setelah vakum selama beberapa bulan, akhirnya patung Gundam terbaru kembali berdiri. Kabar mengenai kembalinya patung Gundam terbaru ini memang sudah beredar tak lama setelah patung yang lama diturunkan.

Berbeda dengan patung sebelumnya yang punya seri RX-78-2, patung robot terbaru ini punya seri RX-0 Unicorn dari seri Gundam Unicorn, seri Gundam yang paling baru. Sedangkan untuk RX-78-2, seperti diketahui diambil dari seri Gundam pertama yang tayang di tahun 1970.

Keren! Robot Gundam Kembali 'Menantang' di TokyoFoto: istimewa

Untuk ukurannya, seperti dikutip detikINET dari Rocket News 24, Rabu (27/9/2017), patung ini punya tinggi 19,7 meter atau lebih tinggi 1,7 meter dari sebelumnya. Jadi, bisa dibayangkan betapa besarnya patung Gundam yang baru ini.

Tak sekadar berdiri diam layaknya patung, Gundam RX-0 Unicorn ini bisa bertransformasi dalam dua mode. Mode pertama, yakni Destroy Mode, di mana patung akan memancarkan sinar berwarna pink. Mode ini menjadi mode default patung.

Sedangkan mode kedua, yakni Unicord Mode, di mana di kepala patung akan ada tanduk seperti kuda Unicorn. Transformasi ini terjadi pada pukul 11 siang dan di jam-jam satu, tiga, dan lima.

(mag/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2y79Nhb
via IFTTT

Selain WhatsApp, China Juga Blokir Sewa Boneka Seks Online

Jakarta - WhatsApp mungkin bukan satu-satunya korban ketegasan pemerintah di China. Penyedia jasa sewa 'pacar' online yang satu ini pun tak luput dari pengawasan otoritas di China.

Tapi, tunggu dulu. Sewa pacar yang dimaksud di sini bukan pacar dalam wujud manusia beneran, melainkan dalam bentuk boneka seks. Ya, dewasa ini bisnis penyewaan dan sharing memang sedang naik daun.

Tak cuma kendaraan, para pemilik startup ini rupanya putar otak untuk mencari inovasi baru yang disesuaikan dengan konsep sharing tersebut. Nah, salah satunya adalah boneka seks.

Menamakan dirinya Taqu yang dalam bahasa Indonesia berarti sentuh, perusahaan asal China ini mencoba untuk mengisi ceruk pasar yang ada.

Mereka pun merilis aplikasi online bernama Shared Girlfriend, dimana memungkinkan penggunanya untuk menyewa boneka seks silikon dengan harga 298 Yuan atau sekitar Rp 600 ribuan per hari dan 1.298 Yuan atau Rp 2,6 juta per minggu.

Tak butuh lama untuk menjadikan layanan ini viral hingga terdengar sampai ke telinga pemerintah China. Tak pandang bulu, dua hari setelah dirilis di Beijing, pemerintah langsung menutup layanan secara paksa setelah menuai kontroversi di media.

Menurut pemilik layanan, perusahaan berusaha untuk membuat layanan mahal menjadi lebih terjangkau dengan menyodorkan sistem berbagai boneka seks. Upaya ini juga diklaim untuk membantu 50 juta pria single yang ada di negaranya.

Mereka menyebut bahwa rasio pria yang lebih tinggi dari perempuan membuat mereka kesulitan untuk mencari cinta. Layanan ini diklaim menjadi cara untuk mendapat kebahagiaan, demikian dikutip detikINET dari Rocket News 24, Selasa (26/9/2017). (mag/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fO3cxA
via IFTTT

YouTuber Ini Live Bunuh Diri Gara-gara Diselingkuhi Istri

Jakarta - YouTuber asal Rusia Arslan Valeev mengakhiri hidupnya dengan cara nekat. Dia sengaja membiarkan tangannya digigit oleh ular black mamba yang racunnya dikenal mematikan.

Lebih parahnya lagi, aksi bunuh diri itu dilakukan Arslan dalam siaran langsung (live) di YouTube. Arslan mengungkapkan dirinya patah hati dan terpukul mengetahui sang istri Ekaterina 'Katya' Pyatyzhkina selingkuh.

