Bumbu Jagung Bakar, Resolusi dan Doa Tahun Baru Dicari Netizen

Jakarta - Saat tahun berganti, orang merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga atau teman, di antaranya sambil bakar jagung. Tak heran, pencarian 'Bumbu Jagung Bakar' meramaikan Google Trends Indonesia di pergantian tahun 2017-2018.

Kemunculan 'Bumbu Jagung Bakar' cukup unik. Karena meski tradisi bakar jagung hampir selalu ada di malam tahun baru, namun baru kali ini trending pencarian Google memuatnya.

Pantauan detikINET, Senin (1/1/2018), tercatat ada beberapa trending berkaitan dengan pergantian tahun yang wara-wiri di Google Trends Indonesia. Beberapa keyword pencarian masih mirip dengan tahun-tahun sebelumnya, antara lain 'Kata-kata Tahun Baru 2018', 'Happy New Year 2018', 'Gambar Tahun Baru' dan 'Malam Tahun Baru 2018'.

Bumbu Jagung Bakar, Resolusi dan Doa Tahun Baru Dicari NetizenFoto: Rachmatunnisa/detikINET

Keyword pencarian ini mulai ramai dan menghiasi Google Trends Indonesia sejak pergantian tahun dimulai. Biasanya, netizen banyak yang mencari inspirasi kalimat-kalimat yang pas untuk diucapkan di momen Tahun Baru, baik untuk keluarga, teman atau pacar sebagai caption penghias di jejaring sosial seperti Instagram, Facebook dan Twitter.

Keyword pencarian lainnya yang masih berhubungan yakni 'Resolusi', 'Resolusi Adalah', 'Doa Akhir Tahun', 'Kembang Api' dan 'Acara Tahun Baru 2018 di Jakarta'.

Google sendiri memajang Google Doodle bertema Tahun Baru di halaman pencariannya. Kali ini, logo Google menampilkan doodle yang jika digeser, terdiri dari beberapa gambar yang memuat cerita Tahun Baru kartun penguin. Adapun cover doodle cerita ini adalah dua penguin sedang memamdang Matahari yang menjadi salah satu pengganti huruf 'O' untuk Google.

Bumbu Jagung Bakar, Resolusi dan Doa Tahun Baru Dicari NetizenFoto: Rachmatunnisa/detikINET
(rns/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2DFH6H9
via IFTTT

Telegram Tutup Channel yang Jadi Dalang Aksi Kekerasan di Iran

Jakarta - Pendiri Telegram Pavel Durov menyanggupi permintaan pemerintah Iran untuk menutup saluran Telegram yang disebut sebagai dalang atas berbagai kekerasan yang terjadi belakangan ini.

Saluran Telegram yang diketahui bernama Amadnews ini dikatakan sebagai saluran yang mendorong pengikutnya untuk melancarkan aksi melempar bom molotov ke arah polisi ketika terjadi demonstrasi. Karenanya, penutupan channel ini diyakini mampu membendung terjadinya kerusuhan lebih lanjut.

Instruksi penutupan saluran Telegram ini sendiri dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Iran Mohammad-Javad Azari Jahromi. Lewat kicauannya di Twitter, Jahromi mengirim pesan kepada Durov untuk menutup channel tersebut.

"Sebuah saluran Telegram mendorong perilaku kebencian, menggunakan molotov, pemberontakan bersenjata, dan kerusuhan sosial. Sekarang adalah waktu untuk menghentikan dorongan tersebut melalui Telegram," cuitnya seperti dikutip detikINET dari Recode, Minggu (31/12/2017).

Tak butuh waktu lama bagi Durov untuk membalas pesan Jahromi. Lewat pesan balasan di Twitter, Durov menyanggupi permintaannya.

"Panggilan untuk kekerasan adalah hal yang dilarang oleh peraturan Telegram. Jika terkonfirmasi, kami harus memblokir saluran semacam itu, terlepas dari ukuran dan afiliasi politiknya," balas Durov.

Di waktu yang sama pula, Durov mengkonfirmasi bahwa channel Amadnews menginstruksikan pengikutnya untuk menggunakan molotov untuk melawan polisi. Pihaknya pun telah menangguhkan akun tersebut, sebagaimana yang diminta oleh pemerintah Iran.

Sekadar informasi, Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Iran. Dengan populasi penduduk 80 juta, pengguna Telegram di Iran mencapai lebih dari 40 juta. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2q5UWAu
via IFTTT

2018, Jokowi Diminta Pakai Medsos Karya Anak Bangsa

Jakarta - Tak dipungkiri, media sosial yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia kebanyakan masih berasal dari luar negeri. Agar tak kalah saing, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan petinggi negara lainnya diminta untuk ikut andil dalam mempromosikan media sosial karya anak bangsa.

Pendapat ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi), Hariqo Wibawa Satria. Menurut Hariqo pengguna media sosial di Indonesia salah satu yang terbesar di dunia. Facebook sendiri Indonesia menempati posisi ke empat setelah Amerika, India dan Brazil.

Namun, di antara media sosial yang dipakai, media sosial buatan anak bangsa masih sedikit yang melirik. Karenanya, diperlukan peran tokoh-tokoh ternama untuk bantu mempromosikan karya anak bangsa tersebut.

"Dulu Presiden Jokowi pernah mempromosikan mobil Esemka karya anak bangsa. Sekarang saatnya tokoh-tokoh yang memiliki banyak pengikut, seperti Jokowi, Jusuf Kalla, Megawati, Prabowo, Zulkifli Hasan, Anies Baswedan, para Kiai, Pimpinan Muhammadiyah, NU, dan lainnya juga menggunakan serta mempromosikan media sosial karya anak bangsa," ujarnya dalam keterangan email, Minggu (31/12/2017).

Hariqo Wibawa.Hariqo Wibawa. Foto: Direktur Eksekutif Komunikonten, Hariqo Wibawa Satria. (Dok. Elvan/detikcom).

Sedikitnya ada dua tingkatan di internet menurut Hariqo, yakni pengusaha media sosial dan pengguna media sosial. Penduduk Indonesia menurut Hariqo umumnya pengguna media sosial karya bangsa lain.

"2018 kita harus bangkit. Sudah banyak media sosial lokal karya anak bangsa, tinggal diseleksi mana yang paling potensial untuk dikembangkan, kemudian mengarahkan investor lokal untuk berinvestasi," paparnya.

Menurut Hariqo, yang penting para pemimpin berani menggunakan dan mempromosikan dulu. Memang ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap media sosial asing cukup tinggi.

Media sosial karya bangsa lain tidak saja memudahkan urusan masyarakat, namun juga telah memberikan penghasilan kepada masyarakat Indonesia, seperti yang sudah diperoleh para Youtuber dan lainnya.

"Orang akan enggan diminta menggunakan media sosial hanya dengan alasan ini karya anak bangsa. Karenanya media sosial karya anak bangsa juga harus berkualitas. Untuk menuju ke situ perlu kolaborasi, karena isu di media sosial bukan semata soal keamanan dan kreatifitas, namun juga gotong royong", terang Hariqo.

Untuk melawan kreativitas, lanjut Hariqo, diperlukan kreativitas. Anak-anak muda dirasa perlu mendapat dukungan, sebagaimana pemerintah Amerika Serikat mendukung Facebook, Instagram, Google, Youtube, dan medsos buatan negaranya sendiri.

Terlalu sering menggunakan media sosial buatan asing dirasa akan memberikan beberapa dampak negatif. Hariqo melihat pemerintah kewalahan atau tidak bisa cepat menghapus konten-konten yang merugikan kepentingan nasional seperti promosi LGBT, gerakan separatisme, radikalisme, hingga HOAX di media sosial.

Sementara bila menggunakan media sosial buatan dalam negeri, keuntungan yang bisa didapat menurut Hariqo adalah soal iklan, uang dan data. Hal ini berkaca pada Facebook yang mendapatkan banyak keuntungan dari Indonesia.

"Mereka mendapatkan data, baik yang statis maupun bergerak. Mereka mendapatkan uang dari berbagai iklan. Nah, jika Indonesia punya media sosial yang digunakan banyak orang, Indonesia bisa meminimalisir uang keluar. Sekarang saja sudah banyak kementerian, lembaga negara, pemerintah daerah yang bayar iklan kepada Facebook," pungkas Hariqo. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2lrGCNU
via IFTTT

Persaingan e-Commerce Indonesia di 2017, Siapa Terpopuler?

Jakarta - Berdasarkan riset terbaru dari Google Temasek, di tahun 2017 penjualan e-commerce akan mencapai USD 10,9 miliar. Jumlah ini meroket 41% dari angka USD 5,5 miliar yang dicapai pada tahun 2015.

Laporan Google juga menyebut ketertarikan konsumen terhadap e-commerce tumbuh pesat di Asia Tenggara. Ini berdasarkan jumlah search volume dari nama-nama e-commerce yang meningkat lebih dari dua kali lipat dalam 2 tahun di Google Search. Di tahun 2017, kami juga melihat beberapa fenomena menarik terkait pertumbuhan e-commerce di Indonesia. Di antaranya:

• Pergerakan agresif Alibaba. Pertama adalah peningkatan sahamnya ke Lazada Indonesia dari 51% menjadi 83%. Beberapa bulan setelahnya, mereka mengalirkan dana investasi sebesar 1,1 miliar dolar ke Tokopedia.
• Pemain baru besar di Asia Tenggara: Amazon memasuki Singapura dan Australia. Salim Group dan Lotte meluncurkan e-commerce baru bernama iLotte.
• Kampanye belanja online besar-besaran dari e-commerce saat 11.11 dan 12.12

Mengintip sekilas momen besar tersebut, menarik bila kita mengambil sudut pandang lebih lebar untuk melihat apa saja momen-momen e-commerce lain yang terjadi di 2017. Tujuan riset ini adalah untuk melihat kembali pertumbuhan dan persaingan e-commerce Indonesia di tahun 2017.

Di artikel ini, kami akan menyajikan beberapa data dan temuan mengenai e-commerce tanah air setahun ke belakang, di antaranya:

1. e-Commerce Indonesia yang paling banyak dicari di Google

Foto: iPrice

Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf awal, berdasarkan riset Google Temasek terdapat peningkatan search volume e-commerce ternama di Asia Tenggara. Di bahasan ini kami akan lebih spesifik membahas pasar Indonesia.

Kami mengumpulkan data Google Trends untuk melihat 5 besar e-commerce di Indonesia yang memiliki pencarian tertinggi di 2017. Dari riset ini juga kami melihat berbagi lompatan search volume dari beberapa e-commerce. Berdasarkan data pertumbuhan search interest selama 12 bulan ke belakang, kami menemukan beberapa poin menarik:

1. Lazada dan Tokopedia Berada di Posisi Puncak

Lazada dan Tokopedia berada di posisi pertama dan kedua sebagai e-commerce paling banyak dicari di 2017. Ini terjadi karena banyak faktor: Lazada yang di tahun ini mendapat peningkatan saham dari Alibaba dari 51% ke 83%, beserta beberapa event promosi yang cukup rajin yakni promo ulang tahun mereka, single's day (11.11), dan kampanye online shopping revolution (12.12). Di sisi lain, Tokopedia juga memiliki momentum besar tahun ini yakni aliran dana segar dari Alibaba sebesar USD 1,1 miliar.

