Sri Lanka Akhirnya Buka Blokir Facebook dan YouTube

Jakarta - Pemerintah Sri Lanka akhirnya mengakhiri pemblokiran situs-situs jejaring media sosial pasca serangan teror bom yang melanda negara di Asia Selatan ini lebih dari sepekan yang lalu.

Pemblokiran itu pertama dilakukan pada hari raya Paskah 21 April lalu, setelah adanya teror bom di Sri Lanka. Beberapa situs yang diblokir antara lain adalah Facebook dan YouTube.

"Meski pemblokiran sudah dihentikan, (warga) diharapkan menggunakan media sosial secara bertanggung jawab karena situasi yang masih berlaku di negara ini," ujar pemerintah Sri Lanka dalam pernyataannya.

Menurut pemerintah Sri Lanka, pemblokiran itu harus dilakukan untuk menghambat penyebaran hoax terkait teror bom di gereja dan hotel tersebut, yang menelan korban jiwa sebanyak 250 orang.

Pemblokiran itu pun sempat menimbulkan pertanyaan karena dianggap tak efektif pada masa darurat seperti itu. Pemblokirannya sendiri berlangsung selama 9 hari sampai akhirnya dibuka.

Pemerintah Sri Lanka sebelumnya pun pernah memblokir Facebook dan WhatsApp selama seminggu untuk menghentikan aksi kerusuhan terhadap kaum muslim minoritas. Kedua platform itu dianggap dipakai untuk menyebar hate speech dan memperburuk keadaan saat itu. (agt/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2WjaJHY
via IFTTT

Suarakan Hak Buruh, Netizen Gemakan #MayDay di Medsos

Jakarta - Tepat di 1 Mei, buruh sedunia merayakan May Day. Tak hanya ramai turun aksi ke jalan, suasana 'riuh' juga terjadi di lini masa media sosial (medsos).

Hastag atau tanda pagar #MayDay di Twitter jadi trending topic di Indonesia, begitu pun tren di seluruh dunia, seperti pantauan detikINET pada pukul 09.35 WIB ini. Tagar #MayDay juga menandakan tengah jadi perbincangan para netizen.

Selain #MayDay, adapun netizen menyertakan tagar #hariburuhinternasional yang juga merangsek ke jajaran trending topic di Indonesia.

May Day jadi momen buruh dalam menyampaikan hak-hak mereka, mulai dari upah layak, mencabut aturan pekerja kontrak, menolak sistem outsourcing dan memintanya segera dihapus.

Di Indonesia sendiri, selain dilakukan di kota masing-masing. Konsentrasi aksi buruh juga berlangsung di delapan lokasi di Jabodetabek, yaitu Tennis Indoor Senayan GBK, Stadion Rawabadak, Sport Club Kelapa Gading, Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang, Centralpark Meikarta Bekasi, Alun-alun Bekasi kota, Ocean Park Serpong Tangerang Selatan, dan Gedung Galaxy Cisalak Depok.

(agt/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GU2e0L
via IFTTT

Perlu Tahu! Studi Ini Menyebut WiFi Bisa Bunuh Sperma

Jakarta - Sinyal WiFi yang lazim digunakan pada zaman now rupanya juga memiliki efek berbahaya, tepatnya dapat membuat sperma mati. Setidaknya begitu menurut sebuah penelitian.

Menurut sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa gelombang elektromagnetik dari perangkat WiFi berkontribusi terhadap penurunan tingkat kesuburan di negara maju. Studi ini juga diyakini merupakan pertama kali menguji dampak WiFi terhadap sperma manusia.

Berdasarkan pengujian dari 51 orang pria yang turut terlibat dalam penelitian ini, mereka dilibatkan dalam In Vitro Fertilization (IVF) atau prosedur inseminasi buatan.

Responden tersebut dibagi ke dalam tiga kelompok untuk melihat kondisi sperma terkait sinyal WiFi ini. Untuk kelompok satu, sampel spermanya tidak terkena gelombang elektromagnetik dari router WiFi. Kelompok kedua dilindungi oleh perisai WiFi kecil. Dan terakhir, kelompok yang terkena gelombang elektromagnetik.

Kumiko Nakata, orang yang memfokuskan penelitiannya pada embriologi dan spermatologi mengatakan sampel sperma dari responden di atas dengan ditempatkan dekat router WiFi saku, mirip dengan bagaimana ponsel dibawa dalam celana saku pria.

Setelah 60 menit pertama, tingkat motilitas sperma ketiga kelompok tersebut tidak ada perubahan alias masih sama. Kondisi berbeda saat memasuki masa waktu dua jam. Disebutkan, tingkat motilitas kelompok yang tidak terpapar 53,3%, kelompok perisai adalah 44,9%, dan kelompok terpapar 26,4%.

Lebih lama lagi, lebih dari 24 jam, tingkat sperma inti dari kelompok yang tidak terpapar 8,4%, kelompok yang didukung perisai 18,2%, dan kelompok yang terpapar mencapai 23,3%.

Berdasarkan studi itu, Nakata menilai memperoleh fakta gelombang elektromagnetik bisa membunuh sperma manusia dan perangkat WiFi merupakan faktor yang berkontribusi terhadap penurunan kesuburan.

"(Studi) menunjukkan gelombang elektromagnetik dari router WiFi portable mengurangi laju gerak dan meningkatkan tingkat kematian sperma manusia," ungkap Nakata dikutip dari NZ Herald, Rabu (1/5/2019).

Baru-baru ini, penurunan kesuburan di negara maju telah menjadi masalah besar. Gelombang elektromagnetik dikatakan aman, tetapi gelombang tersebut dari perangkat WiFi kemungkinan jadi faktor lain yang turut terhadap tren penurunan kesuburan.

"Studi kami menunjukkan bahwa dalam waktu yang relatif singkat, pelindung WiFi dapat menawarkan perlindungan dari efek berbahaya gelombang elektromagnetik. Namun, ada banyak bukti bahwa efek gelombang elektromagnetik pada sperma mungkin memiliki efek signifikan pada reproduksi manusia," tambahnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan infertilitas pada pria dan wanita akan menjadi kondisi paling serius ketiga setelah kanker dan penyakit kardiovaskular pada abad ke-21. Di kawasan Asia Pasifik yang dihuni oleh empat miliar orang, mewakili 605 persen populasi global, sangat besar terjadi di sini.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2IPYBuN
via IFTTT

Adopsi & Antusiasme AI di Indonesia Besar, Saatnya Diatur UU?

Jakarta - Penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di Indonesia untuk berbagai sektor industri mulai meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Di beberapa negara lain, penerapan AI dalam skala besar turut diwarnai dengan diskusi mengenai etika dan potensi penyalahgunaan. Bahkan negara seperti China dan Uni Eropa sudah menyusun undang-undang yang khusus mengatur tentang AI.

Sehubungan dengan itu, menurut Head of Nvidia-Binus AI R&D Center Bens Pardamean, pemerintah Indonesia pun semestinya menyusun pula kebijakan serupa untuk mengatur penggunaan AI di Indonesia.

"Itu salah satu yang harus dipikirkan oleh pemerintah. Artinya bagaimana supaya sama dengan UU ITE atau UU tentang fintech," kata Bens di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Apalagi belakangan ini sudah semakin banyak pemain dari berbagai industri yang terlibat dalam pengembangan dan penerapan AI. Bahkan startup lokal pun banyak yang mengembangkan sistem dan solusi berbasis AI.

Salah satu startup tersebut adalah Nodeflux yang mengembangkan teknologi Vision AI. Co-founder dan CTO Nodeflux, Faris Rahman, pun mengatakan saat ini antusiasme industri di Indonesia terhadap penggunaan AI terhitung tinggi.

"Ada report yang mengatakan di Forrester Consulting bahwa di Southeast Asia, itu adopsi AI cukup tinggi dan nomor satu itu Indonesia. Even compared antara China sama Singapura," kata Faris dalam kesempatan yang sama.

"Kita melihat adopsi AI akan cukup banyak dan antusiasmenya di Indonesia cukup banyak," pungkasnya.

(vim/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GTeRZE
via IFTTT

AI Digunakan untuk Tangani Banjir Jakarta

Jakarta - Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) memiliki banyak cabang dan kegunaan. Salah satunya adalah AI visual yang dikembangkan oleh startup lokal Nodeflux.

Karena sifatnya visual, AI ini dilatih menggunakan kumpulan data berupa gambar dan video untuk menghasilkan analisis.

Penggunaan AI oleh Nodeflux pun bermacam-macam, seperti program pengenalan wajah, pengenalan plat kendaraan, dan pengawasan tinggi muka air.

Beberapa program ini juga diterapkan pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat program smart city yang telah menggandeng Nodeflux untuk berkolaborasi. Bahkan program pengawasan permukaan air juga digunakan untuk menangani banjir di ibukota.

"Salah satu hal menarik yang diimplementasikan Nodeflux dan berani ditantang sama kita itu, walaupun nggak lazim juga untuk AI, Nodeflux berani coba analisis tinggi muka air di Manggarai," kata Kasatpel Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Jakarta Smart City, Octo Alexandro Siahaan di Jakarta, Selasa (30/4/2019)

Pria yang biasa disapa Alex ini mengakui bahwa banjir masih sering menimpa ibukota. Tapi ia mengatakan bahwa beberapa tahun ini titik banjir telah berkurang berkat informasi yang didapatkan dari teknologi milik Nodeflux.

Ketika sistem AI milik Nodeflux mendeteksi tinggi muka air telah melebihi batas, sistem ini langsung memberi tahu petugas terkait. Sehingga banjir bisa langsung ditangani sebelum makin meluas.

Selain untuk memonitor tinggi permukaan air, sistem pengenalan plat kendaraan menggunakan AI juga digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk meningkatkan pendapatan daerah. Caranya dengan mendeteksi kendaraan yang belum membayar pajak lewat kamera pengawas.

