Penyaring Konten Mengerikan Facebook Ngaku Digaji Murah

Hyderabad, India - Facebook mempekerjakan banyak orang untuk menyaring konten tidak pantas di jejaring sosialnya. Selain di Amerika Serikat, ada juga di India. Beberapa karyawan mengutarakan keluhannya karena pekerjaan semacam itu tak semudah yang dibayangkan.

Banyak user tak bertanggungjawab memajang konten cabul atau kekerasan di Facebook dan anak perusahaannya, Instagram. Di hari yang sibuk, karyawan bisa melihat sampai 2.000 konten tidak pantas dalam 8 jam kerja.

Dikutip detikINET dari Reuters, mereka adalah bagian dari 1.600 karyawan Genpact, perusahaan outsource di Hyderabad yang dikontrak Facebook buat menyaring konten.

Tujuh pegawai kontrak dalam wawancara dengan Reuters menyatakan dibayar kurang, mengalami stress, bahkan kadang trauma. Mereka berusia 20-an tahun dan menolak disebut identitasnya karena takut dipecat. Tapi akhirnya, 3 dari 7 karyawan itu belakangan keluar.

"Saya melihat karyawan wanita tersedu di lantai, trauma menyaksikan bunuh diri real time," kata seorang mantan karyawan. Dia menyaksikan hal semacam itu sebanyak 3 kali.

Ada beberapa bagian review, misalnya unit 'kontra teroris' menyaring konten seperti pengeboman atau penyiksaan. Sedangkan bagian 'merusak diri sendiri' mereview konten seperti bunuh diri yang disiarkan langsung. Kadang mereka coba melapor agar bunuh diri itu bisa dicegah, tapi tak selalu sukses.

Hal itu menggambarkan besarnya tantangan yang dihadapi Facebook untuk mengendalikan konten yang diposting 2 miliar penggunanya. Bos Facebook juga pernah mengatakan moderator konten dibayar dan punya perangkat untuk mempermudah tugas mereka, tapi kenyataannya tak seperti itu.

"Kami sangat memperhatikan hal ini agar menjadi lebih baik. Termasuk dengan melatih reviewer, perbaikan perekrutan, sumber daya yang kami sediakan bagi mereka," kata Ellen Solver, Vice President Facebook. Tapi Facebook membantah mereka dibayar rendah.

Pegawai junior Genpact menurut Reuters dibayar USD 1.404 per tahun di India atau cuma sekitar USD 6 per hari. Tapi menurut Facebook, gaji itu masih ditambah benefit lain sehingga jumlahnya lebih tinggi.

Facebook bekerjasama setidaknya dengan 5 perusahaan outsource di 8 negara untuk menyaring konten. Silver mengatakan ada sekitar 15 ribu pegawai kontrak maupun pegawai Facebook yang melakukan review postingan.

Di Amerika Serikat, ada perusahaan bernama Cognizant yang ditugasi Facebook untuk mengawasi konten berbahaya. Para karyawannya pun berkisah bagaimana berat sebenarnya pekerjaan tersebut, terutama secara emosional.

Cognizant menyediakan konselor jika karyawan membutuhkan dukungan psikologis, juga komunikasi telepon, yoga, dan terapi lainnya. Seandainya karyawan merasa terlalu tertekan, mereka juga diizinkan meninggalkan meja untuk sementara.

Tapi dukungan itu hanya tersedia selama mereka masih bekerja. Padahal, beberapa mantan karyawan mengaku masih mengalami trauma, jauh setelah mereka berhenti dari sana. (fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2tKuOKu
via IFTTT

Jelang Pilpres 2019, Facebook Temui Sejumlah LSM Indonesia

Jakarta - Dalam waktu hitungan bulan lagi, Pilpres 2019 akan digelar di Indonesia. Sebagai platform yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, Facebook juga tak ketinggalan menyiapkan pesta demokrasi tersebut agar platform miliknya aman dan nyaman digunakan

Persiapan yang dilakukan Facebook lebih mengarah kepada agar media sosial besutan Mark Zuckerberg ini tak dijadikan saluran bertebarnya konten negatif, mulai dari ujaran kebencian, hoax, hingga akun palsu.

Upaya tersebut kemudian dibuktikan dengan minta masukan dari 10 Non-Government Organization (NGO) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang kesemuanya berasal dari Indonesia. Langkah itu bersamaan dengan kunjungan Sheen Handoo, Part of Content Policy, Facebook APAC ke Indonesia.

"Ya bertemu dengan lebih dari 10 NGO. Facebook mencari input dari masing-masing NGO, apa nih inputnya. Di sisi lain, kita juga bagikan standar komunitas yang Facebook terapkan seperti ini, apakah dari masing-masing NGO ada input tertentu atau tidak. Jadi, memang kita sinkronisasi semua peraturan-peraturan yang dimiliki," tuturnya di Ruang Komunal Indonesia milik Facebook di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tak hanya mendapatkan masukan, Facebook juga ingin mengedukasi masyarakat Indonesia terkait kebijakan komunitas yang ada di platform miliknya.

Selain itu, Sheen mengungkapkan bahwa Facebook terus memperkuat timnya untuk menjaga tidak adanya konten negatif yang bertebaran di media sosial terpopuler ini. Caranya Facebook dengan terus menginvestasi teknologi dan sumber daya manusia.

"Kami mempekerjakan lebih banyak orang yang kami miliki sekarang 30 ribu orang yang bekerja di seluruh konten an masalah keamanan. Itu salah satu upaya yang kami lakukan untuk memastikan bahwa platform ini tidak disalahgunakan," kata Sheen.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Tmq8sH
via IFTTT

Twitter Dituntut BlackBerry, Gara-gara Apa?

Jakarta - BlackBerry menggali 'kekayaan' dari berbagai paten yang dimilikinya. Kali ini, Twitter menjadi sasarannya.

Dalam tuntutan yang didaftarkan ke pengadilan wilayah California pusat, BlackBerry mengklaim bahwa Twitter secara tidak sah mengasimilasikan sistem pesan mobile miiknya ke sejumlah layanan termasuk aplikasi Twitter dan iklan Twitter.

Dikutip dari Neowin, Kamis (28/2/2019), teknologi yang diduga dilanggar, melibatkan fitur olah pesan yang membantu merampingkan banjir notifikasi dan teknik yang mengatur ulang indikator pesan ketika penerima membaca pesan.

BlackBerry juga menuding Twitter mengkooptasi teknologinya untuk menentukan apakah penerima telah membaca pesan dalam percakapan atau belum, dan menggunakan sistem untuk memungkinkan satu atau lebih pengguna melihat konten informasi melalui server hub data.

Secara umum, gugatan tersebut mencakup isu penggunaan teknik penargetan iklan milik BlackBerry, berdasarkan demografi pengguna, minat, dan data lokasi perangkat seluler

Mantan penguasa pasar ponsel ini menginginkan media sosial yang dipimpin Jack Dorsey ini mengkompensasi kerugian yang mungkin dialami BlackBerry akibat penggunaan paten ini.

Ini bukan pertama kalinya BlackBerry menyasar layanan media sosial yang diduga menyontek teknologinya. Sebelumnya, BlackBerry juga menuntut Facebook atas pelanggaran paten terkait teknologi pengiriman pesna miliknya. (rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2VkA3w6
via IFTTT

TV Online di Indonesia dan Berbagai Faktanya

Jakarta - Di zaman now, istilah TV online tentu kian lazim terdengar. Ya, perkembangan teknologi dan internet bikin nonton bisa dilakukan secara online -- TV online.

Pengertian TV Online

Televisi internet atau televisi daring, dan biasa disebut sebagai TV Online, merupakan sebuah situs web yang dirancang atau dibuat khusus untuk membantu menampilkan berbagai tayangan video yang terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas. Hal ini menjadikan TV online memang memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri. TV online juga bisa diakses tanpa terbatas negara dan juga waktu, sehingga TV online Indonesia ini memiliki waktu dan bentuk distribusi yang berbeda-beda.

Untuk dapat mengakses atau menggunakannya, Anda hanya perlu koneksi Internet berlangganan untuk menghubungkan internet dengan perangkat. Bisa laptop, smartphone, atau TV yang mendukung. TV Online Streaming Indonesia sering disebut sebagai TOD atau Television on the Dekstop, TV Over IP dan juga vlog atau vodcast.

Fakta TV Online yang Harus Diketahui

Setelah membahas mengenai kegunaan dan fungsinya, selanjutnya akan kita bahas fakta apa saja yang ada dalam TV online. Di antaranya:

1. Sejarah TV Online

Steve Mann merupakan orang pertama yang memutuskan untuk membuat konsep TV online dengan membuat sebuah lifecasting yang menggunakan kamera, kemudian dipasangkan di badannya untuk merekam kehidupan sehari-hari. Setelah itu hasil rekaman nya diurutkan secara berurutan dan saling berkesinambungan. Pada tahun 1994, Steve Mann memutuskan untuk membagi cerita sehari-harinya selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa terputus sama sekali. Kemudian, situs web-nya menjadi situs yang cukup populer dan dikunjungi oleh banyak orang karena keunikan dan adanya berbagai cerita menyenangkan yang muncul di kehidupan Steve Mann. Setelah itu pada tahun 1998, Steve Mann juga membuka komunitas lifecaster yang berhasil merekrut ribuan anggota. Hingga saat ini semakin banyak orang yang ikut membuat tayangan televisi online di Internet seperti apa yang dilakukan Steve Mann dan dirasa jejaknya sangat pas untuk menarik perhatian banyak orang.

2. Perkembangan TV Online

Tahun 2003 O'Reilly Media mulai mencetuskan konsep Web 2.0. Konsep web ini membuat berbagai macam layanan Internet baru bermunculan, salah satunya adalah stasiun TV Internet. Hal ini tntu saja terinspirasi dari Steve Mann yang menyiarkan berbagai kebutuhan dan juga ceritanya, namun stasiun TV ini ingin mengemas menjadi lebih menarik dan berbeda. Stasiun TV Internet ini tidak hanya dikelola oleh stasiun televisi besar saja yang ada pada tahun 2003 di Amerika. namun sebagian besar dikelola oleh pengguna Internet individu yang menampilkan kehidupan sehari-harinya (lifecasting).

3. Penggunaan Koneksi Internet

Fakta ketiga, jika selama ini televisi umum menggunakan antene atau satelit, maka TV online membutuhkan koneksi internet yang kecepatannya cukup tinggi. Dengan begitu, anda bisa menikmati berbagai akses yang keren dan juga hiburan yang beragam. Koneksi yang masih dengan sistem Dial-up akan memperlambat siaran televisi yang sedang kita tonton, meskipun semakin hari jelas akan semakin berkembang. Karena data yang didistribusikan ialah berupa arsip multimedia dengan ukuran yag sangat besar.