2. Pertumbuhan Konsisten dari Shopee

Pada Januari 2017, selisih jumlah search interest antara Shopee dan Bukalapak cukup besar. Namun di penghujung tahun ini, Shopee berhasil sedikit menyalip Bukalapak.
Sebagai salah satu pemain "muda", kami melihat banyak upaya dari Shopee untuk memperkecil jarak dengan e-commerce lain yang sudah bermain lama di Indonesia. Mulai dari kampanye mobile shopping 10.10, penguatan pada komunitas penjualnya, dan strategi lainnya.

Dari pertumbuhan tersebut, kami juga menemukan beberapa momen dari masing-masing e-commece yang disinyalir berpengaruh dalam peningkatan search interest mereka sepanjang tahun.

Dari paparan infografik di atas, Anda juga bisa melihat beberapa lonjakan search interest dari beberapa e-commerce.

1. Peningkatan pada Lazada selama 19-25 Maret 2017 karena promosi ulang tahun mereka yang ke-5.
2. Peningkatan pada semua e-commerce selama periode promo bulan Ramadhan (28 Mei – 17 Juni)
3. Lonjakan yang cukup besar pada Lazada selama 11-17 Juni berkat Alibaba yang meningkatkan sahamnya menjadi 83%
4. Peningkatan pada Tokopedia selama 13-19 Agustus saat mendapatkan aliran investasi terbaru dari Alibaba
5. Peningkatan pada Shopee selama 8-14 Oktober berkat kampanye mobile shopping 10.10
6. Lonjakan pada semua e-commece selama periode kampanye Single's Day pada 5-11 November lalu 7. Terakhir, kampanye Harbolnas 12.12 juga memberikan peningkatan jumlah search interest pada masing-masing e-commerce

2. 10 Besar e-Commerce yang Paling Banyak dikunjungi

Foto: iPrice

Selain melihat e-commerce yang paling banyak dicari, kami juga menganalisa e-commerce dengan jumlah visitor bulanan terbanyak di tahun 2017. Karena bagaimanapun, tujuan tiap pelaku bisnis e-commerce adalah mendapat pengunjung sebanyak mungkin untuk diarahkan jadi pembeli. Untuk menganalisa ini, kami mengumpulkan data dari Similarweb bulan Januari hingga November 2017. Kemudian kami susun peringkat 10 besar e-commerce berdasarkan jumlah rata-rata pengunjung per bulan di tiap kuartal. Berikut temuan yang kami dapatkan:

1. Lazada dan Tokopedia Bersaing di Puncak

Kedua e-commerce ini bersikut di posisi pertama dan kedua. Lazada yang ada di posisi puncak telah melakukan banyak sekali promosi online, mulai dari promo anniversary di bulan Maret (Q1), promo bulan Ramadhan saat bulan Juni (Q2), promo 11.11 dan promo Harbolnas 12.12 (Q4).

Tokopedia yang berada di posisi kedua juga tidak kalah agresif dengan meluncurkan sistem booking tiket kereta di bulan Januari, bekerja sama dengan Unilever di bulan Februari, dan juga meluncurkan fitur baru "Zakat Online" sebagai penyedia layanan untuk populasi Muslim di Indonesia saat bulan Ramadhan.

Faktor lain yang secara tidak langsung berpengaruh adalah momen saat Jack Ma, pendiri Alibaba Group yang secara resmi ditetapkan menjadi salah satu penasihat e-commerce di Indonesia.

2. Bukalapak Menyusul di Posisi 3 Besar

Bukalapak bertahan di posisi keempat saat Q1 dan Q2. Namun di penghujung tahun yakni di Q3 dan Q4 (Oktober-November), mereka berhasil menyalip di posisi nomor 3. Hal ini terjadi berkat sejumlah strategi yang dilakukannya, mulai dari kampanye hingga fitur terbaru bernama "Buka Emas", yakni layanan di mana konsumen bisa membeli emas secara online. Di tahun ini Bukalapak juga mengumumkan mendapat pendanaan tambahan dan memproklamirkan diri sebagai unicorn startup.

3. Shopee Memasuki 5 Besar

Di Q2 Shopee berada di posisi ke tujuh. Namun berkat maraknya program-program, kampanye, dan promosi yang dilakukan, Shopee berhasil memasuki daftar 5 besar e-commerce dengan jumlah pengunjung terbanyak.

4. Blibli, Naik Satu Peringkat

E-commerce besutan Djarum Group ini berada di posisi ke-5 pada Q1 dan Q2, namun selama Q3 dan Q4 (Oktober-November) mereka bertahan di posisi ke-4. Di tahun 2017, Blibli juga melakukan gebrakan dengan mengakuisisi startup beberapa agen tiket perjalanan online, seperti Indonesia Flight dan Tiket.com. Selain itu, Blibli telah berkolaborasi dengan salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia, yakni Unilever.

5. Peningkatan pada Zalora

Pada rentang Q1 dan Q2, Zalora bahkan tidak masuk ke dalam daftar 10 besar. Namun di Q3 mereka berhasil menginjak posisi ke-10, dan di awal Q4, Zalora meningkat lagi di posisi ke-8.

Kami memperhatikan Zalora melakukan upaya promosi besar-besaran selama kampanye Single's Day 11.11 dan Harbolnas 12.12. Kegiatan tersebut disinyalir memberikan dampak yang besar pada pengunjung bulanan mereka.

3. 5 Besar Aplikasi Mobile yang Paling Populer

Foto: iPrice
Foto: iPrice

Di bahasan ini, kami mengumpulkan data peringkat aplikasi mobile shopping (Google Play dan App Store) setiap minggu dari AppAnnie dari bulan Januari hingga Desember 2017. Susunan peringkat lima besar aplikasi mobile tersebut berdasarkan ranking rata-rata di setiap kuarter. Berikut hasilnya: 1. Shopee Mendominasi Popularitas Aplikasi Mobile

Rata-rata, Shopee berada di posisi pertama untuk aplikasi mobile terpopuler baik di platform Android maupun iOS. Hal tersebut kemungkinan besar berkat branding "toko online C2C mobile" yang kerap dilakukan semenjak mereka meluncur di Indonesia. Kami juga melihat program spesial lain yang dilakukan Shopee di tahun ini yakni "Mobile Shopping Day" saat 10.10 dan perayaan Hari Ulang Tahun Shopee di bulan November kemarin.

2. Persaingan Ketat Lazada dan Tokopedia

Melihat peringkat di platform Android, Lazada memiliki peringkat lebih tinggi dari Tokopedia. Lazada berada di peringkat rata-rata 2, Tokopedia rata-rata di posisi 3.
Sedangkan di platfrom iOS, peringkat Tokopedia terlihat lebih tinggi dibanding Lazada. Rata-rata peringkat Tokopedia 1,75, sedangkan Lazada 2,5.

3. Peringkat Stabil Bukalapak

Bukalapak merupakan e-commerce yang memiliki peringkat aplikasi mobile yang paling stabil, yakni posisi 4 baik di platform iOS maupun Android.

4. E-Commerce yang Paling Populer di Media Sosial

Foto: iPrice

Berdasarkan statistik, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 3 jam 16 menit untuk berselancar di sosial media. Angka ini adalah peluang besar bagi para pelaku bisnis e-commerce untuk mengoptimasi sosial media sebagai salah satu channel marketing. Berkolaborasi dengan Socialbakers, kami mengumpulkan data 5 besar e-commerce yang paling populer di sosial media (Facebook, Instagram, dan Twitter) di tahun 2017. Berikut yang kami temukan:

1. Blibli Merajai Twitter dan Facebook

Dari data Peta E-commerce, tampak bahwa akun Facebook dan Twitter Blibli memiliki jumlah pengikut terbanyak dibanding e-commerce lainnya. Tidak heran karena konten sosial media yang disuguhkannya terbilang lebih unik dan menarik. Mereka tidak hanya menyajikan konten mengenai produk tapi juga konten lain yang informatif dan edukatif. Selain itu, respons di Facebook Blibli terbilang sungguh cepat, yakni hanya dalam beberapa menit saja.

2. Hijup, Masih Menjadi Ratu Instagram

Sama seperti data yang kami paparkan di Peta E-commerce, Hijup masih bertahan di posisi pertama di Instagram. Mengingat Hijup adalah e-commerce yang menjual produk fashion, sangat penting bagi mereka untuk menyuguhkan visual yang menarik di sosial media. Dan Instagram merupakan platform terbaik untuk itu.

5. Event Belanja Online Terpopuler di 2017

Di tahun 2017, kami juga memperhatikan beberapa kampanye belanja online dari e-commerce yang berbeda. Berikut temuan kami berdasarkan tiga kampanye belanja online terbesar di Indonesia.

1. Bulan Ramadhan

Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, bulan Ramadhan menjadi salah satu momen besar di Indonesia. Kami menemukan fakta menarik mengenai perilaku konsumen Indonesia saat bulan Ramadhan di tahun ini.

• Masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur sebagai waktu untuk berbelanja online. Terdapat lonjakan sebanyak 400% saat pukul 5 dini hari di periode ini.
• Konsumen Indonesia juga berbelanja online saat jam makan siang, yakni meningkat sebesar 50%.

2. Single's Day 11.11

Saat periode Single's Day, kami juga melakukan perbandingan popularitas e-commerce di Indonesia dan menganalisa perilaku belanja konsumen online. Berikut temuan kami:

• Lazada, Shopee, dan Bukalapak adalah e-commerce yang paling populer di mayoritas provinsi di Indonesia
• Terdapat lonjakan search interest pada Lazada saat pukul 01.00 dan 13.00
• Popularitas Tokopedia tetap tinggi meskipun mereka tidak melakukan promo spesial apa pun selama periode Single's Day
• Setelah 11.11, search interest semua e-commerce turun dan kembali seperti biasa

3. Promo Harbolnas 12.12

Setelah promo 11.11, kami juga mengumpulkan data perilaku konsumen saat periode Harbolnas menggunakan data Google Trends. Berikut temuan kami:

• Lima besar e-commerce yang paling populer selama Harbolnas adalah Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan Zalora.
• Lazada mengalami peningkatan search interest yang cukup signifikan pada tanggal 11 Desember 2017 pukul 21.00. Hal ini dikarenakan acara konser spesial mereka di salah satu stasiun televisi nasional.
• Lonjakan drastis pada semua lima besar e-commerce pada tanggal 12 Desember 2017 pukul 10.00-13.00.

*Artikel ini merupakan kerjasama antara detikINET dengan iPrice.(fyk/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2Crbfg4
via IFTTT

Tambah Batas Karakter, Pengguna Twitter Terbagi Dua

Jakarta - Di bulan November lalu, Twitter secara resmi menambah batasan nge-tweet dari 140 karakter menjadi 280 karakter. Penambahan ini pun menimbulkan pro dan kontra di kalangan penggunanya.

Sebagian pengguna Twitter ada yang setuju dengan 280 karakter. Adapula dari mereka yang belum bisa move on dari 140 karakter. Inilah yang didapat dari hasil survei.

Dikutip detikINET dari Ubergizmo Sabtu, (30/12/2017), berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh YouGov (melalui gadget 360) yang menyebutkan empat dari sepuluh pengguna menyukai perubahan tersebut dan tiganya lebih menyukai fitur 140 karakter, sementara sisanya masih ragu-ragu mengenai penambahan karakter di Twitter.

