Foto Anjing yang Viral Saat Gempa Turki, Ternyata Hoax

Jakarta -

Di tengah duka akibat gempa Turki, di Twitter viral foto anjing yang menemukan majikannya tertimpa bangunan. Ternyata foto ini hoax. Simak penelusuran detikINET.

Seiring trending topic #PrayForTurkey, di media sosial bertebaran foto-foto kejadian gempa yang menimpa Izmir di Turki dan Pulau Samos di Yunani. Salah satu foto viral yang banyak di-share adalah 'anjing yang menemukan majikannya tertimpa bangunan.'

Fotonya memang dramatis. Seekor anjing di atas bangunan yang runtuh menemukan tangan yang terkulai, si anjing pun tampaknya melolong sedih. Foto itu pun diberikan berbagai narasi duka cita dan kesedihan.


Foto ini banyak di-share netizen terutama oleh warga Turki. Namun apakah benar fotonya?

Ketika detikINET mencari foto ini di Google Image, Minggu (1/11/2020) keterangan yang muncul malah 'Pray Albanian Dog'. Rupanya foto 'anjing menemukan majikannya di Turki' adalah hoax. Fotonya merupakan misinformasi bukan dari gempa Turki.

Aslinya itu adalah foto dari kejadian yang berbeda. Anjing itu dari peristiwa bencana Gempa Albania pada 26 November 2019. Itu pun bukan anjing peliharaan, melainkan anjing Tim SAR.

Seperti pernah diberitakan Romania Insider, anjing ini dari Utility Dogs Club (CCU) dari Bucharest, Romania yang diterjunkan untuk membantu evakuasi gempa di Albania. Ada dua anjing yang diterjunkan, namanya Challapa dan Billy.

Tugas mereka adalah mencari korban yang tertimpa bangunan, sebelum nanti tim SAR mengangkat reruntuhan. Nah, Challapa dan Billy ini banyak terfoto saat sedang beraksi.

Foto inilah yang viral dan lalu disebar lagi oleh netizen dalam kejadian gempa Turki. Tentunya kita semua berduka dengan bencana alam yang terjadi di Turki. Sejauh ini sudah 37 orang tewas dan 900 yang terluka akibat gempa M 7 pada Jumat (30/10) kemarin.

Simak Video "Detik-detik Turki Diguncang Gempa M 7 "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/321tsg5
via IFTTT

Bill Gates: Teori Konspirasi Corona Bermaksud Jahat

Seattle -

Teori konspirasi soal virus Corona masih cukup banyak beredar, terutama di media sosial, dengan salah satu aktor utamanya adalah Bill Gates. Dalam komentar terbarunya, pendiri Microsoft itu menyebut teori konspirasi sebagai cerita liar dan bermaksud jahat.

Seperti diketahui, Bill Gates kena tudingan akan memasang microchip saat memberikan vaksin Corona sampai konspriasi bahwa dia adalah dalang di balik virus Corona. Meskipun sukar dipercaya, bisa saja membuat sebagian orang nantinya enggan diimunisasi.

"Kita selalu punya beberapa kekhawatiran soal vaksin, tapi tentu bukan ide ini yang menghubungkannya dengan plot seperti menaruh microchip untuk melacak mereka, sesuatu yang bahkan di cerita fiksi tidak begitu bisa dipercaya," kata Gates.

Gates mengaku terkejut dirinya bersama sosok lain, misalnya Dr Anthony Fauci yang merupakan ahli kesehatan top di Amerika Serikat, menjadi sasaran meski sudah berusaha menerangkan niat mereka hanyalah ingin membuat vaksin Corona yang mujarab.

"Gelombang cerita liar tentang vaksin sebagai sebuah konspirasi, adalah berdasarkan maksud jahat, kadang mereferensi padaku atau Dr Fauci, itu adalah elemen liar yang aku tidak pernah harapkan," papar Bill Gates seperti dikutip detikINET dari Yahoo Finance.