Saat ini koneksi broadband telah dapat digunakan dengan sangat lancar di Indonesia, baik itu melalui jaringan kabel fiber optik broadband yang disediakan oleh beberapa provider jaringan Internet atau jaringan 3G di ponsel kita. Hal ini juga berkaitan dengan kecanggihan ponsel yang semakin baik, dengan adanya penambahan berbagai fitur yang bisa membantu mengakses pengguna untuk melihat berbagai tayangan seperti TV online walaupun terbatas. Semakin besar kecepatan koneksi Internet, maka kualitas tayangan yang bisa kita saksikan akan semakin baik pula. Melalui televisi online ini kita bisa menyaksikan tayangan berkualitas HD (High Definition) pada kecepatan lebih dari 512 kbps.

4. Aplikasi pendukung

Meskipun begitu kelemahan dari TV online terkadang pemasangannya cukup rumit atau tidak sesimple TV biasa. Anda harus menggunaakan browser dan aplikasi pendukung jika anda ingin menggunakan TV online tersebut. untuk anda yang menggunakan komputer sebagai medai pengaksesannya, maka anda bisa menggunakan aplikasi pendukung atau aplikasi khusus seperti halnya Adobe Flash Player, Java, dan lain-lain. Tapi kesemuanya itu bisa didapatkan secara gratis dengan mengunduhnya di berbagai situs. Beberapa aplikasi berbayar dan beberapa aplikasi lagi tidak berbayar, anda bisa mengunduhnya secara bebas di Google atau search engine terpercaya lainnya. Untuk yang berbayar umumnya diberikan fitur khusus yang sangat bebas.

5. Persyaratan lain

Untuk menyaksikan tayangan televisi melalui Internet, beberapa program mensyaratkan spesifikasi PC tertentu, namun tidak memerlukan spesifikasi yang tinggi, hanya dengan spesifikasi yang standar kita sudah bisa menggunakan untuk menonton tayangan di televisi Internet atau TV online ini. alasan mengapa harus ada syarat karena berkaitan dengan kapasitas dan kualitas yang akan diberikan oleh tayangan tersebut. sehingga baiknya anda memenuhi untuk kenyamanan dan juga kualitas yang ada. PC yang kita miliki minimal memiliki spesifikasi Windows XP Service Pack 2 dengan DirectX 9.0c, prosesor Pentium 4 1 GHz, memori RAM 512 MB, kartu grafis 32 MB, dan dukungan DirectX. Speaker dengan kualitas suara yang bagus dan layar monitor yang tajam dan lebar juga akan menambah kenyamanan kita menyaksikan tayangan acara di televisi Online.

6. TV Online di Indonesia

Sekarang ini, banyak bermuculan situs-situs yang menampilkan siaran televisi secara online dan telah diakses oleh banyak orang di Indonesia dan terus bertambah atau berkembang. Beberapa dikelola oleh Stasiun televisi swasta di Indonesia. Banyak juga pengguna Internet di Indonesia yang mengakses situs televisi Online dari luar negeri untuk mendapatkan informasi atau sekadar menonton acara televisi luar. Bahkan banyak pihak luar yang mau berinvestasi dan menampilkan tayangan mereka karena antusiasme pihak Indonesia dalam menggunakan fasilitas TV online.

(krs/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2tHMCpC
via IFTTT

Fitur Tolak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Sudah di Depan Mata

Jakarta - Belum lama ini beredar kabar WhatsApp bakal memungkinkan pengguna menolak dimasukkan ke grup. Fitur itu kini sudah di depan mata.

Hal ini terindikasi dari bocoran WABetainfo, yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp. Fitur tolak masuk grup itu setidaknya sudah ada di WhatsApp beta buat Android versi 2.19.55.

Disebutkan lebih lanjut, fitur itu merupakan bagian dari Group Invitation System yang sejauh ini juga masih dalam pengembangan. Dalam fitur tersebut, pengguna WhatsApp dapat memilih siapa saja yang bisa memasukkan dirinya ke dalam grup-grup.

Di masa depan saat versi finalnya sudah rilis secara menyeluruh buat perangkat-perangkat Android, sebut WABetainfo, akan ada opsi baru "Groups" di bagian bawah Privacy Settings.

Fitur Tolak Masuk Grup WhatsApp Sudah di Depan MataFitur tolak masuk ke Grup WhatsApp. (Foto: dok. WABetaInfo)

Jika pengguna WhatsApp membuka bagian baru itu, akan ada pengaturan secara spesifik mengenai siapa saja yang bisa memasukkan dirinya ke dalam grup.
Fitur Tolak Masuk Grup WhatsApp Sudah di Depan MataFitur tolak masuk ke Grup WhatsApp. (Foto: dok. WABetaInfo)

Setiap opsi di dalam bagian tersebut memiliki rincian berbeda:

- Everyone: ketika pengguna WhatsApp memilih opsi itu, yang juga jadi diaktifkan secara default, ia akan senantiasa bisa dimasukkan ke grup mana pun.

- My Contacts: ketika opsi ini dipilih, pengguna WhatsApp senantiasa bisa dimasukkan ke grup dari orang yang ada di kontaknya. Sebuah ajakan privat akan muncul jika ada orang di luar kontak yang ingin memasukkannya ke dalam grup.

- Nobody: opsi ini membuat pengguna tak bisa dimasukkan ke grup oleh siapa pun, dalam segala situasi. Undangan privat akan diterima pengguna WhatsApp itu saat ada yang hendak melakukannya.

(krs/jsn)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2IES3zS
via IFTTT

Alasan Go-Jek Usung Nama Get di Thailand

Bangkok - Go-Jek kini telah resmi mengaspal di Thailand. Tapi jelmaannya di Negeri Gajah Putih ini tidak menggunakan nama Go-Jek, melainkan Get.

Tentunya penggunaan nama Get untuk layanan Go-Jek di Thailand memiliki alasan khusus. Menurut pendiri dan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim tidak digunakannya nama Go-Jek di Thailand karena mereka butuh nama yang lebih familiar di mata penggunanya.


"Ultimately alasan kenapa Go-Jek sebagai brand itu sukses banget itu karena benar-benar dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bukan hanya dari sisi nasionalis tapi juga dari sisi familiarity dari ojek," kata Nadiem saat ditemui di Bangkok, Thailand, Rabu (27/2/2019).
"Nah itu tidak ada koneksi terhadap nama itu di Thailand misalnya. Di mana bahasanya completely different, kulturnya beda," sambungnya.

Ia pun memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada tim Get di Thailand untuk menentukan nama yang ingin mereka gunakan. Ia beralasan, tim dari Thailand lah yang memiliki wawasan lokal dan tahu branding seperti apa yang akan diterima oleh masyarakat.

Asal-usul nama Get

Alasan Go-Jek Usung Nama Get di ThailandFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Dalam kesempatan berbeda, pendiri dan CEO Get, Pinya Nittayakasetwat menjelaskan asal-usul dipilihnya nama Get. Pria yang biasa disapa Kun Pan ini mengatakan bahwa pemilihan nama ini untuk menunjukkan bahwa Get bisa mendapatkan apa pun permintaan pengguna, baik itu layanan ojek atau antar makanan favorit pengguna.

Bahkan untuk menegaskan bahwa mereka bisa mengerti dan mendapatkan apa pun permintaan pengguna, Get juga mengusung tagline yang sangat catchy yaitu 'We Get You'.

"Get adalah satu nama yang mudah diingat masyarakat Thailand. Kami memahami Anda, apa yang ingin Anda lakukan, apa yang Anda perlukan. Itu lah kenapa Get merupakan kata terbaik yang cocok untuk perusahaan kami," jelas Kun Pan. (vim/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2GQ8uaH
via IFTTT

Sandang Nama Get, Go-Jek Resmi Meluncur di Thailand

Jakarta - Setelah peluncuran aplikasi versi beta sejak bulan Desember 2018, layanan Get resmi meluncur di Thailand. Peluncuran jelmaan Go-Jek di Thailand ini juga dihadiri oleh dua pendiri Go-Jek, Nadiem Makarim dan Kevin Aluwi.

Dalam sambutannya, pendiri dan CEO Get, Pinya Nittayakasetwat mengatakan bahwa ia merasa beruntung startup kecilnya bisa berkolaborasi dengan Go-Jek.

"Saya sangat terkesan dengan platform terbaik yang mereka miliki," kata pria yang akrab disapa Kun Pan ini dalam konferensi pers di Bangkok, Thailand, Rabu (27/2/2019).

"Yang membuat saya percaya pada Go-Jek karena mereka punya hasrat yang sama. Mereka ingin mendisrupsi dan membuat perubahan di Indonesia," sambungnya.

Kun Pan mengatakan bahwa awalnya Get beroperasi di tiga area di sekitar Bangkok. Tapi dalam waktu dua bulan layanan Get telah meliputi 80% dari kota Bangkok dan akan meliputi seluruh kota Bangkok dalam waktu dekat.

Sandang Nama Get, Go-Jek Resmi Meluncur di ThailandFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Saat ini Get telah memiliki tiga layanan yang dapat dinikmati oleh warga Bangkok. Tiga layanan tersebut adalah Get Win yang merupakan layanan ride hailing ojek, Get Deliver yang merupakan layanan pengiriman barang, dan Get Food untuk layanan pengiriman makanan.

Pendiri dan CEO Go-Jek, Nadiem Makarim mengatakan bahwa kolaborasi kedua startup tidak dapat dipisahkan. Go-Jek sendiri menyediakan teknologi dan pendanaan bagi Get.

Sandang Nama Get, Go-Jek Resmi Meluncur di ThailandFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

"Seperti upaya kolaboratif lainnya ini tidak dapat dipisahkan. Mereka menyediakan pengetahuan lokal, kita menyediakan teknologi dan wawasan sebelumnya," kata Nadiem dalam kesempatan yang sama.

Thailand merupakan negara ketiga yang disinggahi Go-Jek, setelah sebelumnya resmi beroperasi di Vietnam dan Singapura. Mereka juga saat ini sedang berupaya melebarkan bisnis ride hailing-nya di Filipina. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2H2lUjc
via IFTTT

Luar Biasa! Cerdasnya Robot Sophia

Jakarta - Namanya Sophia dan dia adalah sebuah robot. Bukan robot biasa, karena Artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang ditanamkan di otaknya membuat Sophia mampu diajak berkomunikasi dengan manusia.

Sophia memang tidak bisa - atau setidaknya belum mampu - berlari ataupun berjalan. Namun kemampuan utamanya adalah di kecerdasan otaknya.

Ia benar-benar mampu berkomunikasi dengan manusia. Detikcom berkesempatan langsung berbincang dengan Sophia di sela perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

"Halo Sophia, apa kabar?" tanya detikcom.

Ia pun menjawab, "Kabar saya baik sekali, dan sangat menikmati Barcelona."

Kemudian obrolan pun berlangsung dengan berbagai macam tema. Mulai dari tempat lahir Sophia, makanan favorit di Barcelona, dan hingga hal receh lainnya.

