Fans Kecewa, Stories Tara Basro soal Antivaksin Jadi Trending

Jakarta -

Para penggemar Tara Basro heboh di media sosial, terkait postingan sang aktris yang menyinggung tentang antivaksin di tengah pandemi COVID-19. Kehebohan mereka lantaran kaget dan kecewa idolanya ternyata antivaksin.

Dalam postingan di Instagram Stories, Tara terlihat memposting ulang unggahan milik akun @drtenpenny berupa cuitan akun influencer aktivis antivaksin @AliBeckZeck.

"Teman-teman kita punya masalah serius, dan itu bukan COVID, melainkan sistem vaksin dan perusahaan farmasi besar yang jahat dan serakah, yang menggunakan ketakutan akan virus untuk merekayasa ulang masyarakat, di mana setiap orang akan disuntik dengan bahan kimia neurotoksik berbahaya yang seiring waktu akan mengikis kesehatan mereka," tulisnya.

antivaksin

Tara sendiri sebenarnya tidak berkomentar apapun pada postingannya tersebut. Namun para penggemarnya menilai postingan ini mengindikasikan bahwa seorang Tara Basro adalah antivaksin.

Postingan ini sudah menghilang dari Stories akun Tara, namun screenshotnya terlanjur beredar dan viral di berbagai media sosial. Di Twitter, Tara Basro seketika melesat menjadi trending topic.

Banyak netizen yang mengagumi Tara Basro, meluapkan kekecewaannya dan membanjiri Twitter dengan cuitan-cuitan mereka.

Meski demikian, ada juga sebagian netizen yang membelanya, dan mengaku tidak peduli. Mereka tetap mengidolakan Tara Basro.

Simak Video "Sebut Tara Basro Istri, Daniel Adnan Bikin Netizen Baper"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jyRtBq
via IFTTT

Zuckerberg dan Ronaldo Banyak Kesamaan Kecuali Kekayaan

Jakarta -

Mark Zuckerberg dan Cristiano Ronaldo punya cukup banyak kesamaan. Misalnya mereka masih muda, usia sebaya, sangat terkenal dan sukses luar biasa di bidang masing-masing. Hanya saja soal kekayaan, jumlahnya terpaut jauh berbeda.

Zuckerberg berusia 36 tahun dan meraih kesuksesan berkat Facebook yang merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Sedangkan Ronaldo berumur 35 tahun, adalah megabintang sepakbola yang sekarang merumput bersama Juventus.

Ronaldo jelas merupakan salah satu atlet paling kaya di planet Bumi. Catatan Forbes pada tahun 2020 ini, kekayaannya berjumlah USD 105 juta. Namun jika menghitung pendapatan di sepanjang karirnya, Forbes mencatat kekayaan Ronaldo sudah menembus USD 1 miliar.

Meskipun jumlah tersebut sangat tinggi, harta Ronaldo tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Mark Zuckerberg. Estimasi terkini Forbes yang dikutip detikINET menyatakan kekayaan Zuck tembus USD 107 miliar lebih, atau sekitar seratus kali lebih banyak dari harta Ronaldo.

Namun demikian memang keduanya tidak bisa dibandingkan mentah-mentah. Zuck merupakan pebisnis ulung dan pemilik Facebook, kerajaan media sosial yang juga pemilik WhatsApp serta Instagram. Layanan mereka digunakan miliaran orang dan meraup pundi-pundi iklan luar biasa besar.

Adapun Ronaldo murni atlet yang pendapatannya berasal dari gaji serta sebagai bintang iklan. Patut dicatat, sangat sedikit atlet telah mengumpulkan harta lebih dari USD 1 miliar. Satu-satunya olahragawan yang menyandang status miliarder dalam dolar AS adalah Michael Jordan.

Zuckerberg disebut menciptakan sesuatu yang sebelumnya tidak eksis. Ia memperkenalkan produk yang mengubah dunia dan kehidupan sehari-hari manusia. Sukses mereka berdampak pada banyak orang.

Adapun Ronaldo punya bakat luar biasa, salah satu pemain terbaik sepanjang masa, namun tidak memberikan dampak sebesar Zuckerberg dengan Facebook. Akan tetapi, Ronaldo jelas lebih terkenal dibandingkan seorang Mark Zuckerberg.

Di Instagram yang adalah milik Zuck, pengikut Ronaldo mencapai 237 juta, luar biasa banyaknya. Sedangkan Zuckerberg meskipun adalah bos Instagram, follower-nya 'hanya' di kisaran 6,7 juta.

Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34QMibR
via IFTTT

Istilah Webinar Ada Merek Dagangnya, Terus Aku Kudu Piye?

Jakarta -

Kegiatan Webinar sangat umum pada masa pandemi Corona. Eh tapi ternyata kata 'webinar' adalah merek dagang terdaftar. Apa boleh kita pakai?

Baru-baru ini sejumlah netizen di berbagai negara menerima email atau broadcast yang intinya jangan menggunakan istilah 'webinar'. Webinar rupanya adalah merek dagang yang dilindungi UU hak cipta.

Bagaimana faktanya? detikINET pun menelusuri informasi ini dan memang sejak Juli 2020 banyak dibahas forum-forum termasuk di Reddit. Mereka merujuk pada data dari Deutsches Patent und Markenamt, kantor merek dan paten Jerman.

Ketika dilihat detikINET, Selasa (1/9/2020) dari situs resmi Deutsches Patent und Markenamt, di sana tercantum bahwa 'Webinar' didaftarkan sebagai merek di Jerman sejak 26 Maret 2003. Pendaftarnya adalah orang bernama Mark Keller yang beralamat di Kuala Lumpur, Malaysia dengan menunjuk perwakilan hukum di Frankfurt, Jerman.

Definisi dari kegiatan 'Webinar' yang didaftarkan di Jerman adalah mencakup kontak ekonomi dan perdagangan lewat internet, presentasi perusahaan di internet, layanan periklanan, melakukan lelang termasuk di internet, penyewaan ruang iklan termasuk di internet, penyediaan informasi, platform dan portal di internet. Yang terakhir, mengadakan seminar dan konferensi.

Perizinan merek dagang ini rajin diperpanjang sampai Agustus 2020. Kalau begitu, apakah kita masih boleh memakai kata Webinar dalam segala kegiatan? Sebabnya, istilah ini sudah umum digunakan.

Hal ini dijawab oleh Susanna Heurung, pengacara Hak Kekayaan Intelektual dari Maiwald Intellectual Property di Jerman dan Uni Eropa. Susanna membenarkan kalau 'Webinar' didaftarkan sebagai merek dagang di Jerman.

Namun menurut Susanna, penggunaan istilah 'Webinar' belum tentu merupakan pelanggaran hak cipta. Karena baik pihak yang memakai istilah ini -- saat ini -- dan dari sisi konsumen, tidak menganggap istilah 'Webinar' adalah khusus dari perusahaan tertentu.

"Meskipun hal ini mungkin tidak terjadi pada tahun 2003, kami yakin bahwa, setidaknya saat ini, konsumen tidak memahami 'Webinar' sebagai referensi untuk penyedia tertentu, tetapi hanya istilah yang sangat umum digunakan untuk seminar online," pungkasnya.

Simak Video "Curhat UMKM: Kami Ingin Naik Kelas, Tapi Birokrasinya Berbelit"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34SgKSW
via IFTTT

Diserang Latih Influencer, Siberkreasi Kominfo Hadirkan Kelas Podcast

Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan pelatihan untuk menciptakan peluang konten kreator dan wirausaha digital lewat Kelas Podcast Siberkreasi. Sementara itu, di sisi lain, belakangan ini Siberkreasi dituding sebagai program Kominfo melatih influencer.

Kominfo menyebutkan bahwa Kelas Podcast tersebut dipandu Kreator Nongkrong sebagai mitra jejaring Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Melalui Kelas Podcast ini, Kominfo menargetkan ada 5.000 peserta yang ikut serta di dalamnya.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Kelas Podcast ini diharapkan bisa menghasilkan kreator konten yang akan membantu pendidikan masyarakat di dunia maya.

"Saya optimis, dengan adanya Kelas Podcast ini akan mendorong masyarakat untuk menghasilkan lebih banyak konten yang positif dan mendidik masyarakat," ungkapnya seperti dalam siaran persnya.

Menurut Dirjen Semuel, pelatihan ini juga menarik karena bisa menjadi alternatif untuk menambah penghasilan dan mengembangkan wirausaha online.

"Akan lebih baik lagi jika dapat menjadi sumber penghasilan di masa krisis pandemi. Sebenarnya ini adalah momentum yang tepat untuk memulai podcast dan berwirausaha online," ungkapnya.

Mengutip laporan laman podcastinsight.com, Dirjen Aptika mengungkapkan, terdapat lebih dari 30 juta episode podcast di seluruh dunia per April 2020 dan lebih dari 40% penduduk Amerika mendengar podcast baik di rumah maupun di perjalanan atau ketika berada di kendaraan. Menurut Kominfo, berdasarkan data tersebut bisa jadi peluang untuk mendapatkan alternatif penghasilan.

"Di Indonesia sendiri, berdasarkan laporan data Spotify, kita merupakan jumlah pendengar Podcast terbanyak di Asia Tenggara. Diprediksikan akan ada 2,2 miliar pendengar podcast per bulan di tahun 2024," tutur Dirjen Aptika.

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31KEbLZ
via IFTTT

Ribuan Orang Ramai-ramai Menolak Gugatan RCTI

Jakarta -

Ribuan orang menandatangani petisi online menolak gugatan RCTI-iNews terhadap UU Penyiaran. Bila permintaan dua stasiun TV dikabulkan akan uji materi UU Penyiaran bisa berdampak dilarangnya live di media sosial (medsos), seperti di YouTube, Instagram, hingga Facebook.