"Ini biasanya dideteksinya dari razia, harus ada polisinya di sana. Lewat CCTV di mana, dengan license plate recognition, mereka tangkap semua license plate yang lewat tinggal kita bandingkan data pelanggar pajaknya, langsung ketahuan pelanggarnya," jelas Alex.

Co-founder dan CTO Nodeflux, Faris Rahman pun mengaku banyaknya masalah yang dihadapi oleh Indonesia, khususnya Jakarta, merupakan berkah bagi perusahaannya. Karena masalah-masalah ini justru mendorong Nodeflux untuk terus berinovasi dan mengenalkan teknologi baru yang bisa membantu masyarakat.

"It's a blessing kita tinggal di Indonesia yang banyak masalah. It's a playground untuk kita menciptakan solution menggunakan teknologi," ujar Faris dalam kesempatan yang sama. (rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2IP2CQ9
via IFTTT

Tentang Pendiri Minecraft yang 'Ditendang' Microsoft

Jakarta - Markus Persson adalah orang yang ada di balik penciptaan game populer Minecraft. Kini, ia malah tak dibolehkan hadir dalam acara perayaan 10 tahun Minecraft. Apa sebabnya?

Adalah Microsoft yang melarang Persson untuk hadir di acara tersebut, dan Microsoft pun memang sudah memilih untuk menjauhkan sosok Persson dari game populer tersebut. Pasalnya Microsoft tak mau dianggap Persson adalah bagian dari Microsoft atau pun Minecraft.

"Komentar dan opininya tak merefleksikan Microsoft atau Mojang dan bukan perwakilan dari Minecraft," ujar juru bicara Microsoft.

Komentar yang dimaksud dalam pernyataan tersebut adalah bermacam pernyataan yang dilontarkan Persson lewat akun Twitter @notch. Ia dianggap sering melontarkan pernyataan kontroversial tentang berbagai hal, dari bermacam teori konspirasi sampai isu transgender.

Acara perayaan 10 tahun Minecraft itu diselenggarakan oleh Microsoft, karena Microsoft adalah pemilik Minecraft. Persson menjual game tersebut ke Microsoft pada 2014 senilai USD 2,5 miliar, yang membuatnya langsung menjadi seorang miliuner.

Setelah menjual game tersebut ke Microsoft, Persson benar-benar putus hubungan dari Minecraft, termasuk pengembangan lebih lanjut dari game tersebut, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Selasa (30/4/2019).

(asj/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2VELBy7
via IFTTT

Demam Avengers: Endgame, Jika Tony Stark Jadi Driver Grab

Jakarta - Film Avengers: Endgame sukses membuat banyak orang penasaran dengan kelanjutan kisah pahlawan superhero Marvel melawan musuh terkuatnya, Thanos. Di negeri asalnya, Amerika Serikat, film ini memperoleh US$157,5 juta pada penayangan perdananya pada 26 April kemarin dan diperkirakan menyentuh US$ 349 juta atau Rp 4,9 triliun di akhir pekan.

Salah satu ilustrator kawakan di Tanah Air, Agan Harahap, ikut meramaikan demam film Avengers: Endgame ini. Dalam cuitannya di Twitter, Agan mengunggah video pendek. Di video itu tampak salah satu pemain film Avengers: Endgame yaitu Robert Downey Jr. atau Iron Man sedang mengenakan jaket Grab.

"Setelah menginvestasikan seluruh kekayaannya kepada Dimas Kanjeng yang berujung pada kekecewaan, Mas Toni terpaksa harus berjuang menata kembali kehidupannya dalam bidang transportasi publik," tulis Agan di Twitter-nya, yang dilihat detikINET, Selasa (30/4/2019).

Video berdurasi 4 detik itu hanya menampilkan sosok Tony Stark sedang menggeleng-gelengkan kepalanya sembari tersenyum. Uniknya selain mengenakan jaket Grab, dia juga terlihat memakai peci dan sarung seolah usai melaksanakan salat.


Selain Tony Stark, Agan juga mengunggah gambar GIF. Kali ini yang mendapatkan editan adalah Samuel L. Jackon alias Nick Fury. Ia bersama Rihanna.

Sama seperti Tony Stark, Nick Fury pun diedit ketika sedang mengenakan jaket Grab. Bedanya ia ditemani dengan Rihanna dan sambil memegang helm Grab.


Nah, bagaimana hasil karya Agan Harahap tersebut? Apakah cukup menghibur? (prf/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2PF0E5x
via IFTTT

Netizen Ramaikan #YukUsulIbukotaDimana

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginginkan ibu kota Indonesia dipindah ke luar pulau Jawa. Wacana pemindahan ibu kota ini langsung direspons netizen jadi pembicaraan hangat di lini masa media sosial (medsos).

Seperti dalam pantauan detikINET, Selasa (30/4/2019) hashtag atau tanda pagar (tagar) #YukUsulIbukotaDimana jadi trending topic di Twitter. Ada tanggapan yang serius, ada pula yang kocak dan baper.

Usulan netizen yang serius, banyak yang menyebut daerah Kalimantan cocok untuk jadi ibu kota baru Indonesia karena dinilai aman dari gempa. Topik "Kalimantan" dan "Palangkaraya" pun turut masuk jadi trending topic di Twitter.


Di saat bersamaan, ada pula netizen yang merespons dengan jawaban menggelitik. Bahkan ada juga jawaban yang berkaitan dengan pasangan.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2VEsl3C
via IFTTT

Riset UI: Go-Food Lebih Dipercaya UMKM

Jakarta - Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015, Go-Jek kini menguasai 80% pangsa pasar online food delivery di Indonesia lewat layanan Go-Food. Hal ini juga didukung kuat oleh jumlah pesanan yang tumbuh 7 kali lipat dalam 2 tahun terakhir.

Menurut riset dari Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), keberadaan Go-Food yang mendominasi pasar menunjukkan kepopulerannya baik di kalangan konsumen maupun mitranya. Riset tersebut menyebutkan 92% mitra bergabung bersama Go-Jek karena teknologi Go-Food.

"Brand awareness Go-Food yang telah terbangun dengan baik di mata pelanggan, membuat para UMKM semakin yakin usaha mereka bisa berkembang dengan Go-Food. Tidak hanya itu, aspek teknologi Go-Food yang dinilai lebih superior juga menambah keyakinan dan kepercayaan UMKM terhadap layanan pesan antar-makanan ini," ungkap Wakil Kepala LD FEB UI, Dr. Paksi C.K. Walandouw, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4/2019).


Brand awareness Go-Food yang telah terbangun dengan baik di mata pelanggan, juga membuat para UMKM semakin yakin usaha mereka bisa berkembang dengan Go-Food.

"Tidak hanya itu, aspek teknologi Go-Food yang dinilai lebih superior juga menambah keyakinan dan kepercayaan UMKM terhadap layanan pesan antar-makanan ini," ujar Paksi.

Menurut Paksi, kepercayaan ini tumbuh dari teknologi Go-Food yang dicap unggul oleh mitra merchant. 90% mitra bergabung ke Go-Food karena aplikator tersebut sudah ada lebih lama di Indonesia, lebih terpercaya serta lebih aman dibandingkan kompetitor.

Selain itu, aplikasi penyedia jasa pesan antar ini juga dinilai menguntungkan para mitra, terutama yang skala bisnisnya kecil dan menengah. Tercatat 93% mitra UMKM melaporkan peningkatan volume transaksinya setelah menggunakan aplikasi manajemen merchant Go-Food.

Berdasarkan riset tersebut, Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra Sutjahyo yakin kalau Go-Food tak hanya sukses di Indonesia melainkan juga di Asia Tenggara.

"Melihat kepercayaan mitra dan konsumen dalam memanfaatkan teknologi, kami yakin Go-Food tidak hanya dapat terus memimpin pasar Indonesia, tapi juga memperkuat posisinya di Asia Tenggara," katanya.

Sebagai informasi, hasil dari riset LDUI tersebut dilakukan kepada 1.000 mitra UMKM Go-Food di 9 kota yakni Balikpapan, Bandung, Jabodetabek, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta. Selain itu, hasil riset juga ditemukan bahwa mitra UMKM Go-Food turut berkontribusi sebesar Rp 18 triliun kepada perekonomian Indonesia.

(prf/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2Y21Xi3
via IFTTT

Deretan Hewan yang Pernah Dituduh Mata-mata Asing

Jakarta - Terdapat beberapa jenis hewan yang pernah dituding sebagai mata-mata asing. Ini beberapa kisahnya yang menarik seperti disarikan detikINET.

1. Kucing Pejabat Inggris

Tahun 2009, kucing milik Chancellor Inggris kala itu, George Osborne, mendadak hilang. Tidak ada yang tahu nasibnya sampai Osborne diangkat jadi Chancelloer of Exchequer yang berkantor tepat di samping Perdana Menteri Inggris di Downing Street.

Nah saat itulah, dia menerima kabar Freya telah ditemukan. Keluarga Osborne pun gembira menyambut kepulangannya. Namun ada yang aneh dari tingkah laku Freya. Dia suka berkeliaran ke lokasi paling sensitif di Downing Street.

Deretan Hewan yang Pernah Dituduh Mata-mata AsingFoto: istimewa

Beberapa pihak pun menduga Freya selama menghilang, telah dilatih jadi mata-mata oleh pihak tertentu. "Beberapa dari kami berpikir China melakukannya. Kucing itu bisa berada di mana saja. Maka dia bisa saja jadi alat sadap rahasia pemerintah," ucap seorang sumber kepada Telegraph.

Entah tuduhan itu benar atau tidak, pastinya pada tahun 2014 Freya dipindahkan ke desa untuk diurus sebuah keluarga. Barangkali sebagai langkah pencegahan agar dia tidak jadi mata-mata lagi.

2. Burung Bangkai Israel

Pada tahun 2016, Seekor burung pemakan bangkai ditangkap karena dituding sebagai mata-mata Israel. Burung itu terbang melintasi wilayah perbatasan negara tetangga di Lebanon.