"Sophia, apakah kau bisa memberikan para pengunjung di depanmu ini sebuah senyuman?" ujar detikcom.

"Ya tentu saja, tetapi coba berikan senyuman terbaikmu dulu ke mereka," kata Sophia balik meminta ke detikcom.

Setelah itu, meski dengan mimik yang masih 'aneh', Sophia memberikan senyuman terbaiknya ke deretan pengunjung booth yang penasaran dengannya.

Dalam kesempatan lain, Sophia berkomunikasi untuk membahas isu yang lebih berat dengan pengunjung. Yaitu mulai dari isu apa itu 5G, bagaimana dia melihat hubungan robot dengan manusia ataupun membahas dengan soal intelligent connectivity yang menjadi tema besar MWC 2019.

Dan semua isu ataupun pertanyaan itu pun mampu dijawab langsung oleh Sophia, robot wanita "botak" yang sangat pintar itu.

Robot Sophia sendiri diciptakan oleh perusahaan Hong Kong bernama Hanson Robotics. Ketika berbincang, Sophia bisa melakukan kontak mata dengan lawan bicaranya. Termasuk menunjukkan ekspresi senyum dan sedih.

Sophia juga bisa bertanya balik hingga diajak curhat untuk kemudian memberi wejangan kepada manusia yang mengajaknya berbincang. Luar biasa!

(ash/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2EABDEO
via IFTTT

Menkominfo: Saya Tidak Pernah Paksa Unicorn Jadi Decacorn

Jakarta - Awal tahun ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan dirinya berharap akan muncul decacorn di kalender 2019.

Untuk diketahui, decacorn adalah istilah bagi startup dengan valuasi lebih dari USD 10 miliar.

Harapannya itu pun tampak semakin mendekati kenyataan setelah dirinya menyebut ada dua startup yang ia nilai berpotensi menjadi decacorn. Ia mengatakannya saat menghadiri acara ulang tahun Bukalapak ke-9 bulan lalu.

Namun siapa sangka, harapan Rudiantara ternyata melampaui ekspektasinya dalam membuat proyeksi perkembangan startup di Indonesia empat tahun lalu.

Ya, pada 2015 silam, ia sempat memprediksi bagaimana kiprah para perusahaan rintisan asal Tanah Air.

"Tahun 2015, saya dengan unicorn-unicorn yang sekarang ini pergi ke Silicon Valley, ada investor-investor besar di dunia (di sana). Itu tanya di Indonesia ada berapa unicorn? Kita saling bengong satu sama lain. Kita juga mungkin baru denger unicorn saat itu," ujarnya saat ditemui dalam sebuah forum di kantor Kemenkominfo.

Unicorn sendiri adalah istilah untuk perusahaan rintisan startup yang valuasinya telah mencapai lebih dari USD 1 miliar.

"Tapi kita yakin mengatakan bahwa 2019 Insya Allah ada lima (unicorn). Alhamdulillah sekarang sudah ada empat. Jadi tinggal satu lagi targetnya di 2019," katanya menambahkan.

Sebagai penegasan, pria yang kerap disapa Chief RA ini melanjutkan bahwa dirinya tidak pernah mengatakan akan ada dua decacorn di Indonesia.

Yang ia katakan adalah, ada dua unicorn yang berpotensi menjadi decacorn itu bonus dari capaian lima unicorn tersebut.

Lebih lanjut, ia juga tidak bisa memaksakan para startup untuk menjadi decacorn. Pasalnya, semua tergantung dari pihak masing-masing, karena mereka sendiri yang menjalani bisnisnya.

Selain berharap adanya decacorn sebentar lagi, Rudiantara juga tidak menutup kemungkinan suatu saat Indonesia bisa memimpikan kelahiran hectocorn asli Indonesia, yakni startup dengan valuasi lebih dari USD 100 miliar. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NwIFwQ
via IFTTT

Ragam Alasan Foto Profil WhatsApp Orang Lain Tak Terlihat

Jakarta - Pernah mengalami foto profil seseorang di WhatsApp tidak muncul alias tak bisa kamu lihat? Ada beragam alasan, salah satunya kamu mungkin diblokir orang itu.

Menurut laman pusat bantuan WhatsApp, hal ini pada dasarnya berkaitan dengan pengaturan privasi. Dengan pengaturan tersebut, pengguna WhatsApp dapat menyembunyikan terakhir dilihat (last seen), foto profil, info, status, atau laporan dibaca (read).

Tergantung pada pengaturannya, hal itu bisa saja membuat dirimu jadi tidak bisa melihat melihat informasi kontak bersangkutan di akun WhatsApp. Salah satunya, yang paling mudah terlihat, adalah foto profil orang itu -- yang jadi abu-abu tanpa wajah.

Nah, jika foto profil WhatsApp orang lain jadi tak bisa kamu lihat atau tidak muncul di layarmu, ada sejumlah alasan salah satunya adalah kamu diblokir orang tersebut.

Merujuk ke laman pusat bantuan WhatsApp, berikut ragam alasan yang membuatmu tidak bisa melihat terakhir dilihat, foto profil, info, status, atau laporan dibaca pada akun seseorang:

- Kontak Anda telah mengubah setelan privasinya ke "Tidak Ada".
- Anda telah mengubah setelan privasi terakhir dilihat Anda ke "Tidak Ada".
- Kontak Anda telah mengubah pengaturan privasinya ke "Kontak Saya" dan nomor telepon Anda tidak disimpan sebagai kontak di buku alamat telepon kontak Anda.
- Anda diblokir oleh orang tersebut.
- Terdapat masalah koneksi sementara.
- Kontak Anda tidak memasang foto profil.

(krs/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2H0MQjw
via IFTTT

Ragam Alasan Tak Bisa Lihat Foto Profil WhatsApp Orang Lain

Jakarta - Pernah mengalami foto profil seseorang di WhatsApp tidak muncul alias tak bisa kamu lihat? Ada beragam alasan, salah satunya kamu mungkin diblokir orang itu.

Menurut laman pusat bantuan WhatsApp, hal ini pada dasarnya berkaitan dengan pengaturan privasi. Dengan pengaturan tersebut, pengguna WhatsApp dapat menyembunyikan terakhir dilihat (last seen), foto profil, info, status, atau laporan dibaca (read).

Tergantung pada pengaturannya, hal itu bisa saja membuat dirimu jadi tidak bisa melihat melihat informasi kontak bersangkutan di akun WhatsApp. Salah satunya, yang paling mudah terlihat, adalah foto profil orang itu -- yang jadi abu-abu tanpa wajah.

Nah, jika foto profil WhatsApp orang lain jadi tak bisa kamu lihat atau tidak muncul di layarmu, ada sejumlah alasan salah satunya adalah kamu diblokir orang tersebut.

Merujuk ke laman pusat bantuan WhatsApp, berikut ragam alasan yang membuatmu tidak bisa melihat terakhir dilihat, foto profil, info, status, atau laporan dibaca pada akun seseorang:

- Kontak Anda telah mengubah setelan privasinya ke "Tidak Ada".
- Anda telah mengubah setelan privasi terakhir dilihat Anda ke "Tidak Ada".
- Kontak Anda telah mengubah pengaturan privasinya ke "Kontak Saya" dan nomor telepon Anda tidak disimpan sebagai kontak di buku alamat telepon kontak Anda.
- Anda diblokir oleh orang tersebut.
- Terdapat masalah koneksi sementara.
- Kontak Anda tidak memasang foto profil.

(krs/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2E9xW7i
via IFTTT

Obrolan soal Timnas Indonesia U-22 Dominasi Twitter Malam Ini

Jakarta - Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 menjuarai Piala AFF U-22 2019 sedang ramai diobrolkan netizen Tanah Air. Sejumlah tagar terkait keberhasilan Timnas U-22 pun mendominasi trending topic Twitter malam ini.

Skuat Garuda Muda baru saja memastikan jadi kampiun Piala AFF U-22 2019. Gelar juara disabet setelah Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada partai final di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa (26/2/2019) malam WIB.

Indonesia ketinggalan lebih dulu di laga itu, tapi kemudian berhasil bangkit dan berbalik mengungguli lawan. Sani Rizki dan Osvaldo Haay menjebol gawang lawan dalam kemenangan 2-1 yang memastikan gelar juara.

Hasil itu disambut gegap-gempita netizen Indonesia lewat serangkaian tagar. Apalagi Timnas U-22 menjadi juara dengan mulus setelah tidak terkalahkan sepanjang Piala AFF U-22 2019.

Terpantau dari trends24.in, trending topic Twitter untuk wilayah Indonesia saat ini didominasi tagar seputar pencapaian Timnas Indonesia U-22. Mulai dari #TimnasDay, #AFFU22, #TimnasU22, INDONESIA JUARA, dan U-22 di posisi 10 besar.

"Ciee Gajah Putih dipatok Garuda Emas #TimnasDay," demikian salah satu warganet.

"Alhamdulillah juara. Good game boys! Negara ini sudah juara. #Timnasday #TimnasU22 #AFFU22," sebut netizen lain.

Ada pula yang tak sekadar memberikan ucapan selamat ke Timnas U-22 melainkan juga merasa hasil itu tak lepas dari kinerja Satgas Anti Mafia Bola.

"Tiba-tiba saya merasa ini adalah hasil dari Satgas Anti Mafia Bola. Selain memang ini hasil kerja keras #TimnasU22 dan coach dan juga official. #TimnasDay," katanya.

(krs/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2EzqZ0T
via IFTTT

Garuda Muda Juara, #Timnasday Bergema

Jakarta - Timnas Indonesia keluar sebagai juara Piala AFF U-22 2019. Di babak final ini, tim Garuda Muda mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.

Kemenangan ini pun disambut suka cita di linimasa Twitter. Tagar #Timnasday memuncaki trending topic Twitter Indonesia, sejak dimulainya pertandingan hingga laga berakhir.

Rasa syukur, ucapan selamat dan terima kasih disampaikan netizen kepada tim U-22 yang telah berjuang. Simbol merah putih mewarnai setiap cuitan yang hilir mudik di timeline Twitter.


Laga Indonesia melawan Thailand digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Kemenangan ini menjadi gelar pertama Timnas Indonesia di ajang Piala AFF U-22.

Selamat, Garuda Muda! (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2XrpQjA
via IFTTT

Investasi ke Unicorn: Rezeki Pribumi atau Lumbung Asing?

Jakarta - Debat Capres 2019 beberapa waktu lalu membuat istilah unicorn menjadi tren di masyarakat, terutama di dunia maya. Dari sana, banyak pertanyaan yang muncul mengenai unicorn.

Untuk diketahui, unicorn adalah 'gelar' bagi startup dengan valuasi di atas USD 1 miliar.

Hal lain yang tak kalah menarik dalam debat yang membahas unicorn ini, adalah pernyataan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang menyebut dirinya khawatir jika investasi yang ditanamkan ke perusahaan-perusahaan rintisan itu akan dinikmati oleh pihak asing.