"Orang-orang saat uji coba fitur ini mengatakan kepada kami bahwa batas karakter yang lebih tinggi membuat mereka merasa lebih puas dengan bagaimana mereka mengekspresikan diri mereka di Twitter, kemampuan mereka untuk menemukan konten yang bagus, dan keseluruhan Twitter," ujar Twitter saat peluncuran fitur tersebut.

Batas 140 karakter sudah ada untuk waktu yang sangat lama. Sehingga, bisa dibayangkan bahwa mungkin ada beberapa orang yang lebih menyukai cara lama.

Sebagai alternatif, beberapa orang mungkin merasa tweet yang lebih panjang agaknya menghilangkan poin dari Twitter, dan mungkin butuh waktu lebih lama untuk membaca tweet sekarang, daripada sebelumnya karena pengguna mungkin lebih cenderung mengirim tweet yang lebih panjang, terutama dengan peluncuran fitur 'Threads'. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2Csj8zB
via IFTTT

Harga Bitcoin di 2018 Ditaksir Rp 814 Juta!

Jakarta - Lonjakan harga Bitcoin yang signifikan sepanjang 2017 diprediksi akan semakin tak terbendung pada tahun depan. Malah diperkirakan bisa mencapai Rp 814 juta.

Tahun 2017 seakan menjadi masa pembuktian bagi Bitcoin sebagai cryptocurrency yang paling diperhitungkan. Salah satu klimaksnya terjadi saat mata uang digital tersebut behasil mencatat rekor tertinggi dengan nilai USD 19.796 (Rp 268 Juta) pada 17 Desember lalu.

Para ahli pun memprediksi bahwa dengan pencapaian tersebut, Bitcoin berpotensi mencatatkan nilai yang jauh lebih tinggi lagi tahun depan.

"Bitcoin dapat mencapai USD 60 Ribu (Rp 814 Juta) pada Desember 2018," ujar Mike Dumont, Senior Editor Bitcoin.com, seperti detikINET kutip dari Futurism pada Minggu (31/12/2017).

Foto: Reuters

Hal senada juga diungkapkan oleh Mohammad Tayeb selaku COO Medicalchain, sebuah platform penyedia layanan medis berbasis blockchain.

"Bitcoin dapat menyentuh angka USD 50 Ribu (Rp 678 Juta) tahun depan, bahkan lebih. Saya pikir akan semakin sedikit orang yang terkejut terhadap pemberitaan mengenai lonjakan nilai Bitcoin," katanya.

Prediksi dengan jangka waktu yang lebih panjang dilontarkan oleh Jeremy Epstein, CEO Never Stop Marketing, startup firma pemasaran berbasis Blockchain.

"Dengan catatan sepanjang tahun ini, saya tidak akan tekejut jika Bitcoin dapat menyentuh angka USD 250 Ribu (Rp 3,39 Miliar) atau lebih dalam waktu lima tahun. Meskipun begitu, masih ada kemungkinan 50:50 antara sukses besar atau gagal total," tutur Epstein menjelaskan.

Tak dapat dipungkiri, pertumbuhan nilai Bitcoin pada 2017 memang bisa dibilang fantastis. Walaupun begitu, kritik terhadap cryptocurrency ini yang dianalogikan sebagai 'gelembung' (karena terus terbang tinggi namun dapat 'meletus' kapan saja) masih cukup melekat pada mata uang digital tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Armindo Araújo, Kepala Divisi Finansial dari NATIXIS, bank asal Prancis. "Ya, Bitcoin merupakan 'gelembung'. Permintaan terhadapnya akan terus membuatnya terus naik dan naik, dan saya cukup penasaran kapan ini akan terus terjadi," ujarnya.

"Menurut saya, posisi Bitcoin dalam setahun ke depan akan ditentukan oleh regulasi serta penerapannya di pasar global," kata Araújo menambahkan. Menariknya, pernyataan tersebut dibantah oleh Dumont.

Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo

Ia mengatakan bahwa terdapat tiga faktor yang membuat Bitcoin bukanlah 'gelembung', yaitu terbatasnya pasokan Bitcoin hingga 21 juta, pemberitaan media serta minat investor membuat orang-orang akan tetap membelinya, dan kapitalisasinya yang masih sangat kecil dibandingkan investasi konvensional.

Epstein juga mengutarakan hal yang serupa. "Kata 'gelembung' hanya digunakan oleh orang-orang yang tidak memahami Bitcoin itu sendiri," ucapnya.

Dumont dan Tayeb pun memiliki pandangan bahwa Bitcoin serta mata uang digital lain akan terus berkembang di masa yang akan datang.

"Cryptocurrency menjadi evolusi lanjutan dari bentuk uang di dunia digital, sebuah peningkatan dari bentuk kertas," Dumont berujar.

"Kita tengah melihat proses desentralisasi terhadap cryptocurrency. Mata uang digital akan terus berkembang pada 2018, sama halnya di 2017 ini," pungkas Tayyeb. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BZ7qeE
via IFTTT

China Mau Jadikan Akun WeChat Sebagai KTP

Jakarta - Di China, segala bentuk media sosial dan pesan instan diatur oleh pemerintahnya. Tak heran, warganya lebih banyak menggunakan aplikasi media sosial dan pesan instan bikinan developer lokal, seperti salah satunya adalah WeChat.

Aplikasi pesan instan buatan Tencent ini pun sangat populer di China dan bahkan bisa dibilang hampir sebagian besar warganya menggunakan WeChat. Atas dasar ini, muncul ide dari pemerintah China untuk menggunakan akun WeChat sebagai tanda kependudukan.

Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (30/12/2017), program ini rencananya akan mulai diuji coba bulan depan. Sebagai permulaan, uji coba ini pertama-tama baru dilaksanakan di distrik Nansha yang terletak di kota Guangzhou, provinsi Guangdong.

Nantinya pengguna WeChat di distrik tersebut bisa menggunakan akun WeChat sebagaimana penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) mereka untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pelayanan pemerintah, checkin hotel, hingga membuka akun bank. Sistem ini menggunakan teknologi pengenal wajah untuk memverifikasi orang sebelum virtual ID-nya diberi otorisasi.

Walau demikian, ada keterbatasan akses bila melakukan registrasi bila mendapatkan ID dari memindai wajah dengan aplikasi WeChat. Pengguna hanya bisa mengakses hal-hal, seperti login di internet cafe. Karenanya, untuk mendapat full akses pengguna harus mengunjungi tempat registrasi.

WeChat sendiri tercatat memiliki 980 juta pengguna teregister di China. Jumlah ini hampir menyamai jumlah penduduk China yang mencapai 1,4 miliar. Jadi, ide menggunakan akun WeChat sebagai kartu identitas penduduk bukan hal yang sulit. (mag/mag)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2CtxIqy
via IFTTT

Gaji Bos Apple Kalah Tinggi dari Pegawainya

Jakarta - Sejatinya sebagai seorang CEO, Tim Cook memperoleh gaji paling tinggi di Apple. Tapi ternyata gajinya kalah tinggi dari sejumlah pegawai Apple.

Salah satu karyawan bergaji sangat tinggi adalah Angela Ahrendts, VP of Retail and Online Store Apple. Perempuan berusia 57 tahun ini membawa pulang gaji sebesar USD 24,2 juta atau sekitar Rp 327 miliar sepanjang 2017.

Bila dirinci, pendapatan yang dibawa pulang Ahrendts berasal dari gaji pokok sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 13,5 miliar. Dia pun mendapatkan USD 20 juta atau sekitar Rp 270 miliar dari saham.

Ahrendts pun mendapat kompensasi kinerja sebesar USD 3,1 juta atau Rp 41,9 miliar. Ditambah lagi USD 88 ribu atau Rp 1,2 miliar dari kompensasi lainnya.

Angela Ahrendts, VP of Retail and Online Store Apple.Angela Ahrendts, VP of Retail and Online Store Apple. Foto: GettyImages/Justin Sullivan

Dengan total USD 24,2 juta, gaji Ahrendts hampir dua kali dari Cook terima. Tahun ini, pria yang lahir 1 November itu mendapatkan gaji USD 12,8 juta atau sekitar Rp 172 miliar. Tapi memang ini belum termasuk share award yang diterima Cook pada 2011 di mana nilainya sekitar USD 89 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Selain Ahrendts, jajaran eksekutif Apple lainnya juga dibayar jauh di atas Cook. Mereka adalah Senior VP dan CFO Apple Luca Maestri dan Senior VP dan Hardware Technologies Johny Srouji, Senior VP dan Hardware Engineering Dan Riccio serta Former Senior VP dan General Counsel and Secretary Bruce Sewell. Berikut tabel perbandingan gaji masing-masing petinggi Apple.

Bos Apple Store Digaji 2 Kali Lipat dari Tim CookFoto: Apple
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2pXTO1E
via IFTTT

Ini Kata yang Paling Sering Presiden Jokowi Tweet

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah salah satu pemimpin dunia yang aktif di media sosial. Nah taukah kamu kata apa yang paling sering di-tweet-nya selama ini?

Adalah Guruh Hapsara, ia melakukan analisis media sosial milik Presiden Jokowi. Dalam pemaparannya, Guruh mengatakan Presiden Jokowi secara aktif memanfaatkan media sosial untuk membangun komunikasi antara pemerintah dan warga sipil. Di akun media sosialnya, Presiden Jokowi sebagian besar berbicara tentang topik nasional dan pengembangan program.

Hasil pengamatan Guruh, Twitter menjadi media sosial yang sering digunakan orang nomor satu di Indonesia itu. Dia memiliki follower yang cukup banyak dan mengicaukan banyak hal.

Guruh mendapati banyak hal menarik dari postingan Presiden Jokowi hingga 19 Desember 2017. Dari 819 tweet yang telah diposting pria kelahiran Surakarta itu, ada 3.272 kata-kata unik dan 100 di antaranya paling sering digunakan.

"Saya menggabungkan semua tweet dan membaginya dalam kata. Kemudia saya kelompokan semua kata untuk mendapatkan kata unik. Setelahnya saya menghitung setiap katanya," jelas pemilik akun @guruhhapsara dalam blognya.

Ini Kata yang Paling Sering Dikicaukan Presiden JokowiFoto: Guruh Hapsara

Dari situ, dia mendapati kata jkw paling sering diposting Presiden Jokowi. Kata tersebut sudah 784 kali digunakan. Seperti diketahui jkw kerap muncul di-tweet Presiden Jokowi untuk menandakan kicauan itu diposting dirinya.

Guruh pun turut mengaitkan kata yang sering digunakan Presiden Jokowi dengan waktu posting. Kata jkw, paling banyak dikicaukan pada jam 21.00 WIB.

Ini Kata yang Paling Sering Dikicaukan Presiden JokowiFoto: Guruh Hapsara

Jam yang sama dinilai Guruh sebagai waktu puncak kata banyak digunakan. Rentang pukul 19.00 - 22.00 WIB terhitung ada 3.251 kata yang telah digunakan. Sementara kata yang paling dikit digunakan pada pukul 02.00 WIB, hanya ada 11 kata yang digunakan.