YouTuber Ini Live Bunuh Diri Gara-gara Diselingkuhi IstriFoto: Internet

Padahal keduanya kerap menunjukkan kemesraan dan romantisme di YouTube. Mereka kerap nge-vlog bareng soal ular-ular dan hewan peliharaan mereka.

Dalam curhatannya, Arslan mengatakan sudah bercerai dengan istrinya itu. "Hai semua. Ini adalah saatnya saya melakukan apa yang harus saya lakukan," kata Arslan sambil duduk di sebuah kursi.

YouTuber Ini Live Bunuh Diri Gara-gara Diselingkuhi IstriFoto: Internet

Tak berapa lama kemudian, dia menjauh dari kamera dan terdengar suara mengaduh. Kemungkinan pada saat itu ular telah menggigitnya.

Arslan menunjukkan jarinya yang digigit ular dan berdarah. Dia juga terlihat lemas dan kesakitan akibat gigitan itu.

YouTuber Ini Live Bunuh Diri Gara-gara Diselingkuhi IstriFoto: Internet

"Jika saya mati, maka sudahlah. Saya hanya tinggal bersamamu beberapa waktu. Hanya untuk berjaga-jaga saya, di ponsel saya ada pesan untuk Katya. Saya sangat mencintainya. Selamat tinggal semuanya. Saya tidak percaya hal ini terjadi kepada saya," ucap Arslan.

Arslan juga tak lupa membeberkan nomor telepon Katya kepada netizen yang menontonnya

YouTuber Ini Live Bunuh Diri Gara-gara Diselingkuhi IstriFoto: Internet

"Ini adalah nomor telepon Katya. Jika seseorang meneleponnya, jika dia punya waktu untuk melihat saya, saya akan bahagia,' katanya.

Semakin lama Arslan terlihat lemas dan menahan sakit. Dia pun akhirnya ambruk dan diperkirakan racun ular sudah menyebar ke seluruh tubuhnya.

Netizen yang menonton siaran langsung itu kemudian ada yang menelpon ambulans untuk menolong Arslan. Namun nyawanya tak tertolong.
(nkn/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fMPOJY
via IFTTT

China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?

Busan - Pemerintah China tanpa ampun menutup seluruh akses komunikasi WhatsApp demi kedaulatan digital di negaranya. Bagaimana dengan Indonesia?

Kabar tentang diblokirnya layanan messaging milik Facebook itu pun telah sampai ke telinga Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang tengah menghadiri ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan.

"Begini, reaksi tiap negara berbeda-beda caranya. China dari awal tidak boleh masuk tapi kembangkan di dalam negeri," ucap Rudiantara di sela-sela kegiatannya itu di Busan, Selasa (26/9/2017).

Persoalannya, kata dia, berbeda dengan yang terjadi di Indonesia. Menurutnya, Indonesia terbilang terlambat dalam mengembangkan layanan Over The Top (OTT) seperti WhatsApp, Google, ataupun Facebook.

"Indonesia terlambat dalam artian sudah terbuka kita, makanya optimalisasi dari sekarang, (OTT global) sudah keburu masuk. Kalau kita usir, nggak bener itu, kita bicara baik-baik, diubah model bisnisnya," tuturnya.

Meski terbilang terlambat, sebagai Menkominfo, ia tetap mendorong agar OTT lokal untuk tumbuh. Sebab, Indonesia merupakan negara yang punya potensi besar mengenai ekonomi digital.

"Saya ke teman-teman, kalau nanya ke saya pakai WhatsApp, nggak saya balas. Pakai OTT nasional dong, boleh dong, kan sekalian promosi, tugas saya kan begitu, bos," ungkapnya.

WhatsApp sendiri akhirnya diblokir sepenuhnya di China. Setelah tak bisa berkirim foto dan video, kini layanan messaging milik Facebook itu pun tak lagi bisa berkirim pesan teks.

Seperti detikINET lansir dari CNBC, pemblokiran terhadap WhatsApp ini dilakukan setelah pemerintah China meningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan proteksi yang ketat.

