Elon Musk Si Keras Kepala Hanya Tunduk pada Wanita Ini

Jakarta - Gwynne Shotwell, adalah salah satu di antara puluhan karyawan pertama Space X yang mulai beroperasi pada 2002. Sebagai President dan COO SpaceX, dia memegang peranan penting di balik kepemimpinan sang CEO Elon Musk.

Para kolega maupun kompetitor memandang Shotwell sebagai satu-satunya orang yang bisa meredam emosi Musk, namun sekaligus membantu mewujudkan mimpi luar angkasanya.

Pengaruh Shotwell dalam lingkaran orang-orang di sekitar Musk dan dukungannya menopang Tesla, tampak kontras dengan yang terjadi di Tesla, tempat di mana Musk juga menjadi CEO.

Sejumlah ahli di industri teknologi luar angkasa menyebut, kepribadian Shotwell yang tenang dan merangkul, membantu SpaceX terhindar dari kekacauan seperti yang menimpa Tesla.

Jika ada sosok seperti Shotwell di Tesla, selalu ada orang yang bisa meredam Musk agar terhindar dari keruwetan akibat perilakunya yang kontroversial.

Elon Musk Si Keras Kepala Hanya Tunduk pada Wanita Ini Elon Musk sebagai CEO Space X. Foto: Reuters

Seperti diketahui, Musk diminta untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Chairman Tesla karena sikap dan pernyataannya yang menuai kontroversi belakangan ini.

"Dia tak hanya bertahan, tetapi juga berkembang dalam peran sulit yang belum tentu berhasil dikerjakan orang lain," kata Lori Garver, mantan pejabat senior NASA yang cukup kenal dekat dengan Shotwell, seperti dikutip detikINET dari Wall Street Journal, Senin (1/10/2018).

"Kepribadian dan kepemimpinannya, adalah kunci penting bagi SpaceX yang menopang perusahaan tersebut sukses," pujinya.

Di SpaceX, Musk bisa fokus pada detail teknis yang menjadi keahliannya, karena dia memiliki seseorang yang sangat diandalkannya, Shotwell, yang cerdas mengelola strategi bisnis dan operasional perusahaan.

(rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NdlZjr
via IFTTT

Kisah Menarik di Balik Mundurnya Pendiri Instagram

Jakarta - Kepergian Kevin Systrom dan Mike Krieger dari Instagram memang mendadak dan tak diduga-duga. Namun sebenarnya Systrom sudah mengisyaratkan kepergiannya itu dalam sebuah wawancara, tak lama sebelum ia mengundurkan diri.

Baik Systrom dan Krieger tak mengungkap alasan mereka meninggalkan Instagram, namun Systrom sebenarnya sudah sedikit mengungkap alasan kepergiannya dan Krieger tersebut dalam dalam sebuah wawancara dengan Reid Hoffman di podcast Masters of Scale.

Dalam podcast tersebut, Systrom sebenarnya menjelaskan visinya untuk Instagram, termasuk menjelaskan keputusannya menjual Instagram ke Facebook dan bagaimana optimisnya dia terhadap hubungan Instagram dengan Facebook.


"Keputusan untuk menjual sebenarnya didasari oleh apakah visi mereka dan kami mengenai Instagram akan sejalan, dan saya pikir Mark (Zuckerberg) dan saya pada waktu itu sama-sama melihat Instagram adalah sebuah hal spesial," pungkas Systrom.

Systrom pun kemudian menjelaskan bagaimana infrastruktur Facebook mempunyai dampak besar pada pertumbuhan Instagram, dan hubungan kedua perusahaan itu dulunya sama-sama menguntungkan.

Namun hubungan baik itu kemudian mulai memudar saat Facebook ingin membawa Instagram ke arah yang berbeda, yang merupakan antitesis atau sangat berbeda dengan visi Systrom yang ingin menjaga Instagram tetap simpel dan berbeda dari Facebook.

"Ide utama dari bergabung dengan Facebook adalah kami bisa tumbuh lebih cepat ketimbang kami melakukannya secara independen," ujar Systrom dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal.

Namun di balik pertumbuhan yang lebih cepat itu, Systrom tetap tak setuju dengan perlakuan Facebook terhadap hubungannya dengan Instagram, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (1/10/2018).

Kemudian Facebook pun mulai mengurangi promosi Instagram. Seperti menghapus label instagram saat foto di platform tersebut diposting ulang ke Facebook, dan banyak hal lain. Lalu ada juga konflik kepentingan yang ada ketika Instagram merilis Instagram TV, yang membuat Facebook was-was karena bisa menarik pengguna layanan video Facebook.

Belakangan, sejumlah sumber menyebut Systrom dan Krieger sudah sangat frustrasi dengan perlakuan Facebook terhadap Instagram, yang jauh berbeda dibanding saat Instagram baru diakuisisi. Para eksekutif Instagram pun cemas jika Facebook ternyata memang sengaja memperlambat pertumbuhan Instagram. (asj/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xOiPy3
via IFTTT

Tampilkan Foto Tempat Militer, Google Dituntut

Jakarta - Kementerian Pertahanan Belgia akan menuntut Google karena dianggap gagal memenuhi permintaan mereka. Belgia meminta Google memburamkan foto-foto di dalam tempat militer seperti pangkalan udara dan pembangkit tenaga listrik nuklir karena sensitif bagi publik.

Foto-foto yang ditampilkan malah terlihat jelas di satelit milik Google alias di Google Earth. Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Belgia menegaskan akan menuntut Google karena tidak mematuhi aturan.

Dilansir detikINET dari CNET, Minggu (30/9/2018), merespons hal ini, Google membela diri bahwa pihaknya telah memenuhi permintaan serupa bahkan dari pemerintah lain.

"Mengecewakan mengetahui Kementerian Pertahanan Belgia memutuskan untuk menuntut kami," kata Michiel Sallaets, juru bicara Google di Belgia, dalam sebuah pernyatannya.

"Kami telah bekerja sama dengan mereka selama lebih dari dua tahun, membuat perubahan pada peta kami sesuai dengan tempat-tempat yang mereka minta dan sesuai dengan hukum Belgia," tambahnya.

Perusahaan tersebut mencatat bahwa Google Earth terdiri dari pihak ketiga di Belgia dan memberikan detail kontak pemilik gambar kepada Kementerian ketika mendapatkan permintaan tersebut. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2OUnTal
via IFTTT

Kocak, Cuitan #Pawaioborjakarta Sambut Asian Para Games 2018

Jakarta - Pawai Obor Asian Para Games 2018 disambut antusias warga yang memadati jalanan untuk menyaksikannya. Kemeriahan serupa juga terjadi di linimasa Twitter.

Tagar #Pawaioborjakarta bertengger di urutan teratas trending topic Twitter Indonesia selama acara berlangsung. Netizen maupun sejumlah organisasi dan instansi terkait, ramai mengupdate kondisi terkini dengan berbagi foto, video atau cuitan yang menggambarkan suasana Pawai Obor pada Minggu, 30 September 2018.




Yang menarik, di antara cuitan semangat menyambut Asian Para Game 2018 tersebut, ada pula yang membuat tweet 'seberapa atlet gue?'.

Setelah ditelusuri, tweet ini rupanya dimulai oleh blogger traveler Adis di akun Twitter @takdos. Dia bermaksud memberikan give away bagi para followernya. Alhasil, tweetnya sukses memancing netizen lain membuat tweet 'seberapa atlet gue? versi mereka sendiri.






Yang jelas, cuitan mereka menjadi hiburan tersendiri yang semakin memeriahkan hashtag #Pawaioborjakarta menyambut Asian Para Games 2018.

Asian Para Games 2018 akan berlangsung pada 6 - 13 Oktober 2018. Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018. Ini adalah ajang atlet difabel se-Asia berlaga membela negaranya. Asian Para Games sendiri memasuki kali ketiga pada penyelenggaraannya di tahun ini.

Sebanyak 42 negara akan berpatisipasi di 17 pertandingan olahraga yang diperlombakan di ajang yang akan berlangsung dari 6-13 Oktober 2018 ini. Bertempat di komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, ada 18 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Situs resmi Asian Para Games 2018 yang beralamat di https://ift.tt/2P0wMzw sudah melakukan hitung mundur menuju pelaksanaan perhelatan dan akun Twitter resmi Asian Para Games 2018, @asianpg2018 semakin aktif menginformasikan agenda perhelatan jelang resmi dimulai. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NVegw1
via IFTTT

Makerfest Surabaya Jadi Ajang Kreativitas Entrepreneurship Muda

Surabaya - Hadir di Surabaya, Makerfest 2018 ingin berkontribusi dalam menumbuhkan jiwa entrepreunership anak-anak muda.

Dalam pagelaran yang digelar dari 29 hingga 30 September 2018 ini, ada 30 kreator lokal yang memiliki produk unik bahkan kreatif. Tak hanya itu, ajang ini juga akan membantu para kreator untuk naik kelas dan mengembangkan bisnisnya.

"Acara ini bahkan lebih dari itu, kita berharap UMKM yang sudah berani memulai bisnisnya bisa naik kelas lagi," PR Committee Makerfest Siti Fauziah saat ditemui detikcom di Lapangan Parkir Surabaya Plaza, Sabtu (29/9).