Ini Kata yang Paling Sering Dikicaukan Presiden JokowiFoto: Guruh Hapsara
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2zNOSfI
via IFTTT

Komunitas Pecinta Xiaomi di Indonesia Tembus 300 Ribu Anggota

Jakarta - Makin hari, anggota komunitas pencinta perangkat Xiaomi atau sering disebut Mi Fans di Indonesia terus bertambah. Hingga akhir tahun 2017, jumlah anggota telah menembus 300 ribu orang.

Pencapaian ini diumumkan akun resmi MiComm Indonesia di aplikasi Mi Community. Jumlah anggota ini bertambah sekitar 30 ribu dalam kurun waktu sepekan setelah Redmi 5A diluncurkan pada 20 Desember 2017. Kala itu, Head of Xiaomi South Pacific Region and Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi mengatakan jumlah anggota Mi Community Indonesia mencapai 247 ribu anggota.

"Kini kita pinya lebih dari 300.000 teman. Jumlah teman kita bakalan bertambah terus, tiap menit, tiap hari, mulai dari sekarang. Dari lubuk hati yang paling dalam, kami pengen ucapkan makasih banyak," tulis MiComm Indonesia dalam pengumumannya.

"Kami benar-benar jatuh cinta sama sambutan Mi Fans di seluruh Indonesia, tanpa dukungan Mi Fans, Mi Community ga bakalan bisa sebesar sekarang," lanjutnya.

Komunitas Pecinta Xiaomi di Indonesia Tembus 300 Ribu AnggotaFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Dalam kesempatan ini, MiComm Indonesia turut merinci pertumbuhan anggota Mi Community di Tanah Air sejak hadir Maret silam. Dalam kurun dua bulan aplikasi dirilis, jumlah anggota mencapai 10 ribu orang. Pada Oktober, anggota tembu 150 ribu orang. Lalu Desember ini meningkat dua kali lipatnya, yakni 300 ribu.

"Mi Fans, kalian luar biasa!!!," punkas MiComm Indonesia. (afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2pYEDoX
via IFTTT

Adam Fabumi Hingga Pesawat Habibie, Donasi Online Terpopuler 2017

Jakarta - Penggalangan dana dan donasi secara online makin populer di Indonesia. Sepanjang 2017, Kitabisa.com menemukan adanya tren positif.

Tercatat, lebih dari 12.000 kampanye menggalang dana dibuat selama 2017. Highlight terpenting adalah, bagaimana penetrasi internet sejalan dengan publik yang kian familiar dengan kegiatan mengalang dana online sebagai solusi berbagai masalah sosial.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi
Kampanye Terpopuler

Kitabisa.com mencatat, kampanye untuk membantu keluarga atau teman yang sakit adalah yang paling populer, yaitu sebanyak 24% dari total seluruh donasi. Kampanye penggalangan dana online terpopuler lainnya adalah isu kemanusiaan (16%) dan rumah ibadah (10%).

Ada juga kisah viral seperti biaya pengobatan bayi Adam Fabumi (Rp 574 juta), ajakan Ridwan Kamil membantu Rohingya (Rp 4,3 miliar), patungan Pesawat R80 karya BJ Habibie (Rp 7,5 miliar), hingga yang terbaru fans Kpop Indonesia yang menggalang dana untuk Palestina (Rp 400 juta).

Tren baru pun muncul di kalangan figur publik, yakni semakin banyak artis dan influencer yang melakukan penggalangan dana online.

Mereka yang melakukannya antara lain Raisa, Tatjana Saphira, Chelsea Islan, Chicco Jerikho, Glenn Fredly, Maudy Ayunda, Ernest Prakasa, Pandji Pragiwaksono, Ippho Santosa hingga figur pemerintahan seperti Wakil Ketua Badan Ekonomi Kreatif Ricky Pesik juga ikut melakukan penggalangan dana.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi
'Orang Baik Tak Boleh Kalah Berisik'

Berbagai catatan baru dalam tren pertumbuhan donasi online 2017 menunjukkan tren positif crowdfunding di Indonesia.

Pengguna Kitabisa.com bertumbuh hingga 500.000 orang, dan tercatat 183.000 orang diantaranya pertama kali berdonasi.

Sepanjang 2017, ada 12.000 kampanye galang dana, naik tiga kali lipat dari tahun 2016. Secara total, lebih dari Rp 193 miliar donasi terkumpul melalui Kitabisa.com.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur menyebutkan, bagi Kitabisa.com, tren di 2017 ini menunjukkan bahwa penggalangan dana online menjadi salah cara memperjuangkan harapan.

"Dari ratusan orangtua yang berjuang menggalang dana untuk kesembuhan anaknya, driver ojek online yang membantu kakek ditemui di jalan, hingga ribuan netizen yang mendukung mimpi eyang Habibie membangun pesawat sendiri. 2017 adalah tahun kita menyalakan harapan dan meyakini bahwa orang baik tidak boleh kalah berisik," sebutnya.

Galang Dana Terpopuler 2017: Adam Fabumi Sampai Pesawat Habibi

Lebih dari itu, menurutnya, Kitabisa.com telah menunjukkan cara termudah menggandeng publik untuk menggalang pendanaan. Tren galang dana online yang telah dikampanyekan sepanjang 2017 kian menunjukkan hasil bahwa melalui Kitabisa.com, siapa saja bisa mencari dukungan tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga orang terdekatnya yang membutuhkan bantuan.

"Lebih dari sekadar dana, tapi juga harapan bagi mereka yang sakit ataupun cahaya bagi mereka yang memiliki ide kreatif dan membutuhkan biaya pendidikan," tutupnya. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2EeqyqL
via IFTTT

Tiga Aplikasi Jagoan FPI Pengganti WhatsApp, Facebook, dan Google

Jakarta - Gaung penggunaan aplikasi layanan lokal kembali menggema, seiring dengan ancaman Front Pembela Islam (FPI) yang berencana memboikot layanan Google, Facebook, dan WhatsApp. Terlebih dengan seringnya akun mereka diblokir di Facebook.

Geevv, RedaksiTimes (RTimes), dan Callind menjadi aplikasi lokal yang diserukan oleh FPI. Layanan-layanan tersebut dinilai FPI layak menggantikan Google, Facebook, dan WhatsApp. Penasaran, detikINET pun melakukan penelusuran mengenai ketiga aplikasi yang dimaksud.

Geevv

Aplikasi Ini Dipilih FPI Gantikan WhatsApp, Facebook, dan GoogleFoto: Internet

"Geevv adalah search engine berbasis sosial yang bertujuan untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat dunia," begitu dikutip berdasarkan yang tertulis di platform Geevv, Jumat (29/12/2017).

Perbedaan Geevv dengan Google, yaitu Geevv menyatakan komitmen bahwa perusahaannya akan mendonasikan 80% pendapatan iklan untuk program sosial dan 20% untuk meningkatkan kualitas layanan dan situs Geevv.

Berdasarkan pengalaman detikINET, setiap satu pencarian yang dilakukan melalui Geevv, pengguna menghasilkan paling kecil Rp10 sampai Rp30 di saldo donasi yang tertera di atas paling kanan.

Angka donasi tersebut akan berlipat ganda seiring aktifnya melakukan pencarian di Geevv. Geev melakukan transparansi mengenai alur donasi tersebut dengan menghimpun data-datanya pada laporan bulanan.

Secara tampilannya, Geev terlihat enak dipandang dengan wujud ala-ala startup. Terpajang logo Geevv di tengah-tengah yang masih hadir dalam versi beta. Dibawahnya ada kotak untuk mengetik kata kunci untuk pencarian serta informasi jumlah donasi yang telah terkumpul.

Usai melakukan pencarian, tampilan berubah di mana wujudnya mengingatkan kita akan halaman yang tidak jauh berbeda dengan Google.

Kehebatan Tiga Aplikasi Lokal Pengganti WhatsApp, Facebook, GoogleFoto: Internet

RTimes

RTimes disebut sebagai sebagai media sosial buah karya anak bangsa yang mengusung open source. Di platform ini dikenakan secara cuma-cuma bagi yang ingin mendaftar sebagai penggunanya. Sayangnya untuk mengakses RTimes, pengguna harus bersabar karena tidak terlalu gesit untuk membuka layanannya.

Seperti media sosial pada umumnya, RTimes juga memungkinkan pengguna dapat berinteraksi satu sama lain sesama 'warga RTimes' sampai mengunggah foto dan video.

Meski menampilkan halaman yang serupa Facebook, di mana itu ada kotak untuk update status hingga warna paduan biru, abu, dan putih, secara keseluruhan RTimes hadir lebih sederhana. Namun, jangan terkejut apabila ada penghuni baru RTimes, maka terotomatis ada akun lain yang muncul di beranda.

Kehebatan Tiga Aplikasi Lokal Pengganti WhatsApp, Facebook, GoogleFoto: Internet

Callind

Novi Wahyuningsih, seorang gadis asal Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah merupakan perancang aplikasi pesan instan bernama Callind. Layanan yang ditawarkan dikatakan akan menyaingi peta persaingan pesan instan yang sudah ada saat ini, seperti WhatsApp dan BBM.

Kepada detikcom, ia menceritakan awal mula memiliki ide hingga sekarang menjadi Direktur Utama di sejumlah perusahaan IT (Teknologi Informasi) yang didirikannya. Sebut saja PT Wahyu Global Abadi, PT Rise Solution International, dan PT Callind Network International.

"Dulu saya kuliah di UGM mengambil jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, lulus tahun 2011. Saat kuliah saya juga nyambi sebagai penjaga warnet. Dari situ saya mulai belajar bikin blog dan website. Sebelum muncul ide pembuatan Callind malah saya dulu pengennya buat aplikasi medsos seperti Facebook namun belum kesampaian," kata Novi

"Meski kurang sreg, tapi jujur saya pertama kali belajar bisnis dari dunia MLM itu. Saya yang tadinya pendiam dan hanya fokus belajar biar jadi anak cerdas di kampus akhirnya mulai belajar leadership dan marketing," imbuh Novi.

Callind yang merupakan singkatan dari Calling Indonesia merupakan aplikasi yang mirip dengan WhatsApp dan BBM yang memungkinkan kita melakukan chat privat, broadcast message, kirim foto, telepon, hingga video call.

Callind yang diklaim oleh Novi sebagai aplikasi chatting buatan asli Indonesia ini rencananya baru akan resmi diluncurkan pada bulan Februari 2018 nanti di Jakarta. Ia pun berharap, Callind bisa diterima oleh masyarakat Indonesia, jadi raja di negara sendiri dan juga diterima dunia. (agt/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2EbVIz3
via IFTTT

Steve Jobs Jadi Merek Baju, Apple Mencak-mencak

Jakarta - Steve Jobs identik dengan Apple. Karenanya ketika ada yang menggunakan nama tersebut, perusahaan pembuat iPhone itu pun tidak segan menuntutnya.

Seperti terjadi di Italia, sebuah brand pakaian menggunakan nama Steve Jobs. Perusahaan tersebut didirikan oleh dua orang yang bernama Vincenzo dan Giacomo Barbato.

Keduanya lantas dilaporkan oleh Apple karena menggunakan nama sang pendirinya. Karena tidak ada titik temu di kedua belah pihak, kasus ini pun dibawa ke pengadilan.

Cukup lama kasus ini bergulir di pengadilan. Lima tahun lamanya barulah hakim memutuskan Vincenzo dan Giacomo Barbato tidak bersalah. Pasalnya Apple tidak memiliki merek dagang Steve Jobs.