Lantas, kepada siapa sebenarnya investasi unicorn ditujukan? Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Forum Merdeka Barat (FMB) 9 berusaha menjawab persoalan tersebut.

"Kalau ditanya milik siapa, untuk siapa, kita lah," ucap Menkominfo Rudiantara tegas dalam forum tersebut.

Mengenai kekhawatiran tersebut, Rudiantara mengatakan model bisnis startup berbeda dengan perusahaan konvensional.

Menurutnya, saat ini masyarakat Indonesia masih memegang pemikiran bisnis konvensional, jadi jika misalnya ada perusahaan patungan, maka yang menjadi petinggi adalah pemilik modal terbesar. Sedangkan di startup, yang terjadi tidak seperti itu.

Investasi ke Unicorn: Rezeki Pribumi atau Lumbung Asing? Suasana diskusi. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET

"Orang invest ke startup invest-nya terhadap orang. Justru dipersyaratkan founder-nya tidak boleh keluar sampai mungkin saat nanti listed atau apa. Perbedaan yang paling hakiki ada di situ," ujarnya.

"Venture capital biasanya hanya financial investor. Mentok-mentok mereka mengisi posisi sebagaai komisaris. CEO, manajerial, tetap dipegang para pendirinya. Mereka invest karena kepercayaan mereka terhadap sumber daya manusia. Jadi yang mahal itu ya Nadiem, William, Zaky, Ferry, jangan sampai keluar dari unicor-nya," katanya menambahkan.

Lantas, kalau ada investor masuk ke dalam negeri melalui unicorn tadi, apakah itu akan menjadi rezeki bagi pribumi atau lumbung pihak asing? Begini jawaban pria yang kerap disapa Chief RA tersebut.

"Kalau ada investor masuk ke dalam negeri melalui unicorn tadi katanya ini bakar uang. Bakar uangnya buat siapa? Yang menikmati subsidi ya konsumen Indonesia. Yang paling beruntung adalah masyarakat Indonesia karena aplikasi-aplikasinya menyelesaikan masalah di masyarakat," tuturnya.

"Kita juga harus senantiasa alert, senantiasa waspada, tapi jangan sampai membuat kita paranoia," pungkasnya. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2SXByUe
via IFTTT

Kisah Moderator Facebook Stres Lihat Konten Mengerikan

Jakarta - Banyak video atau foto mengerikan diposting di Facebook setiap saat, tapi untunglah ada sistem untuk menyaringnya. Media sosial terbesar itu menggunakan beragam cara, salah satunya dengan menyewa pihak ketiga sebagai moderator situsnya.

Di Amerika Serikat, ada perusahaan bernama Cognizant yang ditugasi Facebook untuk mengawasi konten berbahaya. Para karyawannya pun berkisah bagaimana berat sebenarnya pekerjaan tersebut, terutama secara emosional.

Dikutip detikNET dari The Verge, konten mengerikan sudah menjadi makanan mereka sehari-hari. Misalnya video pembunuhan kejam, pornografi sadis, soal narkoba dan rasisme.

Tentu melihat hal semacam itu amat berdampak secara psikologis, tapi moderator diharapkan oleh perusahaan agar tidak mendiskusikannya pada orang lain. Sehingga mereka kian merasa terisolasi dan cemas berlebihan.

Setiap hari, para karyawan punya waktu istirahat sekitar 45 menit. Untuk meredam stres, mereka kadang bercanda satu sama lain, tapi biasanya dengan humor yang gelap. Bahkan ada yang ketahuan sampai berhubungan intim di kantor.

"Kesehatan mentalku naik turun. Satu hari bisa sangat bahagia, hari berikutnya aku menjadi seperti zombie. Tidak sangat depresi memang, tapi merasa terjebak," kata seorang karyawan.

"Kupikir tidaklah mungkin untuk bisa melakukan pekerjaan ini dan tidak terkena stres berat atau PSTD," tambah dia.

Cognizant menyediakan konselor jika karyawan membutuhkan dukungan psikologis, juga komunikasi telepon, yoga, dan terapi lainnya. Seandainya karyawan merasa terlalu tertekan, mereka juga diizinkan meninggalkan meja untuk sementara.

Tapi dukungan itu hanya tersedia selama mereka masih bekerja. Padahal, beberapa mantan karyawan mengaku masih mengalami trauma, jauh setelah mereka berhenti dari sana.

Gaji mereka tidak buruk, tapi dinilai kurang ideal. Di wilayah Phoenix misalnya, mencapai sekitar USD 28.800 per tahun. Jumlah itu jauh dari gaji rata-rata karyawan Facebook yang tembus USD 240 ribu per tahun.

Padahal, jasa mereka sungguh besar. Facebook tetap terjaga sebagai situs yang sehat berkat mereka.

"Jika kami tidak melakukan pekerjaan itu, Facebook akan menjadi sangat buruk. Kami telah melihat semuanya," kata salah seorang moderator.

Jika membuat kesalahan beberapa kali, mereka pun terancam dipecat. "Kami kadang memang melakukan error. Tapi kami semua manusia biasa," tambah dia.

Beberapa moderator mengaku kadang sampai terpengaruh dengan video yang mereka lihat, misalnya konspirasi. Ada yang menjadi penganut Bumi datar sampai tak percaya bahwa insiden 9/11 didalangi teroris.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2TeZulv
via IFTTT

#PersijaDay Semangati Aksi 'Macan Kemayoran' di Piala AFC

Jakarta - Persija Jakarta memulai kiprahnya di Piala AFC 2019 pada Selasa (26/2/2019) sore WIB. Di lini masa, #PersijaDay terus bergaung menyemangati aksi "Macan Kemayoran".

Pada pertandingan pertamanya di Piala AFC 2019, Persija tampil sebagai tuan rumah dengan menjamu klub asal Vietnam, Becamex Binh Duong. Laga dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sampai dengan berakhirnya babak pertama pertandingan tersebut, skor masih tetap 0-0. Tapi dukungan buat Persija terus mengalir dari suporternya, JakMania, baik di stadion maupun lini masa.

Terpantau dari trends24.in Twitter, #PersijaDay terus bergaung dan menjadi salah satu topik populer di wilayah Indonesia. Saat ini tagar itu pun menempati posisi kedua trending topic.


"#PersijaDay Halo Asia, Macan sudah kembali! Football is coming home," tulis seorang netizen, yang ditimpali cuitan serupa dari warganet lain, "TIGER IS BACK!!!".

Ada pula yang menyoroti performa wasit dalam pertandingan Persija vs Becamex. "Wasit oh wasit #PersijaDay," demikian sebuah cuitan.

(krs/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Ezj9o9
via IFTTT

Soal Inovatif, Grab Kalahkan Apple & Alibaba

Jakarta - Berbicara perusahaan yang paling inovatif, Grab bisa membusungkan dada. Sebab, Grab mampu mengalahkan perusahaan sekelas Apple, Alibaba, maupun Mozilla.

Fast Company, sebuah publikasi global yang berbasis di Amerika Serikat merilis laporan terkait perusahaan yang dinilai paling inovatif pada tahun 2019. Topik tersebut sering diungkap oleh Fast Company setiap tahunnya.


Untuk edisi 2019, Meituan Dianping menjadi juaranya. Platform teknologi asal China itu mengambil alih dari Apple yang pada tahun lalu menduduki posisi puncak.
Lalu di urutan kedua ditempati oleh Grab, di mana mereka jadi perusahaan pertama yang berasal dari perusahaan transportasi yang masuk ke dalam daftar. Sebagaimana dikutip dari Mashable, Selasa (26/2/2019) Grab dinilai sebagai aplikasi transaksi super karena kemampuannya membawa jutaan pelanggan melakukan bisnis lewat aplikasinya.

Merambah ke jasa layanan pengiriman makanan dan pemesanan perjalanan bersama dengan layanan keuangan pada tahun 2018 juga jadi indikator Fast Company menempatkan Grab di urutan kedua.

Aksi korporasi dengan mengakusisi unit bisnis Uber di Asia Tenggara pun jadi faktor lain pendukung Grab jadi perusahaan paling inovatif sedunia. Pada tahun ini, Grab dikabarkan akan menambah layanan kesehatan.

Tan Hooi Ling, Co-Founder GrabTan Hooi Ling, Co-Founder Grab Foto: Muhammad Idris/Detikcom

Di 2018, Grab mencatatkan pendapatan USD 1 miliar dan memperoleh lebih dari USD 3 miliar pedanaan dari investor yang akan jadi bekal perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi ke depannya.

Pendiri Grab Tan Hooi Ling merasa rendah hati dengan pengakuan tersebut. Startup yang bermarkas di Singapura ini berjanji akan terus menggunakna teknologi terbaik untuk menyelesaikan tantangan sehari-hari terbesar yang dialami orang-orang di Asia Tenggara.


Sementara itu, Apple yang tahun lalu ada di posisi pertama, pada tahun ini merosot ke urutan 17

Berikut daftar 50 perusahaan inovatif di dunia tahun 2019 berdasarkan penilaian Fast Company:

1. Meituan Dianping
2. Grab
3. NBA
4. The Walt Disney Company
5. Stitch Fix
6. Sweetgreen
7. Apeel Sciences
8. Square
9. Oalty
10. Twitch
11. Target
12. Shopify
13. AnchorFree
14. Peloton
15. Alibaba Group
16. Truepic
17. Apple
18. Unity Technologies
19. Domino's
20. Plaid
21. Universal Music Group
22. Airtable
23. Lineage Logistics
24. Kano
25. Winc
26. Zola
27. LanzaTech
28. JioSaavn
29. Jumio
30. Foundation Medicine
31. Arterys
32. Alnylam Pharmaceuticals
33. Beautycounter
34. Sonder
35. Indigo Ag
36. Nubank
37. Goat
38. Snohetta
39. African Leadership University
40. Fanatics
41. Unmade
42. Modern Fertility
43. Rocket Lab
44. A24
45. Teachers Pay Teachers
46. Ammunition
47. Sesame Workshop
48. Acorns
49. Mozilla
50. Punch Bowl Social (agt/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2T2CI0X
via IFTTT

Serba-serbi Google Drive: Pengertian, Penggunaan, dan Fitur

Jakarta - Sebagian orang mungkin belum ngeh benar dengan Google Drive, padahal layanan dari Google itu saat ini kian lazim dipakai termasuk di WhatsApp.

Google Drive, atau G Drive, merupakan sebuah layanan Google untuk penyimpanan (online) awan dan pencadangan file untuk foto, video, file, dan banyak lagi. Hal itu membuat file yang disimpan di dalamnya dapat diakses dari mana saja.

Nah, salah satu yang menggunakan Google Drive ini adalah layanan messaging WhatsApp, yang melakukannya untuk pencadangan riwayat chat. Saat ini Data WhatsApp di Google Drive bahkan bisa tersimpan sebanyak-banyaknya tanpa batasan.

Untuk mengetahui lebih lanjut soal Google Drive, termasuk fitur-fitur yang dimiliki, berikut ulasannya.