Dengan digaungkan di media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube hingga Twitter, teori konspirasi pun cepat menjangkau banyak orang. Walau ceritanya tidak masuk akal dan tidak ada buktinya, tetap saja mungkin ada orang yang akan terpengaruh olehnya.

"Harus dipertanyakan apakah sesuatu seperti memakai masker atau kemauan untuk diberi vaksin Corona akan terdampak. Aku masih berharap bahwa ada 30% dari populasi yang memahami bahwa ini adalah untuk memberi manfaat bagi orang dan mereka akan jadi yang pertama (divaksin)," lanjut Gates.

Untungnya juga menurut Bill Gates, media sosial pada saat ini terlihat mulai cekatan untuk menurunkan konten-konten terkait teori konspirasi virus Corona.

Simak Video "Ayah Bill Gates Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jMfkgC
via IFTTT

13 Tipe Orang di Grup WhatsApp, Kamu yang Mana?

Jakarta -

Pengguna WhatsApp pasti bergabung di grup WhatsApp. Grup yang diikuti biasanya banyak dan topik yang dibicarakan pun bermacam-macam tergantung grupnya.

Tiap grup WhatsApp juga pasti diisi orang-orang dengan pribadi dan karakter yang unik, apalagi jika isi anggotanya sangat banyak. Berikut 13 tipe orang yang sering ditemukan di grup WhatsApp, seperti dirangkum detikINET dari berbagai sumber, Minggu (1/11/2020). Kira-kira mana yang paling sesuai dengan kamu?

1. Si 'hantu' yang tidak terlihat

Anggota grup WhatsApp yang satu ini sangat jarang mengirim atau membalas pesan sampai hampir tidak terlihat. Tapi dia selalu mengikuti percakapan di grup dengan rajin dan membaca pesan-pesan lainnya.

2. Si sibuk yang sering salah kamar

Tipe orang yang seperti ini biasanya memiliki banyak teman dan bergabung di banyak grup. Saking banyaknya ia sering mengirimkan pesan ke grup yang tidak sesuai yang langsung dihapus dan ujung-ujungnya bilang, "Sori, salah kamar."

3. Sering keluar grup

Mereka biasanya sering terganggu dengan notifikasi yang terus-terusan. Tapi alih-alih mengaktifkan fitur 'mute' mereka malah meninggalkan grup, lalu setelah itu minta dimasukkan kembali.

4. Si penggagas rencana

Anggota seperti ini biasanya ditemukan di grup WhatsApp alumni. Mereka pasti selalu bersemangat untuk merencanakan reuni atau sekedar kumpul-kumpul, meski anggota yang lainnya sedang sibuk.

5. Si perusak rencana

Kalau ini kebalikan dari si penggagas rencana. Biasanya mereka selalu punya alasan untuk tidak ikut rencana kumpul-kumpul di grup, mulai dari sudah punya janji sampai alasan sakit.

6. Si hobi bagi video

Orang seperti ini selalu membagikan klip video lucu yang mereka lihat di internet. Tapi kadang video yang mereka bagikan di grup WhatsApp tidak lucu dan malah cenderung mesum.

Halaman selanjutnya: tukang meme dan tukang tanya...

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/35Rq0Wb
via IFTTT

Si Cantik Meutia, Dari Pemain Basket Jadi Pro Player PUBG Mobile

Jakarta -

Tiada yang menyangka bahwa Meutia Maharani berubah haluan menjadi seorang Pro Player PUBG Mobile. Sebelumnya ia adalah pemain basket bersama kembarannya.

Di acara kuliah online d'Youthizen Virtual Class detikcom bersama vivo V20, Sabtu (31/10/2020), Mute, sapaan akrabnya menjadi dosen tamu seputar mengejar minat menjadi sebuah profesi. Dia menceritakan bahwa ia sendiri baru mengetahui game PUBG Mobile dari orang lain dan tidak berpikir untuk menjadi profesional.