Sementara Apple dalam pembelaannya, mereka berkeberatan lebih pada logo. Di mana pada huruf J memiliki potongan sebagian yang menyerupai logo Apple yang telah digigit. Sayangnya lantara huruf J bukan barang yang bisa dimakan, alasan Apple tidak dapat diterima dan akhirnya membuatnya kalah di pengadilan.

Setelah kasus ini dimenangkan Vincenzo dan Giacomo Barbato, keduanya masih akan fokus memproduksi pakaian. Tapi mereka punya rencana untuk merilis barang elektronik dengan merek Steve Jobs, demikian detikINET kutip dari Republica, Jumat (29/12/2017). (fyk/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2ClOwjb
via IFTTT

Tren Bayar Gaji Pakai Bitcoin, Seperti Apa?

Jakarta - Meningkatnya nilai Bitcoin, sekaligus tumbuhnya bisnis cryptocurrency, membuat mata uang digital ini tidak hanya menarik bagi para investor, namun juga setiap orang yang berkecimpung di dunia teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumah perusahaan sudah memulai tren membayar gaji dengan Bitcoin.

Seperti yang dilakukan oleh SC5, penyedia layanan desain digital asal Denmark, mulai 2013 lalu, serta GSMSolutions, perusahaan perbaikan barang-barang elektronik asal Irlandia, sejak 2014.

Tidak hanya itu, munculnya platform penghubung antara pencari kerja dengan perusahaan yang sama-sama ingin pelunasan gaji menggunakan cryptocurrency, seperti Bitcoin, Litecoin, hingga Dogecoin, juga semakin mengenalkan tren tersebut.

Salah satunya adalah Coinality, yang berdiri sejak September 2013. Mereka mengaku sudah ada 5 ribu orang yang melamar pekerjaan lewat Coinality, dengan 4 ribu diantaranya sudah diterima di berbagai perusahaan.

Lalu, salah satu pemegang peranan penting dalam tren tersebut, adalah hadirnya penyedia layanan konversi gaji menjadi Bitcoin. Dua yang paling terkenal adalah Bitpay dan Bitwage.

Bitpay, penyedia metode pembayaran lewat Bitcoin, yang sudah berdiri sejak 2011 memiliki dua layanan unggulan, yaitu Zuman dan Incoin. Sedangkan Bitwage yang hadir dua tahun setelahnya mempunyai Bitcoin Payroll for the Individual, yang disingkat BP(i).

Bentuk Kesepakatan

Biasanya, Bitcoin yang digunakan untuk pembayaran gaji disesuaikan dengan nilai mata uang digital itu sendiri pada waktu yang disepakati bersama.

Jika nilai Bitcoin pada saat itu menyentuh angka USD 10 Ribu, dan karyawan yang bersangkutan meminta USD 1.000 dari gajinya untuk dikonversi, maka ia akan menerima 0,1 Bitcoin.

Saat pegawai tersebut memilih untuk menjualnya, maka ia akan menerima uang setara dengan jumlah gaji yang dikonversi dalam bentuk Bitcoin.

Pro dan Kontra

Beberapa pihak berpendapat, penggunaan Bitcoin dalam pelunasan gaji akan memudahkan perusahaan yang bersangkutan dalam menjaring talenta baru sekaligus mempertahankan karyawan lama.

Salah satu yang memercayai hal ini adalah Eric Piscini, salah satu konsultan teknologi finansial dari Deloitte Consulting LLP.

"Membayar pegawai dan teknisi eksternal menggunakan Bitcoin akan membuat para CIO (Chief Information Officer) selangkah lebih maju dalam perebutan talenta di bidang teknologi," ujarnya.

Selain itu, Rise People, penyedia perangkat lunak rekrutmen dalam jaringan asal Kanada, mengatakan sejumlah keuntungan yang dapat diambil dalam penerapan Bitcoin sebagai bentuk pembayaran gaji.

Beberapa diantaranya yaitu mudah digunakan, minim biaya tambahan, serta dapat menarik lebih banyak talenta-talenta baru. Lalu, tentunya, metode ini dapat menumbuhkan teknologi Blockchain dan Bitcoin itu sendiri.

Meskipun begitu, suara-suara sumbang terkait implementasi tersebut masih terdengar dari berbagai kalangan. Beberapa menyebutkan bahwa pelunasan gaji dengan Bitcoin akan menempatkan pegawai dalam situasi yang membingungkan.

"Jika karyawan menerima gaji mereka dalam bentuk Bitcoin, sama saja seperti mereka menerima tiket lotre. Mereka seakan mengikuti sebuah permainan," kata Massimo Massa, Profesor Keuangan dari INSEAD, sekolah bisnis asal Prancis, seperti detikINET kutip dari BBC pada Jumat (29/12/2017).

Risiko penerimaan gaji menggunakan Bitcoin memang tidak bisa dikesampingkan begitu saja.

Nilainya yang dapat berubah-ubah secara drastis menjadi salah satu momok yang patut diperhitungkan bagi para karyawan maupun perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut.

"Tidak ada jaminan bahwa nilai dari Bitcoin atau cryptocurrency lain akan naik, terlebih mata uang digital tidak memiliki nilai intrinsik karena sangat sedikit yang menerapkannya di dunia nyata," pungkas Massa. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2zJnb7G
via IFTTT

Putri Juragan Komputer Pamer Cincin Pertunangan Rp 40 Miliar

Jakarta - Alexa Dell adalah putri Michael Dell, pemilik vendor komputer Dell dan salah satu orang terkaya dunia. Ia tengah berbahagia karena telah dilamar pacarnya yang memberikan cincin pertunangan yang diestimasi senilai USD 3 juta atau di kisaran Rp 40,6 miliar.

Alexa yang berusia 24 tahun, memamerkan cincin berlian besar 12 karat dan super mahal itu di media sosial. Diberikan oleh pacarnya, Harrison Refoua yang berusia 40 tahun. Mereka pun siap melangsungkan pernikahan.

"Cincin pertunangan berlian biasanya harga mulai USD 500 ribu, tapi bisa jadi jutaan dollar berdasarkan potongannya dan penampilannya. Cincinnya ini mungkin harganya di kisaran USD 2 sampai 3 juta," papar Hamish Shepard, pendiri website Bridebook.

Putri Juragan Komputer Pamer Cincin Pertunangan Rp 40 MiliarFoto: Instagram

Dikutip detikINET dari Metro, Alexa dilamar di hotel Four Seasons di Kona, Hawaii, yang dimiliki ayahnya. Ayah Alexa, Michael Dell, memang salah satu orang terkaya dunia.

Sedangkan sang pacar, Harrison, adalah investor real estate yang juga punya banyak uang. Mereka telah berpacaran sekitar setahun setelah dikenalkan oleh teman. Sebelumnya, Alexa adalah kekasih CEO Tinder, Sean Rad.

Michael Dell diestimasi Forbes saat ini memiliki harta di kisaran USD 23,5 miliar. Ia menempati posisi ke-37 orang terkaya di dunia.

Dell makin berkibar di jagat teknologi dan kini menyediakan banyak produk, tidak cuma komputer. Mereka telah mencaplok perusahaan virtualisasi EMC senilai USD 67 miliar di tahun 2016, salah satu aksi akuisisi terbesar di dunia teknologi. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2Cjseyo
via IFTTT

Wah, Pengawalan Pribadi Bos Apple Habiskan Rp 3 Miliar

Jakarta - Sebagai seorang CEO Apple, Tim Cook mendapatkan perilaku khusus dari perusahaan, mulai menggunakan pesawat jet khusus sampai pengawalan pribadi. Keistimewaan ini rupanya menghabiskan dana yang tidak sedikit.

Dalam laporan yang dirilis Apple baru-baru ini menyebutkan bahwa untuk perjalanan pribadi Cook menghabiskan USD 93.109 atau Rp 1,261 miliar. Sementara untuk biaya keamanan pribadi, Apple menggelontorkan sampai USD 224.216 atau Rp 3,038 miliar.

Dengan demikian, sepanjang tahun ini berjalan saja Apple mengalokasi dana sebesar USD 317.325 atau Rp 4,3 miliar hanya untuk perjalanan dan pengawalan pribadi Cook.

Biaya-biaya tersebut ditanggung oleh Apple. Bahkan dewan direksi Apple mewajibkan Cook untuk menggunakan jet pribadi dalam setiap perjalannya. Keamanan dan kenyamanan menjadi alasannya perlakuan khusus perusahaan kepada suksesor Steve Jobs ini.

"Kebijakan ini telah diterapkan pada 2017 untuk kepentingan keamanan dan efisiensi berdasarkan profil global kami dan peran Cook sebagai CEO," kata Apple dalam pernyataannya dilansir detikINET dari Business Insider, Jumat (29/12/2017).

Wah, Pengawalan Pribadi Bos Apple Habiskan Rp 3 MiliarFoto: Reuters

Pada laporan ini juga, Apple membeberkan perihal gaji Cook untuk tahun 2017. Tahun ini, pria yang bergabung dengan Apple sejak 1998 silam tersebut mengantongi USD 12,8 juta atau Rp 173 miliar. Secara rinci, pemasukan Cook termasuk gaji tahunan USD 3,06 juta, bonus tunai USD 9,3 juta dan tambahan kompensasi lainnya.

Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pemasukan Cook mengalami peningkatan. "Perbandingan sebelumnya dia dibayar USD 8,7 juta dalam setahun yang meliputi gaji USD 3 juta, bonus 5,4 juta dan tambahan kompensasi mencapai USD 378 ribu," tulis dalam laporan tersebut. (agt/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2C8IJR5
via IFTTT

Developer Ini Bikin Aplikasi Wajah Tembus Pandang di iPhone X

Jakarta - Salah satu keunggulan yang dihadirkan di iPhone X adalah teknologi kemampuan membaca wajah yang canggih (Face ID). Teknologi ini pun dieksplorasi lebih jauh oleh seorang developer asal Jepang, sehingga melahirkan aplikasi efek unik berikut.

Entah apakah unik menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan aplikasi buatan developer bernama Kazuya Noshiro. Pasalnya, seperti yang bisa Anda lihat dari gambar di atas, aplikasi yang ia buat mampu membuat wajah Anda menjadi tembus pandang dengan latar di belakang.

Hasil karya yang masih dalam pengembangan ini ia bagikan lewat postingan Twitter-nya. Video durasi 10 detik itu bahkan memperlihatkan wajah Noshiro tembus pandang walau ia bergerak ke sana ke mari.

Wajah Noshiro hampir semuanya tertutupi oleh topeng tembus pandang ini, hanya menyisakan dua mata dan mulutnya. Menurut Noshiro, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (28/12/2017), aplikasi yang ia ciptakan ini dibuat menggunakan engine Unity dan posisi kamera fixed untuk memoto latar belakang guna menciptakan ilusi.

Belum ada informasi kapan aplikasi ini akan dirilis dan untuk apa aplikasi ini nantinya. Noshiro yang menjabat sebagai perusahaan developer game ViRD ini mengatakan masih terus mengembangkan aplikasi buatannya itu.