"Jadi event ini berangkat dari founder Tokopedia sendiri, di situ beliau melihat bahwa UMKM di Indonesia rata-rata mentok di level UMKM karena ada hal-hal yang tidak mereka ketahui," sambungnya.

Makerfest Surabaya Jadi Ajang Kreativitas Entrepreneurship MudaSalah satu kreator yang memanfaatkan Tokopedia. Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikINET

Siti mengatakan, para kreator lokal yang rata-rata berasal dari Surabaya dan sekitarnya ini akan diajari bagaimana cara naik kelas. Mulai dari mencari dana tambahan guna menaikkan bisnis, hingga bagaimana cara memasarkan yang baik.

"Kita akan tunjukkan cara-cara mencari pendanaan, marketing yang baik, maupun bisnis yang financial. Nah event ini diselenggarakan untuk mencari dan mengedukasi kreator lokal dan memberikan panggung online dan offline di masing-masing daerah yang kami kunjungi," imbuhnya.

Ajang ini diselenggarakan di 10 kota besar di Indonesia. Surabaya merupakan kota keenam yang dikunjungi. Setelah ini, pihaknya berencana akan hadir di Makassar, Bali hingga Jakarta.

Dikatakan Siti, sebelumnya ada 300-an kreator yang mendaftar. Namun, hanya ada beberapa yang lolos seleksi. Produk-produk yang lolos seleksi merupakan produk terbaik dan terunik. Tak sampai disitu, produk-produk kreator muda juga akan diseleksi lagi dan dilombakan di Jakarta.

Makerfest Surabaya Jadi Ajang Kreativitas Entrepreneurship MudaProduk-produk kreator akan diseleksi dan dilombakan. Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikINET

"Di situ di akhir program, akan ada semacam grand finalnya akan diselenggarakan di Jakarta. Dari 24 kreator itu kami memilih 3 juara," paparnya.

Para pemenang nanti akan diberikan modal usaha hingga pendampingan dan edukasi bisnisnya. Dalam hal ini, Siti berharap Makerfest bisa memacu semangat anak-anak muda untuk berkreasi dan lebih mandiri dengan menjadi wirausahawan.

Dalam ajang ini, pengunjung juga akan disuguhi festival musik dari beberapa band papan atas. Ada RAN, Silampukau, Kelompok Penerbang Roket, Stars and Rabbit hingga Gigi.

Makerfest Surabaya Jadi Ajang Kreativitas Entrepreneurship MudaFoto booth dan berbagai hiburan di Makerfest Surabaya. Foto: Hilda Meilisa Rinanda/detikINET

Tak hanya itu, ada pula workshop seputar seluk beluk bisnis untuk memacu dan menginspirasi anak-anak muda. Ada juga beberapa game hingga photobooth yang bisa dicoba langsung oleh pengunjung. Semua fasilitas ini bisa diakses gratis dengan menunjukkan bukti download aplikasi Tokopedia di ponsel. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2P2NBdb
via IFTTT

MU Kalah: #WHUMUN Trending Topic, Ramai #JoseOut dan #MourinhoOut

Jakarta - Fans Manchester United banyak yang menyuarakan #JoseOut dan #MourinhoOut di lini masa Twitter, usai tim kesayangannya kalah di markas West Ham United. Mereka ingin Jose Mourinho segera dipecat.

MU pulang dari markas West Ham dengan kekalahan 1-3, Sabtu (29/9/2018) malam WIB. Di babak pertama MU sudah ketinggalan dua gol sebelum menipiskan skor di pertengahan babak kedua, tapi West Ham kemudian bisa mencetak gol lagi.

Hasil di partai Premier League itu menjadi pukulan lanjutan buat MU yang beberapa hari lalu didepak tim divisi dua Derby County dari kompetisi Piala Liga Inggris.

Kekalahan atas West Ham juga menjadi yang ketiga buat The Red Devils dari tujuh laga yang sudah dijalani di Premier League musim ini. Saat ini MU bercokol di posisi kedelapan papan klasemen dengan 10 poin.

Suporter MU merespons hasil teranyar ini salah satunya dengan menuangkan kekesalan di lini masa Twitter. Salah satu aspek spesifik yang disoroti adalah kiprah Jose Mourinho sang manajer MU.

Tidak sedikit fans MU yang menganggap sudah waktunya Mourinho dipecat dengan mengusung tagar #JoseOut dan #MourinhoOut. Ada pula yang merasa Zinedine Zidane akan jadi pengganti tepat Mourinho di MU.

Di lini masa Twitter, tagar #WHUMUN yang jadi penanda laga West Ham vs MU sekarang bercokol di posisi teratas trending topic untuk area Indonesia. Sementara itu #MourinhoOut menjadi salah satu topik terhangat saat ini.

(krs/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://inet.detik.com/read/2018/09/29/202930/4234839/398/mu-kalah-#whumun-trending-topic-ramai-#joseout-dan-#mourinhoout
via IFTTT

Doakan Donggala dan Palu, Ketum PSSI Malah Di-Bully Netizen

Jakarta - Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi turut menyampaikan bela sungkawa terhadap bencana gempa bumi yang terjadi di Donggala hingga menimbulkan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Dengan mengenakan pakaian koko, peci warna hitam, yang dipadu dengan kedua tangan menengadah sebagai tanda tengah berdoa. Edy mengucapkan segenap doa untuk masyarakat Palu dan Donggala.

Sekilas tak ada yang salah dengan cuitan Ketum PSSI ini. Namun, netizen melihat ada yang keliru pada latar belakang foto yang diposting oleh Edy di akun Twitter-nya itu.
Rupanya, Edy menampilkan peta Jawa-Bali-Nusa Tenggara Barat, bukan peta Sulawesi Tengah sebagaimana yang sedang didoakan olehnya lewat tweet-nya tersebut.

Melihat kekeliruan tersebut, netizen pun berupaya memberitahukan Edy yang juga menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara ini.

Tak sedikit yang mengoreksinya, hampir di setiap kolom komenter postingan Edy ini, dihujani netizen yang berkomentar bahwa itu peta Lombok, bukan Sulawesi Tengah.




(agt/jsn)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Io9mkR
via IFTTT

WhatsApp Mulai Dijejali Iklan

Jakarta - Facebook telah mengkonfirmasi bahwa layanan pesan instan miliknya, yakni WhatsApp akan mulai dijejali iklan pada tahun 2019 nanti. Hal tersebut pun mulai diimplementasikan untuk pengguna aplikasinya versi iOS.

Seperti yang dilaporkan oleh WABetaInfo lewat cuitannya di Twitter, mengatakan bahwa WhatsApp sudah mulai menerapkan iklan di aplikasi iOS.


Nantinya iklan tersebut akan dimunculkan fitur Stories. Langkah tersebut diakui mengikuti apa yang dilakukan oleh Instagram sebelumnya.

WhatsApp sendiri diluncurkan pertama kali pada tahun 2009 oleh Brian Acton dan Jan Koum. Ketika itu, mereka mengatakan ingin menjaga aplikasinya bebas dari iklan dan sangat mementingkan privasi penggunanya.

Namun, pada tahun 2014 setelah diakuisi oleh Facebook senilai USD 22 miliar, harapan kedua pendiri tersebut harus sirna, lantaran perusahaan Mark Zuckerberg ini melihat ada peluang bisnis di aplikasi pesan ini. Tak mengherankan kejelian Facebook, sebab saat ini pengguna WhatsApp tembus 1,5 miliar pengguna yang tersebar di seluruh penjuru dunia.


Soal iklan ini, Acton mengusulkan pengguna WhatsApp membayar, jika sudah menghabiskan jatah mengirim pesan gratis dalam jumlah tertentu.

"Dengan ini, tidak perlu kekuatan penjualan yang besar. Ini adalah bisnis sederhana," kata dia.

Tapi usulan Acton ditolak oleh Chief Operating Officer Facebook Sheryl Sandberg. Alasannya metode itu tidak akan menghasilkan banyak uang. Pertentangan itulah yang menjadi salah satu alasan Acton akhirnya memutuskan mundur dari Facebook. (jsn/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xKlrwT
via IFTTT

5 Cara Manfaatkan Twitter Saat Bencana Alam

Jakarta - Dalam kondisi darurat seperti saat bencana alam, media sosial (medsos) salah satunya Twitter, menjadi tempat orang-orang mencari tahu yang sedang terjadi secara real time.

Twitter dan platform medsos lainnya dapat membantu melacak bencana alam secara real time serta memberikan informasi bagi keluarga dan kerabat yang terdampak bencana maupun para petugas terkait area mana yang perlu diprioritaskan dalam penerimaan bantuan.

Berikut ini adalah lima tips memanfaatkan Twitter dalam keadaan darurat dan bencana alam, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter Indonesia, Sabtu (29/9/2018).


1. Ikuti sumber terpercaya

Ikuti akun Twitter sumber dan organisasi media terpercaya untuk mendapatkan berita terbaru, secara real time.

Twitter adalah tempat bagi pengguna untuk melihat apa yang sedang terjadi di dunia.Hindari berbagi informasi yang tidak dapat Anda verifikasi.