Pengertian Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan dari Google yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan secara online, dengan basis internet (cloud). Layanan ini sengaja dibuat karena tuntutan kondisi saat ini, di mana banyak orang yang membutuhkan untuk mengakses data dimanapun, kapanpun, dengan cara yang mudah. Seringkali beberapa orang mungkin kehilangan alat penyimpanan data nya seperti flashdisk ataupun ponsel. Kini tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengakses data lewat Google Drive ini di manapun dan kapan pun. Aman dan praktis.

Penggunaan Google Drive sendiri sangat mudah. Dengan Google Drive ini anda dapat mengakses data-data anda melalui gadget pribadi, seperti halnya computer, PC, laptop, tablet, ataupun smartphone. Selain itu Google Drive ini dapat diakses di manapun dan kapanpun selama Anda terhubung dengan internet. Selama ada internet, maka Anda bisa mengakses Google Drive.

Adapun deretan fungsi dan fitur Google Drive lain di antaranya adalah :

1. Menyimpan data merupakan salah satu fungsi utama dari Google Drive. Kelebihan ini memang sengaja dibuat oleh Google sebagai salah satu kelebihan yang paling menonjol, yakni para pemuda dapat menyimpan file atau dokumen serta mengakses di mana saja, baik di rumah maupun di kantor. Hal ini dibantu dengan adanya internet karena Google sendiri hanya bisa diakses melalui internet saja. Google Drive bisa diakses melalui drive.google.com yang telah menyediakan ruang sebesar 15 Gigabyte untuk masing-masing penggunanya. Data yang bisa disimpan dalam Google Drive adalah data yang dibuat melalui menu Google Drive itu sendiri maupun data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi lain di luar Google.

2. Selain menyimpan, nyatanya Anda bisa mengedit dan juga membuat dokumen. Dengan menggunakan aplikasi ini Google Drive dikenal sebagai salah satu aplikasi yang fleksibel dan juga mudah untuk dioperasikan ataupun digunakan. Google Drive memungkinkan pengguna untuk membuat lembar kerja ataupun di spreadsheet baru, serta mengedit data yang sudah ada di dalam Google Drive tersebut. Sehingga jika anda menyimpan sebuah file atau dokumen penting dan ingin mengeditnya saat itu juga, maka anda bisa membukanya langsung di Google Drive. Tanpa perlu mendownload terlebih dahulu atau mengekstraknya ke Microsoft Office. Hal ini Tentu saja sangat mempermudah dan juga mempersingkat waktu penggunaan.

Manfaat menggunakan Google Drive

Berbicara soal manfaat sendiri, tentu saja kita berbicara soal efisiensi dan juga efektivitas. Aplikasi Google Drive ini terkenal sebagai salah satu aplikasi penyimpan data yang sangat mudah digunakan anda tidak perlu repot membawa habis ataupun flash disk, terutama karena adanya potensi alat tersebut hilang atau terkena virus. Selain itu beberapa orang juga merasa bahwa data data penting mereka seringkali tercecer ataupun hilang, terutama data penting lagi ijazah dan lain sebagainya. Anda bisa memfoto atau melakukan scanning pada dokumen tersebut dan menyimpannya selama email Anda aktif. Maka data yang ada di Google Drive itu bisa diakses kapanpun dan dimanapun dengan waktu yang tidak terbatas.

Setelah membahas mengenai pengertian fungsi dan juga manfaat. Berikut ini akan kita bahas mengenai fakta yang ada di balik aplikasi Google Drive, di antaranya adalah:

1. Privasi dan Hak

Fitur pertama terkait hak dan privasi. Di mana kemudahan Google Drive selanjutnya adalah berbagi file. Anda tidak perlu mengirimkan melalui email atau repot-repot mendownload terlebih dahulu, namun anda bisa langsung sharing atau melakukan pembagian file lewat Google Drive secara langsung. Selama anda mengetahui email dari pengguna lainnya. Tidak hanya itu anda juga dapat memberikan hak akses bagi orang lain. Seperti halnya mereka yang ingin melihat isi dari Google drive Anda. Namun jangan khawatir untuk kehilangan data ataupun data diedit, karena anda bisa memberikan izin hanya sebatas view content ataupun bisa mengedit dokumen saja. Cocok untuk Anda yang bekerja secara tim.

2. Translate Otomatis

Jika Anda mendapatkan file yang kurang dimengerti atau berbahasa selain Inggris dan Indonesia, tak perlu khawatir karena Google Drive memiliki fitur penerjemah dokumen. Fitur ini sudah terhubung dengan aplikasi lain yang dimiliki oleh Google, yakni Google Translate. Anda bisa memasukkan file dokumen kemudian membuka file tersebut di perangkat dokumen yang tersedia di Google Drive. Setelah itu klik menu tools kemudian pilih Translate dokumen. Nantinya dokumen tersebut akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang Anda inginkan. Perlu diingat seringkali Google Translate memang tidak sesuai dengan grammar atau bahasa yang sesuai. Tapi setidaknya Anda tidak perlu bekerja ekstra untuk men-translate semua dokumen yang ada.

3. Convert Data

Faktor selanjutnya adalah convert PDF to text, fitur untuk mengubah file dari format PDF menjadi format teks. PDF sendiri layaknya gambar yang sudah terkunci sehingga tidak dapat diedit ataupun di-copy. Namun melalui Google drive Anda bisa mengubah format tersebut menjadi sebuah teks. Caranya sangat mudah, Anda bisa membuka file PDF di Google Drive kemudian download Microsoft Word. Setelah file yang didownload dari format docx, Anda bisa mengedit dengan mudah dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

4. Revision History

Fakta terakhir yang bisa anda lakukan dari Google Drive adalah revision history. Fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah Anda edit. Umumnya beberapa orang mungkin merasa lupa atau membutuhkan tanggal yang tepat, kapan Anda melakukan revisi dalam dokumen tersebut. Selain itu revision history juga dapat melakukan restore dokumen sesuai dengan tanggal modifikasinya.

(krs/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2VnRsnV
via IFTTT

Timnas ke Final Piala AFF U-22, #TimnasU22 Bergema

Jakarta - Keberhasilan timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF U-22 2019 ikut diiringi oleh bergemanya tagar #TimnasU22 di jajaran trending topic Twitter saat ini.

Gol semata wayang dari Muhammad Luthfi Kamal di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019) sore WIB, memastikan timnas Indonesia menang 1-0 atas Vietnam sekaligus melaju ke final Piala AFF U-22.

Hasil tersebut memastikan Indonesia akan tampil di partai puncak yang dilangsungkan di tempat yang sama pada hari Selasa (26/2) mendatang. Skuat Merah Putih akan menghadapi pemenang partai semifinal lain, Kamboja vs Thailand.

Keberhasilan Indonesia maju ke final Piala AFF U-22 ini tak lepas dari gegap-gempita barisan suporter Merah Putih yang setia menggelorakan #TimnasU22.

Seiring dengan keberhasilan tiket final didapatkan, tagar #TimnasU22 pun masuk ke jajaran trending topic Twitter wilayah Indonesia sebagaimana terpantau dari trends24.in. Bersamanya, ada pula tagar terkait seperti #AFFU22 dan #TimnasDay.

"LOLOS KE FINAL!!!!!" ujar seorang netizen.

"Final here we come, #AFFU22 #TimnasDay #TimnasU22," timpal netizen lain.

Netizen lain berharap agar hasil positif di semifinal akan bisa berlanjut di partai puncak nanti. "Garuda Muda Menuju FINAL. Luar biasa Guys, Selangkah Lagi.... Pertahankan Team Works #TimnasDay #TimnasIndonesia."

(krs/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2EtGtDF
via IFTTT

Mengenal Google Maps: Pengertian, Fungsi, dan 8 Faktanya

Jakarta - Google merupakan perusahaan raksasa yang bergerak di bidang teknologi dan juga sejenisnya. Salah satu yang dibuatnya aplikasi Google Maps.

Di zaman now, pengguna Google Maps niscaya kian lazim ditemukan. Secara khusus dengan berkembangnya penggunaan layanan transportasi online. Nah, artikel berikut akan mengulas mengenai fakta-fakta unik di balik Google Maps ini.

Pengertian Google Maps

Dengan berbentuk layanan peta yang terkenal akan kekuatannya, Google Maps akan menampilkan gambar lokasi jalanan dan tingkat kemacetan lalu lintas yang ada di seluruh dunia. Bahkan Google Maps sendiri menyediakan bentuk ataupun rupa dari planet sehingga bumi dan juga detail di yang ada di dalamnya. Google Maps dapat diakses di berbagai tempat mulai dari komputer tablet ataupun handphone, selama internet ataupun jaringan anda berjalan dengan baik dan juga lancar. Untuk menggunakan Google Maps secara maksimal, dibutuhkan pula koneksi jaringan internet yang setidaknya berjalan lancar. Koneksi yang tersendat potensial membuat Google Maps error.

Fakta Google Maps

1. Data Google Maps

Fakta unik yang pertama dari Google Maps adalah data ataupun dokumen yang dimiliki oleh aplikasi tersebut. Berdasarkan gabungan dari data satelit air yang ada juga street-level. Google Maps memiliki lebih dari 20 petabyte data yang setara dengan 21 juta Gigabyte ataupun 20.500 terabyte. Di mana data ini bukan hal yang main-main untuk sebuah aplikasi ataupun server. Sehingga Google Maps dengan bobot yang cukup besar mampu menyimpan sangat banyak data dan juga penampang sebuah daerah dengan mendetail.

2. Area Pribadi

Selanjutnya adalah mengenai area pribadi. Bagaimana dengan area pribadi yang terlihat di area Google? Para pemilik satelit dapat menyamarkan beberapa area pribadi sebelum gambar dari satelit tersebut diterima oleh Google. Pemerintah juga dapat memberikan petisi kepada para pemilik satelit untuk menyamarkan area geografis yang dianggap Sensitif, atau tidak boleh dilihat oleh masyarakat umum. Mengingat Google Maps sendiri dapat diakses oleh siapapun dan juga kapanpun. Umumnya beberapa daerah ataupun negara yang memiliki area tidak terbuka dan juga tidak boleh diekspos. Beberapa negara juga memiliki perjanjian dengan Google dan juga pengajuan. Sehingga nantinya Google akan menyamarkan area tersebut atau tidak memperlihatkan secara jelas. Umumnya Google hanya menampilkan sebuah areal ataupun bidang tanah yang terlihat samar atau terlihat dari kamera kejauhan.

3. Bisa Ke dalam Bangunan

Jika berbicara soal fakta unik selanjutnya, ada beberapa negara yang memberikan akses ke dalam Museum dan juga bangunan yang ada di streetview. Namun hanya beberapa negara saja yang telah bekerja sama dengan Google, untuk mendukung perkembangan teknologi mereka. Di sisi lain beberapa pemilik bisnis juga meminta Google untuk dapat memberikan akses kepada gedung tempat usaha mereka, agar banyak publik yang melihatnya.