Hingga berita ini ditulis, kicauan Noshiro sudah 2.116 kali di-retweet dan mendapat like lebih dari 3.000. Banyak yang memuji kepiawaian Noshiro dalam membuat aplikasi. (mag/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2DqIM6Z
via IFTTT

Riset: Orang yang Terobsesi Selfie Punya Gangguan Mental

Jakarta - Bagi sebagian orang, swafoto atau selfie dianggap menyenangkan dan tak jarang ada yang menjadikannya sebagai hobi. Meski demikian, kegiatan ini menurut International Journal of Mental Health and Addiction sekarang diklasifikasikan sebagai gangguan mental.

Suka atau tidak, penelitian ini benar terjadi dan ditulis oleh Janarthanan Balakrishnan dari Thiagarajar School of Management di Madura, India bersama dengan Mark D. Griffiths dari Nottingham Trent University di Nottingham, Inggris. Keduanya mengklasifikasikan obsesi berfoto selfie sebagai penyakit mental dan bahkan mereka memiliki julukan sendiri untuk penyakit ini, yakni selfitis.

Adapun penelitian yang ditetapkan sebagai Selfitis Behavior Scale (SBS) menempatkan orang yang terobsesi selfie dalam beberapa kategori berbeda, tergantung dari tingkat keparahan kondisi mereka. Untuk lebih lengkapnya, berikut klasifikasinya.

Riset: Orang yang Terobsesi Selfie Punya Gangguan MentalFoto: istimewa

Penelitian ini pun kemudian dikaji oleh 225 pelajar dari India, dan mengklaisifikasikan tiga grup untuk orang yang hobi selfie, yakni mereka yang masih di ambang batas, akut, dan kronis 'selfitis'. Studi ini pun menemukan jika 9% dari partisipasi berfoto selfie delapan kali sehari dan 25% berbagi di media sosial.

"Biasanya mereka yang memiliki kondisi kurang percaya diri dan berusaha untuk menyesuaikan dengan orang-orang di sekitar mereka dan mungkin menunjukkan gejala serupa dengan perilaku berpotensi adiktif lainnya," ujar Balakrishnan dikutip detikINET dari Phone Arena, Kamis (27/12/2017). (mag/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2CeYR09
via IFTTT

Di Dunia Nyata, Bitcoin Tak Ada Harganya

Jakarta - Meski nilai Bitcoin terus menanjak sepanjang 2017, hal ini tak lantas membuatnya berharga di mata analis firma konsultan finansial ternama dunia.

James Faucette, analis dari Morgan Stanley, mengeluarkan pernyataan menarik terhadap salah satu cryptocurreny paling bernilai di dunia saat ini.

Dalam laporannya yang berjudul 'Bitcoin Decrypted', ia menuliskan bahwa harga asli dari Bitcoin adalah USD 0. Padahal, menurut data dari CoinDesk, nilai Bitcoin sendiri paling tidak masih menyentuh di angka USD 13.800 (Rp 187 juta).

"Faktanya, hanya sedikit bisnis ritel berbasis online yang menerima Bitcoin, bahkan jumlahnya terus berkurang. Jika tidak ada yang menerimanya sebagai metode pembayaran, maka nilainya akan menjadi nol," tulisnya dalam laporan tersebut, seperti detikINET kutip dari Futurism, Kamis (28/12/2017).

Meski laporan yang ditulis Faucette tidak menyebutkan secara pasti berapa nilai sebenarnya dari Bitcoin, bagian berjudul 'Attempts to Value Bitcoin' memberikan penjelasan sulitnya menakar 'harga' dari cryptocurrency tersebut.

Hal pertama yang dipertimbangkan oleh Faucette adalah kelayakan dari Bitcoin sendiri untuk dianggap sebagai mata uang yang sesungguhnya, seperti Dollar dan Euro, mengingat crpytocurrency ini tidak memiliki suku bunga.

Lalu, ia juga menerangkan kelemahan Bitcoin jika dibandingkan dengan material berharga seperti emas. Berbeda dengan logam mulia tersebut yang dapat digunakan sebagai perhiasan, Bitcoin tidak memiliki nilai intrinsik karena hanya hadir dalam bentuk data.

Dari dua hal tersebut, Faucette memberikan kesimpulan bahwa Bitcoin merupakan metode pembayaran yang sangat sulit untuk diukur, ditambah tidak berlakunya ongkos terhadap sebuah transaksi di dalamnya.

Jeremy Eng-Tuck Cheah, Profesor dari Southampton Business School, mengucapkan hal yang senada dengan Faucette.

"Menurut saya, sampai saat ini pasar Bitcoin cenderung didorong oleh 'kemewahan' yang tidak masuk akal, sehingga menarik banyak investor yang tidak biasa melihat investasi dalam crpytocurrency," ujarnya.

"Saya masih tidak yakin bahwa Bitcoin memiliki nilai pokok maupun fundamental, mengingat harganya lebih diarahkan oleh banyaknya penawaran dan permintaan terhadap mata uang digital," kata Cheah menambahkan. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BO5R30
via IFTTT

Vietnam Kerahkan 10.000 Tentara Cyber

Jakarta - Vietnam tengah membangun pasukan cyber. Sebanyak 10.000 orang dikerahkan untuk menangkal konten di internet yang dianggap negatif oleh pemerintah setempat.

Pasukan cyber ini diberi nama Force 47. Saat ini mereka telah menjalankan tugas di sejumlah sektor untuk menangkal informasi yang terdistorsi.

"Di tiap jam, menit dan detik, kami harus siap berperang secara proaktif melawan pandangan yang salah," kata Lieutenant General Nguyen Trong Nghia, Deputy Head of The Military's Political Department seperti diberitakan koran lokal Vietnam, Tuoi Tre.

Pemerintah komunis Vietnam telah meningkatkan upaya untuk menjinakan internet. Mereka menyerukan pengawasan lebih pada jejaring sosial dan menghilangkan konten yang dianggap menyinggung, merusak reputasi para pemimpin dan mempromosikan pandangan anti-partai.

Tahun ini Facebook menghapus 159 akun atas permintaan Pemerintah Vietnam. Sementara YouTube telah menurunkan 4.500 video. Pemerintah Vietnam juga membuat undang-undang cybersecurity yang mengharuskan teknologi menyimpan data tertentu di server di negara tersebut.

Terkait pembentukan pasukan cyber ini, perusahaan keamanan internet FireEye Inch mengatakan Vietnam membangun kemampuan spionase cyber yang cukup besar. Kendati begitu secara pertahanan masih relatif lemah.

"Vietnam tidak sendiri. FireEye telah mengobservasi peningatakan dalam kemampuan serangan... Peningkatan ini telah memiliki impilkasi ke banyak pihak, mulai pemerintah, jurnalis, aktivis dan bahkan perusahaan multinasional," kata juru bicara FIreEye seperti detikINET kutip Reuters, Kamis (28/12/2017).

"Spionase cyber semakin menarik bagi berbagai negara, sebagian karena dapat memberikan akses ke sejumlah informasi yang signifikan dengan investasi sederhana. Penolakan yang masuk akan dan resiko terbatas," tambahnya. (afr/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2zGfVcI
via IFTTT

Telkom Sebar 50 Ribu Warnet Zaman Now di 2018

Jakarta - Telkom baru saja menghadirkan layanan internet WiFi berbasis jaringan optik bernama WiFi Corner 2.0 (WiCo 2.0). Konsep warung internet (warnet) zaman now itu ditargetkan dapat tersebar sampai ke 50 ribu lokasi di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2018.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan mengatakan target tersebut berdasarkan jumlah kota/kabupaten di Tanah Air yang mencapai 514. Bila satu kota atau kabupaten ada 100 warnet kekinian, maka seluruh daerah bisa mencapai angka 50 ribu.

"Jumlah kota/kabupaten kita itu ada 514, misalnya satu kota atau kabupaten ada 100 WiCO 2.0, maka tahun depan bisa mencapai 50 ribu," ujar Dian ditemui usai peluncuran WiCo 2.0 di Smesco, Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Penyebutan WiCo 2.0 sebagai warnet zaman now ini karena tidak seperti warnet yang ada selama ini, di mana pemilik harus menyediakan perangkat komputer beserta jaringan intenet, melainkan hanya menawarkan layanan internet berupa WiFi. Telkom mengatakan ini metamorfosis konsep bisnis warnet dengan mengadopsi fenomena WiFi everywhere dan Bring Your Own Device (BYOD).

Untuk mencapai target perusahaan, rayuan mulai dari memungkinkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin merambah dunia bisnis digital hingga sistem bagi hasil antara Telkom dan pemilik warnet itu.

"Dari kami kepada pemilik WiCo 2.0 itu Rp 3.500, mereka bisa menaikkan tarifnya kepada pelanggan, kita nggak larang. Dari Rp 3.500 itu bagi hasil, 50:50 yang artinya modal hanya Rp 1.750 selama dua jam untuk satu pelanggan," jelas Dian.

Telkom Incar Penyebaran 50 Ribu Warnet Zaman Now di 2018Foto: Agus Tri Haryanto

Soal kecepatan akses internetnya, Telkom menjanjikan maksimal 100 Mbps dapat dinikmati pengguna layanan WiCo 2.0.

Proses pendaftaran dan pengelolaan layanan WiCo 2.0 seluruhnya dilakukan secara digital. Itu bisa dilakukan melalui aplikasi mobile MyWiCo yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. (agt/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2C1DSkG
via IFTTT

Rilis Teaser, Wiro Sableng Nyempil di Trending Topic Dunia

Jakarta - Hebohnya teaser film Wiro Sableng yang hari ini resmi dirilis mengundang respons luar biasa dari netizen.

Antusiasme yang diperlihatkan warganet terhadap film yang akan tayang tahun depan membuatnya menjadi trending topic seluruh dunia di Twitter.

Banyak netizen memuji kualitas teaser tersebut yang tampak seperti film produksi Holywood, terlebih karena terpampangnya logo 20th Century Fox di awal video berdurasi 30 detik tersebut.

Pesohor Tanah Air pun turut memposting cuitan yang memperlihatkan antusiasmenya terhadap film tersebut, seperti komika Soleh Solihun hingga sang pemeran Wiro Sableng sendiri, yaitu Vino G. Bastian. v

Rilis Teaser, Wiro Sableng Nyempil di Trending Topic DuniaFoto: screenshot









(rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2lkU999
via IFTTT

Bos Teknologi Paling Menyita Perhatian 2017

Jakarta - Di dunia teknologi, nama-nama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Jeff Bezos hingga Jack Ma tentu tak asing. Mereka kerap menghiasi pemberitaan.

Di luar nama-nama besar di atas, ada nama lain yang ikut menyita perhatian dunia teknologi sepanjang 2017. Beberapa di antara mereka ada yang menyita perhatian karena sepak terjangnya, karir yang moncer, kekayaan berlimpah, terseret kasus, atau karena menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Berikut detikINET sajikan deretan bos teknologi yang menyita perhatian di sepanjang 2017, dikutip dari berbagai sumber. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2pH5RAg
via IFTTT

Foto Hasil Jepretan iPhone Ini Ramai Jadi Perbincangan Dunia

Jakarta - Foto karya seorang ibu di Norfolk, Inggris ini jadi perbincangan dunia. Dia sukses mendapatkan foto langka kakak-beradik Pangeran William dan Pangeran Harry bersama pasangan mereka. Seperti apa?