"Awal mulanya aku dulu basket sama kembaranku, dia anak eSports juga. Semenjak udah berhenti basket kita bingung aktivitas apa yang bisa kita lakuin yang bisa menghasilkan uang biar nggak gaji buta, main doang nggak dapet apa-apa. Aku tahu PUBG juga dari kembaranku," kata Meutia.

Semenjak bermain PUBG dan memutuskan untuk dengan serius menekuninya, Mute mengaku tidak pernah 'ngoyo' dalam berlatih. Ia selalu menyempatkan malam hari pada Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk akhir pekan ia khususkan untuk keluarga dan teman-teman.

"Kadang anak muda kan nggak bisa bagi waktu kan. Kalau kita sudah bisa bagi waktu, orangtua nggak bisa menentang hobi kita," sambungnya.

Sekalipun untuk urusan media sosial seperti Instagram, Mute tidak selalu mengunggah kegiatan seputar gaming. Malahan, ia sering membagikan hobi lainnya yaitu make up.

Ditanya soal trik menjadi atlet yang sukses dan skill apa yang diperlukan, Mute mengatakan mental yang kuat adalah yang paling dibutuhkan. Ia meyakini banyak orang yang memiliki skill gaming yang baik namun gagal karena mental yang lemah.

"Kalau di tim aku tekankan kita nggak usah dengar kata orang, kalau turnamen kan ada streamingnya, itu nggak usah didengar, dan fokus setiap latihan," ucapnya.

Yura Yunita pelantun 'Cinta dan Rahasia' dalam kesempatan yang sama juga tampil duet menjadi dosen tamu dalam sesi yang sama. Dia pun berbagi pengalaman bagaimana dari hobi bernyanyi bisa menjadi penyanyi sungguhan. Menurutnya setiap orang harus bisa menjalani pekerjaan sebagaimana layaknya hobi sehingga bisa membuat diri senang. Ia pun memuji Mute usai melakukan mabar PUGB Mobile.

"Dia hebat banget, loh," ujar Yura yang disambut senyum malu-malu Mute.

Terima kasih kepada ribuan peserta yang telah mengikuti kelas pada hari kedua yang diisi oleh dosen tamu Product Manager Vivo Indonesia Risa Rismayanti, penyanyi Yura Yunita dan pro player Meutia Maharani. Pantau selalu sosmed @dyouthizen dan @detikcom untuk informasi d'Youthizen selanjutnya atau berita/dan informasi terkini.

d'Youthizen Virtual Class disponsori oleh vivo V20 | V20 SE. Smartphone dengan 44MP Eye Autofocus, 64MP Night Camera dan 33W FlashCharge. Kini vivo V20 | V20 SE dapat dibeli melalui layanan Whatsapp atau delivery service dari vivo Indonesia. Dan dapatkan juga promo menarik hanya di Toko Resmi vivo Indonesia melalui platform e-commerce. Cek info lebih lanjutnya di vivo.com/id sekarang.

Simak Video "Tak Ada Lagi PUBG Mobile hingga TikTok di India"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31XqPvq
via IFTTT

Vivo Ungkap Alasan Super Cepat Launching Produk Baru

Jakarta -

Launching produk baru vivo terbilang sangat cepat. Ternyata ada alasan di balik timeline peluncuran yang kilat seperti series V yang baru keluar dari vivo yakni vivo V20 dan vivo V20 SE.

Risa Rismayanti, Product Manager vivo Indonesia pun menjelaskan dalam kuliah online d'Youthizen Virtual Class bersama vivo V20, Sabtu (31/10/2020). Risa menjadi dosen tamu mengenai penciptaan produk yang disukai masyarakat. Menurut dia, produk Vivo didasari dari kebutuhan masyarakat.