Petisi online yang dimuat di change.org tersebut dibuat oleh Dara Nasution, yang tak lain orang yang sama pembuat petisi "Tolak KPI Awasi YouTube, Facebook, Netflix" pada tahun lalu.

Sementara itu, pada petisi kali ini, Dara mengajak masyarakat untuk ramai-ramai menandatanganinya sebagai bentuk penolakan terhadap gugatan yang dilakukan RCTI tersebut yang dinilai bisa mengancam masyarakat untuk tidak bisa live di medsos lagi seperti biasanya.

Dalam deskripsi petisi online berjudul "Tolak Gugatan RCTI! Siapa Aja Bebas Tampil Live di Medsos" itu, Dara mengatakan, apabila gugatan RCTI-iNews dan pengajuan uji materi UU Penyiaran ke Mahkamah Konstitusi (MK) dikabulkan, maka siaran live di medsos hanya bisa dilakukan lembaga atau perorangan yang punya badan usaha dan badan hukum.

"Artinya, orang-orang biasa kayak kita nih nggak bisa live lagi di medsos!," tulis Dara.

Dara menuturkan bahwa definisi penyiaran yang dimaksud gugatan RCTI dan iNews, termasuk fitur medsos yang ada di Instagram TV, Instagram Live, Facebook Live, hingga YouTube Live. Menurut Dara, penyiaran di medsos dengan penyiaran menggunakan frekuensi publik itu merupakan hal yang berbeda.

"Kalau gugatan RCTI dan Inews itu dikabulkan MK, kita bisa dipenjara kalau upload Instagram Live! Serem nggak siaran aja disamain sama kriminal?," ungkapnya.

Oleh karena itu, Dara mengajak orang-orang untuk mendukung petisi online yang dibuatnya ini agar MK menolak gugatan RCTI-iNews untuk membatasi publik menggunakan fitur live di media sosial.

"Kalau yang bisa siaran dibatasi hanya yang punya izin penyiaran, akan berdampak pada terhambatnya pertumbuhan ekonomi kreatif dan digital kita. Juga menghambat kebebasan berekspresi masyarakat. Belum lagi kita nanti dikatain cupu sama negara-negara lainnya kan," pungkasnya.

Petisi yang dibuat 27 Agustus itu terhitung sampai Senin malam (31/8/2020) sudah ditandatangani 2.867 pendukung. Dara sendiri pada petisi online ini menargetkan dukungan sebanyak 5.000 tandatangan.

Simak Video "Komisi III Sedang Pelajari Gugatan RCTI ke MK"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lzo4sw
via IFTTT

Bikin Pesta di Tengah Pandemi, Dua Seleb TikTok Terancam Dipenjara

Jakarta -

Dua seleb TikTok asal Amerika Serikat terancam dipenjara setelah mengadakan sejumlah pesta di daerah Hollywood Hills, California dan melanggar aturan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Kedua seleb tersebut adalah Bryce Hall dan Blake Gray yang termasuk seleb TikTok paling populer. Mereka masing-masing memiliki followers sebanyak 13,2 juta dan 5,9 juta di TikTok.

Jaksa Los Angeles Mike Feuer mendakwa keduanya karena melanggar perintah kesehatan Safer LA dan peraturan pesta di rumah. Keduanya didakwa setelah keluhan dari tetangga dan walikota setempat yang risih dengan pesta besar-besaran ini.

"Kami menuduh bahwa tuan rumah ini sangat tidak bertanggung jawab dengan penyebaran penyakit yang sangat menular. Pesta-pesta ini bisa menjadi klub malam yang di luar kendali," kata Feuer dalam konferensi pers, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (1/9/2020).

Feuer mengatakan pada 8 Agustus kepolisian Los Angeles (LAPD) mendatangi rumah Hall dan Gray setelah mendapat panggilan keluhan dari Hollywood Hills. Polisi langsung memberikan peringatan dan mengatakan bahwa masyarakat masih dilarang mengadakan pesta.

Kemudian pada 14 Agustus, polisi kembali ke kediaman mereka setelah ada panggilan yang menyebut ada tembakan senjata di rumah tersebut. Polisi mengatakan mereka menemukan ratusan tamu yang sedang merayakan ulang tahun Hall yang ke-21. Tidak ada senjata yang ditemukan, tapi Hall dan Gray mendapat peringatan terakhir.

Hall dan Gray terancam denda hingga USD 2.000 dan hukuman penjara hingga satu tahun. Dua pemilik rumah lainnya, Jianwei Bai dan David Marvisi, juga didakwa karena melanggar larangan pesta. Tamu yang mengikuti pesta tidak terancam hukuman, tapi hal ini bisa berubah di masa depan.

"Saya ingin membuat pesan yang jelas tentang tuduhan terhadap dua tuan rumah pesta ini: jika kalian memiliki gabungan 19 juta pengikut TikTok, dan di tengah krisis kesehatan publik, kalian harus mencontohkan perilaku dan praktek terbaik daripada berani melanggar hukum dan mengunggah video tentang apa yang terjadi di sana," kata Feuer.

Walikota Los Angeles dan Calabasas, dua daerah di California yang menjadi kediaman banyak selebriti dan influencer, sudah melarang keras masyarakat yang ingin berkumpul dalam jumlah besar. Bahkan pada 19 Agustus, Walikota Los Angeles Eric Garcetti meminta agar listrik di rumah Hall dan Gray untuk dimatikan agar mereka berhenti berpesta.

Feuer mengatakan masih belum diketahui apakah ada kasus COVID-19 yang terkait dengan pesta-pesta yang diadakan seleb TikTok ini. Ia menambahkan jika melihat masa inkubasi virus, maka sekarang ini adalah waktu mereka yang terinfeksi untuk menunjukkan gejala.

Simak Video "Daftar Seleb TikTok dengan Penghasilan Terbesar di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lAOXwb
via IFTTT

Lagi Meeting Zoom, Ketahuan Ena-ena dengan Sekretaris

Jakarta -

Kalau pamit duluan dari meeting Zoom, pastikan mematikan aplikasinya dengan benar. Jangan seperti pejabat ini, malah ketahuan berhubungan intim dengan sekretarisnya.

Skandal ini untungnya bukan di Indonesia, tapi di negeri tetangga Filipina. Bahkan skandal ini sampai jadi pemberitaan di Filipina dan media internasional.

Dilansir News.com Australia saat dilihat, Senin (31/8/2020) skandal ini terjadi di Kota Dasmarinas, Provinsi Cavite, Filipina. Awal kejadiannya, anggota dewan Desa Fatima Dos bernama Captain Jesus Estil lagi meeting dengan Zoom bersama anggota dewan lain pada 26 Agustus 2020 silam.

Lalu tampaklah seorang perempuan di ruangan tempat Captain Estil berada. Perempuan ini terlihat hendak membuka celananya. Lalu Captain Estil bergegas ingin mematikan Zoom. Tampak tangannya maju seperti hendak mematikan aplikasi atau kameranya.

Masalahnya, Zoom-nya tidak mati, dan kameranya masih menyala. Alhasil, semua anggota dewan pemerintahan desa bisa melihat Captain Estil melakukan ena-ena di sisi lain ruangan tersebut.

Setelah selesai berhubungan intim, Captain Estil balik ke mejanya untuk meeting dengan Zoom tanpa sadar kalau Zoomnya dari tadi pun belum mati. Kejadian itu direkam seorang peserta meeting dan tersebar lalu viral di masyarakat setempat.

Masyarakat pun protes kepada pemda setempat. Pemerintah daerah setempat melalui pejabatnya Richard Geronimo mengatakan skandal itu sangat tercela dan minta maaf pun tidak cukup.

Perempuan yang terekam dalam hubungan intim itu rupanya sekretaris dan staf akuntan di kantor pemda setempat. Captain Estil pun dicopot dari jabatannya gara-gara skandal Zoom tersebut. Ada-ada saja ya!

Simak cerita serba-serbi unik lain soal Zoom di sini.

Simak Video "Daftar Negara dan Lembaga yang Larang Penggunaan Zoom"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31JwNjT
via IFTTT

Konten Video Premium Tanpa Biaya, Mau?

Jakarta -

True Digital Indonesia merilis TrueID, layanan streaming film, serial, dan konten digital premium di Indonesia tanpa biaya.

Layanan ini sendiri sudah ada sejak 18 Agustus lalu dan menyediakan berbagai format dan kategori konten hiburan dari berbagai negara. True Digital Group sendiri adalah unit digital dari True Corporation, grup telekomunikasi yang merupakan bagian dari Charoen Pokphand Group, grup konglomerasi asal Thailand.

TrueID adalah produk pertama True Digital Group yang dibawa ke Indonesia. Sebelumnya mereka juga sudah mengembangkan bisnisnya di Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan beberapa negara lainnya.

Selain TrueID, True Digital juga berencana untuk memperkenalkan bisnis lainnya ke Indonesia, termasuk digital solutions, analytics dan akademi digital.

Pada tahap awal peluncuran, TrueID berfokus pada film dan serial Asia, terutama dari Indonesia, Korea dan Thailand, yang sejalan dengan kampanye #AsiaVaganza yang mereka usung, yaitu berfokus pada film dan serial Asia, terutama dari Indonesia, Korea, dan Thailand.

"TrueID memilih konten Indonesia karena itu merupakan sesuatu yang paling dicari pengguna di sini, dan menawarkan Korea karena sedang trending. Di luar itu, kami juga ingin menjadi platform video-on-demand yang menyebarluaskan konten Thailand," ujar Armando Siahaan, Country Head True Digital Indonesia dalam keterangan yang diterima detikINET.

Ada beberapa mitra seperti rumah produksi, perusahaan televisi, studio digital, dan distributor internasional yang digandeng TrueID untuk menghadirkan konten premium ke penggunanya. Mereka pun menggarap sejumlah original series, tak cuma menyediakan konten yang sudah ada.