Dengan demikian, Facebook pun benar-benar dibuat mati kutu. Pasalnya, WhatsApp adalah layanan terakhir milik mereka yang mampu menembus tembok China setelah Facebook diblokir sejak 2009 lalu. Instagram pun demikian.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. WhatsApp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antarpengguna. (rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2whPDfW
via IFTTT

Urusan Negara, Ivanka Trump Ketahuan Pakai Email Pribadi

Jakarta - Menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jared Kushner, bukan satu-satunya keluarga presiden yang diketahui memakai email pribadi untuk urusan bisnis pemerintahan. Putrinya, Ivanka Trump juga melakukannya.

Informasi ini diketahui oleh Freedom of Information Act (FOIA), sebuah lembaga non profit yang merupakan bagian dari organisasi pengawasan American Oversight. Atas permintaan FOIA, Small Business Administration merilis korespondensi email di antara pihaknya dengan Ivanka melalui alamat email, tertanggal 28 Februari 2017.

Tanggal tersebut, memang adalah tanggal sebelum Ivanka secara teknis berada pada posisi resmi di Gedung Putih. Sejumlah pengamat berargumen, dia mungkin saja sudah punya akun email pemerintahan, terutama mengingat sejumlah stafnya sudah memilikinya saat itu.

Sejauh ini, hanya email tersebut yang muncul dan menjadi perbincangan. Dibandingkan suaminya Jared Kushner, ada ratusan email bisnis pemerintahan yang dibuat menantu Trump ini terkonfirmasi dikirimkan dari akun email pribadi.

Seperti dikutip dari Engadget, Selasa (26/9/2017), isu ini menjadi tak biasa lantaran Trump saat masa kampanye Pemilihan Presiden AS, menjadikan hal ini sebagai salah satu senjata untuk menyerang rivalnya Hillary Clinton.

Kepastian bahwa Clinton menggunakan email pribadinya saat dia masih menjabat menteri luar negeri menuai kecaman dari Trump yang menyebutnya tidak becus dan 'membahayakan negara'. Maka ketika Trump dan anggota keluarga (serta jajarannya) ketahuan menggunakan email pribadi untuk urusan kenegaraan, hal ini menjadi bumerang.

"Mengejutkan mengetahui baik Ivanka dan Jared Kushner melakukan komunikasi pemerintahan menggunakan email personal setelah sebelumnya keras menyuarakan isu ini saat kampanye," kata Executive Director American Oversight Austin Evers.

"Fakta bahwa mereka dengan berani mengabaikan email pemerintahan, menimbulkan lebih banyak pertanyaan mengenai penilaian dan kepantasan mereka memegang posisi di Gedung Putih," tambah Evers.

Sumber lain yang dikutip dari New York Times menyebutkan, selain Jared dan Ivanka, empat penasihat Presiden lainnya juga diketahui menggunakan alamat email pribadi untuk urusan bisnis Gedung Putih.

Mereka adalah mantan Ahli Strategi Stephen Bannon, mantan Kepala Staf Gedung Putih Reince Priebus dan penasihat Trump saat ini, Stephen Miller dan Gary Cohn. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xyg4zB
via IFTTT

WhatsApp Diblokir Gak Ngaruh Bagi China, Kenapa?

Jakarta - Tak ada kesulitan berarti bagi China mengenyahkan WhatsApp dari negaranya. Pasalnya, Negeri Tirai Bambu ini tidak memiliki ketergantungan besar terhadap WhatsApp karena punya aplikasi chat sendiri yang lebih berjaya di negerinya.

WeChat, nama aplikasi chat tersebut, kepopulerannya di China melebihi WhatsApp. Sebagai aplikasi chat nomor satu di China, layanan yang dikembangkan oleh Tencent ini seolah sudah menjadi bagian dari keseharian pengguna smartphone China.

Dikutip detikINET dari berbagai sumber, Selasa (26/9/2017), WeChat dikenal sebagai salah satu aplikasi paling inovatif dan serba guna di dunia. Di China sendiri, WeChat dianggap sebagai aplikasi untuk semua kebutuhan.

Dengan beragamnya layanan yang disediakan WeChat, aplikasi ini tak hanya digunakan warga lokal untuk chat, melainkan juga untuk bermedia sosial, belanja online, bermain game, mengakses berita dan hiburan, sampai melakukan pembayaran non tunai.