2.Gunakan tagar yang tepat

Tagar adalah cara terbaik bagi orang-orang untuk menemukan informasi dan percakapan tentang suatu topik tertentu. Tagar juga digunakan oleh media, lembaga pemerintah, dan organisasi bantuan atau relawan.

Jangan menggunakan tagar untuk topik yang tidak terkait dengan situasi krisis atau bencana yang sedang terjadi.


3.Gunakan Twitter Lite

Twitter Lite dimaksudkan untuk memudahkan akses Twitter saat konektivitas data terbatas.

Layanan ini dibuat lebih ramah data, dan lebih ringan diakses untuk mengikuti informasi terkini, atau memposting update di Twitter secara langsung tentang situasi darurat di lapangan.

Setelah dimuat, informasi di Twitter Lite juga dapat diakses secara offline tanpa koneksi internet. Twitter Lite bisa diunduh di Google Play Store.


4.Mention pihak yang bisa membantu

Jika memerlukan bantuan atau dapat membantu upaya bantuan, mention atau tandai media, lembaga pemerintah, organisasi bantuan dan sukarelawan yang mungkin dapat mengamplifikasi tweet Anda agar diketahui oleh pihak-pihak terkait.

5.Gunakan Twitter Moments

Ikuti perkembangan terkini terkait isu tertentu dengan Twitter Moments. Ini adalah kumpulan tweet yang sudah dikurasi terkait topik tertentu yang terjadi di Twitter. Twitter Moments membantu menampilkan topik terkini yang populer dan relevan, sehingga Anda dapat menemukan apa yang sedang berlangsung di Twitter dengan cepat.

Ada baiknya Twitter Moments dibuat secara kronologis dengan mengikutsertakan tweet yang relevan, yang nantinya dapat berfungsi sebagai referensi.

Segera perbarui Twitter Moments dengan tweet terbaru dan informasi penting saat terjadi perubahan terkait isu atau topik yang sedang terjadi. (jsn/jsn)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2DDuEfN
via IFTTT

Netizen Gaungkan #PrayForDonggala dan #PrayForPalu

Jakarta - Bencana gempa Donggala dan Palu, juga terjangan gelombang tsunami Palu, mengundang kepedulian netizen lewat tagar #PrayForDonggala dan #PrayForPalu.

Pada hari Jumat (28/9/2018) sore waktu setempat Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, diguncang gempa. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan tsunami terjadi di pantai Palu dan Mamuju, Sulawesi Barat. Ketinggian air di Palu mencapai 1,5 meter.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati juga menyatakan bahwa tsunami yang terjadi di Palu telah berakhir pukul 17.36 WIB atau 18.36 WITa.

Bencana alam tersebut mengundang kepedulian dan keprihatinan dari netizen di lini masa Twitter. Mereka mengirimkan doa dan harapan agar para korban senantiasa dalam lindungan Yang Maha Kuasa, dengan mengusung tagar #PrayForDonggala dan #PrayForPalu.

Dari pantauan Trends24.in, #PrayForDonggala dan #PrayForPalu pun menjadi trending topic di lini masa Twitter Indonesia. Selain itu, bencana alam ini juga mengundang simpati dunia sehingga kedua tagar tersebut turut menjadi salah satu trending topic Twitter global.

(krs/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://inet.detik.com/read/2018/09/28/211956/4233816/398/netizen-gaungkan-#prayfordonggala-dan-#prayforpalu
via IFTTT

Gara-gara Cuitannya, Elon Musk Dapat Gugatan Hukum

Jakarta - CEO Tesla, Elon Musk baru saja dituntut oleh Badan pengawas pasar saham dan investasi Amerika Serikat (SEC) gara-gara cuitannya tentang keinginannya untuk membawa Tesla menjadi perusahaan privat.

Dalam tuntutan SEC, jika dinyatakan bersalah Musk dapat menghadapi berbagai hukuman dari tuntutan perdata ini.

"Ia dapat menghadapi berbagai hukuman ... Ia bisa dijatuhi denda, ia dapat dilarang secara efektif menjadi pejabat utama atau direktur sebuah perusahaan publik dalam jangka waktu tertentu atau secara permanen," kata mantan Chairman SEC, Harvey Pitt, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Jumat (28/9/2018).

"Elemen terakhir tersebut dapat menjadi pukulan yang sangat berat bagi Tesla," lanjutnya.

Dalam tuntutannya, SEC mengatakan bahwa cuitan Musk tersebut dianggap memberikan informasi yang salah dan menyesatkan kepada investor. SEC juga mengatakan bahwa cuitan Musk mengakibatkan kebingungan dan gangguan signifikan di pasar untuk saham Tesla serta membahayakan investor.

SEC juga meminta hakim untuk mencegah Musk untuk menjadi pegawai atau direktur dari perusahaan publik sebagai salah satu bentuk hukumannya.

Tapi, selain tuntutan dari SEC, Musk juga harus menghadapi penyelidikan kriminal dari Departemen Kehakiman AS (DOJ). Tesla sendiri mengatakan bahwa DOJ telah meminta dokumen terkait cuitan Musk.

Pitt mengatakan investigasi yang telah dimulai pada awal bulan ini dapat menghadirkan konsekuensi yang lebih berat bagi Musk jika ia terbukti bersalah.

"Tidak boleh dilupakan bahwa ada investigasi kriminal yang masih berlangsung," jelas Pitt.

"Jika, faktanya, dakwaan kriminal dibawa dan dibawa melawan Musk, ia dapat menghadapi hukuman penjara dan juga denda tambahan," lanjutnya.

(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2QgGI7V
via IFTTT

Netizen Kirim Doa buat Korban Gempa Donggala

Jakarta - Hari ini gempa bumi berkekuatan 7,7 Skala Richter mengguncang kota Donggala, Sulawesi Tengah. BMKG juga sempat memberi peringatan tsunami. Netizen pun mengirim doa buat korban gempa Donggala.

Gempa itu terjadi pada Jumat (28/9/2018) sore. Sebelum gempa 7,7 SR itu, yang memunculkan peringatan Tsunami, Donggala juga sudah digoyang tiga gempa lain. Pada prosesnya, BMKG sudah mencabut peringatan Tsunami.

Bencana alam yang menimpa Donggala itu membuat netizen langsung mencurahkan rasa simpati. Seiring itu, netizen di lini masa Twitter juga mengirimkan doa kepada para korban gempa Donggala.

Berdasarkan pantauan detikINET, tagar #Gempa berada di jajaran atas Trending Topic Indonesia. Tak sedikit yang terkejut dengan gempa tersebut, selain juga berharap agar masyarakat Donggala senantiasa di bawah naungan Yang Maha Kuasa.

(krs/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2N5s3uB
via IFTTT

Jadilah Content Creator Andal di d'Youthizen With Smartfren

Jakarta - Ingin mendapat ilmu dari pakar dan bintang tamu soal bagaimana menjadi content creator andal? Nah, acara berikut ini sayang sekali untuk dilewatkan. Detikcom bekerjasama dengan Smartfren, bakal mengadakan acara d'Youthizen With Smartfren #unlimitedFun

Acara d'Yoythizen kali ini membahas seputar bagaimana kaum milenial dapat mengandalkan kreatifitasnya semaksimal mungkin untuk menjadi Future Content Creator. Sehingga tak hanya menjadi pengguna setia internet, tapi juga menghasilkan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri dan orang banyak melalui internet.

Penasaran kan? Apalagi d'Youthizen akan mengajak kamu bertemu orang-orang yang telah berpengalaman dalam menyebarkan good influence serta good value melalui beragam konten yang mereka ciptakan. Ya, acara ini mendatangkan para pembicara yang oke punya yaitu:

- Dimas Djayadiningrat - Director
- Pandji Pragiwaksono - IndiePreneur
- Narendra Priyottama - Brand Communication Smartfren
- Ardhi Suryadhi - Vice Editor in Chief detikcom
- Jessica Mila - Brand Ambassador Smartfren

Oh ya, d'Youthien kali ini akan dipandu oleh Azizah Hanum, CNN Indonesia News Anchor serta dimeriahkan oleh Deredia. Kapan lagi dapat ilmu bermanfaat dan hiburan keren cuma-cuma?

d'Youthizen With Smartfren #unlimitedFun akan berlangsung di tempat dan waktu berikut:

Usmar Ismail Hall
Jl. H. R. Rasuna Said Blok C No.22, Jakarta Selatan
Sabtu, 20 Oktober 2018
Pukul 10.00 - 14.00 WIB

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri kalian dengan mengakses link berikut. Acara ini GRATIS dan kuota terbatas! (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2R0Q0q5
via IFTTT

Tanda Tanya Tanggal Ultah Google

Jakarta - Google didirikan tanggal 4 September tapi setelah itu justru sempat merayakan ultah di sejumlah tanggal berbeda. Kini Google malah ultah tiap 27 September.

Pada tanggal 27 September kemarin, Google memunculkan doodle perayaan ultahnya yang ke-20. Sudah dua dekade sejak perusahaan Google berdiri pada tahun 1998.

Sebagaimana dirangkum detikINET dari sejumlah sumber, Jumat (28/9/2018), domain google.com pada awalnya didaftarkan pada 15 September 1997. Baru pada 4 September 1998 perusahaan Google resmi berdiri.