"Layanan TrueID yang tersedia hingga saat ini baru langkah awal saja. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan berbagai konten dan layanan terbaru. Kami akan menambah film dan serial dari berbagai negara, video singkat seputar gaya hidup dan konten yang memiliki segmentasi khusus seperti anime dan dokumenter. Selain itu, kami juga akan memperkenalkan berbagai layanan baru seperti live streaming TV dan artikel yang meliput entertainment dan lifestyle," tambahnya.

Simak Video "Bekraf Pastikan Platform Streaming Video Tak akan Matikan Bioskop Konvensional"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/32KbfDj
via IFTTT

48% Warga Jabodetabek Pakai Ojek Online untuk Akses Transportasi Publik

Jakarta -

Ketergantungan kaum komuter di Jabodetabek terhadap 'transportasi online' semakin terlihat lewat penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Dalam penelitian berjudul "Peran Transportasi Daring dalam Penggunaan Transportasi Massal: Gagasan Integrasi Antar Moda dalam Periode Adaptasi Kebiasaan Baru", mereka coba menggali sejauh mana integrasi transportasi antar moda di Jabodetabek bisa memberikan pilihan untuk para penggunanya.

Hasil penelitian tersebut dipaparkan dalam diskusi publik dengan Kementerian Perhubungan RI, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan DKI Jakarta, TransJakarta pada akhir Juli lalu. Diskusi ini juga mengundang Grab Indonesia sebagai penyedia ride-hailing, atau yang lebih populer disebut 'transportasi online'.

Penelitian yang dipimpin Associate Professor SBM ITB Yos Sunitiyoso ini mengeksplorasi pengalaman transportasi multimoda harian dan opini dari 5.064 komuter yang diadakan pada bulan Desember 2019 - Maret 2020.

Penelitian ini menemukan bahwa 48% komuter menggunakan layanan ride-hailing sebagai salah satu moda transportasi dalam perjalanan multi moda harian mereka.

Ride-hailing menjadi moda transportasi first-mile (mil pertama, artinya dari rumah ke titik transportasi publik) dan last-mile (mil terakhir, dari titik terakhir transportasi publik ke rumah). Kemudahan dan kenyamanan ini telah mendorong semakin banyak anggota masyarakat memiliki transportasi publik.

Hasil penelitian ini pun dikomentari oleh Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi, yang menggarisbawahi kata ekosistem sebagai kata kunci dalam pengembangan transportasi publik ke depan, yang menurutnya diperlukan komitmen dari semua pihak untuk menciptakan ekosistem transportasi publik yang terintegrasi.

"Semua pihak harus terus berdialog terbuka. Pengambil kebijakan, operator transportasi publik, dan operator penyedia ride-hailing harus berkolaborasi menghadapi situasi adaptasi kebiasaan baru ini," kata Heru menanggapi hasil penelitian ini.

Lebih jauh, Heru menjelaskan bahwa pembangunan ekosistem tersebut telah dapat difasilitasi oleh teknologi digital. Inilah yang membuat peran ride-hailing atau transportasi online semakin penting dalam ekosistem transportasi publik.

Heru melihat besarnya kontribusi Grab dalam pembangunan ekosistem transportasi publik terintegrasi di DKI Jakarta. Beberapa contoh yang diambil Heru meliputi Grab Pick Up Point, GrabShelter, dan GrabProtect. Itu semua merupakan solusi yang relevan dalam periode adaptasi kebiasaan baru di DKI Jakarta.

"Kita lihat, 73 persen komuter yang menggunakan ride-hailing memilih Grab. Ini tentu karena Grab bisa menyediakan solusi baik bagi konsumen maupun pemerintah. Solusi itu dapat berupa kenyamanan pemesanan karena teknologi yang lebih baik dan fitur keamanan dan keselamatan yang unggul," ujarnya.

Agung Wicaksono dari Center for Policy and Public Management SBM ITB yang bertindak sebagai moderator menyimpulkan, "Dari penelitian tim SBM ITB ini dan diskusi hari ini, terlihat nyata bahwa transportasi publik bukanlah soal kompetisi, melainkan soal kolaborasi. Kolaborasi yang bukan hanya mengedepankan aspek bisnis, namun juga pelayanan kepada masyarakat karena kebijakan transportasi memiliki aspek sosial ekonomi," tutup Agung.

Kalau detikers bagaimana? Apa alasan kalian memakai ride-hailing setiap hari? Coba sampaikan opini kamu di kolom komentar.

Simak Video "Pastikan Hal Ini Sebelum Kembali Mengendarai Grab Wheels"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2EKl0c9
via IFTTT

Mengupas Siberkreasi Kominfo yang Dituding Latih Influencer

Jakarta -

Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi mendadak viral, karena dituding sebagai program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melatih influencer. Apa sih sebenarnya Siberkreasi ini?

Diketahui, Siberkreasi terbentuk sejak Oktober 2017. Saat itu, program Siberkreasi menjadi wadah literasi digital kepada masyarakat terkait maraknya hoax, ujaran kebencian, cyberbullying, pornografi, penipuan, hingga soal radikalisme yang beredar di internet.

Berdasarkan keresahan tersebut, Kominfo yang saat itu dipimpin Menkominfo Rudiantara ini lantas mengajak seluruh elemen masyarakat dan komunitas untuk menyebarkan konten positif di dunia maya lewat gerakan Siberkreasi.

Dalam siaran pers tertanggal 2 Oktober 2017, Kominfo menjelaskan bahwa Gerakan Siberkreasi merupakan kolaborasi berbagai institusi pemerintah maupun swasta, komunitas dan pegiat literasi digital. Gerakan ini merupakan bagian dari komitmen bersama berbagai pihak untuk meningkatkan literasi digital di masyarakat lewat ajakan untuk berbagi kreativitas lewat konten positif dan memanfaatkan internet secara bijak dan bertanggungjawab.

"Ini bukan program pemerintah saja tapi juga program perguruan tinggi, komunitas dan masyarakat. Tidak bisa diklaim yang punya gerakan ini. Concern Kominfo adalah merangkul komunitas dan ekosistem untuk menyebarkan konten positif. Jika konten tidak bisa di-manage dengan baik akan jadi bumerang," ungkap Rudiantara saat mengenalkan Siberkreasi ini ke publik.

Dedy Permadi yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Umum Gerakan Siberkreasi ini mengatakan, pertumbuhan pengguna internet yang tinggi di Indonesia harus diimbangi dengan literasi digital.

Gerakan Siberkreasi Kominfo saat pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2017.Gerakan Siberkreasi Kominfo saat pertama kali diperkenalkan pada Oktober 2017. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto

"Tinggi dan massif-nya pembangunan infrastruktur belum diimbangi dengan pengetahuan penggunaan TIK dengan baik. Sehingga terjadi gap antara teknologi dan pengetahuan yang rendah. Infrastuktur yang dibangun tidak diimbangi pengetahuan. Gap ini yang mengakibatkan keresahan sehingga muncul hoax, cyberbullying, radikalisme," jelas Dedy yang sekarang menjabat sebagai Staf Ahli Menkominfo.

Sejak saat itu sampai sekarang, Siberkreasi terus melancarkan program-programnya yang menyangkut tentang digital. Dalam menjalankan program SiBerkreasi ini, Kominfo menggandeng lembaga, komunitas, blogger, sampai influencer seperti Yosi Mokalu, Marcella Zalianti, dan Dennis Adhiswara.

Diberitakan sebelumnya, SiBerkreasi ramai diterpa isu miring terkait influencer di media sosial. Pembahasan soal Siberkreasi itu bermula dari pernyataan Staf Ahli Menkominfo Henry Subiakto.

Henry menjelaskan mengenai salah satu program Siberkreasi yang memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk menjadi influencer.

Pernyataan Henry pun kemudian viral di media sosial. Beragam tudingan pun muncul untuk Siberkreasi, dari disebut sebagai organisasi buzzer/influencer hingga serangan terhadap Ketua Umumnya Yosi Mokalu alias Yosi Project Pop.

Kominfo melalui Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi kemudian memberikan penjelasan. Dedy menegaskan tudingan yang beredar liar di media sosial tidaklah benar.

Dedy menjelaskan, Siberkreasi merupakan gerakan nasional literasi digital yang merupakan wadah kolaborasi bersama 108 lembaga dan komunitas. Di dalamnya, kata dia, memang ada program School of Influencer. Pelatihan yang ditujukan untuk masyarakat.

"School of Influencer bukan pelatihan untuk para influencer. School of Influencer bisa dicek di website maupun di medsos Siberkreasi," kata Dedy saat dihubungi detikcom, Minggu (30/8).

Simak Video "Bantahan Yosi 'Project Pop' soal Tudingan Jadi Ketua Influencer"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3b98dfy
via IFTTT

Siap-siap, Besok Tagihan Pertama Netflix dengan Tarif Baru

Jakarta -

Netflix sudah memberlakukan tarif baru sejak 1 Agustus 2020. Siap-siap nih besok mulai merasakan tagihan pertama dengan tarif baru untuk para pengguna lama.

Biaya langganan Netflix sudah resmi naik sejak 1 Agustus 2020. Maka, bagi pelanggan lama, tagihan biaya langganan mulai 1 September 2020 dengan harga yang baru akan mereka terima.

Harga berlangganan dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN) 10%. Semua paket harganya pun jadi naik 10 persen. Harga langganan Netflix per bulan setelah adanya pajak menjadi sebagai berikut:

Paket Tarif Lama Tarif Baru Termasuk PPN 10%
Ponsel Rp 49.000 Rp 54.000
Dasar Rp 109.000 Rp 120.000
Standar Rp 139.000 Rp 153.000
Premium Rp 169.000 Rp 186.000

Netflix dalam pernyataan resminya awal Agustus silam mengatakan pemerintah Indonesia mengenakan PPN untuk layanan digital termasuk Netflix. Pelanggan baru langsung dikenakan tarif baru sejak awal Agustus. Pelanggan lama, dikenakan harga langganan baru mulai 1 September 2020.