Warga yang menangkapnya di sebuah desa Lebanon curiga lantaran terdapat perangkat pemancar GPS pada ekor unggas tersebut. Lalu, pada kaki burung ada cincin logam berukir dengan tulisan Tel Aviv Univ Israel.

Deretan Hewan yang Pernah Dituduh Mata-mata AsingFoto: istimewa

Tapi ternyata tidak demikian. Otoritas Israel kemudian mengatakan ia adalah burung biasa. Burung dengan rentang sayap selebar 1,9 meter itu rupanya terbang dari Cagar Alam Gamla di Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel dan melintasi wilayah Lebanon.

Pejabat perlindungan satwa Israel mengaku burung tersebut dibawa dari Spanyol dan dilepasliarkan di Cagar Alam Gamla. Universitas Tel Aviv membantu meneliti perilaku burung itu dengan memasang peranti pelacak pada ekornya. Setelah dianggap tak berbahaya, sang burung pun dibebaskan. (fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2J4HDYS
via IFTTT

Kisah Paus dan Lumba-lumba 'Dipekerjakan' Jadi Mata-mata

Jakarta - Binatang juga bisa jadi mata-mata. Rusia, misalnya, diduga getol melatih spesies laut tertentu menjadi alat militer untuk melakukan pemantauan. Seekor paus beluga di Norwegia pun diduga dilatih oleh mereka menjadi 'agen'.

Paus itu amat jinak dan gemar mendekati para nelayan. Ada semacam sabuk di tubuhnya yang mungkin untuk menempatkan kamera mata-mata. Terdapat tulisan 'Equipment of St Petersburg' di sabuk itu. Kemungkinan, sang paus meloloskan diri dari fasilitas militer Rusia.

Tahun 1980-an, Rusia yang masih bernama Uni Soviet, sudah punya program pelatihan lumba-lumba militer. Penglihatan hewan pintar itu yang amat tajam, kemampuan menyelinap serta ingatan bagus membuat mereka efektif mendeteksi senjata di bawah air.

Program tersebut ditutup pada tahun 1990-an. Tapi, laporan stasiun televisi Zvevda milik Departemen Pertahanan Rusia pada tahun 2017 mengungkap bahwa Rusia kembali lagi menggelar aktivitas serupa.

Dikutip detikINET dari Guardian, hewan yang direkrut tak hanya lumba-lumba, tapi juga paus dan anjing laut. Dalam 3 tahun terakhir, presiden Vladimir Putin membuka kembali 3 fasilitas militer Uni Soviet untuk melakukan pelatihan tersebut.

Pelatihan dilakukan oleh Murmansk Sea Biology Research Institute di utara Rusia. Khusus paus beluga, akan dinilai apakah mereka bisa menjaga perbatasan markas Angkatan Laut Rusia, membantu penyelam atau jika perlu membunuh musuh yang masuk ke teritori mereka.

Sedangkan lumba-lumba dan anjing laut dilatih buat membawa perangkat untuk menyelam serta mendeteksi torpedo, ranjau dan amunisi lain yang berada di bawah laut.

Catatan publik pemerintah Rusia antara lain menunjukkan bahwa Kementerian Pertahanan membeli 5 lumba-lumba berusia antara 3 sampai 5 tahun. Harga totalnya 18 ribu poundsterling.

Dalam penelitiannya, Murmansk Sea Biology Research Institute menyimpulkan jika lumba-lumba dan anjing laut jauh lebih cocok di iklim Arktik dibandingkan paus beluga. Paus itu dinilai terlalu sensitif terhadap hawa dingin dan tidak memiliki 'profesionalisme tinggi'.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2WdkdV2
via IFTTT

Sstt... di Instagram Ada 'Video Ilegal' Avengers: Endgame

Jakarta - Chris Pratt, pemeran Star Lord di Marvel Cinematic Universe (MCU), membagikan "video ilegal" di akun Instagram-nya. Lokasinya di set film Avengers: Endgame. Apa isinya?

Saat ini film Avengers: Endgame sedang nge-hype banget. Di tengah ingar-bingar tersebut, Pratt rupanya "gatal" posting di Instagram untuk membagikan sebuah video berisikan pemandangan pengambilan gambar di set film.

Buat yang belum nonton filmnya, hati-hati karena "video ilegal" ini bisa jadi memberi bocoran alias spoiler. Jadi benar-benar "ilegal" pula seandainya video itu beredar sebelum film Avengers: Endgame tayang -- mengingat kerahasiaan seputar film tersebut.

Diduga, adegan itu merupakan bagian dari duel terakhir yang menjadi klimaks dalam film Avengers: Endgame. Yang keren, tangkapan video Star Lord ini sarat para jagoan MCU. Sebut saja Dave Bautista dalam balutan Drax, Elizabeth Olsen tanpa wig Scarlet Witch, pemeran pengganti Nebula, Zoe Saldana sebagai Gamora, sampai Tom Holland (Spider-man) dan Robert Downey Jr (Iron Man).

Di akhir video tersebut, Pratt menyorot dirinya sendiri seraya berkelakar dirinya sedang merekam sebuah video "yang sangat ilegal". Chris Evans si Captain America lantas muncul dan menimpali "(video ilegal) banget!".

Seperti apa videonya? Simak langsung di bawah ini:

[Gambas:Instagram]

(krs/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2Lg58Rw
via IFTTT

Apple Music Keok, Spotify Tembus 100 Juta Pelanggan Berbayar

Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 217 juta pelanggan aktif bulanan di secara global, di mana 100 juta di antaranya adalah pelanggan premium alias berbayar.

Perolehan pertumbuhan pelanggan premium ini mencapai 32% dari tahun ke tahun. Sementara itu, secara global, jumlah pelanggan layanan musik streaming asal Swedia ini didukung dua juta pelanggan tambahan dari India yang baru saja diluncurkan pada Februari kemarin.

Berbicara pelanggan premium, dibanding dengan kompetitornya, Apple Music hanya setengahnnya. Terhitung sejak April lalu, pelanggan premium Apple Music hanya 50 juta saja.

Kendati begitu, di pasar Amerika Serikat, Apple Music justru menguasai dengan unggul tipis sebesar 28 juta pelanggan, sedangkan Spotify 26 juta.

Dikutip dari The Verge, Selasa (30/4/2019), penghasilan terbaru Spotify ini semakin menjelaskan target perusahaan dalam mengambil alih layanan podcasting. Perusahaan tersebut bermaksud untuk mengembangkan model iklan yang lebih baik untuk siaran podcast, seperti mencakup soal penargetan, pengukuran, dan kemampuan pelaporan.

Hal itu untuk menunjukkan Spotify mengembangkan agar para produsen podcast dapat menempatkan iklan yang diputar selama mendengarkan yang didukung iklan.

Belum lama ini, perusahaan baru saja mengakuisisi perusahaan podcasting GImlet Media, Anchor, dan Parcast, dengan sekarang menawarkan seperempat juta judul podcast pada platformnya.

Pada akhir kuartal ini, Spotify menyebutkan akan memiliki 222 juta - 228 juta, termasuk di antaranya 107 juta - 110 juta merupakan pelanggan berbayar.

Mirisnya kala pelanggan premium bertambah, Spotify masih merugi sebesar 142 juta Euro atau USD 158,3 juta pada trisemester awal. Kerugian tersebut hampir sama pada tahun lalu yang mencapai 169 juta Euro. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GTFDkM
via IFTTT

Paus Lucu Ini Diduga Mata-mata Rusia

Norwegia - Nelayan di perairan Norwegia terkejut menemukan seekor paus beluga yang tidak biasa. Hewan yang terlihat lucu tersebut diduga sebagai mata-mata Rusia.

Dikutip detikINET dari News.com.au, paus itu disebut sangat jinak dan mendekati para nelayan. Ada semacam sabuk di tubuhnya yang mungkin untuk menempatkan kamera mata-mata. Terdapat tulisan 'Equipment of St Petersburg' di sabuk itu.

Kemungkinan, sang paus meloloskan diri dari fasilitas militer Rusia. Ia beberapa kali mendekati perahu nelayan dan berupaya melepaskan sabuk itu dengan menggesekkan badannya.

"Paus itu datang pada kami dan kami melihat ia punya semacam sabuk. Ia selalu mencari perahu dan orang kemudian mencoba melepaskan sabuk itu," kata Joar Hesten, salah satu nelayan.

Paus Lucu Ini Diduga Mata-mata RusiaFoto: YouTube

Pakar yakin sang paus lolos dari basis Angkatan Laut Rusia di daerah Murmansk, tak jauh dari tempat itu. "Jika paus ini datang dari Rusia dan ada alasan besar kemungkinan itu, pelakunya bukan ilmuwan Rusia tapi Angkatan Laut,' ujar Martin Biuw dari Institute of Marine Research.

Audun Rikardsen, profesor Arctic University, menyatakan sudah menghubungi kolega sesama ilmuwan di Rusia. Mereka mengatakan bukanlah pelakunya."Ini bukanlah metode yang dilakukan ilmuwan," sebutnya.

Teori paus mata-mata itu bukan sembarangan. Presiden Rusia, Vladimir Putin, kabarnya punya pasukan lumba-lumba yang melakukan patroli di perairan.

Negara lain juga melakukannya. Bahkan di tahun 1970, lumba-lumba yang dilatih Ukraina bisa memasang bom di kapal dan menyerang para penyelam dengan senjata yang dipasang di kepalanya. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2vpN2BU
via IFTTT

Tentang Potensi Facebook Jadi 'Dunia Orang Mati'

Jakarta - Suatu saat nanti, jumlah pengguna Facebook yang masih hidup akan terlampaui oleh mereka yang sudah meninggal. Kapan kira-kira hal itu terjadi?