Menilik hal itu, pada dasarnya ultah Google diasumsikan jatuh pada tanggal 4 September saat resmi lahir. Atau paling tidak pada 15 September. Nyatanya tidak begitu.

Menariknya, dalam perjalanan waktu, Google justru pernah merayakan ultah di tiga tanggal berbeda yakni 8 September, 7 September, dan 26 September. Ini dapat terpantau dari doodle yang secara rutin dimunculkan Google sejak ultah ke-4 pada tahun 2002.

Ultah ke-4 pada 27 September 2002
Ultah ke-5 pada 8 September 2003
Ultah ke-6 pada 7 September 2004
Ultah ke-7 pada 26 September 2005

Barulah sejak 2006, pada saat berulang tahun ke-8, Google akhirnya rutin menjadikan tanggal 27 sebagai hari jadinya sampai sekarang.

[Gambas:Youtube]


Alasan mengenai perbedaan tanggal ultah itu sejauh ini masih jadi misteri karena belum ada penjelasan resmi Google -- bahkan The Sun melansir ada perbedaan data mengenai sejak kapan Google mengubah hari ultahnya.

"Menurut Google, mereka mengubah ultahnya pada tahun 2002. Mesin pencari lain mengatakan perubahan itu terjadi pada tahun 2005, memunculkan kebingungan tersendiri," sebut media Inggris tersebut.

Menilik sebuah pernyataan dari Google, perusahaan raksasa yang mengawali bisnisnya dari mesin pencari itu pun tampak tak keberatan dengan adanya misteri soal tanggal persis hari ultahnya. Yang pasti mereka kini merayakan ultah tiap tanggal 27 September dan umurnya sekarang sudah 20 tahun.

"Tanggal persis didirikannya perusahaan kami dapat diperdebatkan, bahkan oleh kami-kami ini yang berada dalam bisnis untuk menyediakan jawaban."

"Google Inc. didirikan pada 4 September, tapi sudah lebih dari satu dekade kami merayakan ultah pada 27 September," tulis Google seperti dilansir Digit.in.

(krs/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2ImSStb
via IFTTT

Buka-bukaan Pendiri WhatsApp yang Bikin Facebook Murka

Jakarta - Brian Acton, pendiri WhatsApp, telah meninggalkan Facebook sejak akhir 2017. Namun mendadak dia buka-bukaan soal berbagai alasan kenapa dia memutuskan mundur dari sana.

Facebook adalah pemilik WhatsApp setelah mengakuisisinya senilai USD 21 miliar pada tahun 2014. Acton dan Jan Koum, pendiri WhatsApp yang lain, pun bergabung ke jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Akan tetapi, Acton belum lama ini mengumbar berbagai cerita soal Facebook dan membuat petinggi perusahaan itu murka. Begini kisah lengkapnya. (fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2OUN2ln
via IFTTT

Miliuner Ini Sebut Media Sosial Adalah Kanker

Jakarta - Media sosial memang menjadi topik yang memecah publik. Banyak yang menganggap platform seperti Facebook dan Twitter justru membawa pengaruh yang negatif terhadap masyarakat.

Salah satunya adalah miliuner Patrick Soon-Shiong. Dalam wawancaranya dengan CNBC, Soon-Shiong mengkritik bagaimana orang-orang mencari berita melalui media sosial dan juga penyebaran berita palsu di media sosial. Ia pun menyebut medsos ibaratnya 'menyebarkan kanker di zaman ini'.

"Rentang perhatian pendek yang kita ciptakan di milenium ini sesungguhnya sangat berbahaya. Ini merupakan konsekuensi yang tidak diinginkan dari media sosial," kata Soon-Shiong seperti dikutip detikINET, Jumat (28/9/2018).

Tidak heran jika Soon-Shiong membuat pernyataan seperti ini. Ia baru saja menjadi pemilik baru salah satu koran dengan sirkulasi terbesar di Amerika Serikat, Los Angeles Times.

"Dan saya katakan ini merupakan kanker di zaman ini, dan media sosial merupakan bentuk dari metastasis berita. Kita harus mengubah paradigma tersebut," ujarnya.

Soon-Shiong juga terang-terangan mengkritik Facebook. Ia menyebut Facebook sebagai bisnis yang fokus terhadap iklan dan tidak dapat membedakan antara 'so-called fake news,' 'real news' dan 'opinion news.

Sebelumnya, mantan pegawai Google, Tristan Harris juga mengkritik media sosial yang dapat memicu penggunanya untuk kecanduan layar smartphone.

Harris juga memperingatkan pengguna media sosial terhadap efek dari 'validasi sosial yang tidak alami' yang didapatkan dari 'likes' yang diperoleh pengguna di media sosial. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2QhiquS
via IFTTT

Dirut Telkom: Indonesia Kekurangan Digital Talent

Bandung - Ekonomi digital diproyeksikan bisa terus tumbuh dan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Bahkan pemerintah menargetkan Indonesia sebagai negara digital ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Namun, untuk menjadi negara digital ekonomi tidaklah mudah. Apalagi saat ini, Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian di bidang teknologi digital.

Direktur Utama PT Telkom Indonesia Alex J Sinaga menuturkan, berdasarkan hasil survei McKinsey adanya kesenjangan cukup besar antara SDM dengan skill tertentu dan memiliki keahlian tekonlogi digital. Hal ini tidak hanya di Indonesia tapi juga negara lain.

Dari 100 eksekutif dari berbagai perusahaan dan industri yang disurvei, hampir 62 di antaranya menyatakan ada kesenjangan yang besar antara orang yang tidak dan ingin bertransformasi ke arah digital.

"Artinya apa? Speed (kecepatan) universitas orang yang punya kompetensi digital ternyata lambat. Karena gapnya semakin besar," kata Alex saat menghadiri acara Bandung ICT Expo And Broadband Digital Summit, di Trans Hotel, Kota Bandung belum lama ini.

Bila melihat grafik dari hasil survei tersebut juga terlihat kondisi SDM Indonesia masih sangat sedikit. Jumlah produksi lulusan perguruan tinggi dengan keahlian khusus sebesar 0,8 persen per 1.000 orang.

"Ini tentu persoalan besar buat bangsa kita. Kalau kita lihat dari empat elemen yang dihadapi menuju ekonomi digital, Indonesia adalah masalah ketersediaan orang. Karena untuk menjadi digital ekonomi butuh orang dengan kompetensi digital dan budaya kerja yang digital," ujarnya.

Meski begitu, dia yakin Indonesia mampu menjawab semua tantangan. Karena Indonesia memiliki banyak potensi yang bisa terus digali dan dimanfaatkan dengan baik.

"Indonesia harus menjadi negara digital ekonomi besar di ASEAN. Mudah? Enggak. Peluang banyak, potensi banyak, luas negara luar biasa. Infrastruktur persoalan besar kayaknya enggak. Modal khusus ada empat, kompetensi orang di dunia digital, cultural, aturan dan infrastruktur," ujarnya.

Sementara itu, Rektor Telkom University Adiwijaya mengaku, telah menyiapkan berbagai langkah demi memproduksi digital talent berkualitas. Para mahasiswa di Telkom University terus diperkenalkan dengan dunia digital.

"Penyiapan atau konten sesuai visi semua program studi berbasis teknologi informasi. Semua mahasiswa (di Tel-U) harus tahu namanya ICT (informasi comunication teknologi) literasi," katanya. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Ohjstg
via IFTTT

Perbuatan Fatal Ini Bikin Elon Musk Terancam Dilengserkan

Jakarta - Badan pengawas pasar saham dan investasi Amerika Serikat (SEC) menuntut CEO Tesla, Elon Musk gara-gara cuitannya. Cuitan yang dimaksud adalah yang dikirimkan Musk pada 7 Agustus tentang niatnya membuat Tesla menjadi perusahaan privat.

Menurut SEC, cuitan Musk tersebut dianggap memberikan informasi yang salah dan menyesatkan kepada investor. SEC juga mengatakan bahwa cuitan Musk mengakibatkan kebingungan dan gangguan signifikan di pasar untuk saham Tesla serta membahayakan investor.

"Sesungguhnya dan faktanya, Musk bahkan tidak membahas, apalagi menyetujui, syarat-syarat kesepakatan, termasuk harga, dengan sumber pendanaan potensial apapun," kata SEC dalam tuduhannya, seperti dikutip detikINET dari CNN, Jumat (28/9/2018).

SEC juga meminta hakim untuk mencegah Musk untuk menjadi pegawai atau direktur dari perusahaan publik sebagai salah satu bentuk hukumannya. Artinya, bisa saja dia dilengserkan dari posisi CEO Tesla.

Salah satu direktur SEC, Stephanie Avakian dalam konferensi persnya mengatakan bahwa agensinya akan berkomitmen untuk membuat oran-orang bertanggung jawab atas tindakannya meskipun mereka memiliki status sebagai selebriti atau reputasi sebagai inovator teknologi.

Musk sendiri memberikan keterangan resminya untuk menanggapi tuntutan ini. Ia mengatakan bahwa ia kecewa terhadap keputusan SEC untuk menuntutnya.

"Tindakan oleh SEC yang tidak dapat dibenarkan ini membuatku sangat sedih dan kecewa," kata Musk.