Adalah Karen Murdoch dari Watlington, Norfolk, yang hasil karya fotonya kini diburu media asing. Karen berhasil memotret Pangeran William-Kate Middleton dan Pangeran Harry-Meghan Markle saat mereka merayakan Natal di gereja di Sandringham.

Yang membuat jepretan Karen beda dari foto karya fotografer profesional yang berkumpul di gereja tersebut adalah karena kakak-beradik William dan Harry serta pasangan mereka, semuanya tersenyum ke kameranya. Keempat anggota keluarga Kerajaan Inggris itu tampak begitu harmonis di foto hasil karya Karen.

Pangeran William menggenggam tangan Kate Middleton, Kate menggandeng tangan Meghan Markle dan Meghan memegang lengan Pangeran Harry. Dan ibu satu anak ini sukses mendapatkan momen langka itu hanya dengan iPhone miliknya.

Karen pun mengunggah hasil karyanya itu ke Twitter pada Hari Natal kemarin. "Waiting at #Sandringham to see the Royals and got this photo!!! #MeghanMarkle #Kate #PrinceHarry #PrinceWilliam," tulisnya pada keterangan foto.

Hanya dalam hitungan menit, foto Karen mendapat ribuan likes di Twitter. Padahal biasanya like terbanyak yang diterimanya hanya lima. Kini foto hasil karya wanita 39 tahun itu mendapat lebih dari 75 ribu like.

Karen bukan hanya berhasil mendapatkan banyak like dan retweet saja berkat fotonya tersebut. Kini dia juga memperoleh rezeki lewat foto anggota keluarga Kerajaan Inggris itu. Dia mengaku banyak dihubungi media asing yang ingin membeli fotonya. Dan benar saja, foto hasil karyanya telah terpajang di halaman utama koran The Sun, Daily Mail, Star, Daily Telegraph dan Express.

"Yang aku lakukan murni sebuah keberuntungan. Aku memotret memakai iPhone dan mendapatkan foto luar biasa," kata Karen seperti dikutip BBC UK.

Karen bercerita, hari itu dirinya memang mengunjungi gereja Sandringham bersama putrinya. Ketika melihat seluruh anggota keluarga Kerajaan Inggris hadir di sana, dia sangat senang dan langsung mengeluarkan ponselnya.

Bagaimana dia bisa membuat Pangeran William, Kate Middleton, Meghan Markle dan Pangeran Harry tersenyum kepadanya? Karen mengatakan yang dilakukannya sama seperti para penggemar lainnya yang hadir di sana. Dia berusaha mendapatkan perhatian keempat orang tersebut.

"Aku berteriak Selamat Natal. Hanya itu yang aku katakan," ujarnya.

Kini Karen berhasil mendapatkan uang dari hasil karyanya tersebut. Sebagai ibu tunggal dia sangat senang karena bisa memiliki uang yang dapat ditabungnya untuk pendidikan putrinya. Melalui Twitter, Karen mengungkapkan fotonya tersebut dihargai £50 atau sekitar Rp 900 ribu untuk dimuat di media online Daily Mail. (jsn/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2zCjZdN
via IFTTT

Obama: Presiden Jangan Sembarangan Gunakan Medsos

Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta kepada para pemimpin dunia agar tidak sembarangan menggunakan media sosial. Apalagi jika digunakan untuk memecah-belah netizen.

Dalam wawancara dengan BBC yang diwakili Pangeran Inggris Harry, seperti detikINET kutip CNN, Rabu (27/12/2017), Obama memperingatkan bahwa internet berisiko memaksakan prasangka orang-orang dan membawa pada perpecahan dalam masyarakat.

"Kita semua yang ada dalam posisi kepemimpinan harus mencari cara di mana kita bisa menciptakan kembali ruang publik di internet," ucap Obama dalam wawancara untuk BBC Radio 4 ini.

"Salah satu bahaya internet adalah orang-orang sepenuhnya bisa memiliki realitas berbeda. Mereka bisa terlingkupi informasi yang memaksakan bias-bias tertentu saat ini. Hal-hal yang ada tidak sesederhana yang digambarkan dalam bilik chat yang menaungi Anda," imbuhnya.

Obama tidak menyebut langsung nama Presiden AS terkini, Donald Trump, dalam wawancara ini. Selama ini, kepresidenan dan kampanye Trump banyak dipandang dari penggunaan media sosial Twitter yang terang-terangan dan secara besar-besaran.

Ini merupakan wawancara pertama yang dilakukan Obama sejak dia menyelesaikan dua periode masa jabatannya sebagai Presiden AS. Wawancara ini direkam di Toronto, Kanada pada September lalu di sela-sela acara Invictus Games, turnamen atletik yang diciptakan Pangeran Harry untuk para mantan tentara yang cedera dalam perang.

Lebih lanjut, Obama menyebut situasi semacam ini menjadi tantangan untuk mengambil kesempatan yang diberikan media sosial.

"Pertanyaannya adalah bagaimana kita memanfaatkan teknologi ini dengan cara yang mengizinkan keberagaman suara, mengizinkan keberagaman pandangan, tapi tidak mengarah pada masyarakat yang terpecah-belah, dan memampukan berbagai cara untuk mencari kesamaan," ujar Obama. (jsn/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BWy8sm
via IFTTT

Sandiaga Pamer Foto Tanah Abang, Ini Reaksi Netizen

Jakarta - Penertiban kawasan Tanah Abang yang menjadi perhatian besar dalam beberapa hari terakhir ini mulai dipamerkan hasilnya oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Melalui akun Twitter pribadinya @sandiuno, ia membagikan foto tentang tertibnya daerah yang terkenal sebagai kompleks barang grosir terbesar se-ASEAN tersebut.

Dari beberapa postingannya, ia fokus dalam membagikan kondisi terkini trotoar jalan sekitar Stasiun Tanah Abang serta suasana dalam bus Transjakarta Tanah Abang Explorer.

Netizen pun memberikan tanggapan positif terhadap perkembangan yang diperlihatkan oleh Pemda DKI Jakarta dalam menata kawasan yang memang terkenal dengan kesemrawutannya tersebut.

Selain itu, beberapa warganet juga memberikan masukan yang bernada membangun, mulai dari permohonan terhadap peningkatan fasilitas pendukung hingga diwujudkannya kesetaraan penataan di daerah lain.

(rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BGwiaZ
via IFTTT

Ini Dia! Pemenang Hidden Quiz Oppo F5 detikINET

Jakarta - Kemarin ikutan Hidden Quiz OPPO F5 di detikINET? Nah, sekarang saatnya kamu mengecek daftar pemenangnya. Siapa tahu ada nama kalian.

Dari 2.589 pembaca detikcom yang menjadi peserta Hidden Quiz OPPO F5, ada 5 orang nih yang beruntung. Pemenang akan mendapatkan @250.000 rupiah.

Tak usah berlama-lama, yuk kita intip siapa saja sih yang berhasil menjadi pemenang?

5 Pemenang Hidden Quiz OPPO F5 :

  • Juni Triyanto
  • Christopher Aditya Halim
  • Zafran Maulana
  • Joseph T Hermanto
  • Ahmad Surya Pani
detikcom segera menghubungi setiap pemenang melalui email dan telepon. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi promosi@detikcom dengan subjek: Hidden Quiz OPPO F5.

Selamat untuk semua pemenang dan sampai jumpa di kuis detikINET dan detikcom selanjutnya!

Periode Quiz: 12-23 Desember 2017 (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2DXOMFz
via IFTTT

Terheboh 2017: Bumi Datar Sampai Manusia 100 Miliar

Jakarta - Beragam peristiwa mewarnai, begitu juga dengan yang terjadi di dunia teknologi, sains dan kehidupan era cyber sepanjang 2017.

Meski tidak semuanya berjalan mulus, sejumlah peristiwa ini tetap akan menjadi catatan sejarah di masa yang akan datang.

Apa saja yang ramai di 2017 sepanjang 2017? Berikut rangkuman detikINET dari berbagai sumber. (rns/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BIzYJk
via IFTTT

Terheboh 2017: Ahok Dibui, Anies Gubernur, Habib Rizieq Buronan

Jakarta - 2017 penuh dengan peristiwa menggemparkan serta suka dan duka, dan akhirnya kita telah sampai di penghujung tahun. Sebelum mengucapkan selamat tinggal pada tahun ini, mobile browser Opera mengungkapkan 10 berita yang paling banyak dibaca di tahun 2017.

Kesempatan ini sejalan dengan pengumuman Opera tentang pencapaian 100 juta pengguna aktif bulanan yang mengakses berita berkat layanan berita yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Database Opera memperlihatkan bahwa masyarakat Indonesia menghabiskan lebih dari 42 menit dalam sehari untuk membaca konten di browser Opera Mini mereka.

Sepertiga dari waktu tersebut digunakan untuk terhubung dengan layanan berita berteknologi kecerdasan buatan yang menampilkan berita serta artikel sesuai dengan perilaku pengguna.

Oke, langsung saja kita simak countdown 10 berita paling heboh yang tercatat di browser Opera, seperti dikutip detikINET, Rabu (27/12/2017).

(rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2BWtQS2
via IFTTT

Nonton Star Wars di Luar Angkasa, Bagaimana Rasanya?

Jakarta - Para astronot yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) mendapatkan kado Natal istimewa. Mereka bebas tugas sehari penuh, boleh menelpon keluarga, sampai menonton film terbaru Star Wars: The Last Jedi.

Astronot NASA seperti Joe Acaba, Mark Vande Hei, dan Scott Tingle berserta kru ISS lainnya ikutan nonton bareng (nobar) film karya George Lucas ini.

Tentunya, ini menjadi pengalaman unik tersendiri bagi para astronot. Seperti diketahui, film fiksi ilmiah tersebut bertema galaksi, sesuai dengan lingkungan yang saat ini mereka geluti.

Dikutip dari Fox News, Rabu (27/12/2017), keseruan nobar Star Wars: The Last Jedi ini dipamerkan astronot NASA Mark T. Vande Hei melalui akun Twitter-nya.

Terlihat para penjelajah antariksa ini berada di sebuah ruangan dan duduk bersama. Di hadapan mereka, terdapat layar menampilkan deretan adegan aksi 'Rey' hingga 'Kylo Ren' di film tersebut.

"Nonton bareng di Stasiun Antariksa, ditemani kursi malas, minuman dan film fiksi ilmiah," kicau Mark t. Vande Hei.

Juru Bicara NASA Dan Huot mengatakan, hari bebas tugas bagi para astronot yang biasanya melakukan penelitian merupakan kado Natal dan hiburan yang mereka butuhkan. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2l4263j
via IFTTT

Bocah 6 Tahun Ini Gaet Ratusan Ribu Follower di Instagram

Jakarta - Profesi selebgram umumnya digeluti oleh remaja atau orang dewasa. Meski demikian, bocah umur enam tahun ini tak kalah terkenal dari senior-seniornya.

Ben Hampton, walau masih belia, sudah meraih follower sekitar 670 ribu di akun Instagram-nya. Jumlah follower yang banyak untuk anak seusianya ini sudah didapat sejak postingan pertama bulan Februari lalu. Kala itu postingan pertama Ben adalah foto dirinya di hari kelulusan dari taman kanak-kanak.

Banyaknya fans terkadang membuat Ben merasa kesulitan apabila tengah berjalan-jalan di lingkungan sekitarnya tanpa harus diketahui oleh penggemar ingin mengajak berfoto selfie.