Hal ini sebenarnya masuk ke dalam salah satu bagian promosi yang dapat dilakukan secara online. Google telah bekerjasama dengan ribuan pemilik bisnis yang ada di 8 negara, agar dapat membawa teknologi streetview ke dalam bangunan mereka. Saat ini sudah ada Amerika Serikat, Inggris, Australia, Selandia Baru, irlandia, Belanda, Kanada, dan juga Prancis, yang menjadi negara yang bekerja sama dengan Google. Selain itu para pengguna juga dapat melihat lihat beberapa bagian yang ada di dalam gedung putih di Amerika Serikat.

4. Kualitas Kamera

Anda tentu bertanya-tanya setelah melihat Google Maps yang sangat detail dan juga akurat; kamera apa yang digunakan oleh para pekerja Google? Meski masih dalam tahap eksperimen, Google ternyata memakai sistem kamera yang memiliki 15 lensa dan dapat menghasilkan foto dengan resolusi sebesar 65 megapiksel. Di mana lensa ini akan diletakkan di atas mobil bersama dengan mesin GPS, sehingga kamera akan menangkap area-area yang sangat akurat sesuai dengan titik koordinat ataupun GPS. Kamera ini sendiri memang jarang terlihat kecuali digunakan oleh para karyawan Google ketika mengambil data.

5. Akses area sempit

Lantas bagaimana tim Google Maps akan mengambil area streetview? Jika jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh mobil ataupun jalan yang sangat sempit selain Mobil SUV, Google juga menggunakan sepeda roda tiga ataupun troli khusus, bahkan pada kondisi tertentu termasuk juga mobil salju. Sepeda roda tiga yang digunakan untuk mengambil gambar taman kampus, Stadion, dan juga daerah yang tidak dapat dijangkau oleh mobil serta memiliki area seperti tangga. Troli digunakan untuk mengambil gambar di dalam gedung, dan mobil salju digunakan untuk mengambil gambar di area yang Medan penuh salju, khususnya di area kutub.

6. Penyamaran Wajah

Fakta unik selanjutnya adalah menyamarkan setiap wajah seseorang yang tampak di streetview. Apakah benar? Mungkin seringkali anda melihat Google Maps dan juga melihat beberapa orang yang memiliki wajah yang sangat jelas namun sebagian lagi tidak. Hal ini dikarenakan Google memakai teknologi otomatis yang dapat menyamarkan wajah orang-orang yang muncul di streetview. Para pengguna juga bisa meminta penyamaran lebih detail. Jika wajah orang tersebut dirasa masih tampak jelas. Namun hal ini seringkali tidak dipermasalahkan oleh masyarakat selama orang-orang tersebut hanyalah masyarakat sekitar yang sedang berjalan kaki ataupun melakukan kegiatan sehari-hari.

7. Perekaman kamera

Juru bicara Google mengaku terkadang mereka mendapatkan laporan gambar tidak layak dari para pengguna Google Maps, terutama di area streetview. Hal ini tentu saja yang berkaitan dengan area-area yang sangat akurat. Namun masalahnya camera merekam ketika banyak kejadian-kejadian yang seharusnya tidak dilihat ataupun dirasa kurang sesuai. Google yang secara rutin memantau laporan penggunaan akan segera menangani keluhan tersebut. Sehingga ketika anda melihat Google Maps dan dirasa terdapat sebuah area atau kejadian yang tidak baik untuk dilihat secara umum ada bisa melaporkan langsung ke tim Google.

8. Pembaharuan Data

Faktor yang terakhir adalah seberapa sering gambar Google Maps, diperbaharui bergantung dari ketersediaan data gambar airnya dan satelit diperbaharui setiap dua minggu. Sedangkan gambar street view dapat diupdate secepatnya. Meskipun tidak ada waktu pasti karena tergantung dari kondisi cuaca dan juga lalu lintas. Umumnya review sendiri memiliki gambar yang hampir sama setiap 2 minggu namun untuk siswa yang memiliki kualitas ataupun cuaca yang baik maka Google akan memperbaruinya setiap 1 minggu sekali.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2tys3Ml
via IFTTT

#HariDilan Jadi Bahasan Terpanas Netizen

Jakarta - Gala Premiere film Dilan 1991 digelar hari ini di Bandung. Selain warga Bandung yang menyambut antusias, keriuhan juga terjadi di media sosial.

Tagar #HariDilan terpantau memuncaki daftar trending topic Twitter untuk wilayah Indonesia. Komentar netizen pun bermunculan, menyambut pemutaran film yang seri pertamanya, Dilan 1990, fenomenal itu.

"Dulu kamu ajakin nonton dilan 90, gajadi. Skrg udh ada dilan 91. Hayu atuh jadii #HariDilan," tulis seorang netizen. "Film hollywood pun kalah bersaing dengan Dilan1991," tulis yang lain.

"Kalau hari ini Hari Dilan. Terus Kapan hari jadian kita? #HariDilan," tulis pengguna Twitter yang lain.

Banyak juga cuitan yang seperti membocorkan garis besar jalan ceritanya. Maklum saja, Dilan bermula dari serial novel yang ditulis Pidi Baiq, sehingga banyak yang sudah tahu bagaimana akhir kisahnya.

Di dunia nyata, pemain film 'Dilan 1991' baru saja disambut antusias oleh warga Bandung. Baik Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, dan beberapa pemain lainnya mendatangi beberapa tempat di kota Bandung.

Teriak histeris para penggemar 'Dilan 1991' terdengar saat Iqbaal Ramadhan menyapa para penggemar.

"Hari ini kita rangkaian tur hari Dilan dan baru saja meresmikan Sudut Film Dilan di akhir tahun kurang lebih selesai. Dan semoga nggak sabar untuk nonton 'Dilan 1991'. Terima kasih untuk animonya dan sudah bisa disaksikan mulai tanggal 28 Februari 2019. Dan yang dapat tiketnya nanti kita ketemu untuk nonton Dilan," ujar Iqbaal saat ditemui di Gedung Sate, Citarum, Bandung, Minggu (24/2/2019).

(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Ed7VUG
via IFTTT

#HariDilan Jadi Bahasan Terpanas di Media Sosial

Jakarta - Gala Premiere film Dilan 1991 digelar hari ini di Bandung. Selain warga Bandung yang menyambut antusias, keriuhan juga terjadi di media sosial.

Tagar #HariDilan terpantau memuncaki daftar trending topic Twitter untuk wilayah Indonesia. Komentar netizen pun bermunculan, menyambut pemutaran film yang seri pertamanya, Dilan 1990, fenomenal itu.

"Dulu kamu ajakin nonton dilan 90, gajadi. Skrg udh ada dilan 91. Hayu atuh jadii #HariDilan," tulis seorang netizen. "Film hollywood pun kalah bersaing dengan Dilan1991," tulis yang lain.

"Kalau hari ini Hari Dilan. Terus Kapan hari jadian kita? #HariDila," tulis pengguna Twitter yang lain.

Banyak juga cuitan yang seperti membocorkan jalan ceritanya. Maklum saja, Dilan bermula dari serial novel yang ditulis Pidi Baiq, sehingga banyak yang sudah tahu bagaimana akhir kisanya.

Di dunia nyata, pemain film 'Dilan 1991' disambut antusias oleh warga Bandung. Baik Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla, dan beberapa pemain lainnya mendatangi beberapa tempat di kota Bandung.

Teriak histeris para penggemar 'Dilan 1991' terdengar saat Iqbaal Ramadhan menyapa para penggemar.

"Hari ini kita rangkaian tur hari Dilan dan baru saja meresmikan Sudut Film Dilan di akhir tahun kurang lebih selesai. Dan semoga nggak sabar untuk nonton 'Dilan 1991'. Terima kasih untuk animonya dan sudah bisa disaksikan mulai tanggal 28 Februari 2019. Dan yang dapat tiketnya nanti kita ketemu untuk nonton Dilan," ujar Iqbaal saat ditemui di Gedung Sate, Citarum, Bandung, Minggu (24/2/2019).

(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2ViGyjb
via IFTTT

2018, Tahun Kebangkitan KPop di Twitter

Jakarta - Terdapat 5,3 miliar tweet yang berkaitan dengan K-Pop selama tahun 2018. Hal itu membuat topik tersebut jadi rekor terbaru yang terjadi di Twitter.

Dalam pernyataannya, Twitter mengatakan bahwa fenomena tersebut menandakan kalau platform mereka jadi tempat terbaik untuk mengetahui apa yang terjadi dan apa yang dibicarakan penggemar K-Pop di seluruh dunia.


Sebagai bukti pada bulan November, boyband EXO pun mendapat perhatian besar dengan menghasilkan lebih dari 24 juta tweet melalui #EXO_Tempo, sebagai antisipiasi untuk album comeback mereka, "Dont't Mess Up My Tempo".
Lalu saat GOT7 mengumumkan bahwa penggemar mereka dapat melihat serangkaian video produksi di balik layar album studio ketiga mereka, Present: YOU, lewat Twitter dengan tagar #Lullaby, hasilnya ada 2,4 juta Tweet terkait selama kampanye 10 hari pada Oktober 2018.

Pada laporan ini juga Twitter mengungkapkan negara-negara mana saja yang menyumbang keramaian atau sering mencuit tentang K-Pop sepanjang tahun lalu, salah satu di antaranya berasal dari Indonesia. Sayangnya, tak disebutkan berapa jumlah tweet per negaranya.

Selain Indonesia, negara yang paling banyak men-tweet, di antaranya Amerika Serikat, Kanada, Argentina, Brasil, Chile, Meksiko dan Peru. Di Eropa ada Prancis, Turki serta Inggris. Sementara di Asia Pasifik ada India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

2018, Tahun Kebangkitan KPop di TwitterFoto: Twitter

Untuk mengakomodasi para penggemar K-Pop, Twitter berkolaborasi dengan 34 band K-Pop dan lebih dari 200 artis untuk membuat konten secara eksklusif yang tersedia di platform.

Twitter menyebutkan bahwa BTS menjadi akun yang paling banyak di-tweet di seluruh penjuru dunia. Sementara itu,kicauan yang menampilkan anggota BTS J-Hope yang berpartisipasi dalam #InMyFeelingsChallenge adalah Tweet Paling Disukai di seluruh dunia tahun lalu dengan 1,8 juta Suka.


Melalui berbagai keterlibatan seperti sesi tanya jawab langsung melalui #TwitterBlueroom, emoji menyenangkan yang dibuat untuk comeback album, dan bahkan pemungutan suara khusus di platform, Twitter telah memperkuat posisinya sebagai platform percakapan teratas untuk komunitas KPop global. Secara khusus, siaran #TwitterBlueroom telah ditonton lebih dari 10 juta kali pada tahun 2018. (agt/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2BP3SOa
via IFTTT

Soal Hoax Tanggal Nyoblos Pemilu 2019, Motifnya Apa?