"Saya selalu bertindak demi kepentingan terbaik untuk kebenaran, transparansi dan investor. Integritas adalah nilai paling penting dalam hidup saya dan faktanya akan menunjukkan bahwa saya tidak pernah mengkompromikan ini dengan cara apa pun," lanjutnya.

Tesla dan dewan direksinya pun mengelurakan keterangan resmi bersama yang mengatakan bahwa mereka percaya kepada Elon, integritasnya, dan kepemimpinannya dalam perusahaan. Saham Tesla sendiri jatuh bebas sebesar 11% saat pasar ditutup pada Kamis malam.

"Fokus kami tetap pada melanjutkan produksi Model 3 dan memberikan sepenuhnya kepada pelanggan, pemegang saham dan pegawai," tulis keterangan resmi Tesla. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xMwaqt
via IFTTT

Melihat Garasi Tempat Kelahiran Google

Jakarta - 27 September adalah tanggal yang dirayakan Google sebagai ulang tahunnya. 20 tahun lalu, Google dikembangkan dari garasi di rumah Susan Wojcicki -- yang kemudian menjadi CEO YouTube --, yang terletak di Menlo Park, California, AS.

Kini, untuk merayakan ulang tahun ke-20 Google, mereka menampilkan garasi tempat kelahiran Google tersebut di Street View. Garasi di mana Larry Page dan Sergey Brin membangun kantor pertama Google.

Di Street View tersebut, anda bisa melakukan tur virtual di kantor pertama Google itu, yang sudah direka ulang agar terlihat mirip dengan kondisinya pada saat Google pertama dibuat. Ada 90 perangkat yang tersebar di ruangan tersebut, termasuk sebuah pintu rahasia yang menyimpan banyak memorabilia Google.


Dalam blog resminya, Google menyebut tahun 1998 dipenuhi oleh berbagai hal menarik, seperti game Snake di ponsel, serta lagu Baby One More Time yang dinyanyikan oleh Britney Spears.

Di lain pihak, ada dua orang mahasiswa -- Larry Page dan Sergey Brin -- mendiskusikan cara mereka untuk mengorganisasi informasi di dunia dan membuatnya mudah diakses oleh semua orang. Dan semua itu dilakukan dari dalam garasi milik Susan Wojcicki.

Jika anda penasaran melihat bagaimana kondisi sebenarnya kantor Google di tahun 1998, anda juga bisa melihat video di bawah ini yang direkam oleh karyawan ke-6 Google, yaitu Harry Cheung.

(asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xTQPbx
via IFTTT

Kominfo Blokir Situs Download Film Wiro Sableng

Jakarta - Kendati masih diputar di bioskop, banyak situs yang menawarkan download film Wiro Sableng secara ilegal. Guna melindungi karya anak bangsa, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun memblokir situs-situs tersebut.

"Sebagai upaya melindungi karya anak bangsa dari pelanggaran hak cipta, Kominfo telah melakukan blokir terhadap alamat website yang menyajikan konten melanggar hak cipta terhadap film Wiro Sableng," kata Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo dalam keterangan resmi, Jumat (28/9/2018).


Menurut Kominfo, tindakan pemblokiran ini sendiri sudah sesuai aturan. Semua itu tertuang dalam Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) UU RI No. 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Pemblokiran telah dilakukan pada hari Rabu (26/09/2018) siang. Setelah Kementerian Kominfo menerima permintaan Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Metro Jaya pada tanggal 25 September 2018.

"Ada 19 URL atau alamat website yang diblokir," kata pria yang kerap disapa Nando itu.

Adapun 19 URL atau alamat website yang diduga melakukan pelanggaran hak cipta atas film berjudul Wiro Sableng sebagai berikut:

- https://ift.tt/2Qdx1Hr
- https://ift.tt/2xIOhO6
- https://ift.tt/2QgNjzA
- https://ift.tt/2QffjDD
- https://ift.tt/2xL41A5
- https://ift.tt/2QffleJ
- https://ift.tt/2xL42E9
- https://ift.tt/2Qffn6l
- https://ift.tt/2xL43Id
- https://ift.tt/2QffoHr
- https://ift.tt/2xG1G9M
- https://ift.tt/2Qd3bmC
- https://ift.tt/2xIkrcC
- https://ift.tt/2Qda5Ih
- https://ift.tt/2xGs2bk
- https://ift.tt/2Q7j2mo
- https://ift.tt/2xF5qbq
- https://ift.tt/2QffwGV
- https://ift.tt/2xL46DT


Dalam kesempatan ini pihak Kominfo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran hak cipta. Salah satunya menanyangkan film melalui internet tanpa izin.

"Mari mendukung kreativitas anak bangsa," tutup Nando.

(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2DAWvNB
via IFTTT

Pendirinya Pergi, Instagram Jadi Sapi Perah Facebook

Jakarta - Keputusan duo pendiri Instagram untuk meninggalkan media sosial besutannya membuat Facebook bisa memanfaatkannya sebagai lumbung uang.

Kevin Systrom dan Mike Krieger, dua pendiri Instagram, baru saja mengumumkan untuk mundur dari jabatannya sebagai CEO dan CTO dari media sosial tersebut. Kepergian ini dianggap menjadi berkah tersendiri bagi Facebook selaku perusahaan induk dari Instagram.

Adalah Bank of America Merrill Lynch yang mengemukakannya. Firma tersebut menyebutkan potensi Instagram dalam menghasilkan uang bisa meningkatkan nilai saham Facebook.

"Perubahan manajemen bisa mempercepat value realization dari Instagram," ujar analis Justin Post, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Jumat (28/9/2018).

Nilai saham Facebook sendiri sekarang berada di angka USD 166 per lembar. Torehan tersebut menunjukkan grafik positif setelah sebelumnya sempat merosot sampai USD 161 pasca duo pendiri Instagram menyatakan mundur.

"Kami pikir percepatan dalam monetisasi terhadap Instagram sangat memungkinkan, dan ditambah dengan diluncurkannya iklan di dalam fitur stories membuat para investor akan berpikir ulang mengenai nilai potensial pada Messenger dan WhatsApp," katanya Post melanjutkan.

Ia pun menyebut jika perhatian manajemen yang dihadapkan dengan dua pilihan, yaitu integrasi konten atau meningkatkan potensi bisnis Instagram, bisa memicu perpecahan di dalamnya. Bisa jadi, itu malah sudah terjadi dan menjadi alasan mengapa Systrom sudah muak terhadap Mark Zuckerberg.

Dengan basis pengguna aktif bulanan yang sudah melewati angka 1 miliar di seluruh dunia, ditambah 25 juta user bisnis di dalamnya, tak mengherankan memang jika Facebook akan memanfaatkan Instagram sebagai sapi perahnya. Terlebih, rakasasa jejaring sosial tersebut memang tampak semakin menaruh ketergantungannya terhadap aplikasi yang diakuisisinya pada 2012 lalu itu. (mon/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2OlNbBe
via IFTTT

Startup Ini Tawarkan Kantor Virtual untuk UMKM

Jakarta - Ruang kerja adalah salah satu hal penting bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Untuk itulah XWORK memberi solusi bagi para UMKM dengan menawarkan penyewaan ruang kerja virtual.

Kenaikan pertumbuhan UMKM dicatatkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu, dengan mengungkapkan bahwa peranan UMKM pada perekonomian nasional terhitung cukup besar, yakni mencapai lebih dari 90% dan penyerapan tenaga kerja mencapai 97%. UMKM pun berhasil menyumbang pertumbuhan terhadap Produk Domestik Bruto hingga 60,34%.

Dalam keperluan ruang kerja, banyak UMKM mulai mempercayai virtual office sebagai solusi beberapa tahun terakhir ini, dari market research yang dilakukan oleh XWORK hal ini didasari oleh harganya yang lebih bersahabat. Selain itu, para pelaku UMKM pun sudah mengerti akan konsep dari virtual office.

"Virtual office adalah sebuah jasa sewa 'alamat kantor' dimana klien menyewa alamat guna korespondensi surat dan penerimaan tamu. Klien tidak memiliki lokasi fisik, tapi memiliki alamat terdaftar yang tetap. Ini sangat berguna bagi mereka yang sifat pekerjaannya selalu berpindah, namun tetap ingin memiliki alamat untuk urusan surat-menyurat mereka," ujar William Budihardjo, Direktur XWORK dalam keterangan yang diterima detikINET.

Para pengguna virtual office yang sekarang menggunakan XWORK masih di dominasi oleh UMKM hingga startup yang masih dalam tahap yang sangat dini, atau usaha-usaha yang membutuhkan pekerjanya untuk berpindah-pindah. Dengan virtual office, mereka dapat menghemat anggaran sewa kantor secara signifikan hingga diatas 50%.

"XWORK menyediakan berbagai macam ruangan, termasuk ragam paket virtual office dengan penawaran menarik dan terjangkau yang sekarang sedang menjadi pilihan bagi banyak UMKM. Kami memiliki komitmen untuk senantiasa menyediakan layanan yang bisa membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya," tambahnya.

Dari manfaatnya yang dapat dirasakan banyak pihak hingga kesempatan baru yang dimungkinkan oleh cara kerjanya, virtual office telah berubah menjadi tren baru yang akan meningkat pesat 5 tahun ke depan. Ini karena konsep tersebut memungkinkan usaha-usaha UMKM dapat beroperasi dengan biaya yang lebih ringan.