Studi dari Oxford Internet Institute (OII) menyebut Facebook berpotensi jadi 'dunia orang mati' sekitar 50 tahun lagi, mungkin pada 2070. Ada dua skenario dalam penelitian ini.

Asumsi pertama, tidak ada user baru bergabung yang menghasilkan sedikitnya 1,4 miliar anggota bakal meninggal dunia sebelum tahun 2100. User meninggal akan melampaui yang hidup pada tahun 2070.

Asumsi kedua, Facebook terus tumbuh sesuai angka saat ini, 13% per tahun, sampai titik jenuh. Maka, jumlah mereka yang meninggal dunia bisa mencapai 4,9 miliar sebelum akhir abad ini. Itu akan menimbulkan implikasi tentang bagaimana memperlakukan data user yang sudah tiada.

"Statistik itu memunculkan pertanyaan sulit tentang siapa yang punya hak menangani semua datanya, bagaimana memenuhi harapan keluarga dan teman serta penggunaannya jika ingin mempelajari masa lalu," sebut Carl Ohman, pemimpin riset.

Pada akhirnya, semua user akan wafat dan meninggalkan data masing-masing, yang jadi semacam warisan digital. Saat ini jika user berpulang, Facebook akan 'mengabadikan' dan menuliskan kata "Remembering" di atas nama pada profil akun bersangkutan. Itu dapat dilakukan begitu Facebook tahu pemilih akun sudah wafat.

Raksasa jejaring sosial itu mendorong penggunanya untuk menentukan 'ahli waris' yang harus berusia minimal 18 tahun. Hal tersebut lantaran si pewaris bisa mengendalikan akun yang diabadikan oleh Facebook karena ditinggal mati oleh pemiliknya.

Dikutip detikINET dari Mirror, para periset mengundang para ahli sejarah, pakar arsip, ahli etika ataupun arkeolog untuk berpartisipasi menangani volume besar data pengguna media sosial yang sudah dipanggil Tuhan.

"Belum pernah ada dalam sejarah, arsip besar kebiasaan dan kultur manusia terkumpul dalam satu tempat. Mengendalikan arsip ini akan menjadi kendali sejarah kita," ujar David Watson, salah satu peneliti. (fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2ZH0mj8
via IFTTT

Bos Xiaomi Kalah Taruhan Rp 2 Triliun

Jakarta - Mulutmu, harimaumu. Mungkin istilah tersebut cocok untuk menggambarkan apa yang saat ini menimpa Chairman Xiaomi Lei Jun.

Dirinya kemungkinan harus membayar 1 miliar yuan, atau sekitar Rp 2 triliun, akibat sebuah taruhan yang dilakukannya. Tenang, ia tidak sehabis judi bola atau bermain di kasino di Las Vegas.


Taruhan tersebut dilakukannya pada Desember 2013 lalu. Saat itu, dalam sebuah acara yang disiarkan stasiun televisi nasional China, ia sesumbar bahwa pendapatan Xiaomi lima tahun ke depan akan mengalahkan Gree, perusahaan elektronik asal Negeri Tirai Bambu. "Biar seluruh negeri menjadi saksi, jika pendapatan kami mengalahkan Gree dalam lima tahun, Chairwoman Dong (Mingzhu), tolong bayar saya 1 yuan," ujarnya kala itu.

Lei berani mengatakan hal tersebut lantaran dirinya yakin bahwa industri elektronik yang dipengaruhi oleh internet akan memberikan perubahan pada ekonomi. Hal ini memang sesuai dengan model bisnis yang dilakukan oleh Xiaomi.

"Buat taruhannya menjadi 1 miliar (yuan)," kata Dong, yang sampai saat ini masih menjadi chairman sekaligus presiden dari Gree, membalas ucapan Lei, sebagaimana detikINET kutip dari Bloomberg, Senin (29/4/2019).

Sayangnya, keberanian Lei dalam bertaruh tidak sejalan dengan performa Xiaomi. Lalu, berapa sebenarnya pendapatan masing-masing perusahaan tersebut lima tahun setelah ucapan Lei berkumandang itu?

Sepanjang 2018, Gree berhasil mencatatkan pendapatan sebesar 198 miliar (Rp 416 triliun). Angka tersebut sekitar 20 miliar yuan lebih banyak ketimbang Xiaomi.


Sial memang nasib Lei. Pasalnya, jika diperhatikan, ia hanya meminta taruhan sebesar 1 yen. Sedangkan bos Gree yang dengan berani meningkatkan uang taruhan menjadi 1 miliar yen.

Tidak diketahui apakah Lei benar-benar membayar uang dengan nominal sebesar itu kepada Dong. Yang jelas lidah itu tidak bertulang maka berhati-hatilah dengan setiap ucapan.

(mon/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2US02us
via IFTTT

#IndonesiaIbuKotaBaru Hebohkan Netizen

Jakarta - Hari ini Presiden Joko Widodo bersama dengan para menterinya sedang membahas rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota. Rapat ini digelar di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (29/4/2019).

Dalam rapat tersebut dikatakan pemerintah masih tetap konsisten untuk pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa. Mengingat beban Jakarta sebagai ibu kita kerap dinilai sudah terlalu berat.

Hal ini pun sontak membuat ramai dan heboh di media sosial, misalnya saja di linimasa Twitter. Dipantau detikINET, ribuan kalimat bertagar #IndonesiaIbuKotaBaru dicuitkan hingga masuk ke deretan atas trending topik di Indonesia.

Banyak pro kontra, serta cuitan-cuitan lucu dari para netizen ini. Ada juga yang memberikan usul ke pemerintah tentang kota-kota mana saja yang cocok menggantikan Jakarta. Berikut di antaranya.







(jsn/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2ZHHWyO
via IFTTT

Dicari! Pembuat IoT Asli Dalam Negeri

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Asosiasi IoT Indonesia (ASIOTI) menyelenggarakan IoT Makers Creation 2019, pencarian makers lokal di 10 kota, dimulai dari Kota Mataram.

Ismail, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan, industri TIK memiliki banyak elemen.

Dicari! Pembuat IoT Asli Dalam Negeri IoT Makers Creation di Makassar. Foto: dok. ASIOTI
Salah satu yang paling utama adalah elemen infrastruktur, meliputi jaringan hingga perangkat. Elemen lainnya di atas jaringan ada aplikasi, dan diatasnya lagi ada konten.

"IoT merupakan gabungan antara jaringan dengan aplikasi dan mengubah komunikasi tidak lagi melibatkan orang, namun langsung antar perangkat. Semua benda saling terkoneksi melalui internet dan ini mengubah wajah dunia," ujarnya dalam pembukaan IoT Makers Creation di Mataram pekan lalu.

Di Mataram, ada 65 tim mendaftar. Sebanyak 30 tim yang lolos seleksi terdiri dari siswa SMK, mahasiswa, dosen, hingga karyawan.

Dicari! Pembuat IoT Asli Dalam Negeri Foto: dok. ASIOTI

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat, Tri Budi Prayitno menambahkan, pihaknya akan mendukung pendampingan para makers ini hingga menghasilkan solusi yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

IoT Goes to Market diselenggarakan di 10 kota, yaitu: Mataram, Bogor, Jakarta, Medan, Makassar, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Tangerang, dan Bandung.

Setiap kota akan dipilih 25 - 30 tim untuk mengikuti hands on workshop selama satu hari. Pelatihan ini memberikan modul kit IoT lengkap kepada para peserta.

Mereka akan memperoleh pelatihan yang mengedepankan praktik dari pengenalan kompenen perangkat hingga mengkoneksikannya ke jaringan.

Dicari! Pembuat IoT Asli Dalam Negeri Foto: dok. ASIOTI

Adapun jaringan di setiap kota yang digunakan akan menyesuaikan dengan kesediaan jaringan yang telah teregulasi oleh Kominfo, antara lain WiFi dan NB-IoT.

Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi IoT Indonesia mengatakan, IoT Makers Creation menjadi realisasi dari salah satu pilar yang melandasi terbentuknya asosiasi yang awalnya berangkat dari forum ini (Indonesia IoT Forum).

"Kami sangat fokus pada pengembangan sumber daya manusia dan Indonesia memerlukan banyak makers di bidang IoT. Perlu dukungan banyak pihak untuk merealisasikan program ini sehingga dari hands on workshop bisa masuk tahap inkubasi hingga keluar produk yang siap komersial," ujarnya.

Teguh menambahkan, solusi IoT diperlukan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih baik, sehingga menghasilkan solusi yang tepat guna dan bisa langsung diaplikasikan.

Dikatakannya, mencari solusi seperti ini bisa berangkat dari pengalaman hidup di sekitar, tidak perlu susah mencari idenya.

"Di Mataram ini kan habis kena gempa, bisa dibuatkan solusi IoT sensor gempa di setiap gedung atau monitoring kualitas dan ketersediaan air bersih di setiap wilayah pasca gempa," ujarnya.

IoT Makers Creation selanjutnya akan dilaksanakan di Kota Bogor pada tanggal 30 April 2019. Selain itu, segera dibuka pendaftaran untuk IoT Makers Creation di Kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Malang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut ini. (rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2LdCdNS
via IFTTT

Facebook & Instagram Lebih Galak Perangi Produsen 'Like' Palsu

Jakarta - Dalam postingan terbarunya di halaman Newsroom, Facebook mengumumkan bahwa perusahaannya dan Instagram telah mengajukan tuntutan melawan produsen like dan follower palsu.

Bukan rahasia lagi jika follower dan like menjadi 'kebutuhan' para influencer, brand dan selebgram. Di antara mereka, ada yang tidak mau repot dengan mencari cara instant, yakni dengan membeli follower dan like dan menciptakan interaksi palsu.

Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook dan Instagram menyadari kondisi seperti ini tidak sehat. Instagram sebelumnya sudah melawan dengan menuntut perusahaan bernama Like Social dan situs sejenis lainnya yang berada di balik kecurangan tersebut.