"Pada pelanggan lama penyesuaian tarif ini akan diberlakukan pada tagihan selanjutnya (bulan September). Informasi terkait perubahan biaya ini juga sudah mulai kami sampaikan ke anggota lama kami," ungkap juru bicara Netflix.

Simak Video "Fix! Tarif Langganan Netflix Naik Mulai Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/32FNJqL
via IFTTT

Rahasia Jadi Engineer Andal di Startup

Jakarta -

Profesi engineer di startup jadi dambaan banyak anak muda belakang ini. Bila kamu salah satunya, nah ini ada rahasia untuk jadi engineer andal di perusahaan rintisan.

Gilang Kusuma Jadi, Engineering Manager Tokopedia, mengatakan ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang engineer. Paling utama adalah bahasa pemprograman, namun ada keahlian lain yang tak kalah pentingnya.

"Seorang engineer sebaiknya punya kemampuan komunikasi yang baik akan mempermudah proses kolaborasi dengan seluruh stakeholder. Selain itu Seorang engineer juga harus memiliki product sense terkait dengan fitur yang sedang dibutuhkan masyarakat," kata Gilang.

Dari KRL hingga Bos Engineer Tokopedia

Sudah lebih dari setahun Gilang bergabung di Tokopedia. Sebelum itu dia sempat meluncurkan aplikasi untuk para pengguna KRL.

Ketertarikan Gilang terhadap teknologi muncul sejak SMA. Ia kemudian melanjutkan studi di jurusan Teknik Informatika STT Telkom. Gilang mendalami software engineering setelah 2,5 tahun menjadi dosen saat melanjutkan pendidikan magister di Universitas Indonesia.

"Saya percaya teknologi dapat mempermudah kehidupan masyarakat. Dengan mendalami software engineering, saya berharap bisa terus menciptakan produk bermanfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Pada Agustus 2016, Gilang meluncurkan aplikasi Jakarta City Line untuk para pengguna KRL. Ia kemudian bergabung dengan Tokopedia sejak Maret 2019 sebagai Engineering Manager untuk aplikasi Mitra Tokopedia.

Gilang bertanggung jawab atas pengembangan produk, proses, tim dan tujuan tim. Sejumlah inovasi dibuat oleh Gilang dan tim.

Salah satu yang dihasilkan adalah fitur Grosir yang mempermudah pelaku usaha tradisional, dalam hal ini pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis, membeli stok untuk toko offline-nya.

Ada juga fitur yang bisa membuat pelaku usaha tradisional menambah pendapatan dengan berjualan produk digital, seperti Pulsa, Paket Data, pembayaran listrik, air, BPJS dan lain-lain, serta fitur Poin Hadiah yang memungkinkan pengguna menukarkan poin hasil transaksi dengan emas untuk berinvestasi.

Berkat inovasi tersebut, antusiasme pengguna Mitra Tokopedia pun terus meningkat. Hingga Juni 2020, aplikasi ini telah digunakan oleh jutaan pelaku usaha tradisional untuk melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Jumlah transaksi produk digital melalui Mitra Tokopedia juga mengalami kenaikan signifikan selama periode pandemi dibandingkan periode sebelumnya.

Perkembangan signifikan ini tentu harus diimbangi dengan pertumbuhan jumlah talenta digital yang berkualitas. Saat ini, Gilang memimpin 21 engineer yang dikhususkan untuk mengembangkan Mitra Tokopedia.

"Kami terus berupaya memastikan platform Mitra Tokopedia dapat digunakan dengan sangat mudah dan praktis sehingga dapat membantu meningkatkan penjualan para pelaku usaha tradisional," tutupnya.

Simak Video "Tokopedia Jawab Soal Kebocoran 15 Juta Data Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3gJP5WG
via IFTTT

So Sweet! Ini Cara Bill Gates Rayakan Ultah Sahabatnya

Jakarta -

Bill Gates baru saja memposting sebuah video penghormatan yang begitu manis di akun media sosialnya. Video tersebut ditujukan untuk sahabatnya Warren Buffett yang tengah merayakan ulang tahunnya ke-90.

Diiringi instrumen You Got A Friend dari Randy Newman, Gates membuat kue Oreo yang terlihat begitu lezat lengkap dengan gambar wajah Buffett di atasnya yang dibuat dari taburan lapisan gula cokelat.

Di akhir video yang berdurasi 60 detik itu, suami Melinda Gates itu memotong kue tersebut dan meletakannya di piring. Lalu diletakkannya di dekat tulisan Selamat Ulang Tahun ke-90 Warren yang dibuat dari taburan Oreo yang dihaluskan.

Dilansir dari CNN, Buffett memang diketahui penggila makanan manis. Pada 2016, Gates pernah mengisahkan sebuah cerita di blognya soal bagaimana dia memergoki Buffet memakan favoritnya untuk sarapan, yakni Oreo.

"Satu hal yang mengejutkan untuk mengetahui tentang Warren adalah bahwa pada dasarnya dia tetap makan apa yang dia suka ketika berusia enam tahun," tulis Gates. "Saya ingat salah satu kali pertama dia tinggal di rumah kami dan dia membuka paket Oreo untuk sarapan. Anak-anak kami segera meminta yang sama. Dia mungkin memberikan contoh yang buruk kepada orang muda, tapi itu adalah pola makan yang entah bagaimana bekerja untuknya."

Karenanya kue menjadi penghargaan khusus untuk persahabatan Gates dan Buffett. Untuk diketahui keduanya pertama kali bertemu di rumah peristirahatan keluarga Gates di Hood Canal, Washington. Kala itu ibu Gates mengundang Buffett untuk berkunjung.

Gates, dalam sebuah posting blognya, mengatakan dia enggan pada awalnya, tetapi Buffett menghujani dia dengan pertanyaan cerdas tentang masa depan Microsoft yang menurut Gates tidak pernah dia temui sebelumnya. Salah satunya bagaimana Microsoft dapat bersaing dengan IBM dari segi keahlian dan harga.

"Itu adalah persahabatan yang dalam sejak percakapan pertama kami," tulis Gates.

Bersama-sama, Gates dan Buffett memulai The Giving Pledge, sebuah gerakan filatropis dari orang-orang terkaya di dunia untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal. Kini sudah ada 200 penandatangan, termasuk Mark Zuckerberg, MacKenzie Bezos, Michael Bloomberg, Carl Icahn, Elon Musk, Stephen Schwarzman dan pendiri CNN Ted Turner.

The Gates Foundation, badan amal Bill dan Melinda Gates, menjadi salah satu pemegang saham terbesar perusahaan milik Buffet, Berkshire Hathaway, pada tahun 2018. Gates meninggalkan dewan Berkshire pada tahun 2020, untuk fokus pada filantropinya.

Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lFtgLJ
via IFTTT

Ingin Sukses Dapat Jodoh? Coba Ganti Pakai iPhone

Jakarta -

Sudah lama berkeliling di aplikasi kencan, tapi profil kalian jarang diintip orang lain? Jangan-jangan ponsel yang kalian gunakan yang jadi penyebabnya.

Studi terbaru yang dilakukan oleh CompareMyMobile menemukan, bahwa jenis ponsel yang dipamerkan di profil kencan bisa membuat kalian terlihat menarik atau tidak di depan pengguna lain. Tidak mengherankan juga bahwa profil yang paling menarik adalah mereka yang memamerkan produk Apple.

Studi ini menganalisa 50.000 'swipes' dan kecocokan di aplikasi kencan yang populer di 15 kota besar di seluruh dunia. Profil-profil ini dibuat identik dengan perbedaan satu-satunya terlihat dari merek ponsel yang digunakan.

Dikutip detikINET dari Android Authority, Minggu (30/8/2020) pengguna aplikasi kencan yang menampilkan iPhone di profilnya memiliki 76% kemungkinan mendapat 'swipe right' dari pengguna lain.

Produk Apple lainnya juga bisa menambah kemungkinan kecocokan dengan pengguna lain, seperti 'iWatch' dan 'EarPods' yang masing-masing bisa meningkatkan ketertarikan hingga 61% dan 41%.

Pengguna ponsel Android memiliki nasib yang kurang beruntung dibanding pengguna iPhone. Satu-satunya vendor yang mencatat skor positif hanya Samsung yang bisa meningkatkan kemungkinan 'swipe right' hingga 19%.

Pengguna yang menampilkan ponsel Google Pixel di profilnya justru melihat kemungkinannya menurun hingga 10% untuk cocok dengan pengguna lain. Begitu juga dengan pengguna Sony, Huawei dan OnePlus yang bisa mengurangi peluang cocok dengan pengguna lain hingga 14%, 23% dan 30%.

Tapi, ada satu vendor yang bernasib paling malang, yaitu BlackBerry. Meski ponsel BlackBerry yang terakhir meluncur sudah menggunakan Android, sepertinya logo mereka yang membuat pengguna lain jadi kurang sreg saat melihat profil kalian.

CompareMyMobile menemukan pengguna yang memamerkan ponsel BlackBerry bisa menurunkan kans mendapat jodoh di aplikasi kencan hingga 74%. Jadi pengguna BlackBerry memiliki nasib yang berbanding terbalik dengan pengguna iPhone.

Bagaimana menurut kalian detikers, apa kalian tipe orang yang melihat ponsel yang digunakan sebelum memilih teman di aplikasi kencan?

Simak Video "Tertunda, iPhone 12 Belum Akan Dijual September 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/32IuvAO
via IFTTT

Dari Suara Smartphone Bisa Menggandakan Kunci Rumah

Jakarta -

Kita semua tahu bahwa kunci dapat dikloning atau digandakan sebagai cadangan apabila salah satu hilang. Dan biasanya untuk mendapatkan kunci cadangan ini kita harus pergi ke pembuatan cetakan kunci.