"Semua tergantung attractiveness-nya market, kita harus memperhatikan dan mem-provide produk yang nggak itu-itu aja. Makanya vivo ada X series, S series, nah kalau V series cukup padat, kurang lebih 3-4 bulan sekali (peluncuran produk)," ucap Risa.

Vivo sendiri merupakan perusahaan teknologi besar yang menyediakan kebutuhan dari berbagai segmen, termasuk di dalamnya anak muda. Itu mengapa selalu ada inovasi produk yang begitu cepat dari vivo.

Meski berkaca dari kebutuhan masyarakat di masing-masing region, tiap negara memiliki independensi masing-masing untuk menentukan produk yang ingin diluncurkan. Setelah memberikan ide, vivo global yang akan ketok palu apakah produk tersebut akan dikeluarkan atau sebaliknya.

"Kita kasih tahu kesukaan orang Indonesia misalnya 'untuk foto sukanya yang natural, loh' itu yang bisa jadi landasan untuk dinegosiasikan ke global. Mereka juga biasanya open, mereka akan support launching produk," tandas Risa.

Baru-baru ini vivo meluncurkan V20 dan V20 SE yang cocok untuk konsumen yang gemar fotografi dengan kamera yang terbilang unggul di kelasnya. Di belakang, terdapat kamera 3 lensa dengan masing-masing konfigurasi 64 MP main camera, 8 MP multimode camera, dan 2 MP mono camera. Sedangkan untuk kamera depan dipersiapkan dengan resolusi 44 MP, menjadikannya unggul dengan jepretan yang cantik untuk kamera depan dan belakang.

Terima kasih kepada ribuan peserta yang telah mengikuti kelas pada hari kedua yang diisi oleh dosen tamu Product Manager Vivo Indonesia Risa Rismayanti, penyanyi Yura Yunita dan pro player Meutia Maharani. Pantau selalu sosmed @dyouthizen dan @detikcom untuk informasi d'Youthizen selanjutnya atau berita/dan informasi terkini.

d'Youthizen Virtual Class disponsori oleh vivo V20 | V20 SE. Smartphone dengan 44MP Eye Autofocus, 64MP Night Camera dan 33W FlashCharge. Kini vivo V20 | V20 SE dapat dibeli melalui layanan Whatsapp atau delivery service dari vivo Indonesia. Dan dapatkan juga promo menarik hanya di Toko Resmi vivo Indonesia melalui platform e-commerce. Cek info lebih lanjutnya di vivo.com/id sekarang.

Simak Video "vivo V20 SE, Jagoan Baru di Super Night Selfie"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3mEg0Gz
via IFTTT

Perilaku Pengunaan NFC di Indonesia Meningkat, Buat Apa?

Jakarta -

Penggunaan NFC di Indonesia mengalami peningkatan. Product Manager vivo Indonesia Risa Rismayanti pun menjelaskan data-data yang ada mengenai fenomena tersebut.

Dalam kuliah online d'Youthizen Virtual Class bersama vivo V20, Risa menjadi dosen tamu yang menjelaskan soal menciptakan produk yang disukai konsumen, Dia mengatakan bahwa vivo sudah sejak lama mengamati pola masyarakat dengan teknologi NFC.

"Kenapa smartphone butuh NFC? Dilihat selama 8 tahun terakhir, volume adapsi yang pakai e-money card cukup positif, di tahun terakhir bahkan +85%, apalagi pemerintah sudah mencanangkan toll pakai e-money," ucap Risa kepada ratusan peserta online dari seluruh Indonesia, Sabtu (31/10/2020).

Dari data Bank Indonesia, dari survei kepada orang dengan rentang usia 18-25 tahun, 57% dari usia mempunyai e-money untuk digunakan dalam transaksi cashless. 62% mengaku e-money dijadikan sebagai pembayaran toll, 66% pembayaran transportasi umum, dan 30% untuk bayar parkir.