Banyak perusahaan baru akan muncul dan lebih terdorong untuk berkarya, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Konsep yang dulunya diragukan dan hanya dianggap tren, kini telah menjadi gambaran masa depan dan akan berintegrasi dengan budaya bisnis.

XWORK sebagai platform online hadir sebagai wadah yang mempermudah akses klien kepada virtual office dan Klien dapat memilih paket virtual office sesuai kebutuhan dan anggaran mereka melalui situsnya yang mudah diakses dan dimengerti. (asj/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xRAFiN
via IFTTT

Gema #TimnasDay Iringi Lolosnya Timnas U-16 ke Perempatfinal

Jakarta - Timnas Indonesia memastikan lolos ke perempatfinal Piala Asia U-16 2018. Kelolosan itu diiringi #TimnasDay yang bergema di lini masa Twitter.

Indonesia bermain imbang 0-0 lawan India di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) malam WIB. Hasil itu cukup untuk memastikan skuat Fahri Husaini lolos ke peremptfinal Piala Asia U-16 2018.


Dengan hasil seri tersebut timnas Indonesia lolos ke babak delapan besar sebagai juara Grup C, berkat keunggulan selisih gol atas India yang sama-sama mengoleksi 5 poin.

Indonesia akan menghadapi runner-up Grup D di perempatfinal Piala Asia U-16 2018, untuk memperebutkan tempat di empat besar. Semifinalis ajang ini sekaligus berhak atas tiket otomatis ke Piala Dunia U-17 di Peru tahun 2019.

Keberhasilan Timnas U-16 lolos ke perempatfinal Piala Asia U-16 ini dibarengi dengan melesatnya #TimnasDay sebagai trending topic teratas lini masa Twitter, setidaknya dalam 1 jam terakhir, sebagaimana terpantau di Trends24.

(krs/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2ImHz4e
via IFTTT

Begini Kesiapan Loket Jual Tiket Asian Para Games 2018

Jakarta - Loket merupakan penyedia tiket gelaran Asian Para Games 2018 yang berlangsung 6-13 Oktober 2018. Terkait hal tersebut, begini kesiapan Loket.

Saat ini penjualan tiket Opening Ceremony Asian Para Games 2018 sudah mulai dijual oleh Loket. Ketika dimintai keterangan oleh detikINET soal kesiapan, pihak Loket mengaku sudah mematangkan persiapan selama dua minggu terakhir.

"Kita sudah siap sih pasti. Tim kita sudah mempersiapkan diri dari dua minggu terakhir di lapangan," kata VP Consumer Solutions Loket Rama Adrian, saat ditemui setelah peluncuran website Go-Tix di Kantor Pusat Go-Jek, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

"Tapi kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya karena ini kan kita benar-benar dari awal, jadi jauh lebih prepared lah," lanjutnya.

Di Asian Games 2018 lalu, Loket juga menjadi pihak penjual tiket walaupun hal itu baru dilakukan saat event sudah berlangsung. Untuk Asian Para Games 2018, Loket sudah sedari awal ditunjuk.

"Kalaupun kemarin yang buat Asian Games, kita juga recover-nya pas sudah event-nya kan. Makanya persiapannya agak sulit. Cuma ini karena kita plannya dari awal kita lebih siap sih," ujar PR & Employer Branding Manager Loket Herinta dalam kesempatan yang sama.

Herinta menambahkan bahwa Loket telah melakukan beberapa tes untuk mengantisipasi seandainya ada ledakan permintaan dari calon pembeli tiket Asian Para Games 2018.

"Dan buat mengantisipasi kan kita memang selama ini kita sudah melakukan tes-tes juga. Jadi semoga untuk Asian Para Games ini jadi lebih siap dan harusnya Insyaallah lancar," tuturnya.

(krs/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2R20PYK
via IFTTT

Go-Tix Kini Hadir dalam Versi Website

Jakarta - Layanan ticketing Go-Tix, yang sebelumnya hadir di aplikasi Go-Jek, kini memiliki versi website. Tujuannya adalah untuk menyasar lebih banyak pengguna.

Hadirnya Go-Tix versi website juga dapat menyasar lebih banyak pengguna karena non pengguna Go-Jek dapat mengakses layanan Go-Jek. Layanan Go-Tix sendiri dapat diakses melalui website go-tix.id.

"Salah satu visi kami adalah hiburan untuk semua. Itu literally semua," kata VP Marketing LOKET, Ario Adimas saat peluncuran website Go-Tix di kantor Go-Jek, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Go-Tix juga hadir dalam versi website karena ada tren pengguna lebih memilih untuk membeli tiket untuk event tertentu dengan nominal besar lewat website karena pilihan metode pembayaran yang lebih banyak.

"Sebelumnya kita lihat pengguna Go-Tix di aplikasi Go-Jek itu untuk fast transaction, biasanya untuk transaksi yang tidak terlalu besar, seperti nonton bioskop," jelas Ario.

GO-TIX Kini Hadir dalam Versi WebsiteFoto: Virgina Maulita Putri/detikinet

"Tapi untuk yang high value transaction itu mereka biasanya lebih lega untuk melihat something yang di big screen," lanjutnya.

Website Go-Tix sendiri memiliki beberapa kelebihan yang sebelumnya tidak tersedia di versi aplikasi. Seperti metode pilihan pembayaran yang beragam, promo eksklusif, exclusive privilege, dan masih banyak lagi.

VP Consumer Solution LOKET Rama Adrian, berharap hadirnya website Go-Tix dapat menjadi tolak ukur dari industri bisnis entertainment.

"Kita ingin Go-Tix menjadi scripture. Menjadi kitab bagi orang-orang yang ingin mencari hiburan," ujar Rama dalam kesempatan yang sama.

"Experience yg berkaitan dengan entertainment itu patokannya Go-Tix," lanjutnya.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016, Go-Tix telah berhasil menjual 2,5 juta tiket hiburan. Go-Tix sendiri telah berada di bawah pengelolaan LOKET yang diakusisi oleh Go-Jek pada tahun 2017.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2QdoioJ
via IFTTT

Bos Facebook Semprot Balik Komentar Pedas Pendiri WhatsApp

Jakarta - Baru-baru ini, salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, mengatakan bahwa dirinya kecewa terhadap cara Facebook dalam memonetisasi platform berbagi pesan instan besutannya itu. Ujarannya itu pun dikomentari balik oleh salah satu petinggi di rakasasa jejaring sosial tersebut.

David Marcus, Vice President of Messaging Products Facebook, mengatakan bahwa tidak banyak perusahaan yang mempertahankan para pendiri dari unit bisnis yang diakuisisinya. Ia mengambil contoh dari Kevin Systrom dan Mike Krieger, dua pendiri Instagram, yang bertahan di Facebook selama enam tahun.


"Alasannya adalah Mark (Zuckerberg) melindungi para founder secara pribadi dari permintaan mereka yang bisa saja membuat perusahaan besar lainnya frustrasi," tulisnya dalam laman Facebook pribadinya.
Salah satunya adalah ketika WhatsApp meminta desain kantor yang sangat berbeda ketika bergabung dengan Facebook. Kata Marcus, mereka meminta meja yang lebih besar, kebijakan untuk tidak berbicara keras di dalam ruangan, dan ruang konferensi yang tidak memperbolehkan karyawan Facebook masuk ke dalamnya.

Hal ini pun sempat membuat para pegawai Facebook jengkel. Walau begitu, Zuckerberg tetap mendukung permintaannya itu.

Selain itu, soal enkripsi di dalam WhatsApp, Marcus mengatakan bahwa Zuck juga peran besar di dalamnya, Dia menjadi sosok yang mendukung end-to-end encryption di platform tersebut dan memastikan jika aplikasi berbagi pesan instan ini memang mendukung privasi penggunanya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa salah satu pria terkaya di dunia ini telah melindungi model bisnis WhatsApp dalam jangka waktu yang lama. Terakhir, Marcus menyebut jika Acton adalah kelas rendahan.


"Saya melihat orang yang menyerang perusahaan dan orang di dalamnya yang membuatnya menjadi seorang miliarder adalah orang yang berkelas rendah. Ini benar-benar standar baru untuk orang kelas rendahan," tulisnya.

Dalam unggahannya itu, ia mengaku bahwa ini merupakan pandangan pribadinya, Marcus juga menyebut tidak ada satu pun orang Facebook yang menyuruhnya untuk menulis dan mengunggah tulisannya itu di laman Facebook pribadinya. (mon/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2DxXPAD
via IFTTT

Repot Susun Rencana Makan Bareng Teman-teman? Ini Solusi Google

Jakarta - Sering repot menentukan atau memilih tempat saat menyusun rencana makan bareng teman-teman? Google Maps punya fitur baru sebagai solusinya.

Group Planning, demikian nama fitur yang baru diluncurkan Google setelah sebelumnya diumumkan di event Google I/O 2018 pada bulan Mei 2018 lalu.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat daftar restoran atau tempat lain, yang dapat dibagikan ke teman-temanmu. Hal itu membuat proses pemilihan tempat nongkrong bareng jadi lebih praktis. Bagaimana mekanismenya?