Jakarta - Ada prediksi mengenai potensi tersebarnya hoax tanggal pencoblosan Pemilu 2019, dengan misinformasi diklaim sudah terjadi di sebuah wilayah Indonesia. Apa motif hoax itu?

Prediksi dan klaim tersebut dilontarkan oleh Noudhy Valdryno dari Politics and Government Outreach Associate Manager Facebook Indonesia dalam acara Gathering "Positif Bermedia Sosial" di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

"Jadi, bapak ibu akan melihat nanti pemilu tanggal 12 April, 13 April. Memang ada pemilu tanggal segitu, tapi itu di luar negeri. Tolong sosialisasikan kepada yang lain, pastikan mereka tahu kalau tanggal pemilihan itu 17 April," tuturnya.

Berdasarkan informasi yang diterima Noudhy, ada salah satu provinsi di Indonesia yang salah menerima informasi bahwa tanggal pemilu berlangsung pada 14 April 2019.

Noudhy menduga, oknum penyebar hoax tanggal pencoblosan ini berpikiran bahwa jika partisipasi pemilihan turun maka potensi mereka untuk menang jauh lebih besar. "Makanya, mereka sebarkan informasi pilihan yang salah."

Jika ada masyarakat yang tertipu hoax itu dan datang ke TPS di tanggal yang salah, sebelum hari-H, maka mereka pun akan kecewa dan bisa saja enggan datang lagi pada saat pencoblosan yang sebenarnya.

"Soal yang safety dan keamanan itu bisa dilaporkan langsung. Tapi, ini tantangan (hoax tanggal pencoblosan) itu unik," sebutnya.

Pada kesempatan ini, imbuh Noudhy, konten-konten negatif macam hoax dan disinformasi perlu ditangani lewat kerja sama banyak pihak termasuk Kementerian Kominfo, Bawaslu, KPU, dan para partai politik.

"Kita latih juga partai politik karena yang bertanggungjawab bukan Bawaslu saja, tetapi partai politik juga," pungkasnya.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2SfVbSp
via IFTTT

Awas Hoax Tanggal Pencoblosan Pemilu 2019

Jakarta - Berita bohong (hoax) mesti menjadi perhatian tersendiri saat ini. Apalagi ditengarai sudah ada upaya mengaburkan tanggal pencoblosan Pemilu 2019.

Hal itu dikatakan oleh Noudhy Valdryno dari Politics and Government Outreach Associate Manager Facebook Indonesia. Menurutnya hoax menjadi salah satu tantangan menjelang pemilu.

"Tapi ada satu lagi tantangan yang diprediksikan akan ada oknum-oknum yang membuat misinformasi tanggal pemilihan," ungkap Noudhy dalam acara Gathering "Positif Bermedia Sosial" di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Masyarakat Indonesia akan menggunakan hak suaranya dalam pemilihan umum legislatif (pileg 2019) dan pemilihan umum presiden (pilpres 2019) yang dilakukan serentak pada tanggal 17 April 2019.

Berdasarkan informasi yang diterima Noudhy, ada salah satu provinsi di Indonesia yang salah menerima informasi bahwa tanggal pemilu berlangsung pada 14 April 2019.

"Di social media akan ditemui konten-konten yang sifatnya menyalahkan informasi tersebut. Jadi, bapak ibu akan melihat nanti pemilu tanggal 12 April, 13 April. Memang ada pemilu tanggal segitu, tapi itu di luar negeri," tuturnya.

Pada kesempatan ini Facebook mengimbau kepada masyarakat luas agar lebih jeli dan teliti dalam mengonsumsi informasi, secara khusus mengenai tanggal pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019.

Di sisi lain, Facebook yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp menyebutkan kalau mereka terus bekerjasama dengan pihak terkait dalam menangani konten negatif di internet, mulai dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Perangi Hoax dengan Positif Bermedsos

Acara Gathering "Positif Bermedia Sosial" ini sendiri dilangsungkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dengan para pelaku media sosial di bawah lingkup kementerian/lembaga, serta komunitas, untuk menggalakkan "Positif Bermedia Sosial".

Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida mengatakan pertemuan ini diyakini dapat memberikan peluang bagi masyarakat, khususnya milenial, dalam merefleksikan nilai-nilai revolusi mental dalam bentuk karya yang di-posting di medsos.

"Agenda ini sengaja dibuat untuk menularkan bermedia sosial yang baik kepada lingkungannya, minimal yang terdekat," ujar Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida.

Awas Hoax Tanggal Pencoblosan Pemilu 2019Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Kegiatan ini, kata Nyoman, diharapkan dapat menggugah pemahaman peserta dalam penggunaan medsos ke arah yang lebih positif dan berkomitmen menginformasikan materi "Positif Bermedia Sosial" ke netizen lainnya secara berkelanjutan. Langkah ini juga guna menangkal hoax yang kian meresahkan tersebar di ranah jejaring sosial, mulai dari Facebook, Twitter, hingga ke Instagram.

"Hoax harus kita perangi," tegasnya.

Para peserta gathering ini juga akan diajak menjajal MRT yang sedang memasuki periode uji coba. Mereka diminta untuk membuat konten positif terkait transportasi masa depan ibu kota ini dan mem-postingnya di medsos.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2IE0BqW
via IFTTT

Unicorn Dikhawatirkan Bawa Lari Duit RI, Ini Kata Go-Jek

Jakarta - Pada Debat Pilpres 2019 Jilid II yang digelar beberapa waktu lalu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melontarkan pernyataan soal unicorn yang dikhawatirkan akan membawa kabur uang dalam negeri ke luar negeri.

Saat itu Prabowo menerangkan, teknologi dan internet berkembang dengan pesat. Dirinya pun mendukung perkembangan teknologi. Namun ia mengkhawatirkan saat ini banyak kekayaan dalam negeri yang hanya dikuasai segelintir orang.

"Tetapi hal-hal mendasar, Pak Jokowi, saya lihat, hal-hal mendasar dalam perekonomian Indonesia adalah bahwa terjadi suatu disparitas, suatu segelintir orang, kurang dari 1% menguasai lebih dari setengah kekayaan kita," ujarnya dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Dia juga mengaku khawatir adanya unicorn ini justru membawa lari uang Indonesia ke luar negeri.

"Jadi kalau ada unicorn-unicorn, ada teknologi hebat, saya khawatir ini akan mempercepat nilai tambah dan uang-uang kita lari ke luar negeri, ini saya khawatir. Ya silakan Anda ketawa, tapi ini masalah bangsa. Kekayaan Indonesia tidak tinggal di Indonesia," paparnya dalam acara debat.

Terkait pernyataan yang dilontarkan Prabowo tersebut, salah satu unicorn di Indonesia, Go-Jek, memberikan tanggapannya.

Dijelaskan oleh VP-Head Corporate Communications Go-Jek Kristy Nelwan, sejak awal berdiri Go-Jek hadir untuk membantu masyarakat Indonesia memiliki peluang terhadap akses pendapatan dan kesejahteraan dengan bergabung menjadi bagian dari ekosistemnya. Melalui teknologi yang dimiliki Go-Jek, jutaan masyarakat Indonesia termasuk ratusan ribu pelaku UMKM telah terbantu dan merasakan manfaat positifnya.

"Dengan kepercayaan dari investor lokal maupun global kami bisa bertumbuh menjadi ekosistem yang diperkuat oleh oleh 2 juta mitra driver, serta 400,000 mitra merchant dan service provider," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang dikutip detikINET, Jumat (22/2/2019).

Ia melanjutkan, perusahaan teknologi atau startup skala besar seperti Go-Jek, memang membutuhkan investasi yang signifikan sekaligus investor yang memahami bisnis teknologi untuk mendukung pertumbuhan dan inovasi.


Tak hanya itu, investor juga dibutuhkan agar bisa memberikan transfer pengetahuan mengenai best practices dalam industri digital. Pendekatan ini, sambung Kristy, lumrah dan banyak diadopsi perusahaan teknologi kelas dunia lainnya seperti Facebook, Google dan Alibaba.

"Investasi ini kemudian dibawa masuk ke Indonesia, supaya lebih banyak masyarakat bisa tergabung dalam ekosistem ekonomi digital dan merasakan manfaatnya," paparnya.

"Investasi global menurut kami harus dipandang sebagai sebuah sinyal positif terhadap iklim ekonomi digital Indonesia," lanjutnya.

Kristy juga mengungkap, baru-baru ini Go-Jek mengumumkan fase pertama pendanaan Seri F. Ia memastikan setelah putaran pendanaan Seri F ini, para pendiri dan manajemen Go-Jek akan tetap memiliki kontrol terhadap pengambilan keputusan dan penentuan arah kebijakan perusahaan. Sayangnya ia tak mengungkap besaran nilainya.

Sebagai informasi, Go-Jek merupakan salah satu startup Indonesia yang valuasinya telah mencapai lebih dari USD 1 miliar sehingga disebut unicorn. Selain Go-Jek ada juga Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak.

(prf/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2U1K3KC
via IFTTT

Huawei Bantah Beri Bonus ke Pegawai yang Curi Properti Lawan

Jakarta - Huawei baru saja menjadi subjek investigasi oleh Jaksa Penuntut Federal Amerika Serikat dan FBI tentang pencurian kekayaan intelektual milik operator seluler AS, T-Mobile.

Dalam investigasi tersebut, FBI menemukan email internal yang menyebut bahwa Huawei memberikan bonus dan penghargaan kepada pegawai yang mencuri kekayaan intelektual milik kompetitor. Tapi, pendiri Huawei, Ren Zhengfei membantah dugaan tersebut.


"Pertama-tama, kami memiliki posisi yang sangat jelas," kata Ren dalam wawancara dengan CBS News, seperti dikutip detikINET, Kamis (21/2/2019).

"Kami tidak pernah memberi penghargaan kepada pegawai mana pun atas tindakan yang tidak patut. Kami sebenarnya menghukum mereka," sambungnya.

Ren menekankan bahwa ia tidak pernah mengotorisasi email internal tersebut. Ia juga mengatakan perusahaannya sangat mengargai kekayaan intelektual.

"Tentu saja saya menghukum pegawai karena perilaku tidak patut, karena jika kalian tidak melakukan itu, perusahaan dengan skala ini, bagaimana kita bisa bertahan?" kata Ren.


Selain kasus dengan T-Mobile, Huawei juga baru-baru ini dituduh startup asal AS, Akhan Semiconductor mencuri kekayaan intelektual mereka. Startup ini memproduksi layar tangguh anti gores yang kemudian dipinjam oleh Huawei tapi kemudian dikembalikan dalam keadaan patah.

Huawei pun sempat dua kali digrebek oleh FBI karena tuduhan ini. Pertama lewat operasi rahasia saat gelaran CES 2019, dan selanjutnya tempat uji coba mereka di San Diego, AS juga ikut digrebek. (vim/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2SirNL4
via IFTTT

Disney Tarik Iklan dari YouTube karena Kontroversi Eksploitasi Anak?