"Dengan mengajukan gugatan ini, kami mengirimkan pesan bahwa aktivitas penipuan semacam ini tidak ditoleransi di platform kami. Kami akan bertindak untuk melindungi integritas platform kami," kata Jessica Romero, Director of Platform Enforcement and Litigation Facebook, seperti dikutip dari Newsroom Facebook, Senin (29/4/2019).

Berdasarkan apa yang tertera di berkas gugatan yang diajukan Facebook, raksasa jejaring menyebutkan bahwa para 'produsen' like dan interaksi palsu itu bisa meraup jutaan dolar.

"Gugatan ini adalah langkah berikutnya dari proses kami yang terus berjalan untuk melindungi pengguna kami dan mencegah perilaku tidak otentik terjadi di Facebook dan Instagram," tutup Jessica. (rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2DDlUDI
via IFTTT

Buka-bukaan Mengejutkan Istri Bill Gates

Jakarta - Dalam bukunya yang baru terbit, The Moment Of Lift: How Empowering Women Changes The World, Melinda Gates banyak menceritakan kisah pernikahannya dengan Bill Gates yang sebelumnya belum pernah terungkap.

Melinda antara lain mengisahkan bagaimana pertemuannya dengan Bill Gates, bagaimana dia pernah merasa kesepian dan keputusannya untuk menjadi ibu rumah tangga. Melinda bertemu dengan Bill saat bekerja di Microsoft. Begini sebagian nukilan dari buku itu.

Tentang Pertemuan dengan Bill Gates

"Bill mendirikan perusahaan pada 1975. Aku gabung dengan Microsoft di 1987. Kami bertemu tidak lama kemudian, di sebuah acara perusahaan.

Aku mengunjungi New York untuk Microsoft, dan teman sekamarku memberitahu untuk makan malam. Aku terlambat datang dan semua meja sudah penuh kecuali satu, dengan dua kursi berdampingan. Aku duduk di situ. Beberapa menit kemudian, Bill tiba dan duduk di kursi sebelah.

Kami mengobrol petang itu dan aku merasa dia tertarik, namun kemudian kami sesaat tidak berhubungan lagi. Kemudian, pada suatu Sabtu, kami bertemu di tempat parkir perusahaan.

Dia mengajak berbicara dan meminta kencan dua minggu kemudian. Aku tertawa dan berkata, itu tidak cukup spontan bagiku. Ajaklah lagi lebih dekat dengan waktu kencan dan aku memberi dia nomorku.

Dua jam kemudian, dia menelepon saat aku di rumah dan mengundangku pergi petang itu. "Apakah ini cukup spontan bagimu?" tanya dia.

Kami ternyata punya banyak kesamaan. Kami suka puzzle dan suka berlomba. Jadi kami menggelar kontes puzzle dan memainkan game matematika.

Kupikir dia penasaran ketika aku mengalahkannya di game matematika dan memenangkan permainan pertama board game. Dia lalu mengusulkan agar aku membaca The Great Gasby, novel favoritnya, dan ternyata aku sudah membacanya juga, dua kali.

Mungkin di saat itulah dia tahu dia menemukan jodoh. Jodoh romantisnya, kata dia. Ketika kami bertunangan, seseorang bertanya pada Bill "Bagaimana Melinda membuatmu merasa?" dan dia menjawab "Menakjubkannya, dia membuatku merasa seperti menikah,". "

Halaman selanjutnya: Bill Gates Mau Antar Anak Sekolah (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2Wkq76A
via IFTTT

Notif Android Bisa Dimunculkan di Windows 10, Begini Caranya

Jakarta - Beberapa waktu lalu Microsoft menguji fitur phone screen mirroring antara Windows 10 dengan sejumlah perangkat Android. Kini fitur tersebut sudah bisa dicoba.

Awalnya hanya Samsung Galaxy S8, S8+, S9, dan S9+ yang bisa menikmati fitur ini. Tapi kini daftarnya bertambah panjang dengan OnePlus 6, OnePlus 6T, Galaxy S10e, Galaxy S10, Galaxy S10+, Galaxy Note 8, dan Galaxy Note 9.

Fiturnya sendiri baru tersedia bagi kalangan Windows Insider yang dalam waktu dekat menerima pembaruan build 19H1. Pengguna pun perlu menginstal aplikasi Your Phone Companion di dalam ponselnya.

Pengguna bisa memilih aplikasi mana yang notifikasinya bakan muncul di layar komputernya. Tak sekadar memunculkan notifikasi yang bisa dilakukan, jika pengguna menghapus notifikasi tertentu dari PC, notifikasi itu juga bakal hilang dari ponsel.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjajal fitur ini adalah Android 7 ke atas dengan RAM 1 GB atau lebih besar. Sementara Windows 10-nya minimal harus mempunyai pembaruan build 1803 (RS4) atau lebih baru.

(asj/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2vnI4FM
via IFTTT

Bisa Tebak Ponsel Android yang Muncul di Avengers: Endgame?

Jakarta - Buat yang sudah nonton Avengers: Endgame, ngeh nggak ponsel Android apa yang muncul? Penonton yang jeli menyebut paling tidak ada penampakan 1-2 ponsel Android.

Tanpa berniat memberikan bocoran alias spoiler, ponsel Android pertama yang muncul adalah Google Pixel 3. Paling tidak ada satu kemunculannya dalam sebuah adegan di film teranyar Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut.

Yang muncul dalam adegan tersebut diduga sebagai Google Pixel 3 dengan warna "Not Pink", yang salah satunya terindikasi dari tombol power warna oranye pada perangkat berwarna pink itu.

AndroidHeadlines.com menduga ini merupakan salah satu cara Google mempromosikan Google Pixel 3. Selain Pixel 3 memang punya iklan khusus terkait Avengers: Endgame, waktunya pun pas antara rilis smartphone itu dengan film tersebut.

[Gambas:Youtube]

"Film Avengers: Endgame mulai pengambilan gambar pada 10 Agustus 2017 dan tuntas pada 11 Januari 2018. Pengambilan gambar ulang sejumlah adegan berlangsung 7 September 2018 dan tuntas pada 12 Oktober 2018."

"Google Pixel 3 diumumkan bulan Oktober tahun lalu jadi Google dengan mudah bisa menyertakan ponsel tersebut dalam film ini dan bahkan mungkin unit produksi lain juga sudah siap, tergantung kapan adegan tersebut diambil."

Selain itu, AndroidHeadlines.com menyebut bahwa Samsung Galaxy S8 juga muncul di film Avengers: Endgame. Tapi penampakannya di layar disebut tidak sampai lama alias hanya sekelebat.

Selain itu, ada pula netizen yang menyebut sebuah ponsel mirip Galaxy S7 pun muncul dalam sebuah adegan Avengers: Endgame ketika seorang karakter di film itu sedang menelepon.

(krs/mon)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GOyjHh
via IFTTT

Belum Lahir Saja Sudah Punya 200 Ribuan Follower Instagram

Jakarta - Sudah berapa jumlah follower-mu di Instagram? Ayo bandingkan dengan Baby Luyendyk. Masih di rahim ibunda, alias belum lahir, ia sudah jadi bintang Instagram.

Baby Luyendyk sejatinya dijadwalkan baru akan lahir menyapa dunia pada bulan Juni mendatang. Tapi sejauh ini, saat belum lahir pun, akun Instagram-nya sudah punya 246 ribu follower.

Menurut Daily Mail, akun Instagram Baby Luyendyk ini bahkan telah bernuansa bisnis. Tak ayal ada saja hadiah-hadiah macam celemek dan baby stroller yang ditujukan buat dirinya.

Akun Baby Luyendyk ini sendiri diduga sebagai kreasi dari kedua orang tuanya, yakni Lauren dan Arie Luyendyk. Keduanya berjumpa di reality show populer AS, The Bachelor.

Maka dari itu dalam posting-posting di akun Instagram Baby Luyendyk sejauh ini, yang muncul adalah foto "dirinya" secara tak langsung. Wujudnya adalah baby bump Lauren sang ibunda dan juga foto USG Baby Luyendyk.

Nah, kalau kamu sudah punya follower Instagram berapa?

(krs/mon)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GIDs2l
via IFTTT

Startup Lokal Reblood Masuk Nominasi Google Play Awards 2019

Jakarta - Google telah mengumumkan calon penerima penghargaan Google Play Awards 2019. Dari 45 nominasi yang dipecah jadi sembilan kategori yang diumumkan, terselip aplikasi startup Indonesia Reblood.

Diketahui, Reblood merupakan startup yang yang menyediakan informasi terkait donor darah di sekitar lokasi pengguna. Leonika Sari Njoto Boedioetomo adalah sosok di balik berdirinya Reblood pada 2015.

Reblood akan "bertarung" dengan empat aplikasi lainnya di kategori Best Social Impact. Aplikasi yang dimaksud adalah Bury me, my Love, Plantix, Think! Think!, dan Wisdo.
Startup Lokal Reblood Masuk Nominasi Google Play Awards 2019Foto: Dok. Google

Pemilihan nominasi ini dipilih oleh berbagai tim internal Google dengan kriteria seperti peringkat bintang di Google Play Store, Android vital, hingga memiliki peluncuran atau pembaruan besar sejak April 2018.

Pengumuman pemenang Google Play Awards 2019 ini akan berlangsung pada Senin, 6 Mei, atau tepatnya satu hari sebelum ajang developer tahunan yang digelar oler perusahaan yang bermarkas di Mountain View, AS ini, yakni Google I/O.

Berikut 45 nominasi aplikasi Google Play Awards, seperti dikutip dari Android Developers Blog, Minggu (28/4/2019):

Standout Well-Being App
- Kinedu
- My Oasis
- Shine
- Sleeptown
- Woebot

Best Accessibility Experience
- Envision AI
- guiaderodas accessibility
- Race Together
- TintVision
- WheeLog!