Seperti dilansir detikINET dari The Verge, Kamis (27/9/2018), fitur ini dapat digunakan dengan long press setiap lokasi untuk digeser ke daftar yang telah dibuat. Daftar ini kemudian dapat dibagikan dalam bentuk link ke teman-teman kalian.

Nah, teman-temanmu kemudian dapat memilih tempat mana yang mereka suka (atau tidak suka) dengan mengklik tombol thumbs-up atau thumbs-down. Google kemudian akan menghitung skornya.

Kalau ada teman yang tidak suka dengan salah satu restoran yang ada di daftar, mereka bisa menghapus restoran tersebut dari daftar dan memasukkan restoran pilihan mereka sendiri.

Group Planning itu sendiri rencananya bakal diluncurkan secara luas ke seluruh pengguna Google Maps di perangkat iOS dan Android pada minggu ini.

Itu merupakan salah satu fitur baru yang diluncurkan Google untuk layanan Maps-nya. Salah satu fitur lain yang juga baru mereka luncurkan adalah tab For You, yang lebih jago dalam merekomendasikan restoran dan tempat yang dianggap menarik oleh pengguna.

(krs/asj)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2R5JrSS
via IFTTT

Orang Ini Disebut Gantikan Posisi Bos Pendiri Instagram

Jakarta - Adam Mosseri dikabarkan akan mengisi kekosongan kursi CEO Instagram, usai Kevin Systrom bersama Mike Krieger yang merupakan pendiri dari media sosial ini, meninggalkan perusahaan.

Sejumlah pemberitaan media internasional mulai menyebutkan bahwa Mosseri adalah calon bos Instagram selanjutnya. Seperti yang ditulis oleh Business Insider yang dikutip detikINET, Kamis (27/9/2018).

Mosseri sebelumnya memegang tugas newsfeed Facebook yang kemudian pada bulan Mei kemarin jadi Kepala Produk Instagram. Khusus yang terakhir, itu bagian dari perombakan eksekutif yang dilakukan di perusahaan.

Lulusan New York University ini telah bergabung dengan Facebook cukup lama, yakni 10 tahun tiga bulan. Mosseri dianggap merupakan orang kepercayaan dari Mark Zuckerberg, pendiri Facebook.

Bila Mosseri benar-benar diangkat menjadi CEO Instagram, maka ia harus tetap menjaga kestabilan perusahaan agar tetap kondusif. Tentu, terus mengintegrasi dengan Facebook.

Sejauh ini, Instagram maupun Facebook belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait penunjukkan pengganti Systrom sebagai CEO dan Krieger sebagai CTO Instagram.

Kabar mengejutkan hengkangnya pendiri Instagram ini akibat buntut dari perselisihan mereka dengan Marc Zuckerberg, bos Facebook.

Berdasarkan keterangannya, duo pendiri Instagram itu meninggalkan Facebook setelah ketegangan yang terus melibatkan keduanya dengan Mark Zuckerberg. Mereka tidak sependapat dengan Zuck mengenai masa depan dari aplikasi yang pertama kali diluncurkan pada 2010 itu.

Systrom dan Krieger, yang bergabung dengan Facebook setelah rakasasa jejaring sosial itu mengakuisisi Instagram pada 2012, mengaku frustrasi dengan sikap Zuck. Menurut keduanya, pria berusia 34 tahun itu semakin tergantung dengan Instagram untuk pertumbuhan Facebook di masa depan.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xQLl17
via IFTTT

Terungkap, Kisah di Balik Ngototnya Zuckerberg Beli WhatsApp

Jakarta - Tahun 2014, aksi akuisisi raksasa ditorehkan Facebook kala membeli WhatsApp, dengan mahar di kisaran USD 21 miliar. Brian Acton, salah satu pendiri WhatsApp, mengungkap kisah di balik akuisisi tersebut.

Dikutip detikINET dari Forbes, pendiri Facebook Mark Zuckerberg pertama kali menghubungi kreator WhatsApp yang lain, Jan Koum, pada April 2012 melalui email. Zuck mengajak betemu dan mereka akhirnya makan siang di sebuah restoran di Los Altos.

Sampai 2 tahun kemudian, Facebook belum mengambil langkah serius soal akuisisi WhatsApp. Tapi tahun 2014, ada 2 hal menurut Acton, yang membuat Zuck mengambil langkah seribu untuk mencaplok WhatsApp.

Pertama, ada kabar bahwa Google juga sangat berminat pada WhatsApp. Bahkan Zuck mendengar jika Acton dan Koum sudah diundang ke markas Google di Mountain View untuk membicarakan soal itu.

Kedua, Zuck membaca laporan yang menganalisa valuasi WhatsApp sehingga membuatnya makin berminat. Maka Zuck segera menawari Koum dan Acton sejumlah besar uang yang susah ditolak.

Mereka pun membuat kesepakatan di kantor pengacara WhatsApp. Acton berkata saat itu Zuck sangat mendukung rencana WhatsApp tentang penerapan enskripsi untuk melindungi privasi user serta berjanji Facebook tidak akan memonetisasi WhatsApp dalam 5 tahun sesudahnya.

"Dia datang dengan sejumlah besar uang dan membuat penawaran yang tidak bisa kami tolak," kata Acton.

Begitulah, WhatsApp akhirnya jatuh dalam cengkeraman Facebook. Dan rencana monetisasi WhatsApp terjadi lebih cepat dari janji Zuck yang membuat Acton kecewa dan meninggalkan perusahaannya.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2zyin84
via IFTTT

Google Konfirmasi Project Dragonfly, Apa Itu?

Jakarta - Google baru-baru ini mengonfirmasi keberadaan sebuah proyek bernama Dragonfly. Konfirmasi muncul ketika rapat dengar pendapat dengan Senat Amerika Serikat.

Adalah Chief Privacy Officer Google Keith Enright yang mengakui keberadaan proyek tersebut. Namun ia mengaku tak mengetahui hal apa yang dikerjakan Google dalam proyek tersebut, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Kamis (27/9/2018).

"Saya tidak jelas tentang kontur yang ada di dalam ruang lingkup atau di luar lingkup proyek tersebut," ujar Enright saat itu.

Padahal, sebelumnya sudah beredar rumor yang menyebut Google sedang berusaha mencari celah untuk masuk ke pasar China. Caranya dengan meluncurkan mesin pencari khusus yang bisa memenuhi aturan pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut, dan mesin pencari itu diberi kode Dragonfly.

Keberadaan mesin pencari ini mendapat protes dari sejumlah pihak, termasuk dari pihak internal Google. Sejumlah karyawannya memprotes keputusan Google dalam membuat mesin pencari yang bisa disensor oleh pihak pemerintah.

Memang hal ini masih sebatas rumor, karena Google secara resmi belum mengkonfirmasi rencana mereka untuk kembali hadir di China. Namun kabarnya prototipe mesin pencari itu sudah mulai diuji.

Dragonfly didesain untuk bekerja di perangkat Android. Google membuatnya sedemikian rupa agar tak menampilkan konten yang tak mendapat restu dari pemerintah China. Konten yang dimaksud antara lain adalah yang terkait dengan demokrasi, kebebasan berpendapat dan protes.

Tak cuma itu, hasil pencarian pengguna melalui Dragonfly juga akan tersimpan dan terhubung dengan nomor telepon si pengguna. Artinya, orang-orang yang mencari informasi "terlarang" melalui Dragonfly bisa ditangkap oleh pemerintah China jika mereka mendapat akses informasi nomor telepon tersebut dari Google.

"Kami sudah berinvestasi bertahun-tahun unutk membantu pengguna di China, dari mengembangkan Android, melalui aplikasi mobile seperti Google Translate dan Files Go, dan juga alat pengembang kami. Namun pekerjaan kami pada mesin pencari masih berada dalam tahap eksplorasi, dan kami belum akan meluncurkan mesin pencari di China," tulis Google dalam penyataan resminya.

(asj/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NIc9vp
via IFTTT

Twitter Libatkan Pengguna Buat Aturan

Jakarta - Peraturan di berbagai layanan media sosial termasuk Twitter, diciptakan melalui proses yang ketat. Kini Twitter melibatkan pengguna membuat aturan di layanannya.

Sebelumnya, setiap peraturan Twitter melalui proses penelitian mendalam dan kemitraan dengan anggota Trust and Safety Council Twitter serta para ahli lainnya. Ini dilakukan guna memastikan kebijakan-kebijakan tersebut sesuai bagi setiap pengguna.

Sekarang, Twitter mencoba sesuatu yang baru dengan meminta feedback atau umpan balik pengguna sebelum kebijakan tersebut resmi menjadi bagian dari peraturan Twitter.

"Selama tiga bulan terakhir, Twitter mengembangkan kebijakan baru untuk mengatasi penggunaan bahasa yang tidak manusiawi di Twitter," kata Twitter Indonesia dalam keterangan resminya, Kamis (27/9/2018).

Penggunaan bahasa seperti ini menurut Twitter dapat berakibat buruk terhadap penggunaan platformnya, termasuk normalisasi kekerasan yang serius.

Beberapa konten ini termasuk dalam kebijakan perilaku kebencian di Twitter yang melarang ajakan kekerasan terhadap atau menyerang secara langsung, atau mengancam orang lain atas dasar ras, etnis, asal kebangsaan, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, afiliasi agama, usia, disabilitas, atau penyakit serius.