WeChat saat ini adalah salah satu aplikasi pesan instant dengan pengguna aktif bulanan terbesar di dunia. Sejak dirilis pada 2011, WeChat kini punya lebih dari 963 juta pengguna aktif setiap bulannya.

Seiring perkembangannya, WeChat merambah berbagai platform, termasuk mengembangkan teknologi virtual reality dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk memperkaya pengalaman menggunakan WeChat.

WeChat juga berekspansi ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Di negara lain, pamor WeChat memang tak bersinar seterang di negeri asalnya. Bagi WeChat, hal ini tak masalah. Banyaknya jumlah penduduk China sudah lebih dari cukup membuatnya menjadi aplikasi yang diakses banyak orang.

Sisi menarik dari diblokirnya WhatsApp (dan sejumlah layanan lain) di China, meski aplikasi buatannya jago kandang, negara ini memperlihatkan kedaulatannya di ranah teknologi dengan kebijakan proteksi produk lokalnya. Tak asal blokir layanan, China selama ini mampu menghadirkan solusi lokal untuk penggantinya di semua lini. (rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2wTcyOl
via IFTTT

Zuckerberg Gagal Selamatkan Whatsapp di China

Jakarta - Pendekatan yang dilakukan CEO Facebook Mark Zuckerberg untuk menyelamatkan Whatsapp di China masih belum juga berhasil--kalau tak mau disebut sia-sia.

Pasalnya, Whatsapp tetap diblokir--bahkan kini lumpuh total. Setelah sebelumnya tak bisa berkirim pesan foto dan video, kini penggunanya di daratan China tak lagi bisa bertukar pesan teks.

Seperti detikINET kutip dari CNBC, Selasa (26/9/2017), Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya.

Whatsapp menggunakan enkripsi end-to-end yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antarpengguna. Sensor ini pun bikin Facebook mati kutu.

Pasalnya, Whatsapp adalah layanan terakhir milik mereka yang masih bertahan di China setelah Facebook diblokir sejak 2009 lalu. Instagram pun sudah lama dibuat tak berdaya di negara itu.

Dari lebih dua miliar pengguna yang tergabung di seluruh layanan yang ditawarkan Facebook--termasuk Whatsapp, hanya China yang belum berhasil dikuasai. China menjadi target utama 'the next billion' yang tak kunjung dimenangkan Facebook.

[Gambas:Youtube]


Padahal, segala upaya sudah dilakukan Zuckerberg. Mulai dari sering berkunjung dan bertemu para pimpinan di negara itu, sampai intensif belajar bahasa Mandarin. Belum lagi, Mark juga kerap melancarkan bahasanya bersama sang istri yang juga keturunan China.

Tapi pada akhirnya, pemerintah China tetap memblokir WhatsApp. Laporan terbaru menyebutkan bahwa WhatsApp sudah tidak bisa dipakai oleh sebagian besar pengguna di China.

China sebenarnya sudah berupaya memblokir WhatsApp pada pertengahan 2017 lalu. Ketika itu, para pengguna WhatsApp mendadak kesulitan dalam mengirim foto dan video lewat layanan tersebut, tapi pesan berupa teks masih bisa terkirim.

Awal pekan ini, keseluruhan layanan WhatsApp di China dilaporkan sudah tidak berfungsi. Bahkan pesan teks tak bisa terkirim lagi sejak China memperketat sistem firewall untuk sensor dan proteksi dalam negeri.

"Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu," analisa Nadim Kobeissi, cryptographer di firma riset Symbolic Software, seperti dilansir New York Times.(rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xw2v3B
via IFTTT

Whatsapp Kini Diblokir Tanpa Ampun di China

Jakarta - Whatsapp akhirnya diblokir sepenuhnya di China. Setelah tak bisa berkirim foto dan video, kini layanan messaging milik Facebook itu pun tak lagi bisa berkirim pesan teks.

Seperti detikINET kutip dari CNBC, Selasa (26/9/2017), pemblokiran terhadap Whatsapp ini dilakukan setelah pemerintah China meningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan proteksi yang ketat.