Best Social Impact
- Bury me, my Love
- Plantix
- Reblood
- Think! Think!
- Wisdo

Most Beautiful Game
- Asphalt 9: Legends
- Badland Brawl
- Chuchel
- Gorogoa
- Shadowgun Legends

Best Living Room Experience
- ivi
- Neverthink
- Pluto TV
- Tubi
- Viki

Most Inventive
- Cube Espace: Paradox
- Firewrok
- Scripts
- Tick Tock
- Wysker

Standout Build for Billions Experience
- Canva
- Cookpad
- Garena Free Fire
- PicsArt Photo Studio
- Viki

Best Breakthrough App
- Dave
- Khan Academy
- Notion
- Slowly
- Tasty

Best Breakthrough Game
- Garena Free Fire
- Old School RunScape
- Harry Potter: Hogwarts Mystery
- Marvel Strike Force
- Star Trek Fleet Command

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2XOYCCD
via IFTTT

Putri Bill Gates Dapat Kado Ultah Istimewa dari Pacar Arabnya

Jakarta - Jennifer Gates, putri sulung Bill Gates, baru saja merayakan ulang tahun ke 23 pada 26 April. Ia mendapatkan kado mengesankan dari sang kekasih keturunan Arab, Nayel Nassar.

Memakai kuda andalan bernama Lucifer V, Nassar memenangkan perlombaan Longines Speed Challenge 1.50m Masters One yang baru saja digelar di New York.

Nassar jawara dengan catatan waktu 58,45 detik walau sempat mendapat penalti 2 detik karena kudanya merusak pagar. Posisi runner up mencatat waktu 61,07, memperlihatkan cepatnya kuda Nassar.

Dikutip detikINET dari Horse Canada, Nassar pun mempersembahkan kemenangan itu untuk Jennifer, yang juga sama-sama gila olahraga berkuda.

"Hari ini Jen ultah dan aku mengatakan padanya ingin menang untuk dia, jadi aku sangat senang bisa melakukannya meski ada halangan," sebut pria yang di kancah internasional masih membela Mesir ini.

Di akun Instagram-nya, tampak Jennifer begitu gembira dengan kesuksesan Nassar. Ia memajang foto sedang memeluk Nassar dan memberi ucapan selamat serta terima kasih padanya.

Nasaar memang jelas pria berprestasi sehingga Jennifer jatuh hati padanya. Akhir Maret lalu, ia juga menyabet hadiah USD 350 ribu atas kemenangan di perlombaan berkuda prestisius.

Setelah sebelumnya juara kedua di Grand Prix of Coachella, Nassar memenangkan ajang Million GP di Ocala, Florida.

Jennifer sudah beberapa tahun berpacaran dengan Nassar. Nassar lahir di Chicago pada tahun 1991. Orang tuanya berasal dari Mesir dan pernah tinggal di Kuwait.

Nassar kuliah manajemen dan ekonomi di kampus bergengsi Stanford, yang juga almamater Jennifer. Dia lulus dari sana pada tahun 2013. Mungkin di sana mereka bertemu.

(fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2IZiwql
via IFTTT

Google Assistant Kini Bisa Mendongeng Lewat Ponsel

Jakarta - Asisten digital virtual Google Assistant kini bisa mengisahkan dongeng di smartphone Android dan iOS. Bisa jadi pengantar tidur anak-anak lho.

Sebelumnya fitur serupa, dengan nama Tell Me a Story, sudah tersedia di perangkat speaker pintar Google Home yang juga terintegrasi Google Assistant.

Sekarang fitur tersebut benar-benar dihadirkan di ponsel berbasis Android dan iOS. Tapi untuk pilihan bahasanya masih terbatas untuk kawasan Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan India.

Cara kerjanya cukup memberi perintah 'Hey Google, tell me a Story' atau 'Hey Google, tell me a bedtime story'. Google telah menyediakan berbagai dongeng mulai dari Sleeping Beauty, Little Red Riding Hood, Coco, The Three Little Babi, Alice in Wonderland.

Dilansir detikINET dari Tech Crunch, Google juga memberikan fitur Read Along (baca bersama). Fitur ini secara otomatis memberi efek suara saat orangtua membaca dongeng itu sehingga memberi kesan lebih dalam dan nyata terhadap dongeng yang diceritakan. Google juga memberi opsi orangtua dan anak-anak membaca buku cerita tersebut bersama-sama.

(jsn/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2XOCMPD
via IFTTT

Banyak Hoax Terkait Capres walaupun Pencoblosan Sudah Lewat

Jakarta - Tren penyebaran hoax selama Pemilu 2019 tercatat meningkat. Hoax seputar capres bahkan masih banyak bermunculan walaupun hari pencoblosan sudah lewat.

Berdasarkan catatan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), sejak Agustus 2018 hingga 25 April teridentifikasi sebanyak 1.645 konten hoax.

"Hoax yang kami identifikasi, kami klasifikasi, dan validasi menangkal 1.645 hoax dari bulan Agustus tahun lalu," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Dipaparkan Rudiantara, jumlah berita bohong khusus berkaitan Pemilu 2019 pada setiap bulannya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada Agustus 2018, Kominfo mengidentifikasi 25 hoax yang kemudian naik tiga kali lipat jadi 75 hoax di Desember 2018.

Tren tersebut terus berlanjut pada bulan selanjutnya di 2019: Januari ada 175 hoax, Februari 353 hoax, Maret 453 hoax, dan terakhir 421 hoax sampai dengan per tanggal 25 April.

"Kalau hoax bertambah banyak, berarti kan kita ini betul-betul hidup di era yang kurang etis, kurang beradab (hanya karena hoax)," ungkapnya.

Kominfo juga telah mengais konten hoax yang dialamatkan kepada dua sosok Capres 2019 yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Terhitung sejak masa kampanye awal di bulan Agustus 2018 sampai April 2019, berita bohong tentang kedua capres berjumlah 341 hoax.

"Terakhir bulan April meningkat, padahal udah lewat capresnya itu (hari pencoblosan), tapi hoax masih saja terjadi lebih kepada capresnya," kata Rudiantara.

Menurut Menkominfo, motif hoax yang dilakukan kepada kedua capres berbeda-beda. Bahkan, momentumnya lebih dikaitkan dengan jiwa kepemimpinan. Sementara hoax yang ditujukan kepada cawapres Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Uno nyaris nihil.

"Ya, pokoknya dibikin hoax-lah, dibikin seolah-olah jelek bahwa tidak layak dipilih lah kurang lebih kayak begitu," ujarnya.

Jelang waktu penghitungan suara dan pengumuman secara resmi dari KPU pada tanggal 22 Mei nanti, Menkominfo berharap masyarakat tidak lagi menyebarkan hoax.

"Saya berharap sebetulnya setelah Pilpres, jumlah hoaks menurun, tapi perkiraan saya justru bulan April ini lebih tinggi. Udahlah, bulan April ini terakhir kita perang hoaks, kepada semua, siapapun. Karena nggak bagus," pungkas pria yang disapa Chief RA ini.

(agt/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GFKqF5
via IFTTT

Sstt... Avengers Punya Grup WhatsApp Lho!

Jakarta - Penasaran chat apa yang berseliweran jika Avengers punya grup WhatsApp? Di dunia nyata, setidaknya, para pemeran tokoh Avengers benar-benar punya grup khusus.

Hal itu diungkap Chris Hemsworth (Thor), Scarlett Johansson (Black Widow), dan Paul Rudd (Ant-Man) dalam acara 1Xtra's DJ Ace, sebagaimana diwartakan BBC.

Sebelum masuk ke pembahasan chat di grup WhatsApp Avengers, yang sensitif spoiler bisa merasa aman karena sama sekali tak ada bocoran seputar film Avengers: Endgame yang mulai tayang pada awal pekan ini.


Balik ke bahasan grup WhatsApp Avengers di dunia nyata, hal pertama yang terungkap adalah sosok admin, yakni Iron Man alias Robert Downey Jr.

Selain itu, Robert Downey Jr. pun cukup aktif di grup WhatsApp Avengers tersebut. "Demikian pula dengan Chris Evans (Captain America) dan Mark Ruffalo (Hulk)," kata Chris Hemsworth.

Si sosok Thor di Avengers itu sendiri ada kalanya tak aktif sama sekali di grup WhatsApp Avengers. Rupanya itu dikarenakan dirinya terkadang memang sulit mengangkat telepon -- cukup ironis karena di film dirinya layak mengangkat palu Mjolnir.

"Masalahnya adalah aku punya (ponsel) dengan nomor Australia dan nomor Amerika, dan chat di grup WhatsApp itu terjadi pada nomor Amerika. Jadi ketika aku terbang ke Amerika, reaksiku semacam ini, 'Oke deh, ada tumpukan chat selama 40 hari'," ujarnya.


Dalam grup WhatsApp, tak jarang ada salah satu anggota yang gemar mengirim video tertentu yang berpotensi membuat malu saat dibuka dengan suara kencang, atau foto yang juga bisa bikin malu jika kelihatan orang lain di sekitar.

Di grup WhatsApp Avengers, peran itu rupanya disandang oleh Hawkeye alias Jeremy Renner. Seperti apa keisengannya?

"Dia kacau banget. Kadang kala aku jadi enggan berada di grup karena adanya hal-hal mengganggu di dalamnya," ucap Chris Hemsworth berseloroh.


Scarlett Johansson menimpali dengan nada guyon serupa. "Ibaratnya, kami semua jadi perlu kumpul bareng dan kemudian menghitung satu, dua, tiga, hapus!".

Selain itu, ketahuan pula kalau War Machine (Don Cheadle) suka keluar-masuk grup WhatsApp Avengers. Ia rutin keluar grup walaupun kemudian minta dimasukkan lagi.