Nah, dengan teknologi yang makin canggih kini ada cara yang lebih mudah untuk menggandakan kunci yang berhasil ditemukan oleh para peneliti di National University of Singapore.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, mereka mengatakan telah membuat program degan memanfaatkan cara kerja mikrofon dari smarpthone untuk dapat mengkloning kunci.

Cara kerjanya adalah saat pengguna memasukkan kunci ke dalam lubang kunci pintu, maka mikrofon smarpthone akan menangkap suara yang dihasilkan oleh kunci pintu saat bagian kunci bergerak.

Kemudian diinterpretasikan oleh aplikasi untuk mengetahui pola di pinggiran kunci pengguna, dan kemudian menghasilkan satu set kunci yang mirip dengan kunci yang pengguna gunakan.

"Rata-rata, SpiKey mampu menyediakan 5,10 kunci kandidat dari 330.424 kunci, dengan 3 kunci kandidat menjadi yang paling berpeluang," jelas para peneliti.

Para peneliti juga mencari potensi untuk mengeksploitasi sistem bel pintu pintar, di mana alih-alih menggunakan mikrofon smartphone, mereka juga dapat menggunakan mikrofon dari sistem bel pintu pintar untuk menangkap suara juga.

Simak Video "Banyak Jalan Menuju Sehat Hanya Dari Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/vmp)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31E0DGE
via IFTTT

Tribut untuk Chadwick Boseman Jadi Tweet yang Paling Disukai

Jakarta -

Kepergian Chadwick Boseman, aktor pemeran Black Panther, untuk selamanya mengejutkan netizen di seluruh dunia. Cuitan yang mengumumkan kematian Boseman pun menjadi tweet yang paling disukai sepanjang masa.

Berdasarkan pantauan detikINET, saat ini cuitan tersebut telah disukai enam juta kali dan di-retweet dua juta kali. Hal ini diumumkan langsung oleh Twitter yang membalas cuitan yang diunggah oleh akun milik Boseman.

"Tweet paling disukai yang pernah ada. Sebuah penghargaan yang cocok untuk seorang Raja #WakandaForever," tulis Twitter dalam pengumumannya seperti dikutip detikINET dari Cnet, Minggu (30/8/2020).

Cuitan yang mengumumkan kepergian Boseman diunggah pada Jumat (28/8) pukul 19.11 waktu Amerika bagian barat. Cuitan tersebut berisi foto Boseman sedang tersenyum lebar dan ditemani dengan keterangan resmi dari keluarganya yang mengumumkan bahwa pemeran King T'Challa ini meninggal dunia setelah bertarung melawan kanker selama empat tahun.

Boseman menghembuskan nafas terakhirnya di usia 43 tahun. Jelang kematiannya, dia ditemani sang istri tercinta serta keluarga dekatnya di kediaman pribadinya yang berada di Los Angeles, AS.

Rekor enam juta likes ini mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yang dipegang oleh mantan presiden AS Barack Obama. Cuitan yang diunggah Obama di tahun 2017 memiliki 4,3 juta likes.

Twitter tidak memberikan statistik lain terkait tribut untuk Boseman. Tapi Black Panther sendiri menjadi film yang paling banyak diomongkan di Twitter pada tahun 2018.

Selain itu Twitter juga berencana untuk mengembalikan emoji #BlackPanther mengingat banyak penggemar film ini yang ingin mengadakan nonton bareng dan mengenang aksi Boseman.

Simak Video "Perjalanan Karier Chadwick Boseman di Dunia Hiburan"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jrpJ1n
via IFTTT

Ribuan Orang di London Demo Anti Vaksin dan Lockdown COVID-19

Jakarta -

Ribuan demonstran dari penjuru Inggris berkumpul di Trafalgar Square, London, Sabtu (29/8) siang. Mereka memprotes kebijakan lockdown dan vaksinasi massal untuk mengatasi virus Corona.

Unjuk rasa ini diikuti oleh banyak kelompok, termasuk mereka yang skeptis akan virus Corona, pengikut teori konspirasi 5G dan kelompok anti vaksin. Massa yang kebanyakan tidak mengenakan masker juga terlihat membawa spanduk yang menyerang WHO dan Bill Gates.

Dikutip detikINET dari The Guardian, Minggu (30/8/2020) unjuk rasa ini mendesak pemerintah Inggris untuk menghentikan pembatasan bepergian dan aturan yang mewajibkan penggunaan masker. Beberapa spanduk juga menyebut virus Corona sebagai hoax dan penipuan.

Beberapa tokoh juga sempat berbicara di event ini, termasuk Piers Corbyn yang merupakan saudara mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, jurnalis kesehatan Dr Vernon Coleman dan penggiat teori konspirasi David Icke.

Sehari sebelum protes, kepada The Guardian, Corbyn mengatakan, beberapa kelompok telah bergabung untuk mengikuti demonstrasi ini.

"Soal apakah Anda percaya bahwa virus ini hoax atau tidak, apa yang terjadi sekarang ini kurang dari atau sama dengan flu biasa, jadi lockdown dan semua yang menyertainya tidak bisa dibenarkan," kata Corbyn.

"Kami menyerukan kepada anggota parlemen untuk menolak pembaruan Covid Act, dan jika tidak, kami akan berkampanye agar mereka dicopot dari jabatannya," sambungnya.

Salah satu demonstran yang mengikuti unjuk rasa anti vaksin virus Corona ini adalah Amina. Ia membawa spanduk yang bertuliskan 'Biarkan makanan menjadi obat kalian' di satu sisi dan 'Kesehatan tidak datang dari ujung jarum' di sisi lainnya.

Amina mengatakan ia tidak mempercayai vaksin dan membagikan beberapa contoh penggunaan vaksin di negara berkembang yang ia klaim menyebabkan celaka dalam skala besar.

"Jika kalian mau mendapat keuntungan dari kesehatan saya, maka bukan kesehatan saya yang penting bagi kalian," kata Amina

Mirisnya, demonstrasi ribuang orang ini berjalan di saat kasus kematian akibat COVID-19 di Inggris sudah menembus angka 40 ribu. Netizen Inggris yang kecewa melihat demonstrasi ini langsung meramaikan tagar #COVIDIOTS di Twitter.

Demonstrasi yang dilakukan di London ini mengikuti event yang terjadi di Berlin, Jerman di mana 18.000 orang yang skeptis terhadap virus Corona berkumpul di Brandenburg Gate. Event ini akhirnya dibubarkan oleh polisi karena demonstran tidak mematuhi aturan social distancing.

Simak Video "Ratusan Juta Vaksin Virus Corona Diprediksi Siap Akhir 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lxH4aH
via IFTTT

Kampanye Semua Rp 1 ShopeePay, Bikin Belanja Puas Tetap Cuan

Jakarta -

Melalui kampanye 'Semua Rp 1', ShopeePay berupaya meningkatkan penetrasi adopsi transaksi digital di Indonesia. Dalam kampanye tersebut, ShopeePay menyediakan beragam voucher potongan harga di sejumlah merchant.

Kampanye Semua Rp 1 diselenggarakan untuk mengiringi peluncuran resmi ShopeePay pada Selasa (25/8/2020). Kampanye dibuat agar masyarakat lebih antusias bertransaksi digital secara efisien, aman, dan nyaman.

Pengguna ShopeePay dapat membeli voucher-voucher potongan harga di merchant terafiliasi seharga Rp 1. Ada beragam pilihan voucher merchant baik itu restoran, kedai kopi, toko retail, fashion, dan lainnya.

Penawaran dalam program Semua Rp 1 dapat diakses pengguna di fitur Deals Sekitarmu di aplikasi Shopee dan fitur O2O (Online to Offline) ShopeePay. Pengguna akan menemukan daftar voucher potongan harga dari merchant yang ada di sekitar lokasinya.

Dalam menyelenggarakan kampanye tersebut, ShopeePay menggandeng sederet merchant ternama, antara lain McDonald's, Burger King, Excelso, Kopi Kenangan, Alfamart, Superindo, Ramayana, dan sejumlah merchant lainnya.

"Dengan diluncurkannya ShopeePay, kami berkomitmen untuk senantiasa berkontribusi secara aktif terhadap pertumbuhan e-commerce dan e-payment, yang memiliki peran kuat dalam menggerakkan perekonomian negara, terutama di masa pandemi saat ini. Sejalan dengan

upaya kami dalam merevitalisasi perekonomian digital Indonesia, ShopeePay memiliki visi
untuk mewujudkan dan mempercepat inklusi keuangan di Indonesia," ujar Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari dalam keterangan tertulis.

Kampanye Semua Rp 1 berlangsung selama empat minggu mulai 18 Agustus - 9 September 2020. Ada satu tema yang diangkat setiap minggunya, meliputi 'Makan', 'Jajan', 'Belanja', dan 'Semua'.

Beragam voucher tersebut memberikan keleluasaan bagi pengguna ShopeePay untuk menikmati makanan dan jajanan favorit bersama orang-orang terdekat, juga berhemat dalam belanja bulanan. Apalagi, periode kampanye Semua Rp 1 berlangsung di akhir dan awal bulan, yang notabene waktu yang sering digunakan masyarakat untuk bertransaksi selepas gajian.

Di samping itu, pola pembayaran non-tunai juga membuat transaksi lebih aman, karena meminimalisir kontak langsung antara konsumen dengan petugas merchant.

Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3gJQ498
via IFTTT

Pengakuan Jack Ma yang Merasa Cuma Orang Bodoh

Jakarta -

Jack Ma, sang pendiri raksasa e-commerce Alibaba yang kini sudah pensiun, dikenal rendah hati setidaknya di hadapan publik. Manusia dengan kekayaan USD 52 miliar ini tak sungkan menceritakan kegagalan dalam hidupnya ataupun kebodohannya.