Dengan demikian, Facebook pun benar-benar dibuat mati kutu. Pasalnya, Whatsapp adalah layanan terakhir milik mereka yang mampu menembus tembok China setelah Facebook diblokir sejak 2009 lalu. Instagram pun demikian.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Tapi aplikasi pesan instan lain seperti Skype dan Apple FaceTime masih diperbolehkan di China lantaran tak memiliki kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp. (rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2y5dQe5
via IFTTT

Instagram Mudahkan Cari Siapa yang Sudah Follback

Jakarta - Mengikuti banyak akun profil teman di Instagram, tentu kadang membuat kita penasaran apakah yang kita follow atau ikuti juga melakukan follow back ke akun kita.

Hal tersebut sebenarnya bisa diketahui dengan melihat bagian daftar follower. Namun akan menyulitkan jika follower ribuan karena harus melakukan scroll sampai menemukan nama profil yang kita tuju.

Nah, baru-baru ini Instagram diketahui sedang menguji fitur terbarunya bernama Follows You. Fitur yang mirip dengan Twitter, di sini dengan mengunjungi profil seseorang, pengguna akan mengetahui apakah akun tersebut follow kita atau tidak.

Seperti dikutip detikINET Senin (25/9/2017) dari Forbes yang mengambil gambar akun Instagram Digital Spy, tampak ada tulisan 'Follows You' di bagian bio akun tersebut.

Seperti dalam uji coba yang dilakukan lewat aplikasi Android, fitur ini nantinya dirilis pertama kali untuk pengguna Android terlebih dahulu. Dan secara bertahap baru dihadirkan untuk pengguna iOS.

Meski demikian, fitur ini dinilai memiliki efek buruk. Terlebih bagi lingkungan anak-anak muda karena bisa saja merusak pertemanan hanya karena mengetahui tidak saling mem-follow. Jadi tampaknya Instagram juga perlu mempertimbangkan fitur 'mute' sama halnya Twitter atau Facebook.

Mute di sini maksudnya pengguna dapat menyembunyikan postingan dari akun yang tidak disukai agar tidak muncul di timeline. Sehingga pengguna tetap terlihat saling mem-follow walaupun sebenarnya tidak ingin melihat postingan akun tertentu. (jsn/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fs2Akf
via IFTTT

Hoax! Beredarnya Video Erupsi Gunung Agung di WhatsApp

Jakarta - Beberapa hari ini muncul pesan video di layanan WhatsApp yang cukup meresahkan. Pasalnya video tersebut memperlihatkan erupsinya gunung Agung.

Dalam videonya, gunung yang tengah erupsi memuntahkan lahar panas dari kawahnya. Asap tebal juga tampak terus keluar tanpa henti. Ditambah lagi cipratan lahar keluar terlihat membakar sekitar kawah.

Pesan video ini telah beredar di sejumlah pengguna WhatsApp, yang kebanyakan melalui jalur grup.

Tapi dipastikan kalau video berdurasi 51 detik itu adalah hoax. Meski berstatus awas, sampai saat ini gunung Agung belum sampai menunjukkan aktivitas yang kritis, apalagi sampai erupsi.

Aktivitas gunung Agung memang terbilang masih sangat aktif sejak Minggu (24/9/2017) petang hingga Senin pagi tadi (25/9/2017). Namun gempa tektonik tercatat cenderung menurun walau jumlah gempa vulkanik meningkat.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Pos Pantau Gunung Agung, tidak tampak lagi asap kawah yang sempat muncul sejak Minggu pagi hingga petang kemarin. Namun jumlah gempa vulkanik maupun tektonik lokal masih tetap terjadi.

Total gempa vulkanik selama 12 jam terakhir sebanyak 382 guncangan, sementara gempa vulkanik lokal dalam periode pengamatan yang sama terjadi sebanyak 17 kali dengan kekuatan 2,0-3,8 skala Richter.

Tiga kali gempa tektonik ini terasa hingga wilayah Gianyar dan sekitarnya. Gunung Agung pun dinyatakan masih sangat aktif sejak diberlakukan status Awas pada Jumat (22/9/2017) malam.

(yud/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2jWSF7G
via IFTTT

Ada 331,9 Juta Nama Domain di Dunia

Jakarta - Perkembangan teknologi yang cukup masif belakangan ini berdampak peningkatan jumlah nama domain di dunia. Pada kuartal kedua 2017, ada tambahan sekitar 1,3 juta nama domain yang terdaftar di internet.