"Sepertinya Don sudah seringkali menemui kegagalan dalam usaha meninggalkan grup ini sepenuhnya," tutur Scarlett Johansson berkelakar. (jsn/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2ZGqXN9
via IFTTT

Go-Food Klaim Bisa Cetak Jutaan Lapangan Kerja

Jakarta - Manajemen Go-Food optimistis bisa mencetak jutaan lapangan kerja baru, setelah adanya tren peningkatan jumlah mitra merchant yang hingga akhir 2018 telah menembus angka lebih dari 400 ribu.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer GOJEK Group mengungkapkan, meningkatnya jumlah mitra Go-Food tak lepas dari legitimasi merchant dan pengguna atas jasa dan layanan yang diberikan perusahaan.


"Mitra UMKM Go-Food rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung. Bukan tidak mungkin, usaha mitra merchant yang terus berkembang ini akan menciptakan lapangan kerja baru yang mampu menyerap ribuan bahkan jutaan tenaga kerja," ujar Catherine dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (27/4/2019) Selain jasa dan layanan, Catherine bilang, faktor yang juga menunjang Go-Food menjadinpemimpin pasar jasa pesan antar makanan online di Indonesia didasarkan pada keandalan teknologi yang digunakan yakni Go-Biz.

Di mana Go-Biz merupakan aplikasi khusus bag mitra Go-Food yang dulunya dikenal sebagai Go-Resto. Melalui Go-Biz, mitra merchant dapat memanfaatkan fitur-fitur unggulan, seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran, memanfaatkan fitur e-wallet Go-Pay, mengatur ketersediaan menu, mengatur jam operasional, melihat detail daftar pesanan dan fitur-fitur lainnya.

"Keamanan dan kenyamanan mitra merchant merupakan prioritas utama kami. Keseriusan ini tercermin dari upaya berkelanjutan mengembangkan ekosistem pengelolaan bisnis yang lengkap dan menyeluruh dan dapat dikelola secara mandiri oleh mitra merchant melalui aplikasi Go-Biz," ungkap Catherine.

Go-Food Klaim Bisa Cetak Jutaan Lapangan KerjaFoto: Dok. Go-Jek

Aplikasi Go-Biz sendiri dilengkapi dengan fitur verifikasi PIN untuk memastikan keamanan bagi para merchant. Hampir seluruh mitra merchant Go-Food merasakan manfaat dan efektifitas aplikasi ini dalam mengelola dan meningkatkan bisnis mereka.

Mengacu hasil riset LD FEB UI menyatakan 93% merchant mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen merchant Go-Food. Selain itu, 92% merchant yang bergabung dengan Go-Food juga mengakui bahwa aplikasi Go-Biz memudahkan bisnis mereka.

Sementara 87% merchant yang bergabung mengakui bahea teknologi keamanan Go-Food yang canggih, khususnya dengan menjamin transaksi dengan PIN antara mitra restoran dan mitra driver. Hasil riset ini juga mengatakan bahwa 87% merchant menilai layanan Go-Food lebih terpercaya dan lebih aman dibandingkan dengan kompetitor.


"Melihat kepercayaan mitra dan konsumen dalam memanfaatkan teknologi, Kami yakin Go-Food tidak hanya dapat terus memimpin pasar Indonesia tapi juga memperkuat posisinya di Asia Tenggara," imbuh Catherine.

Sebagai informasi, saat ini Go-Food memiliki lebih dari 400 ribu mitra merchant yang 96% diantaranya adalah pelaku UMKM kuliner. Dengan begitu, aplikasi pesan antar makanan online yang dibuat anak bangsa menguasai pangsa pasar online food delivery di Indonesia yang mencapai 80%, atau minimal 4 kali lipat lebih besar dari penyedia layanan sejenis. (asj/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GP1oSV
via IFTTT

Sebulan MRT Jakarta Beroperasi, Apa Saja Kata Netizen?

Jakarta - Antusiasme warga Jakarta menanggapi kehadiran kereta cepat mass rapid transit (MRT) mewarnai media sosial (medsos).

Bagaimana tidak, moda transportasi ini lama dinantikan, hingga akhirnya resmi diluncurkan pada 24 Maret 2019 lalu. Sebulan MRT Jakarta beroperasi, perusahaan analisa dan monitoring medsos Isentia merangkum percakapan netizen mengenai momen ini.

Isentia menangkap perbincangan terkait MRT di medsos sebanyak 238.700 buzz, tercatat sejak 1 Maret hingga 20 April 2019.

Dari perbincangan yang 90,2% berlangsung di Twitter ini, Isentia menemukan topik 'Tarif MRT' sebagai yang paling banyak dibahas netizen.

"Kami menemukan netizen sangat antusias dalam men-share kembali daftar tarif resmi dari MRT. Selain itu, banyak pula netizen yang membahas dan bertanya satu sama lain, 'gimana sih cara beli tiket MRT? Bisa tap pake kartu X kah?', kurang lebih seperti itu," jelas Rendy Ezra, Insights Manger dari Isentia melalui keterangan resmi, Jumat (26/4/2019).

Masih terkait tarif, 'Bank DKI' juga banyak di-mention di medsos karena mendukung sistem pembayaran tiket dengan JakCard.

Selain itu, topik mengenai 'Toilet Umum' juga ramai diperbincangkan. Meski banyak netizen memberikan respons positif terhadap fasilitas toilet yang memadai di dalam stasiun MRT, ada juga yang menyinggung soal bau pesing di dalam kereta pada awal bulan April.

Soal penumpang MRT juga menjadi bahasan viral tersendiri bagi netizen. Dari total 2.222 buzz terkait penumpang MRT, 12,2% dari buzz tersebut mengeluhkan perilaku warga yang 'piknik di MRT', diikuti dengan 'bikin elus dada' sebanyak 3,2%, 'lesehan' 3,1%, (bikin) 'malu' 2.7%, serta kata 'ndeso' juga muncul sebesar 2,5% dari total buzz seputar penumpang MRT.

Adapun untuk stasiun MRT yang paling banyak disebut di medsos, yaitu Bundaran HI dan Lebak Bulus. Dua stasiun paling awal dan akhir ini mendapatkan mention paling banyak, masing-masing sebesar 64,6% dan 17,2% dari total 8.826 buzz.

Sebulan MRT Jakarta Beroperasi, Apa Kata Netizen?
(rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2VmVZup
via IFTTT

Saat Sibuk-sibuknya, Bill Gates Masih Mau Antar Anak Sekolah

Jakarta - Pada suatu waktu di masa lalu, saat masih sibuk-sibuknya sebagai CEO Microsoft, Bill Gates tetap sempat mengantar anak ke sekolah. Hal itu turut memicu efek yang menarik di sekitarnya.

Bill Gates, yang juga salah satu pendiri Microsoft, tercatat menjadi CEO perusahaan raksasa itu pada periode 1975-2000. Pada kurun waktu itu pula pernikahannya dengan Melinda dikaruniai dua orang anak yakni Jennifer Katharine (lahir 1996) dan Rory John (lahir 1999). Sementara anak ketiga pasangan tersebut, Phoebe Adele, lahir pada tahun 2002.

Nah, di tengah kesibukan sebagai CEO Microsoft, rupanya Bill Gates tetap bersedia mengantar anak sulungnya berangkat sekolah beberapa hari dalam sepekan. Bill melakukannya sebagai upaya membantu istri membagi tanggung jawab rumah tangga.

Dituturkan oleh Melinda Gates, yang bicara kepada Editor-in-Chief Business Insider AS Alyson Shontell, hal sederhana yang dilakukan oleh Bill itu nyatanya berdampak besar pada lingkungan sekolah anak mereka.

"Kami berdua menyepakati sekolah yang kami pikir cocok buatnya dalam jangka panjang. Dari rumah kami, jaraknya tak begitu jauh ditempuh dengan mobil. Dan aku berargumen bahwa akan ada masa bertahun-tahun mengemudi (untuk mengantar). Mungkin kami harus menunggu dulu dan memasukkannya ke sekolah itu saat sudah lebih besar. Bill sendiri bersikeras kami harus melakukannya pada saat itu juga. Dan ia mengatakan, 'Aku yang akan mengantarnya'," tutur Melinda.

Kesediaan Bill itu turut mengejutkan Melinda karena pekerjaaan suaminya tersebut sedemikian menuntut dan jarak yang harus ditempuh ke kantornya pun cukup jauh. Tapi beberapa pekan kemudian, Melinda mendapati hal menarik saat giliran mengantar Jenn.

"Ibu-ibu yang lain mendatangiku dan bilang, 'Hei, kamu tahu nggak apa yang berubah di ruang kelas?'" ujarnya mengenang.

Apa yang terjadi? Ya, rupanya sudah ada lebih banyak bapak-bapak yang mengantarkan anaknya ke sekolah. Itu semua tak lepas dari tindakan Bill Gates.

"Mereka (para ibu) kira-kira bilang begini, 'Yeah, kami pulang dan bilang ke para suami kami, 'Jika Bill Gates, seorang CEO Microsoft, bisa mengantar anaknya ke sekolah, kamu pun harusnya juga bisa!".

Usaha Bill dan Melinda berbagi tanggung jawab rumah tangga rupanya juga punya dampak ke keluarga lain, bukan cuma berimbas ke keluarga mereka. Melinda pun menyebut, apa yang dilakukan Bill turut merekatkan hubungan di antara ayah-anak.

"Bill dan anak-anak senang dengan momen-momen di dalam mobil. Mendengar musik bersama, (atau) obrolan yang selama bertahun-tahun mereka lakukan -- ini memunculkan sisi lain dirinya (Bill) yang mungkin takkan terlihat pada momen lain," ujar Melinda.

(krs/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2IWqNvf
via IFTTT

Twitter Lebih Ramai soal Jokowi-Amin atau Prabowo-Sandiaga?

Jakarta - Twitter melaporkan ada 124 juta tweet yang membicarakan soal Pemilu 2019. Bila dibandingkan dengan Pemilu 2014, Twitter mengatakan ada kenaikan 30% cuitannya.