Bahkan dalam sebuah acara pembukaan toko jok mobil di Los Angeles, Ben bertemu dengan sekerumunan penggemar yang meneriakkan namanya bak seorang selebriti.

Tentu saja, seperti anak-anak seumurannya Ben belum memiliki tanda tangan. Karenanya, untuk memenuhi permintaan penggemarnya Ben menuliskan inisial nama di casing ponsel, kaos, dan sepatu fansnya.

Ketenaran Ben tak lepas dari peran kedua orangtuanya. Akun Instagram dan YouTube miliknya murni dioperasikan oleh sang ayah, Branden Hampton, yang tak lain seorang veteran media sosial.

Menurut ayahnya, ia dan istrinya memulai akun Instagram Ben sekitar setahun yang lalu setelah menyadari foto Ben menjadi populer di akun Instagram pribadinya. Ya, zaman sekarang bukan jadi hal yang aneh bila melihat orangtua kerap membuatkan akun Instagram atas nama anaknya.

Bocah 6 Tahun Ini Punya Ratusan Ribu Follower Foto: Instagram

Sebagai seorang konsultan media sosial, Hampton lalu mendadani anaknya dengan pakaian yang tidak biasa agar ia bisa viral di internet.

"Ketika Ben lahir, istriku memutuskan untuk mendadani Ben sebagus mungkin. Istriku senang bermain pakaian dan ia memutuskan tak ingin memakaikan Ben dengan baju OshKosh B'gosh atau Spongebob," ujar Hampton seperti dikutip detikINET dari The Daily Beast, Rabu (27/12/2017).

Pakaian bagus bukan cuma menjadi faktor kesuksesan Ben. Faktor lain adalah koneksi Hampton dengan beberapa bintang media sosial, sehingga karirnya pun melejit dengan seketika.

YouTuber Ternama

Tak cuma di Instagram, Ben juga eksis di YouTube. Bocah ini bahkan telah mengenal YouTube sejak usia dua tahun, di mana menurut sang ayah ia bisa menghabiskan waktu berjam-jam menonton review mainan.

Tak heran, dalam sebuah vlog yang diunggah beberapa waktu lalu, dengan tegas Ben mengatakan bila cita-citanya adalah menjadi seorang YouTuber. "Cita-citaku adalah menjadi YouTuber ternama," ucap Ben.

Sebagai permulaan, Ben telah berkolaborasi dengan Jake Paul, salah seorang YouTuber ternama saat ini, yang lagi-lagi didapat berkat koneksi sang ayah. Berkat postingan foto yang menunjukkan kebersamaan Ben dengan Paul, follower-nya pun langsung meroket.

Walau saat ini Ben sudah menjadi bintang media sosial, Hampton dan istrinya tetap ingin anaknya menjalani hidup yang normal. (mag/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2leJNaY
via IFTTT

Makin Serius, Nassar Ajak Putri Bill Gates ke Kuwait

Jakarta - Jennifer Khatarine Gates, putri sulung Bill Gates, diketahui berpacaran dengan pria keturunan Arab bernama Nayel Nassar. Hubungan mereka semakin serius, buktinya Nassar telah memperkenalkan Jennifer dengan keluarga dan rekan-rekannya.

Belum lama ini, Jennifer diajak Nassar ke Kuwait. Meski lahir di Chicago,Nassar menghabiskan masa kecilnya di negara itu karena dulu, orang tuanya bekerja di sana. Tampak di akun Instagram Nassar Jennifer terlihat akrab dengan teman-teman dan keluarganya.

"Saat-saat yang memorable di Kuwait minggu lalu dengan keluarga dan teman-teman lama," tulis Nassar di caption Instagram.

"Membawa Jenn ke rumah dan memberikannya sedikit cerita tentang masa kecilku. Hal ini sungguh berarti bagiku. Tak perlu dikatakan, dia dicintai oleh semua di sini," tambah dia.

Banyak yang meyakini mereka merasa cocok karena punya kesamaan sedang mengejar mimpi menjadi atlet berkuda profesional papan atas. Nassar yang berusia 26 tahun telah menorehkan berbagai prestasi. Ia pun membimbing Jennifer yang baru berumur 21 tahun untuk mengikuti jejaknya.

Nassar giat berlatih olahraga berkuda sejak usia 5 tahun. Ia ternyata sangat berbakat dan di kemudian hari, kerap memenangkan kejuaraan bergengsi.

Tahun 2012, Nassar juara Artisan Farms Young Rider Grand Prix Series. Di tahun yang sama, dia lolos kualifikasi Olimpiade London mewakili Mesir. Prestasi mentereng lain terus diraihnya. Terbaru, Nassar juara lomba berkuda Longines FEI World Cup Jumping di Wellington, Selandia Baru.

Nassar juga pria yang cerdas. Ia lulusan universitas bergengsi Stanford University dan lancar empat bahasa. Yaitu Inggris, Jerman, Prancis dan Arab.

Nassar juga sudah cukup akrab dengan keluarga sang pendiri Microsoft. Hal itu antara lain terlihat dalam sebuah video yang menampakkan Nassar bersama keluarga terkaya itu dalam perlombaan olahraga berkuda Longines Global Champions di Monte Carlo, Monaco.

Dalam event yang berlangsung pada Juni 2017 itu, Nassar tampak berada di meja yang sama dengan Bill Gates, istrinya Melinda dan Jennifer. Ia beberapa kali terlihat berbicara dengan Gates. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2C9ZnNb
via IFTTT

Olimpiade Tokyo bakal Pakai Teknologi Pengenalan Wajah

Jakarta - Tak hanya sebagai gelaran olahraga akbar, Olimpiade Tokyo 2020 juga bakal memamerkan sejumlah teknologi canggih, salah satunya penggunaan teknologi pengenalan wajah dalam skala besar.

Sistem pengenalan wajah yang dikembangkan NEC Corp. ini akan digunakan membantu keamanan dengan mengurangi masalah kartu ID palsu atau hilang dicuri.

Nantinya, sistem ini akan mempercepat akses keluar masuk atlet, petugas dan media ke berbagai tempat selama Olimpiade berlangsung.

Dikutip dari Digital Trends, Selasa (26/12/2017), sistem tersebut diperkirakan bisa menangani hingga 400 ribu orang. Alhasil, ini akan menjadi penerapan teknologi pengenalan wajah terbesar dalam acara Olimpiade.

Untuk menyiapkan sistem tersebut, foto wajah harus didaftarkan ke database, sehingga pengenalan wajah bisa mencocokkannya dengan wajah atlet atau para pekerja yang akan hilir mudik di tempat Olimpiade.

Mengingat hajatan ini masih dua tahun lagi, teknologi tersebut akan dipersiapkan secara matang dengan melalui berbagai pengujian. NEC Corp sendiri sudah berpengalaman mengembangkan teknologi pengenalan wajah selama bertahun-tahun.

Pada 2014, teknologi besutannya yang bernama NeoFace menjadi perbincangan karena membantu kepolisian Chicago, Amerika Serikat melacak tersangka kriminal.

Teknologi pengenalan wajah NEC juga digunakan di sejumlah kios makanan cepat saji CaliBurger. Mesin mereka mengenali konsumen dari beberapa kali kunjungan dan menggunakan data tersebut untuk merekomendasikan menu berdasarkan kebiasaan mereka jajan di Caliburger. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2C97yvr
via IFTTT

Balang Ijo, Gotong Royong ala Driver Ojek Online

Jakarta - Berawal dari sebuah grup Facebook, sejumlah driver Go-Jek tergerak mendirikan komunitas Balang Ijo. Misinya, gotong royong menyalurkan donasi.

Didirikan pada 4 Februari 2016, komunitas yang beranggotakan sekitar 100 driver Go-Jek dari berbagai basecamp di Jabodatek, Bandung hingga Padang ini rutin melakukan penggalangan dana.

Hasil dari dana yang terkumpul nantinya akan diberikan kepada driver yang jatuh sakit atau meninggal, maupun anggota keluarganya, setiap bulannya.

Sumber dana itu sendiri berasal dari usaha para driver yang menjual beragam pernak-pernik, seperti stiker, pin, gantungan kunci, hingga kaus. Selain itu, ada juga titipan uang yang diberikan oleh pengemudi, pelanggan, hingga karyawan Go-Jek.

Bantuan yang disalurkan pun menjangkau masyarakat sekitar, terutama anak yatim. Setiap tahun, saat Ramadhan, sejak 2015 mereka rutin memberikan santunan bagi anak-anak SD hingga SMP yang sudah ditinggal oleh ayahnya.

Balang Ijo, Gotong Royong ala Driver Ojek Online Pipit Pitriasih (Dok. Go-Jek)

"Tapi, sampai saat ini kami masih memprioritaskan anak-anak almarhum driver, perbandingannya kira-kira 80% untuk driver, 20% untuk masyarakat umum," ujar Pipit Pitriasih, driver Go-Jek yang juga menjadi humas Balang Ijo kepada detikINET.

Pipit juga bertugas sebagai pemegang akun media sosial komunitas Balang Ijo, yaitu Solidaritas Balang Ijo (Facebook) dan @solidaritas_balang_ijo_new (Instagram).

Belalang Hijau yang Lincah

Sebelumnya, nama komunitas ini adalah Kampung Solid. Nama yang diambil dari salah satu basecamp driver Go-Jek tersebut mereka pakai dari 2015 sampai 2016.

Dari sana, para driver rajin menggalakkan penggalangan dana dengan merangkul basecamp serta komunitas lain. Alhasil, lama kelamaan komunitas ini pun punya lebih banyak orang dan meluas ke berbagai tempat.

"Saat Kampung Solid melakukan touring ke Gunung Salak di Bogor pada 4-5 Februari, yang diikuti oleh basecamp dan komunitas lain, kami semua bikin grup WhatsApp. Karena dalam grup itu tidak hanya berisi anggota Kampung Solid, jadi kami memutuskan untuk mengganti nama menjadi Balang Ijo," sambungnya.

Berdasarkan penuturan Pipit, Balang Ijo sendiri berarti belalang hijau. Penamaan itu menurut Pipit, menggambarkan kelincahan para driver Go-Jek yang tergabung di dalamnya.

"Belalang itu kan lincah, lompat ke sana, lompat ke sini. Sama seperti posisi kami (driver). Kalau warna hijau kami ambil dari warna atribut kami," ucapnya.

Saat ini, komunitas Balang Ijo ingin memperluas jangkauan bantuan mereka dengan menggaet donatur tetap. Namun, mereka masih mencari cara paling efektif untuk melakukannya.

"Kami bingung harus mulai dari mana, sistematikanya bagaimana, dan mencari donatur kemana," ujarnya.

Diakui Pipit, dia dan teman-temannya di Balang Ijo masih terus belajar dan bersabar. Meski demikian, ibu tiga anak ini yakin bahwa niat baik komunitas Balang Ijo akan menemukan jalan.

Pipit bahkan bercita-cita, bantuan Balang Ijo tak hanya bisa menjangkau rekan sesama driver, tetapi bisa juga membantu orang-orang Palestina.

"Kami para driver selalu berusaha untuk kasih yang terbaik. Selama kita bisa bermanfaat untuk mitra dan masyarakat, selama kami masih mampu kami akan terus memberi," pungkas Pipit. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2CbGqMe
via IFTTT