Dengan demikian, total nama domain yang terdaftar mencapai sekitar 331,9 juta dari seluruh total nama domain tingkat atas atau top-level domains (TLDs) per 30 Juni 2017. Begitu isi pengumuman terbaru dari VeriSign selaku pemimpin global dalam industri nama domain dan keamanan internet.

VeriSign menyebutkan peningkatan sekitar 1,3 juta nama domain yang terdaftar secara global tersebut menandai pertumbuhan sebesar 0,4 persen dibandingkan kuartal pertama 2017. Jumlah registrasi nama domain telah tumbuh sebanyak 6,7 juta, atau 2,1% dari tahun ke tahun.

TLD yang menggunakan .com dan .net mengalami pertumbuhan secara agregat pada kuartal kedua 2017, di mana jumlah keduanya mencapai sekitar 144,3 juta nama domain yang terdaftar dalam basis nama domain.

Jumlah tersebut mewakili pertumbuhan sebesar 0,8% dari tahun ke tahun. Sampai dengan 30 Juni 2017, nama domain berbasis .com yang terdaftar mencapai 129,2 juta nama, sementara nama domain berbasis .net yang terdaftar mencapai 15,1 juta nama.

Selama kuartal kedua 2017, tercatat sebanyak 9,2 juta total nama domain .com dan .net baru yang terdaftar. Sedangkan pada kuartal kedua 2016, tercatat sebanyak 8,6 juta total nama domain baru .com dan .net yang terdaftar.

Verisign menerbitkan Ikhtisar Industri Nama Domain yang berisi data statistik dan analitik hasil riset mengenai industri nama domain untuk pengguna internet di seluruh dunia. Ikhtisar Industri Nama Domain kuartal kedua 2017 juga tersedia dan dapat diperoleh di Verisign.com/DNIB.

(yud/yud)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xz6RbM
via IFTTT

[unable to retrieve full-text content]



from http://ift.tt/2truVvy
via IFTTT

Lulusan Madrasah Bikin Situs Cek Rekening Penipu

Jakarta - Karena sudah terlalu sering menjadi korban penipuan jual beli online, Yudhistira Bayu Wryatsongko, alumnus Madrasah Aliyah Negeri 2 Serang, meluncurkan situs pengecekan rekening para penipu.

"Kami membuat web kredibel.co.id ini karena sebelumnya kami sering mengalami penipuan jual beli via online," kata CTO Kredibel Yudhistira Bayu Wryatsongkoo kepada detikcom di sela acara The Nextdev academy Telkomsel di Ciputra World Surabaya, Sabtu (23/9/2017).

Chief Technology Officer (CTO) Kredibel ini menceritakan, dirinya sering kali menjadi korban penipuan jual beli online.

"Pernah disuruh ibu beli kue ringan. Saya beli lewat facebook. Ternyata saya ditipu," ujarnya.

Lulusan Madrasah Bikin Situs Cek Rekening PenipuFoto: detikINET/Rois Jajeli
Pengalaman korban penipuan jual beli online alumnus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Serang ini diceritakan ke teman dekatnya, Muhammad Ihsan.

Ihsan yang menjadi temannya Bayu sejak sekolah dasar itu, pun juga menceritakan pengalamannya menjadi korban penipuan jual beli online.

"Beberapa kali saya juga pernah menjadi korban penipuan jual beli online. Memang nilainya kecil, dan saya tidak mau melaporkan ke polisi," ujar Ihsan.

Kedua anak muda ini pun menemukan ide yakni, membuat situs yang dapat membantu masyarakat mengidentifikasi apakah penjual berpotensi melakukan penipuan atau tidak. Caranya, dia membuat web penipu.id.

Namun, karena konotasinya negatif, keduanya mengubah menjadi kredibel.co.id. Untuk penampilan webnya, Ihsan yang mendesainnya. Sedangkan sistem operasi web tersebut dibuat oleh Bayu.

"Dengan memasukan nomor rekening penjual, bisa diketahui apakah rekening tersebut pernah melakukan penipuan atau tidak," kata Bayu.

Dengan membuka situs kredibel.co.id, masyarakat yang akan bertransaksi jual beli online dapat memasukkan nomor rekening bank penjual, di cek rekening.