Berikut beberapa kalimat 'menghina' diri sendiri yang pernah dilontarkan orang terkaya China dan Asia ini, seperti dihimpun dari berbagai sumber:

- Bahkan sampai hari ini, aku masih tak memahami apa itu coding, aku masih tidak memahami teknologi di balik internet.

- Aku pria yang sangat sederhana, aku tidak pintar. Setiap orang berpikir Jack Ma itu orang yang sangat pandai. Tampangku mungkin pintar tapi otakku sangat bodoh.

- Kesalahan terbesarku adalah menciptakan Alibaba. Aku tak pernah mengira ini akan mengubah hidupku. Aku hanya coba melakukan bisnis kecil-kecilan dan tumbuh sedemikian besar, ada tanggung jawab dan masalah besar. Setiap hari malah jadi sibuk seperti presiden. Dan kemudian aku kehilangan hidupku.

- Jika aku punya kehidupan lagi, aku tak akan pernah melakukan bisnis seperti ini lagi. Aku akan menjadi diriku sendiri, aku ingin menikmati hidupku.

- Aku tidak pandai Matematika, aku tidak pernah belajar manajemen dan masih gagap membaca laporan akuntansi.

- Ada ujian bagi anak muda untuk masuk ke universitas. Aku gagal tiga kali. Aku memang banyak gagal. Aku mendaftar 30 pekerjaan dan ditolak semua. Aku pernah melamar jadi polisi dan dibilang kamu kurang bagus.

- Aku bahkan melamar ke KFC ketika mereka buka di kotaku. Ada 24 orang yang melamar pekerjaan di sana. 23 orang diterima. Akulah satu-satunya yang gagal.

- Aku bukan seorang tech guy. Aku melihat teknologi dari mata konsumenku, mata orang normal. Aku tak tahu apapun soal teknologi.

Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2YLcX65
via IFTTT

Trump Janji Segera Hancurkan Virus Corona

Washington -

Pandemi Corona menjadi salah satu topik panas yang dibahas menjelang Pemilihan Presiden Amerika Serikat November mendatang. Petahana Donald Trump yang jadi sasaran kritik lantaran banyaknya penderita dan kasus kematian akibat virus Corona berjanji bakal menghancurkannya.

Jika terpilih lagi menjadi presiden yang berarti mengalahkan kandidat Partai Demokrat, Joe Biden, Trump mengklaim bakal mengalahkan virus Corona dengan bantuan vaksin.

"Kita akan punya vaksin yang efektif dan aman tahun ini dan bersama-sama kita akan menghancurkan virus ini," katanya dalam pidato konvensi nasional Partai Republik di Gedung Putih, seperti dikutip detikINET dari Government Executive.

Vaksin Corona menurutnya dapat diproduksi dalam waktu cepat karena kepandaian orang Amerika. "Kita menyusun kegeniusan ilmiah Amerika untuk memproduksi sebuah vaksin dalam rekor waktu," cetus Donald Trump.

"Dalam Operation Warp Speed, kita punya tiga vaksin berbeda di tahap trial final saat ini, bertahun-tahun di depan jaraknya daripada yang pernah dicapai sebelumnya. Kita memproduksinya di muka, sehingga jutaan dosis akan cepat tersedia," papar Trump lagi.

Sebelumnya, Trump juga sesumbar vaksin Corona tersedia tahun ini walau banyak yang skeptis. Pemerintah AS sebenarnya mencanangkan target vaksin Corona diberikan untuk warga pada akhir tahun 2020 atau awal 2021. Namun menyebut ada kemungkinan vaksin Corona tersedia lebih cepat.

"Kami menyeimbangkan antara kecepatan dan keamanan dan kami dalam jalur untuk memiliki sebuah vaksin tersedia tahun ini, mungkin saja jauh lebih awal daripada akhir tahun," kata dia pada awal Agustus.

"Dan kami memproduksi massal kandidat yang paling menjanjikan dahulu sehingga kami sudah siap saat disetujui. Militer kami sudah siaga, ini semua tentang logistik," tambahnya.

Trump menyebut kandidat vaksin Corona menjanjikan dari perusahaan farmasi Pfizer dan Moderna, yang sudah melangsungkan uji coba skala besar pada manusia. Keduanya memakai metode vaksin molekul mRNA, yang diharapkan memicu respons imun tubuh untuk melawan Corona.

"Mereka-mereka ini merupakan perusahaan yang tidak saja terkenal, tapi juga sangat dihormati," tambah Donald Trump saat itu.

Simak Video "Trump Naturalisasi 5 WNA, 1 di Antaranya Kulit Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3bahrrG
via IFTTT

Netizen Muda Risih Sama Chat yang Pakai Tanda Baca Ini

Jakarta -

Seperti apa gaya berkomunikasi kalian secara digital lewat chat atau email? Apapun itu, mungkin kalian setuju dengan fakta menarik tentang tanda baca yang satu ini.

Netizen yang lebih tua mungkin menganggap tanda titik sangat penting untuk menandai akhir kalimat. Tapi generasi digital native yang lebih muda, menganggap tanda titik di akhir kalimat tidak penting dan malah membuat risih.

Dikutip dari New York Post, perbincangan terkait tanda baca muncul di media sosial baru-baru ini. Para digital native seperti Gen Z dan milenial menganggap bahwa mengakhiri kalimat dengan tanda titik sangat tidak keren, bahkan terkesan tidak ramah.

"Cuma orang-orang tua atau bermasalah yang menaruh titik di akhir kalimat," kata Victoria Turk dalam bukunya mengenai etiket digital berjudul 'Kill Reply All.'

Generasi yang lebih muda, menganggap bahwa mengirim chat atau teks berarti mengirimkan isi pikiran dengan lengkap, sehingga tanda titik dirasa tidak perlu dan terkesan terlalu final.

"Dalam percakapan pesan instant, tanda titik tidak diperlukan. Jika sudah menyampaikan pemikiran kalian, apa fungsi tanda titik? Akibatnya, menggunakan titik dalam pesan instant jadi terlihat tegas, dan dapat berkesan seolah-olah kalian galak atau sedang kesal," kata Turk lagi.

Dia mencontohkan, perbedaan nada pesan yang ditulis dengan 'Lucu banget' (tanpa titik) dengan 'Lucu banget.' (dengan titik) sekilas mungkin biasa saja. Tapi kalimat terakhir (yang pakai titik) akan dirasa sebagian pengguna pesan instant terkesan tidak menyenangkan dan tidak perlu.

Selain itu, media sosial menambah sentimen ini gara-gara tulisan kolumnis Guardian, Rhiannon Lucy Cosslett.

"Hai orang-orang yang lebih tua, kalian sadar tidak sih kalau mengakhiri kalimat dengan tanda titik di chat atau email dianggap tidak ramah oleh anak muda?," tulisnya.

Terlepas dari pernyataan ini memunculkan pro dan kontra terkait usia, argumen Cosslett ternyata ada benarnya. Dalam sebuah studi di 2015 terhadap 126 mahasiswa, para peneliti di Binghamton University menemukan bahwa chat yang diakhiri dengan titik dianggap tidak tulus.

"Pesan digital punya kekurangan tidak adanya isyarat sosial seperti jika bertemu langsung. Orang dengan mudah menyampaikan informasi lewat tatapan mata, ekspresi wajah, nada suara, jeda, dan sebagainya," kata ketua penelitian Celia Klin.

"Kita jelas tidak dapat menggunakan cara ini saat berkirim chat atau pesan. Oleh karena itu, masuk akal jika pengirim teks mengandalkan apa yang tersedia bagi mereka, mulai dari emoticon, kesalahan ejaan yang disengaja untuk meniru suara ucapan, dan tentunya tanda baca," sambungnya.

Klin punya pendapat lain mengenai interpretasi baru tanda titik yang digunakan dengan sengaja, yakni untuk efek pesan bernada komedi, atau penekanan.

"Tanda titik dapat ditempatkan dengan sengaja untuk menambahkan penekanan, termasuk memberi titik yang diperlukan di antara setiap kata," simpulnya.

Simak Video "Cegah Karhutla, Polda Jambi Luncurkan 'Asap Digital'"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34Kf25R
via IFTTT

Chadwick Boseman 'Black Phanter' Meninggal, Wakanda Berduka

Jakarta -

Chadwick Boseman, aktor pemeran Black Panther, meninggal dunia. Mendengar kabar tersebut netizen pengemar 'sang pemimpin Wakanda' itu berduka, ungkapan rasa sedih pun deras mengalir di linimasa.

Boseman menghembuskan nafas terakhirnya di usia 43 tahun. Jelang kematiannya, dia ditemani sang istri tercinta serta keluarga dekatnya di kediaman pribadinya yang berada di Los Angeles, AS.

Chadwick Boseman diketahui mengidap kanker usus besar sejak empat tahun yang lalu. Keluarganya mengatakan Boseman telah berjuang sampai titik penghabisan.

"Ia adalah pejuang sejati. Chadwick Boseman bertahan melalui itu semua dan memerankan berbagai karakter dalam film yang sangat Anda sukai," tulis keterangan keluarga

Karenanya kepergian pria menghidupkan karakter King T'Challa ini menorehkan duka mendalam bagi pencinta setia Wakanda.


Selamat jalan, Chadwick Boseman 'Black Panther'!

Simak Video "Breaking! Chadwick Boseman 'Black Panther' Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3b5btbP
via IFTTT

Jadi Orang Pertama Berduit USD 200 Miliar, Jeff Bezos Didemo

Washington -

Jeff Bezos mencatatkan rekor sebagai orang pertama di dunia yang tercatat memiliki harta tembus USD 200 miliar atau nyaris Rp 3.000 triliun. Akan tetapi tak semua senang, terutama karena cukup banyak pegawai Amazon, raksasa toko online milik Bezos, masih kekurangan.

Dikutip detikINET dari Business Insider, lebih dari 100 demonstran berkumpul di depan mansion mewah kediaman Bezos di Washington. Mereka bahkan membawa guillotine, perangkat hukuman mati. Intinya, mereka memprotes gaji pegawai Amazon yang terhitung kecil.