"Jadi vivo setiap meluncurkan produk ada background usage, kalau orang pakai e-money dan butuh top-up bisa jadi lebih efisien ketika ke smartphone. Kalau mau cek atau top-up tinggal tempel, nggak sampai lima menit sudah keisi," tutur Risa.

Seri-seri Vivo seperti V20 sendiri sudah memiliki fitur NFC untuk membantu consumer dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sesimpel untuk mengecek saldo atau topup e-money. Selain itu, ada juga fitur lain yang membuat vivo jadi sahabat baik untuk masyarakat.

"Kalau udah capek, ada fitur untuk mengingatkan stay hydrate. Ada juga kemampuan untuk menunjang self motivated dengan 8 GB RAM dan 128 GB ROM supaya bisa download music atau apps, ini juga bisa diekspansi. Kalau being mindful, bisa jadi kalau ada teman mesti topup di mini market atau di halte bisa bantuin isi topup-in," tandasnya.

Simak Video "vivo V20 SE, Jagoan Baru di Super Night Selfie"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3oITyy1
via IFTTT

AI Google Bisa Ubah Halaman Website Jadi Video

Jakarta -

Para peneliti di Google mengembangkan sistem artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dapat secara otomatis mengubah halaman website menjadi video pendek.

Sistem AI bernama URL2Video ini mengekstrak aset seperti teks, gambar, dan gaya desainnya termasuk font, warna, tata letak grafis dari sumber HTML serta mengaturnya ke dalam urutan pengambilan gambar. Selain itu, tampilan dan nuansa halaman website juga dipertahankan saat diubah menjadi video.

Dikutip dari Venture Beat, Sabtu (31/10/2020) Google membayangkan sistem ini dapat berguna untuk bisnis yang menghosting website yang kaya visual terutama yang berkaitan dengan layanan atau produk mereka.

Aset ini, kata Google, dapat dimanfaatkan lagi untuk video yang bisa digunakan untuk menjangkau pemirsa yang lebih luas. Pembuatan video sendiri tidak murah, biasanya berkisar antara USD 880 hingga USD 1.200 (sekitar Rp 11 juta - 17 juta) dan memakan waktu berhari-hari hingga berminggu-minggu untuk memproduksinya.

URL2Video secara otomatis memilih konten utama dari halaman dan memutuskan presentasi temporal dan visual setiap aset. Presentasi ini berasal dari sekumpulan heuristik yang diidentifikasi melalui studi dengan desainer.

Sistem kemudian mentransfer tata letak elemen ke dalam rasio aspek video dan menerapkan pilihan gaya termasuk font dan warna, menyesuaikan waktu penyajian aset, dan merender konten menjadi video MPEG-4.

"Dengan menggunakan informasi ini, URL2Video mengurai halaman web, menganalisis konten, memilih teks atau gambar yang menonjol secara visual, dan mempertahankan gaya desain, yang diaturnya sesuai dengan spesifikasi pengguna," kata Google.

Disebutkan Google, URL2Video akan secara efektif mengekstrak elemen dari sebuah halaman website. Sistem ini juga akan mendukung desainer web dengan melakukan bootstrap pada proses pembuatan video.

"Sejauh ini penelitian kami masih berfokus pada presentasi visual. Kami sedang mengembangkan teknik baru yang nantinya juga akan mendukung trek audio dan sulih suara dalam pengeditan video," tulis ilmuwan riset Google Peggy Chi dan Irfan Essa dalam sebuah postingan blog.

"Secara keseluruhan, kami membayangkan masa depan di mana pembuat konten akan fokus pada pengambilan keputusan tingkat tinggi dan model ML secara interaktif yang menyarankan pengeditan temporal dan grafis mendetail untuk pembuatan video akhir di berbagai platform," tutup mereka.