Masyarakat juga bisa melaporkan aksi penipuan jual beli online. Untuk melaporkannya, harus melengkapi syarat-syaratnya seperti mengisi identitas pelapor mulai dari nama, email.

Mengisi peristiwa yang dilaporkan seperti siapakah nama penjual, berapa nomor rekening penjual, nomor telepon penjual, mengisi jumlah kerugian yang dialami serta mengisi kronologi kejadian penipuannya. Selain itu, pelapor juga harus melampirkan bukti-bukti bahwa pernah menjadi korban penipuan.

"Kami selektif menerima laporan dan tidak sembarangan menerima laporan. Semuanya terverifikasi," ujarnya.

Sejak dibuat pada Maret 2016, Kredibel sudah menerima laporan sekitar 6 ribu rekening yang berpotensi melakukan penipuan. Pihaknya terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan, termasuk menerima laporan-laporan yang valid dari masyarakat.

"Rekening yang berpotensi melakukan penipuan itu berdasarkan dari keluhan dan laporan user yang pernah bertransaksi dengan toko online tersebut. Visi kami adalah membangun ekosistem berbelanja online yang aman," tuturnya.

Meski kedua pendiri kredibel ini kuliahnya berjauhan, mereka tetap berkomunikasi melalui media sosial. Bayu saat ini baru menempuh pendidikan di Universitas Sebelas Maret, Solo, Fakultas Mipa jurusan informatika. Sedangkan Ihsan mengambil kuliah di Bina Nusantara, Alam Sutera.

"Sasaran kami adalah masyarakat yang melakukan transkasi jual beli online dengan nilai rupiah tidak terlalu besar. Biasanya kan masyarakat yang tertipu jual beli online dengan nilai tidak terlalu besar, malas melaporkan ke kepolisian. Kami ingin membantunya dengan kredibel.co.id," tambah Ihsan.

Untuk membuat situs, dibutuhkan dana sekitar Rp 50-70 juta. Situs cek rekening penipu itu akhirnya diluncurkan, setelah ada investor yang mengucurkan dana. Investor tersebut pun mendapatkan saham atas keikutsertaannya menanamkan modalnya membangun jaringan kredibel.co.id.

Selain itu, Ihsan dan Bayu mengucapkan terima kasih kepada The Nextdev Academy yang digelar Telkomsel. Produk, Kredibel.co.id-nya menjadi 10 finalis peserta The Nextdev Tahun 2016. Dirinya terus mendapatkan fasilitas untuk terus mengembangkan produk digitalnya itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Telkomsel. Bantuan yang diberikan ke kita lebih cukup daripada uang," jelasnya Bayu. (asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2fpzQZp
via IFTTT

Zuck Bakal Lepas Saham Facebook Senilai Rp 168 Triliun

Jakarta - Bos Facebook, Mark Zuckerberg, akan menjual 75 juta saham Facebook senilai US$ 12,8 miliar atau sekitar Rp 168,9 triliun (USD 1 = Rp 13.200).

Penjualan saham ini akan akan dilakukan dalam jangka waktu 18 bulan ke depan. Penjualan saham dilakukan di harga mulai dari US$ 6 miliar hingga US$ 12,8 miliar. Harga yang dipatok sesuai dengan harga yang berlaku saat ini.

Niatan Zuckerberg menjual 35 juta hingga 75 juta saham ini tercantum dalam dokumen resmi Facebook yang disampaikan kepada otoritas pasar modal AS Jumat lalu.

"Hasil penjualan saham tersebut adalah untuk mendanai yayasan kemanusiaan milik Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan," tulis dokumen tersebut seperti dikutip CNBC, Sabtu (23/9/2017).

Kemudian, dalam dokumen juga disebutkan, Facebook membatalkan rencana untuk penerbitan saham baru. Padahal, jika itu dilakukan maka Zuckerberg bisa mempertahankan jumlah kepemilikan saham sekaligus meraup dana tambahan.

Investor telah menuntut Facebook untuk menghentikan rencana tersebut. Zuckerberg pun dijadwalkan untuk memberikan kesaksian minggu depan.