Terlihat mantan pegawai gudang Amazon, Christian Smalls, menyuarakan aspirasinya. Smalls yang memang sering mengkritik Amazon ini meminta agar perusahaan menaikkan upah dari USD 15 per jam menjadi USD 30 per jam.

"Berilah alasan yang bagus kenapa kami tidak pantas mendapatkan gaji minimum USD 30 ketika pria ini menghasilkan USD 4.000 per detik," katanya memberi ilustrasi.

Smalls sendiri telah dipecat dari pekerjaannya di gudang Amazon, kabarnya karena meminta Amazon lebih ketat dalam melindungi pegawai dalam masa pandemi Corona. Ia mengklaim diberhentikan setelah mengorganisir walk out para pekerja lain.

Sejak itulah, dia sering memimpin demonstrasi yang menyasar Jeff Bezos serta Amazon. Terlebih Amazon memang mendulang untung sangat besar seiring orang makin sering berbelanja online di tengah pandemi Corona.

Harta Bezos sendiri tercatat telah melonjak sekitar USD 85 miliar sejak bulan Januari. Ia makin jauh meninggalkan pesaing utamanya, Bill Gates, di ranking kedua masusia paling kaya di dunia.

Suara kritik atas begitu besarnya kekayaan Bezos juga banyak muncul di media sosial. "Kemarin, Jeff Bezos menjadi orang pertama yang bernilai USD 200 miliar. Sedangkan 30 juta rumah tangga tidak punya cukup makanan minggu ini. Pajaki saja orang kaya," cuit Robert Reich, profesor di University of California Berkeley.

Simak Video "Saham Tesla Melejit, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2DcVvQq
via IFTTT

Kantor Pusat Kominfo Lockdown 'Diserang' COVID-19

Jakarta -

Kantor pusat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) harus ditutup sementara waktu alias lockdown, setelah ada sejumlah pegawai yang dinyatakan COVID-19.

Penutupan kantor pusat Kominfo yang berada di jalan Medan Merdeka Barat diumumkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate pada hari ini, Jumat (28/8/2020).

Begini asal-mula kantor pusat Kominfo yang 'diserang' COVID-19 hingga berujung lockdown.

Kasus COVID-19 Terbaru Berujung Lockdown

Menkominfo Johnny menuturkan berdasarkan informasi yang diterimanya, ada temuan kasus COVID-19 baru di lingkungan Kominfo. Dilaporkan ada tujuh pegawai Kominfo yang dinyatakan positif virus Corona.

"Menurut informasi yang saya peroleh pagi ini ada 7 pejabat dan staf Kominfo yang dikonfirmasi positif. Mereka bekerja di gedung yang berbeda di lingkungan kantor Kominfo," ujarnya kepada detikINET.

Diketahui, di kantor pusat Kominfo ini terdapat tiga gedung dan semua gedung tersebut langsung disterilkan dengan penyemprotan disinfektan sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran COVID-19 di lingkungan Kominfo.

Dari temuan kasus pegawai Kominfo yang positif COVID-19 terbaru ini, membuat Kominfo menerapkan lockdown, yang mana kantor Kominfo itu ditutup sementara atau di-lockdown. Penutupan kantor Kominfo itu berlaku sampai tanggal 7 September 2020.

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lv3lWI
via IFTTT

Jack Ma Paling Suka Pakai Ponsel Ini

Jakarta -

Jack Ma adalah salah satu orang terkaya di dunia paling terkenal, karena kisah hidupnya maupun pidato-pidatonya yang menginspirasi. Namun pada dasarnya, ia adalah orang yang sangat privat, termasuk pula pasangan dan anak-anaknya. Berbagai hal pun bikin penasaran, termasuk apa ponsel yang ia gunakan.

Dari berbagai penampilannya di depan umum, sang pendiri Alibaba beberapa kali memakai ponsel. Dari situlah, dapat terungkap merek ponsel yang menjadi kesukaannya, yaitu iPhone dari Apple.

Jack MaJack Ma menggunakan iPhone terbaru. Foto: istimewa

Pada tahun 2019 silam, dalam foto yang bertebaran di forum online di China, terlihat jelas saat Jack Ma sedang memegang ponsel iPhone 11 Pro Max, saat dia sedang menghadiri sebuah perhelatan di kota Zhejiang. Mungkin ia tengah menjepret foto dengan generasi baru ponsel itu.

Bukan kali ini saja Jack Ma menggunakan iPhone terbaru. Di masa silam, ia pernah kedapatan menggunakan iPhone 5S, iPhone 6 serta iPhone 8 Plus. Sehingga disimpulkan bahwa iPhone merupakan salah satu merek ponsel kesenangannya.

Jack MaJack Ma di masa silam juga memakai iPhone. Foto: istimewa

Ma yang telah pensiun dari Alibaba tahun silam dan sekarang mulai giat bergelut di bidang filantrofi ini mungkin menggunakan iPhone untuk alasan kepraktisan dan selain itu, dikenal mudah digunakan. Itu lantaran ia pernah mengaku tidak begitu pintar soal hal-hal teknis.

"Bahkan sampai hari ini, aku masih tak memahami apa itu coding, aku masih tidak memahami teknologi di balik internet," kata Jack Ma suatu ketika.

"Aku pria yang sangat sederhana, aku tidak pintar. Setiap orang berpikir Jack Ma itu orang yang sangat pandai. Tampangku mungkin pintar tapi otakku sangat bodoh," kalimat itu juga pernah Jack Ma katakan.

Simak Video "Pembelaan Jack Ma soal Bill Gates yang Diserang Konspirasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3lszYo3
via IFTTT

Elon Musk Masuk Geng Harta Sultan Bareng Bill Gates Dkk

San Francisco -

Elon Musk kini bergabung dalam daftar elit orang-orang terkaya di dunia, yaitu mereka yang kekayaannya telah tembus USD 100 miliar. Menurut Bloomberg Billionaires Index, saat ini kekayaan bos Tesla dan SpaceX itu telah mencapai USD 105 miliar.

Maka, jadilah ia satu geng dengan kelompok centibillionaire, bersama pemilik Amazon Jeff Bezos, pendiri Microsoft Bill Gates, serta Mark Zuckerberg. Nama yang disebut terakhir juga belum lama masuk kalangan super kaya ini. Di luar jagat teknologi, konglomerat fashion Bernard Arnault juga masuk daftar centibillionaire.

Harta Musk memang sangat melesat tahun ini, terutama dipicu oleh meroketnya harga saham Tesla. Tesla telah menjadi perusahaan otomotif paling bernilai, di mana investor mengerubungi mereka terkait penjualan yang terus moncer walaupun pandemi Corona melanda.

Pada tahun ini, dikutip detikINET dari LAdbible, kekayaan Elon Musk meningkat lebih dari USD 70 miliar. Ia pun menempati ranking lima besar manusia paling berharta sejagat setelah sebelumnya berada di posisi 20-an.

Namun demikian dengan kekayaan USD 105 miliar itu, Musk masih begitu jauh jaraknya dengan Jeff Bezos. Pria berkepala pelontos itu makin tak terkejar dengan harta sudah tembus USD 200 miliar, merupakan manusia pertama di dunia yang pernah mencapainya.

Di tengah pandemi Corona, kekayaan manusia-manusia paling tajir malah terus bertambah, tak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Menurut Bloomberg, harta 500 orang terkaya di dunia tahun ini total sudah bertambah lebih dari USD 800 miliar.

Beberapa hal jadi alasannya, misalnya pandemi membuat layanan digital semacam Facebook, Amazon ataupun Microsoft makin diminati. Namun demikian, tentu tak sedikit yang merasakan kesenjangan semakin besar. Senator Bernie Sanders bahkan menyarankan agar mereka dikenai pajak besar.

"Kita tidak bisa terus mengizinkan orang kaya seperti Jeff Bezos dan Elon Musk untuk menjadi sedemikian kayanya di saat jutaan orang Amerika terancam diusir dari rumahnya, kelaparan dan putus asa. Ini adalah waktunya mengubah prioritas nasional kita," kata Sanders.

Simak Video "Saham Tesla Melejit, Elon Musk Jadi Orang Terkaya Keempat Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jsClFH
via IFTTT

Pocong Masuk Trending, Ternyata Video Seram Ini Asal Mulanya

Jakarta -

Pocong masuk trending topic hari ini di Twitter. Ternyata, ini ramai setelah akun @Chynnob_ membagikan sebuah video yang diduga mirip bayangan pocong terbang.

Percaya tidak percaya, tapi setelah menyaksikannya banyak netizen yang bergidik ngeri. Total ada 4 ribu retweets juga comments dan 10.600 ribu likes yang menyambangi tweet tersebut.

"Sejak kapan pocong terbang bukan loncat:)" tulis seorang netizen.

Bukannya yang asli emang terbang/melayang ya, kalo manusia cosplay difilm horror baru lompat," sahut yang lain.

Setelah video ini viral, usut punya usut, ada yang mengaku bahwa video tersebut diambil di kampungnya dan ternyata sosok itu bukanlah mahluk halus melainkan orang yang sedang naik motor dan melintas.

Namun ternyata klaim ini dilakukan oleh orang lain dengan mengatakan sosok dengan kain putih itu adalah seorang warga yang lewat sembari menggaruk kepala.

Isengnya lagi, ada juga yang malah membagikan video horor lainnya dibalas cuitan.


Haduh bikin merinding saja ya, detikers, malam-malam begini. Kalau menurut kalian ini apa? Apakah benar pocong atau hanya orang yang sedang lewat, ayo ditunggu komentarnya.

Klik di sini kalau mau tahu soal video viral lainnya.