Angka tersebut tercatat mulai dari hari pertama masa kampanye 23 September 2018 hingga satu minggu setelah hari pemungutan suara 24 April 2019. Dengan demikian, 124 juta tweet itu termasuk berbagai tagar dan kata kunci yang digunakan seputar Pemilu 2019.

Sedangkan, untuk hari pemungutan suara sendiri, yaitu pada 17 April, Twitter mengungkapkan terdapat 3,1 juta tweet dari netizen di berbagai belahan dunia yang secara aktif membahas topik tersebut dan mencari informasi di Twitter mengenai proses pencoblosan.

Adapun, puncak percakapan pada hari pemilihan itu sekitar pukul 17.00 - 18.00 WIB dengan lebih dari 220.000 tweet per menit, tidak lama setelah kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden menggelar konferensi pers.

Selama Pemilu 2019, Netizen Banyak Bicarakan Jokowi-AminFoto: Twitter

Pada laporan ini media sosial berlogo burung itu juga memaparkan pembicaraan populer selama Pemilu 2019. Selama momen tersebut, September 2018-April 2019, masyarakat Indonesia di antaranya pergi ke Twitter untuk ngobrol dan mencari informasi terkait pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Masih terkait hal itu, percakapan seputar pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di Twitter unggul tipis (51%) dibandingkan pasangan pembahasan soal Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (49%) pada kurun waktu September 2018-April 2019.

Selama Pemilu 2019, Netizen Banyak Bicarakan Jokowi-AminFoto: Twitter

Selain akun para paslon, berikut ini adalah akun yang juga banyak dibicarakan di Twitter terkait dengan #Pemilu2019. Sekali lagi, data ini berdasarkan hitungan Twitter sejak 23 September sampai 24 April 2019.

Akun Twitter yang banyak dibicarakan selama Pemilu 2019:
1. @KPU_ID
2. @fadlizon
3. @bawaslu_RI
4. @Fahrihamzah
5. @dahnilanzar

Akun partai politik paling populer di Twitter selama Pemilu 2019:
1. @Gerindra
2. @psi_id
3. @PKSejahtera
4. @PDI_Perjuangan
5. @Nasdem

Tagar paling populer seputar Pemilu 2019
- #DebatPilpres2019
- #PrabowoSandi
- #01JokowiLagi
- #2019PilihJokowi
- #INAElectionObserverSOS
- #2019GantiPresiden
- #01IndonesiaMaju
- #2019TetapJokowi
- #JokowiLagi
- #2019PrabowoSandi (agt/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GIKKEs
via IFTTT

Setelah Telur, Idola Baru di Instagram: Pohon

Jakarta - Dalam beberapa hari belakangan, sebuah postingan Instagram tentang menanam pohon menarik perhatian. Kepopulerannya diprediksi akan menggantikan foto telur yang beberapa waktu lalu meramaikan Instagram.

Adalah produsen pakaian ramah lingkungan Tentree, yang membuat postingan tersebut. Sebuah foto pohon berlatar hijau dijadikan Tentree sebagai alat kampanye menanam pohon yang akan mereka lakukan.

"Double tap to plant a tree", demikian tulisan pada postingan tersebut. Awalnya, Tentree berjanji akan menanam satu pohon untuk setiap 10 like yang didapatkannya di foto tersebut. Pohon ini akan ditanam di Indonesia.

Netizen pun beramai-ramai berpartisipasi dalam kampanye ini. Alhasil, target awal 500 ribu pohon berhasil terlampaui dalam waktu singkat.

Pada update terbarunya, Tentree menyebutkan bahwa mereka akan menanam 1 juta pohon jika sukses mendapat 20 juta like.

View this post on Instagram

🚨 UPDATED GOAL🚨 πŸ‘‰ We will plant a total of 1 MILLION TREES, if this post gets to 20 million likesπŸŒ²πŸ‘ˆ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ We are absolutely blown away by the response to our Earth Week campaign starting on #EarthDay, and cannot thank the social media universe enough for helping us reach our initial goal of 500,000 trees in UNDER 24 HOURS! We've dug deep looking for ways to keep the momentum going and plant more trees, and we can't wait to see if together, we can get to our new goal to plant an additional 500,000 trees for a max total of 1 million trees. Let's do this! πŸ’ͺ 〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️〰️ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ GOAL #1 of 500,000 trees - COMPLETE ✔️πŸ™ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ πŸ‘‰ For every TEN LIKES this post gets, we will plant ONE TREE 🌲 πŸ‘ˆ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Between now and April 26, lets get 5,000,000 LIKES on this post, so that we can plant a max total of 500,000 TREES at our planting site in Indonesia 🌲Together, we can help rebuild a community devastated by natural disaster and give back to our planet 🌎 ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Big change starts small, and with an action as small as tapping your thumbs, you can help us reforest the world. LIKE this post, TAG your friends, and SHARE it on your Instagram Story to help us spread the word πŸ™Œ ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ For more information, check out our earth week highlight. Happy planting!

A post shared by tentree (@tentree) on Apr 22, 2019 at 5:01am PDT

Tentree tentu saja punya kepentingan bisnis dari kampanye ini. Dengan viralnya foto tersebut, Tentree mendapat follower baru dan exposure lebih besar yang akan berdampak pada bisnisnya.

Namun yang jelas, upaya Tentree patut diapresiasi. Meski menanam pohon tak semudah menekan tombol like di Instagram, perusahaan ini melibatkan followernya untuk sebuah kegiatan peduli lingkungan.

(rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2ZtiRHE
via IFTTT

Zuckerberg Bahas 'Sisi Gelap' WhatsApp

Jakarta - WhatsApp jadi layanan messaging favorit dengan jumlah pengguna sudah lebih 1,5 miliar. Tapi ada 'sisi gelap' WhatsApp, khususnya bagi Facebook. Yaitu sampai sekarang, WhatsApp belum juga menghasilkan untung.

Ya, sejak dibeli Facebook senilai USD 19 miliar 5 tahun lampau, WhatsApp betapapun populer belum menjadi sumber pendapatan yang berarti. Dan di sisi lain, ketenarannya dikhawatirkan menjadi salah satu sebab berkurangnya orang mengakses aplikasi Facebook sendiri atau kanibal.

Hal itu dikatakan sendiri oleh pendiri dan CEO Facbeook, Mark Zuckerberg. Ia menyebut WhatsApp sebagai platform privat. Sedangkan Facebook dan Instagram disebut platform publik.

"Sering pertumbuhan platform privat, dalam beberapa kasus kami menjumpai kanibalisasi platform publik di negara seperti India, di mana WhatsApp sangat populer," ujar Zuck yang dikutip detikINET dari Economic Times.

Di India, jumlah pengguna WhatsApp yang mencapai sekitar 400 juta disebut-sebut terbesar di dunia. Sedangkan jumlah pengguna Facebook di negara itu sekitar 300 juta.

WhatsApp memang sudah merencanakan memajang iklan di status WhatsApp. Akan tetapi sampai saat ini belum juga diimplementasikan. Dan mungkin jumlah keuntungan yang akan dihasilkan pun tidak luar biasa.

"Penggunaan dan engagement WhatsApp memang fenomenal, tapi saya tidak tahu bagaimana bisa dimonetisasi," kata Karthik Srinivasan, seorang konsultan komunikasi.

Popularitas WhatsApp di negara berkembang dikarenakan beberapa faktor. "Gratis, bisa membagikan video dan foto serta aplikasi ringan yang bisa bekerja di area bandwidth rendah," sebut Sanchit Vir Gogia dari Greyhound Research.

Adapun Facebook di sisi lain merupakan aplikasi cukup berat dan belakangan makin banyak iklan. Tapi tentu jadi masalah jika ketenaran WhatsApp melampaui Facebook sedangkan aplikasi itu tidak juga menguntungkan. (fyk/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2GAwxrN
via IFTTT

Kisah Pekerja TI dan Wanita Muda Jepang Tinggal di Warnet

Tokyo - Tak sedikit warga Jepang memilih tinggal di warung internet alias warnet dengan beberapa alasan. Mereka dijuluki gelandangan cyber, benar-benar sehari-hari menetap di sana.

Kabarnya ada ribuan warga di Jepang tinggal di warnet. Kebanyakan untuk menghemat biaya karena pendapatan rendah dan biaya tinggal sangat tinggi.

Salah satu yang pernah menceritakan kisahnya adalah Masata, karyawan bidang TI yang tinggal di warnet kawasan Tokyo selama 2 tahun. Cerita dia memang sudah dituturkan beberapa waktu silam, namun tampaknya masih relevan.

"Kamar di sini tak sepenuhnya privat, tidak ada plafonnya. Aku bisa mendengar suara atau dengkuran orang," katanya yang dikutip dari laman Japan Live di Facebook.

"Aku pernah tinggal di apartemen, tapi banyak hal membuatku terganggu. Aku tak bisa bergaul dengan tetangga," kata Masata.

Dia menambahkan tidak senang tinggal bergantun hanya di satu tempat. Warnet pun memberinya kebebasan sekaligus privasi. "Ini adalah tempat privat. Aku tak pernah bertemu siapapun," ucap dia.

Apalagi di kota besar seperti Tokyo, orang cenderung tidak peduli satu sama lain. Namun demikian, Masata mengakui tidak ideal hidup di warnet. Ia pun ingin keluar sesegera mungkin dan punya keberanian menghadapi dunia nyata.

Ada pula Hitomi, wanita usia 23 tahun yang sudah 2 bulan menetap di warnet. Ia berprofesi sebagai pekerja malam.

"Aku tidak suka benar-benar sendirian, tapi juga ingin punya ruang sendiri. Itu adalah perasaan kontradiktif. Di sini, aku bisa memiliki keduanya," sebut Hitomi.

Seperti sudah disebutkan, ruangannya privat tapi atapnya terbuka. Sehingga Hitomi tetap merasakan ada tetangga di dekat biliknya. (fyk/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2VsMUjF
via IFTTT