Namun ada juga tweet yang dianggap banyak orang kasar, bahkan ketika mereka tidak melanggar peraturan Twitter. Media sosial berlogo burung biru ini berupaya mengatasi hal tersebut untuk menciptakan percakapan publik yang lebih sehat.

"Dengan perubahan ini, Twitter ingin memperluas kebijakan perilaku kebencian dengan menyertakan konten yang merendahkan orang lain berdasarkan keanggotaan mereka dalam kelompok yang dapat diidentifikasi, bahkan ketika materi tidak menyebutkan target langsung," jelas Twitter.

Banyak akademisi telah meneliti hubungan antara dehumanisasi dan kekerasan. Contohnya, Susan Benesch menggambarkan bahasa yang tidak manusiawi sebagai ciri dari ungkapan yang berbahaya, karena dapat membuat kekerasan seolah-olah hal yang dapat diterima.

Selain itu, ada Herbert Kelman yang mengemukakan bahwa dehumanisasi melemahkan kemampuan untuk menahan desakan melakukan kekerasan.

"Kami mengharapkan umpan balik pengguna untuk memastikan adanya perspektif global serta mendapatkan gambaran tentang bagaimana dampak kebijakan ini terhadap beragam komunitas dan budaya," kata Legal, Policy and Trust & Safety Lead Twitter Vijaya Gadde.

Gadde menyebutkan, untuk bahasa yang tidak diwakili di sini, tim kebijakan Twitter akan bekerja sama dengan organisasi non-pemerintah lokal dan pembuat kebijakan untuk memastikan perspektif mereka menjadi bahan pertimbangan.

"Ini adalah bagian dari upaya bersama kami untuk meningkatkan kesehatan percakapan publik di Twitter dan kami berharap ini memberi pemahaman yang lebih baik kepada pengguna tentang bagaimana peraturan baru dibuat. Kami ingin pengguna menjadi bagian dari proses ini," ujarnya.

Untuk berpartisipasi menentukan aturan Twitter, pengguna bisa mengisi survei yang bisa diakses melalui blognya, hingga Selasa 9 Oktober 2018 pukul 20.00 WIB.

Setelahnya, Twitter akan melanjutkan proses reguler yang mengikutsertakan kelompok kerja lintas fungsi, termasuk anggota pengembangan kebijakan kami, penelitian pengguna, engineers, dan tim penegakan peraturan. (rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NHNFCh
via IFTTT

Pendiri WhatsApp Mengaku Tak Kenal Mark Zuckerberg

Jakarta - Setelah WhatsApp dibeli Facebook di tahun 2014, praktis sang kedua pendiri Brian Acton dan Jan Koum bergabung di bawah naungan jejaring sosial raksasa itu. Dan sudah tentu mereka kadang bertemu dengan Mark Zuckerberg, sang pendiri dan CEO Facebook.

Tapi Acton yang telah keluar dari Facebook pada akhir 2017, mengaku kurang begitu mengenal Zuck, yang bahkan ia sebut that guy. "Aku tidak bisa berkata banyak hal pada kalian tentang orang itu," kata Acton yang dikutip detikINET dari Forbes.

Acton ingat dalam salah satu pertemuan mereka, Zuck menganggap WhatsApp, meskipun diberikan independensi oleh Facebook, tetaplah sebuah produk seperti halnya Instagram.

Zuck mungkin frustrasi pada Acton dan juga pendiri WhatsApp lainnya, Jan Koum. Pasalnya keduanya benci dengan iklan, padahal Facebook besar karena mampu membangun jaringan iklan kelas dunia yang masif.

Maka ia jalan terus dengan rencana monetisasi iklan di WhatsApp. Tak pelak, hubungan Zuck dan Acton tak pernah benar-benar akrab.

Ketidaksepakatan soal iklan membuat Acton memutuskan mundur dari Facebook dan mendapat kompensasi, karena ada klausul jika WhatsApp diutak atik terkait monetisasi, Acton dan Koum berhak memperoleh semua sahamnya. Acton pun mendatangi Zuck yang didampingi pengacara Facebook.

Zuck disebutnya sudah mengindasikan itulah terakhir kalinya mereka bertemu. "Dia seperti bilang mungkin inilah terakhir kalinya kamu akan berbicara denganku," ujar Acton.

(fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2QafQqk
via IFTTT

Google Cabut Pemblokiran Iklan Bitcoin Cs

Jakarta - Google mengumumkan bahwa pihaknya akan memperbolehkan kembali iklan-iklan berbau Bitcoin dan cryptocurrency untuk tampil di dalam platform miliknya. Walau begitu, tidak semua kepentingan komersial terkait mata uang virtual tersebut diperbolehkan mejeng oleh perusahaan teknologi pimpinan Sundar Pichai itu.

Sebagaimana tercantum dalam laman resminya, mereka menyatakan bahwa peraturan mengenai Google Ads terhadap produk dan layanan finansial hanya akan lebih lunak kepada platform pertukaran cryptocurrency tertentu. Lebih spesifik, hanya penyedia layanan yang sudah diregulasi diperbolehkan untuk memasang iklan.

Lebih jauh lagi, peraturan ini juga masih berlaku hanya di Amerika Serikat dan Jepang. Raksasa teknologi bentukan Larry Page dan Sergey Brin ini menyebut jika pembaruan kebijakan ini akan mulai diterapkan pada Oktober mendatang.


Nantinya, para pengiklan harus melalui proses sertifikasi terlebih dahulu oleh Google untuk menentukan negara mana yang menjadi tujuan iklannya. Pengajuan sertifikasi juga akan dibuka pada bulan depan begitu kebijakan baru ini berlaku.

Meski saat ini masih terbatas di dua negara, Google juga berencana untuk memperluasnya secara global, dengan waktu yang belum ditentukan. Hal ini membuat kebijakan larangan terhadap iklan berbau Bitcoin dan cryptocurrency lainnya hanya bertahan sebentar.

Pada Maret lalu, mereka sempat mengumumkan bahwa pihaknya akan melarang iklan-iklan tersebut untuk mejeng di platform miliknya. Kebijakan itu pun baru dijalankan pada Juni.


Sejauh ini, sejumlah perusahaan teknologi besar lainnya seperti Microsoft dan Twitter masih memberlakukan aturan mengenai pemblokiran iklan Bitcoin Cs. Menarik untuk ditunggu apakah mereka akan melunak seperti Google atau tidak.

Sekadar informasi, saat ini harga Bitcoin (BTC) berada di kisaran USD 6.400, atau sekitar Rp 96 jutaan. Sedangkan nilai Ethereum (ETH), Ripple (XRP), dan Bitcoin Cash (BCH) masing-masing saat ini terpantau di kisaran USD 210 (Rp 3 jutaan), USD 0,5 (Rp 7.000), dan USD 500 (Rp 7 jutaan).

(mon/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NMgo9d
via IFTTT

Pendiri WhatsApp Blak-blakan Soal Kelakuan Facebook

Jakarta - Salah satu pendiri WhatsApp, Brian Acton, mendadak melakukan wawancara panjang lebar tentang latar belakang kenapa dia memutuskan keluar dari Facebook. Salah satunya pertikaian soal cara monetisasi WhatsApp.

WhatsApp dibeli Facebook sekitar USD 21 miliar di tahun 2014. Prinsip pendirinya, Brian Acton dan Jan Koum, memang bertolak belakang dari Facebook soal iklan. Brian dan Koum benci dengan iklan sedangkan Facebook membangun kerajaan bisnisnya melalui iklan.

Kedua pendiri itu juga sangat mementingkan privasi user. Sedangkan Facebook bahkan telah tersandung skandal penyalahgunaan data user di kasus Cambridge Analytica.

Dikutip detikINET dari Forbes, motto Acton di WhatsApp adalah 'No ads, no games, no gimmicks'. Tapi prinsip itu jadi pudar karena bagaimanapun, Facebook tentu ingin menghasilkan uang dari WhatsApp.

Facebook memutuskan akan memonetisasi WhatsApp dengan dua cara. Pertama, memajang targeted ads di fitur status, yang bikin Acton kecewa. "Metode periklanan seperti inilah yang membuatku tidak senang," tandas Acton.

Kemudian kedua, Facebook ingin menjual tool untuk pebisnis yang memungkinkan mereka berhubungan dengan pengguna WhatsApp tertentu. Tapi ada halangan karena WhatsApp dilindungi penyandian ketat. Facebook memang tak berencana membongkar enkripsi tersebut, tapi mencari kemungkinan apakah bisa melakukan analisis user di 'lingkungan' yang sudah tersandi.

Soal monetisasi ini, Acton mengusulkan user WhatsApp membayar jika sudah menghabiskan jatah mengirim pesan gratis dalam jumlah tertentu. "Dengan ini, tidak perlu kekuatan penjualan yang besar. Ini adalah bisnis sederhana," kata dia.

Tapi usulan Acton ditolak oleh Chief Operating Officer Facebook, Sheryl Sandberg dengan alasan metode itu tidak akan menghasilkan banyak uang. Pertentangan itulah yang menjadi salah satu alasan Acton akhirnya memutuskan mundur dari Facebook. (fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2OkVqxo
via IFTTT