Simak Video "Uniknya Pocong Gaul, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2G6MYj4
via IFTTT

Sudah 30 Pegawai Kominfo Positif COVID-19 Sejak Maret

Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan ada tujuh pegawainya yang positif COVID-19. Sementara bila ditarik sejak Maret 2020 hingga hari ini, Jumat (28/8/2020) terhitung ada 30 orang pegawai Kominfo yang terpapar virus Corona.

Hal itu diungkapkan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate kepada detikINET. Kendati begitu, dari 30 kasus COVID-19 di lingkungan Kominfo ini, tidak satupun pegawai yang meninggal gegara virus yang menyerang sistem pernafasan itu.

"Sejak Maret 2020 sampai dengan sore hari ini, 28 Agustus 2020, tercatat 30 orang pejabat dan staf Kominfo positif COVID-19, di antaranya 17 orang sembuh dan 13 orang sedang dalam proses penyembuhan," ujar Johnny.

Angka yang disampaikan Menkominfo ini termasuk kejadian terbaru dengan 7 pegawai Kominfo positif COVID-19. Akibat kasus terbaru ini, kantor Kementerian Kominfo yang berada di Jalan Merdeka Barat No 9, Jakarta Pusat, itu ditutup untuk sementara alias lockdown dan dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Kami berharap dan mendoakan agar case fatality tetap nol persen," ucap Johnny.

Penutupan kantor Kominfo berlangsung sampai 7 September 2020. Selama itu pula, pegawai Kominfo, tak terkecuali Menkominfo, menerapkan kerja dari rumah atau work from home. Diberlakukan, work from home tersebut diharapkan dapat meminimalisir penularan COVID-19 di lingkungan Kominfo.

"Demi preventif, pejabat dan staff work from home," pungkasnya.

Simak Video "30 Pegawainya Positif COVID-19, Kantor Kominfo Disterilkan"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34Iq0Jq
via IFTTT

Kantor Kominfo Lockdown, Menkominfo: Work From Wichan

Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate harus 'mengungsi' untuk sementara, setelah kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di-lockdown karena ada pegawai yang positif COVID-19.

Menkominfo beserta pegawai Kominfo lainnya juga menerapkan work from home. Khusus untuk Johnny, artinya ia kerja di rumah dinas menteri yang beralamatkan di Jl Widya Chandra, Jakarta Pusat.

"Work from home dan work from Wichand (widya chandra-red)," ujar Menkominfo kepada detikINET, Jumat (28/8/2020).

Johnny menjelaskan bahwa penerapan work from home bagi para pegawai dan pejabat Kominfo ini, sebagai langkah preventif kepada mereka agar tidak turut tertular COVID-19. Saat ini, kantor Kominfo yang berlamatkan di Jalan Merdeka Barat No.9, Jakarta Pusat, disemprot disinfektan.

"Menurut informasi yang saya peroleh pagi ini ada 7 pejabat dan staf Kominfo yang dikonfirmasi positif. Mereka bekerja di gedung yang berbeda di lingkungan kantor Kominfo," ujar Menkominfo.

Menkominfo Johnny mengungkapkan dirinya memang melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara reguler. Yang terakhir menunjukkan negatif COVID-19 berdasarkan hasil PCR.

Adapun penerapan lockdown berlaku sampai 7 September 2020, yang mana ketika itu pegawai Kominfo bisa beraktivitas seperti biasanya lagi, tapi tetap dengan prosedur kesehatan.

Simak Video "Divonis Bersalah oleh PTUN, Ini Respons Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3b30vUd
via IFTTT

Drone Emprit: Popularitas Tilik Alami, Jejak Khilafah Ketahuan Pakai Bot

Jakarta -

Dalam dua minggu ini, media sosial ramai membahas dua film, yaitu Tilik dan Jejak Khilafah. Namun cuma 1 yang populer dibantu rekayasa.

Film Tilik meluncur di Youtube pada tanggal 17 Agustus 2020, berkisah tentang obrolan ibu-ibu dan karakter Bu Tejo. Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN) meluncur pada 20 Agustus 2020, berkisah tentang hubungan khilafah di Mesir dan Turki di Nusantara.

Dua-duanya viral dan jadi trending topic di Twitter. Namun, mana yang benar-benar menjadi perhatian dan mempengaruhi masyarakat?

"Kalau JKDN dari awal sudah dikondisikan. Dan dicek, itu bot. Kalau Tilik itu natural," kata founder Drone Emprit, Ismail Fahmi kepada detikINET, Jumat (28/8/2020).

Ismail Fahmi rupanya punya data untuk mengatakan itu dan dipaparkan di Twitter. Dia melakukan analisa tren dalam 2 minggu terakhir. Percakapan tentang JKDN sudah masif bahkan sejak sebelum peluncuran film. Puncak kampanye adalah tanggal 18 Agustus dan lalu puncak popularitas tanggal 20 Agustus.

Analisa Drone Emprit Tilik VS Jejak KhilafahGrafik popularitas Tilik (biru) dan Jejak Khilafah (hijau) (@ismailfahmi/Twitter)

Sedangkan, Tilik tidak ada kampanye apa-apa sebelumnya. Film ini dirilis biasa saja tanggal 17 Agustus lalu ditangkap para kritikus film dan menjadi viral mulai tanggal 20 Agustus.

Tilik mulai menyalip popularitas JKDN mulai tanggal 21 Agustus 2020 dan sampai sekarang masih lebih populer daripada JKDN. Menurut Ismail, JKDN populer di Twitter sedangkan Tilik populer juga di Instagram dan pemberitaan media online.

Menurut Ismail, dari analisa Drone Emprit, Tilik kebanyakan dibahas oleh cluster non partisan yang tidak terlalu minat dengan JKDN. Sedangkan JKDN dibahas oleh tiga kelompok yaitu pro khilafah, pro oposisi dan pro pemerintah. 3 Kelompok ini pun tidak terlalu minat dengan Tilik.

Saat dilakukan Social Network Analysis, tampaklah mana yang popularitasnya alami dan buatan. Ismail lalu menghitung Bot Score dengan skala 1 (manusia/hijau) - 5 (bot/merah).

Tilik dapat skor 1,34 dan kurva distribusinya dominan di tengah. Artinya percakapannya adalah natural. 75,8 persen postingan dilakukan oleh akun sungguhan dengan follower 100-100 ribu. Hanya 24,2 persen postingan dari akun yang minim follower atau terindikasi bot.

Analisa Drone Emprit Tilik VS Jejak KhilafahAnalisa Tilik dominan hijau dan merata, yang artinya natural (@ismailfahmi/Twitter)

Sedangkan JKDN mendapatkan skor 2,54 dan kurva distribusinya dominan di kiri. Artinya ada indikasi separuh postingan dilakukan oleh bot. Sebanyak 56,67% Cuitan JKDN dilakukan akun minim follower atau bot. Jika kluster pro khilafah diperbesar, tampak node warna oranye atau merah yang mengindikasikan bot. Bahkan terdeteksi jelas ada 3 akun robot yang super aktif, tapi menyendiri di sudut kanan bawah.

Analisa Drone Emprit Tilik VS Jejak Khilafah3 Kelompok yang bicara JKDN, banyak warna merah, ditambah robot di kanan bawah (@ismailfahmi/Twitter)

"Kalau isu-isunya khilafah biasanya selalu pakai robot dan orang. Dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, biasanya suka ada tagar khilafah, itu pakai robot dulu untuk menaikkan tagar. Kalau sudah kelihatan baru diangkat oleh influencer, buzzer dan fans," pungkas Ismail.

Simak Video "Film 'Jejak Khilafah di Nusantara' Trending, Kini Diblokir Pemerintah?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/32zCGzj
via IFTTT

Viral, Maskapai Australia Dituduh Illuminati dan Freemason

Jakarta -

Qantas adalah maskapai kebanggaan Australia. Namun sekarang lagi viral tuduhan maskapai ini bagian dari Freemason dan Illuminati.

Tuduhan teori konspirasi ini viral di Australia melalui Youtube, Reddit dan Twitter. Gara-garanya sebuah berita ekonomi dari 9News.com Australia soal Qantas.

Ini berita ekonomi biasa sebenarnya, tapi yang bikin gagal fokus adalah foto beritanya. Tampak sebuah pesawat Qantas dari parkir. Mesin jetnya ditutup cover berlogo segitiga Illuminati dan jangka Freemason. Langsung saja media sosial heboh dengan berbagai teori konspirasi.

Maklum saja, logo segitiga dengan mata atau All Seeing Eye dikenal sebagai logo Illuminati. Pun demikian dengan logo jangka yang merupakan simbol Freemason. Netizen di Negeri Kanguru pun langsung berpikiran macam-macam.

"Logo aneh Illuminati dan Freemason di cover mesin jet Qantas. Apa alasannya?" kata pengguna Reddit dilansir News.com Australia seperti dilihat Jumat (28/8/2020).

Bahkan ada pengguna Twitter yang langsung menanyakan dugaan teori konspirasi itu pada Qantas.

Ditanya begitu, Qantas pun merespons foto yang terlanjut viral tersebut. Menurut Qantas, itu adalah bagian dari seni hias kain pembungkus mesin jet. Sebagian insinyur Qantas adalah penggemar buku The Da Vinci Code.

"Seni bungkus mesin pesawat memang ada. Kami punya beberapa insiyur yang merupakan penggemar The Da Vinci Code, tapi kami sudah minta agar logonya pakai emoji dan smiley saja," jawab Qantas.

Sementara itu, saat ditengok detikINET, 9News.com sudah mengganti foto dalam berita yang diperbincangkan itu. Fotonya sudah diganti dengan gambar hangar pesawat Qantas.

Nah menurut detikers, ini sengaja atau tidak ya? Coba sampaikan opini kamu di kolom komentar.


Masih banyak berita-berita lain soal teori konspirasi, klik saja di sini.

Simak Video "Ridwan Kamil & Rahmat Baequni Bahas Kontroversi Masjid Al Safar"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34EW1Sm
via IFTTT