Simak Video "Batal Dibatasi 1 Jam, Video Call Google Meet Masih Gratis 24 Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/320QIL4
via IFTTT

Gempa di Turki, Dunia Berduka Lewat #PrayFor Turkey

Jakarta -

Gempa di Turki dengan kekuatan magnitudo (M) 7 mengagetkan dunia. #PrayForTurkey pun menggema.

Kabar terbaru soal gempa hari ini di Turki adalah korban jiwa yang terus bertambah. Menurut AFP, sudah 22 orang meninggal dan 800 orang lebih luka-luka akibat gempa terkini yang mengguncang Izmir, Turki dan Pulau Samos, Yunani.

Gempa juga menimbulkan tsunami di Turki, untungnya kecil di selatan Izmir. Kerusakan paling banyak ditemukan di sekitar kota Aegean, Izmir, Turki. Kota tersebut dilaporkan memiliki tiga juta penduduk dan dipenuhi dengan blok apartemen bertingkat tinggi.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa melanda. Yunani dan Turki diketahui sedang berkonflik dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan di Mediterania Timur. Namun kali ini kedua negara mengalami kerusakan akibat gempa.

Bahkan, dunia pun ikut berduka karena kejadian gempa Turki ini. Dipantau detikINET dari Twitter, Sabtu (31/10/2020) tagar #PrayForTurkey jadi trending topic.

Banyak kabar duka dan foto memilukan dibagikan netizen, terutama mereka yang tinggal di Turki. Banyak foto bangunan hancur, selain juga aktivitas evakuasi. Gempa ini terjadi pada Jumat (30/10) pukul 18.51 waktu setempat.

Inilah sebagian belasungkawa netizen untuk gempa Turki di Twitter:

Simak Video "Detik-detik Turki Diguncang Gempa M 7 "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/ask)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31ZAQZ5
via IFTTT

Asal Muasal WhatsApp yang Penuh Drama

Jakarta -

WhatsApp adalah ciptaan dua sahabat, Brian Acton dan Jan Koum. Mereka cukup susah payah dalam membesarkannya. Hingga keluar dari Facebook pun banyak drama yang tercipta.

Tak berlebihan jika mengatakan saat ini, WhatsApp adalah layanan messaging yang fenomenal. Lahir tahun 2009, laju WhatsApp sukar dihentikan hingga jumlah pemakainya milaran orang. Rasanya hampir semua pengguna smartphone saat ini menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Tapi, WhatsApp diciptakan penuh perjuangan.

Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Sabtu (31/10/2020) Koum yang saat ini berusia 44 tahun, lahir dan dibesarkan di sebuah desa di Ukraina, sebuah negara di Eropa Timur. Ayahnya seorang manajer konstruksi dan ibunya tidak bekerja alias ibu rumah tangga.

Tahun 1990 ketika Koum berusia 16 tahun, sang calon pendiri WhatsApp dan sang ibu berimigrasi ke Mountain View, Amerika Serikat. Langkah ini dipandang paling aman karena gejolak politik dan gerakan anti Yahudi makin besar di Ukraina. Ayahnya berencana menyusul, namun keburu meninggal dunia tahun 1997.

Di AS, Koum dan ibunya hidup kekurangan. Ibunya bekerja sebagai pengasuh bayi dan Koum kadang menyapu toko untuk mendapat upah. Bahkan mereka hidup dengan makanan subsidi dan tinggal di apartemen yang juga dibiayai pemerintah. Cobaan kembali datang setelah ibu Koum didiagnosa kanker dan meninggal dunia di tahun 2000.

Meski bandel, Koum adalah bocah yang pintar. Saat baru berusia 18 tahun, dia sudah berinisiatif untuk belajar networking komputer secara otodidak. Tak hanya itu, dia juga bergabung dengan klub hacker berjuluk w00w00.

Setelah lulus SMA, Koum diterima di San Jose State University. Sambil kuliah, dia bekerja sambilan di beberapa tempat. Suatu hari tahun 1997, dia bertemu dengan Brian Acton yang kala itu pegawai Yahoo dan berteman akrab. Koum melamar ke Yahoo dan diterima sebagai teknisi infrastruktur. Inilah awal persahabatan yang akan melahirkan WhatsApp.