Jakarta - Perusahaan raksasa seperti Disney, Nestle, dan Epic Games selaku pengembang game Fortnite, menarik iklan mereka dari YouTube. Hal ini dikarenakan adanya laporan jaringan pedofil yang banyak ditemui di bagian komentar video.

Kontroversi ini pertama kali dilaporkan oleh YouTuber, Matt Watson. Melalui video yang ia unggah di kanalnya, Watson mengatakan bahwa ia menemukan jaringan pedofil yang sering meninggalkan komentar di video anak-anak, terutama anak perempuan.

Bagian komentar di video ini dibanjiri dengan komentar oleh pedofil, di mana mereka saling berbagi kontak dan link untuk pornografi anak. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan timestamp yang menunjukkan anak perempuan dalam posisi yang implisit secara seksual.

Parahnya, jika seseorang tidak sengaja mengklik salah satu video tersebut, algoritma YouTube kemudian akan merekomendasikan video serupa.

Beberapa video ini tayang bersamaan dengan iklan yang dipasang oleh Disney dan Nestle. Disney dan semua anak perusahaan Nestle di AS pun kabarnya telah menarik iklan mereka dari YouTube.

Epic Games juga telah menghentikan sementara iklan di YouTube setelah iklan mereka diputar sebelum salah satu video yang dimaksud.

"Kami telah menghentikan sementara iklan pre-roll," kata juru bicara Epic Games seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (21/2/2019).

"Lewat agensi iklan kami, kami telah menghubungi Google/YouTube untuk menentukan tindakan yang akan mereka ambil untuk menghilangkan konten seperti ini dari layanan mereka," sambungnya.

Dalam keterangan resminya, YouTube menyebut bahwa konten apa pun yang membahayakan anak-anak , termasuk komentar, tidak punya tempat di platform mereka.

"Kami mengambil tindakan langsung dengan menghapus akun dan kanal, melaporkan aktivitas ilegal kepada pihak berwajib dan menonaktifkan komentar yang melanggar," kata juru bicara YouTube.

(vim/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2GSRcZT
via IFTTT

Harus Unggah Konten Tiap Hari, Atta Halilintar Mengaku Jenuh

Jakarta - Mendapatkan 10 juta subscriber seperti Atta Halilintar mungkin merupakan pencapaian yang fenomenal. Tapi, untuk mencapai angka tersebut ia harus bekerja keras untuk bisa mengunggah konten baru setiap hari.

Ia pun mengaku jenuh karena setiap hari harus memikirkan ide dan konsep untuk kontennya. Sampai-sampai ia pernah sakit karena waktunya dihabiskan untuk memikirkan konten.


Tidak hanya jenuh, ia pun sampai merasa tertekan hingga setiap harinya susah tidur.
"Jadi aku tidur misalnya jam 10, jam 9 aku di kasur itu kepala aku benar-benar mikir mulu konten apa," kata Atta di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

"Aku jadinya nulis di kamar, ada ide ini. Sampai jam 1, jam 2 itu aku nggak tidur," sambungnya.

Harus Unggah Konten Tiap Hari, Atta Halilintar Mengaku JenuhFoto: Virgina Maulita Putri/detikinet

Ia juga merasa bahwa ada segelintir orang yang menganggap membuat konten itu mudah. Padahal selain membuat konten, ia selalu mencari inspirasi dari YouTuber luar negeri yang lebih sukses dan terus mengamati konten seperti apa yang sedang trending saat ini.

Tapi, Atta mengaku bahwa walaupun saat ini ia merasa jenuh, ia tetap merasa senang dengan proses membuat konten setiap hari.

"Karena aku melakukan apa yang aku suka, menghasilkan dan itu juga hobi aku dan itu juga jadi alat aku untuk dagang kenapa nggak, mumpung aku masih muda," jelas Atta.


Kewajiban bagi YouTuber untuk selalu mengunggah konten terbaru setiap hari memang merupakan senjata makan tuan. Mereka perlu eksis setiap hari agar tidak kehilangan subscriber, tapi ini juga memiliki dampak negatif terhadap kesehatan mental dan fisik mereka.

Belakangan ini juga muncul fenomena YouTuber yang mengumumkan istirahat dari membuat konten untuk subscriber-nya. Alasannya beragam, mulai dari depresi, kelelahan, gangguan kecemasan, hingga sakit. (vim/vim)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2V9Ke6G
via IFTTT

Tips Atta Halilintar dan Ria Ricis Tembus 10 Juta Subscriber

Jakarta - Atta Halilintar dan Ria Ricis baru saja mendapatkan penghargaan Diamond Award dari YouTube karena berhasil meraih 10 juta subscriber. Keduanya berbagi tips tentang bagaimana cara mendapatkan jutaan subscriber.

Bagi Ricis, yang utama baginya adalah dengan meningkatkan frekuensi mengunggah konten. Ia awalnya mulai dengan mengunggah satu konten dalam sebulan, tapi kini ia mengunggah satu video sehari.

"Karena buat aku kalau misalnya kita makin sering upload, orang akan lebih notice dan lebih ingat dengan konten kita," kata Ricis di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Atta pun setuju dengan strategi Ricis. Tapi ia mengambil contoh ada juga akun yang walaupun telah upload konten setiap hari tapi jumlah subscriber-nya mandek atau malah berkurang.

Menurutnya, saat ini mayoritas pengguna YouTube di Indonesia mencari konten yang menghibur di platform berbagi video tersebut.

Sehingga, penting untuk mempelajari konten seperti apa yang sedang trending dan statistik dari video yang telah diunggah.

"Jadi konten itu penting dari openingnya apa, jalan story-nya apa, apa yang kamu bikin di video itu, apa pesan yang akan dibawa, yang paling penting lagi apa hiburannya," jelas Atta di kesempatan yang sama.

"Itu yang benar-benar kita harus pelajari di YouTube itu algoritmanya, statistik nonton itu semua harus dipelajari," sambungnya.

Tidak hanya itu, ia juga menyebut bahwa membuat konten yang sesuai karakter kreator sebagai salah satu faktor yang dapat membantu meningkatkan jumlah subscriber.

Menurutnya, sebagus apa pun kualitas konten, tapi jika tidak sesuai dengan karakternya maka itu akan sulit untuk menarik subscriber baru.

"Pokoknya pribadi karakter seseorang itu penting banget buat konten. Buat dia berbicara di depan kamera," pungkas Atta. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2T0zSsx
via IFTTT

Atta Halilintar dan Ria Ricis Gaet 'Berlian' dari YouTube

Jakarta - Dua kreator YouTube populer di Indonesia, Atta Halilintar dan Ria Ricis baru saja memecahkan rekor. Keduanya menjadi kreator pertama di Asia Tenggara dan Indonesia yang memiliki 10 juta subscriber dan juga meraih Diamond Award dari YouTube.

Keduanya sudah cukup lama berkecimpung membuat konten untuk kanal YouTube mereka. Atta pertama kali bergabung pada tahun 2014, sedangkan Ricis mulai bergabung pada tahun 2015.

Atta mengaku kalau ia tidak menyangka berhasil mendapatkan penghargaan Diamond atau berlian dari YouTube. Bahkan kini jumlah subscribernya telah mencapai 11 juta.

"Alhamduliah banget kalau aku. Aku aja masih nggak nyangka gitu loh, kemarin aja baru 10 (juta-red). Tiba-tiba seminggu lebih kemudian tiba 11(juta-red)," kata Atta di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Atta mengaku pertama kali menggunakan YouTube untuk mempromosikan barang jualannya. Menurutnya, YouTube merupakan media sosial yang paling cocok untuk berdagang karena tingkat engagement-nya lebih tinggi dari media sosial lain.

Sedangkan Ricis mengatakan awalnya ia lebih sering menggunakan Instagram. Tapi, perlahan-lahan berpindah ke YouTube karena ia jadi lebih bebas berekspresi.

"Ternyata di YouTube itu kita bisa menjadi diri sendiri. Kita bisa bikin dunia sendiri dan ternyata YouTube adalah duniaku yang baru," ujar Ricis di kesempatan yang sama.

Dengan capaian ini, keduanya pun ingin melakukan sesuatu yang positif untuk merayakannya. Ricis akan memberangkatkan lima subscriber-nya untuk umroh, dan Atta mengatakan ingin membangun masjid.

"Soal membangun masjid, itu niat mulia. Dan aku suka juga banyak content creator berlomba-lomba melakukan hal baik," kata Atta.

"Di situ aku melihat kalau kita bikin konten-konten yang bisa meng-influence orang untuk membantu orang lain itu lebih baik," pungkasnya. (vim/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2trTyqI
via IFTTT

Pengguna Internet RI Diprediksi Hanya Tumbuh 4%

Jakarta - Pertumbuhan Pengguna internet Indonesia pada tahun 2018 diprediksi tidak terlalu signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk tahun 2018 diperkirakan hanya tumbuh sampai 4%.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang tiap tahun melaporkan jumlah pengguna internet tengah merampungkan survei tersebut. Diharapkan, survei pengguna internet tahun 2018 dapat dirilis pada akhir Maret 2019.

Ketua APJII, Jamalul Izza, memprediksi bahwa dibandingkan pada tahun 2017, pengguna internet di tahun 2018 hanya tumbuh di sekitar 3-4%. Sebagai informasi, berdasarkan survei tahun 2017, ada 143 juta orang yang terhubung dengan dunia maya di Indonesia.

"Paling naiknya kurang dari 5%, sekitar 3-4% naiknya kalau menurut saya," ujar Jamalul ditemui di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Jamalul mengatakan bahwa penyebaran 4G yang dilakukan operator seluler belum menyentuh semua masyarakat Indonesia. Angka pengguna internet ini juga kebanyakan dari kalangan anak muda, di mana orang tua tak terlalu membutuhkan koneksi internet.

Di 2018, Pengguna Internet RI Diprediksikan Hanya Tumbuh 4%Ketua APJII Jamalul Izza memprediksikan jumlah pengguna intenret Indonesia untuk tahun 2018. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

Namun, Jamalul mengungkapkan, masyarakat Indonesia akan semakin tersentuh dengan internet pada tahun 2019. Sebab, segala infrastruktur telekomunikasi atau tepatnya akses jaringan internet cepat sudah menyebar merata di seluruh Tanah Air.

"Tahun 2019 itu bakal tinggi (pengguna internetnya) karena Palapa Ring, interkoneksi, infrastruktur sudah selesai. Itu bakal membuat pengguna internet lebih tinggi dibandingkan tahun 2018," tuturnya.

Mengenai pemanfaatan internetnya sendiri, Jamalul melihat kalau media sosial menjadi tujuan utama orang untuk mengakses internet. Setelah itu, kebutuhan belanja online alias e-Commerce yang makin ke sini kian dimanfaatkan oleh orang-orang. (agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2NdoKmL
via IFTTT