Pada perdagangan Jumat, saham Facebook ditutup US$ 170,54 per lembar saham. Harganya sedikit terkoreksi setelah ada pengumuman tersebut. (asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2wP1m51
via IFTTT

Benarkah Bule ini Driver Go-Jek?

Jakarta - Kemunculan sosok driver Go-Jek bule membuat heboh media sosial (medsos). Namun pihak Go-Jek menyebut driver bernama Anton Lucanus itu bukanlah mitranya.

"Bukan (mitra)," kata PR Manager Go-Jek Rindu Ragilia melalui pesan singkat, Jumat (22/9/2017).

Benarkah Bule ini Driver Go-Jek?Foto: Instagram ojekbule

Rindu menyebut Go-Jek hanya bermitra dengan warga negara Indonesia (WNI). Identitas itu ditunjukkan dengan bukti KTP saat pendaftaran menjadi mitra.

"Terkait dengan munculnya informasi seseorang yang diduga mitra pengemudi dan diduga warga negara asing, dapat kami sampaikan bahwa Go-Jek hanya bermitra dengan warga negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk saat melakukan pendaftaran menjadi mitra," jelasnya.

Benarkah Bule ini Driver Go-Jek?Foto: Instagram ojekbule

Rindu mengatakan pihaknya berterima kasih atas perhatian masyarakat. Dia mengimbau pelanggan atau pengguna aplikasi selalu mencocokkan wajah driver di aplikasi demi keamanan penumpang.

"Kami mengimbau para pengguna aplikasi Go-Jek untuk selalu mencocokkan wajah driver dengan foto yang terdapat di aplikasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pelanggan. Bila foto tidak sesuai, kami menyarankan pengguna untuk melaporkannya kepada Go-Jek melalui customer service kami," pesan Rindu.

Sebelumnya, foto bule mengenakan jaket dan helm Go-Jek beredar luas di media sosial. Pria bernama Anton itu terlihat memegang ponsel dan tampak mengambil order.

Benarkah Bule ini Driver Go-Jek?Foto: Instagram ojekbule

Kemunculan driver bule ini pun mengundang perhatian netizen yang didominasi perempuan. Banyak yang ingin dijemput Anton.

"Nggak mau turun gue kalo drivernya gini," tulis @shellaptr.

Ditelusuri detikcom, rupanya Anton punya akun Instagram @ojekbule. Ia mengunggah foto saat tengah bekerja sebagai driver Go-Jek.

"Cari penumpang terus," tulis Anton. (ams/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2wL6DKU
via IFTTT

Bill Gates Menyesal Soal Ctrl-alt-del

Jakarta - Ada beberapa kombinasi tombol keyboard yang bisa dimanfaatkan di sistem operasi Windows, di antaranya ctrl-alt-del. Namun Bill Gates menyesal telah membuat kombinasi tersebut.

Ctrl-alt-del jika ditekan bersamaan punya fungsi tertentu, misalnya bisa menginterupsi sebuah program yang hang dengan memunculan task manager. Tapi Bill menilai kombinasi itu terlalu ribet dan dia sebenarnya ingin ctrl-alt-del jadi satu tombol saja.

"Tentunya jika aku bisa melakukan perubahan kecil, aku akan membuatnya jadi tombol operasi tunggal," kata Gates ketika ditanyai soal itu dalam konferensi baru-baru ini, seperti dikutip detikINET dari USA Today.

Ini bukan pertama kalinya orang terkaya dunia itu menyinggung soal ctrl-alt-del. Ia pernah membahasnya beberapa tahun lalu ketika jadi pembicara di universiats Harvard.

"Kami seharusnya membuatnya tombol tunggal. Orang di IBM yang melakukan desain keyboard tidak menginginkannya. Itu adalah sebuah kesalahan," papar Gates.

Kombinasi ctrl-alt-del memang dibuat oleh Insinyur IBM, David Bradley. Di tahun 1990-an, cara ini menjadi terkenal jika komputer tiba-tiba mengalami freeze.

Dalam sebuah wawancara terpisah, Bradley pernah mengatakan dia tadinya ingin menggunakan Ctrl+Alt+Esc. Namun hal itu urung dilakukan karena akan membuat pengguna bingung jika diletakkan di sisi kiri. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2xseeSp
via IFTTT