Halaman selanjutnya: lahirnya WhatsApp...

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34GaixW
via IFTTT

Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna di AS dan Kanada

Jakarta -

Pertumbuhan pengguna di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, dua negara dengan pasar iklan Facebook paling menguntungkan, telah menurun. Kondisi ini dilaporkan Facebook sebagai bagian dari pendapatan kuartal ketiganya.

Dikutip dari Engadget, Jumat (30/10/2020) Facebook saat ini memiliki 196 juta pengguna di wilayah Amerika Utara dan Kanada, turun sedikit dari 198 juta pada kuartal lalu. Dalam pernyataannya, Facebook mengatakan penurunan itu diperkirakan masih akan berlanjut hingga akhir tahun.

"Seperti yang diperkirakan, pada kuartal ketiga tahun 2020, kami melihat pengguna aktif harian (daily active user/DAU) dan pengguna aktif bulanan (Monthly Active User/MAU) Facebook di AS dan Kanada sedikit menurun dari level kuartal kedua tahun 2020 karena dampak pandemi COVID-19," demikian pernyataan Facebook.

"Pada kuartal keempat tahun 2020, kami memperkirakan tren ini akan berlanjut dan jumlah DAU dan MAU di AS dan Kanada akan stagnan atau sedikit turun dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun 2020," sambung Facebook.

Sebelumnya, Facebook melaporkan lonjakan besar pertumbuhan di awal tahun karena kebijakan lockdown wilayah yang meluas. Namun, Facebook tidak melihat bahwa di saat yang bersamaan juga terjadi perlambatan, sementara raksasa jejaring tersebut terus menambah pengguna baru di Asia dan negara lainnya.

Facebook juga berupaya mempromosikan seluruh "keluarga" aplikasinya yang menggabungkan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Angka DAU dilaporkan naik menjadi 2,54 miliar pada September.

Meski demikian, perlambatan jumlah pengguna tampaknya tidak mempengaruhi pendapatan Facebook. Di kuartal ketiga, pendapatannya mencapai USD 21,4 miliar. Angka ini meningkat 22% dari tahun lalu dan lebih baik dari ekspektasi para analis.

Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34GPYMY
via IFTTT

Hapus Cuitan Mahathir, Twitter Ungkap Alasannya

Jakarta -

Cuitan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad terkait soal Prancis dihapus oleh Twitter. Ini dia alasannya.

Kicauan Mahathir dianggap kontroversial oleh sebagian pihak, terutama oleh pemerintah Prancis. Ucapannya tegas dan menohok.

"Muslim punya hak untuk marah dan membunuh jutaan rakyat Prancis untuk pembantaian di masa lalu," cuit Mahathir.

Proses dihapusnya cuitan Mahathir tampaknya begini: Menteri Digital Prancis Cedric O seperti diberitakan Business Standard, Jumat (30/10/2020) melapor ke Twitter.

Twitter lantas melabeli kicauan Mahathir dengan disclaimer bahwa postingan ini melanggar aturan. Namun postingan ini masih dibiarkan karena terkait kepentingan umum.

Kemudian, tweet yang dimaksud akhirnya dihapus Twitter. Namun, kicauan ini sebenarnya bagian dari rangkaian kultwit dari Mahathir.

Thread tweet ini tetap dibiarkan ada di timeline. Namun, kicauan nomor 12 yang dianggap kontoversial menghilang. Aturan apa yang dilanggar?

Seperti yang dilihat detikINET dari akun Twitter resmi Mahathir Mohamad, Twitter mengatakan, "Tweet ini melanggar Aturan Twitter soal glorifikasi kekerasan."

Netizen pun dirujuk ke link soal tata aturan Twitter. Jika diklik, netizen dibawa ke halaman Aturan Twitter.

"Anda tidak boleh mengancam kekerasan terhadap individu atau sebuah kelompok masyarakat. Kami juga melarang glorifikasi kekerasan. Pelajari lebih lanjut soal ancaman kekerasan dan glorifikasi kebijakan kekerasan," kata Twitter.

Terkait kicauan tersebut, Prancis tentu saja protes keras. Selain Prancis, sekutunya yaitu Australia juga ikut memprotes kicauan Mahathir. PM Australia Scot Morrison mengatakan dirinya mengutuk ucapan Mahathir.

Namun di sisi lain, banyak pula yang mendukung Mahathir Mohamad. Ucapan Mahathir dinilai mewakili kegeraman dan kemarahan masyarakat muslim terkait apa yang terjadi di Prancis. Tentunya, aksi pembunuhan saat itu dan aksi kekerasan yang menyusul kemudian sangat tidak bisa dibenarkan pula.

Simak Video "Kondisi Pelaku Penusukan di Prancis Kritis!"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2GfY4Ti
via IFTTT

Aksara Daerah Kian Bertambah untuk Bisa Diakses Secara Mobile

Jakarta -

Upaya digitalisasi aksara daerah terus digalakkan sebagai bentuk pelestarian budaya nusantara. Kali ini giliran aksara Bali yang diharapkan bisa digitalisasi dan diakses di perangkat mobile.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Udayana sebagai salah satu cara pelestarian aksara Bali lewat digitalisasi aksara.

Pandi berencana untuk melakukan digitalisasi ratusan aksara daerah yang ada di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk melestarikan budaya lokal dari kepunahan.

"Dalam rangka mendigitalisasikan aksara Bali agar dapat dipergunakan di internet dan perangkat teknologi lainnya, maka Pandi berkomitmen bersama-sama dengan pihak Universitas Udayana agar aksara Bali dapat dilestarikan melalui internet," ujar Ketua Pandi Yudho Giri Sucahyo dalam keterangannya, Jumat (23/10/2020).

Nantinya, kata Yudho, seluruh kegiatan digitalisasi yang diselenggarakan Pandi akan dijahit dalam satu program bertajuk 'Merajut Nusantara Melalui Digitalisasi Aksara'. Langkah ini untuk bisa memperkenalkan kembali dan melestarikan bagian dari budaya asli Indonesia yang kian memudar tergerus zaman.

"Diharapkan dengan adanya program tersebut, masyarakat saat ini dapat mengenal kembali aksara daerahnya masing-masing, sehingga bisa dipergunakan dan dilestarikan oleh generasi-generasi berikutnya," tuturnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Udayana Anak Agung Raka Sudewi kolaborasi dengan Pandi diharapkan bisa mengenalkan kembali aksara daerah yang mulai terkikis oleh aksara latin.

"Menyambut baik upaya yang dilakukan Pandi dalam rangka mendaftarkan aksara daerah ke lembaga internet dunia (Unicode/ICANN) agar bisa dipergunakan di internet. Kurangnya literasi terkait aksara saat ini membuat masyarakat jarang mempergunakan aksara daerah dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Anak Agung.

Sebagai informasi, Unicode adalah standar dalam dunia komputer untuk pengkodean (encoding) karakter tertulis dan teks yang mencakup hampir semua sistem penulisan yang ada di dunia. Dengan Unicode, pertukaran data teks dapat terjadi secara universal dan konsisten.

Kaitannya dengan aksara, nantinya seluruh aksara Nusantara bisa diakses masyarakat lewat perangkat, seperti smartphone, komputer, laptop, layaknya aksara latin pada umumnya.

Simak Video "Bos RRQ Bicara Paradigma Sebelah Mata Atlet eSports Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2TGCjPm
via IFTTT

Ogah Ikut-ikutan Bikin Prank, Eka Gustiwana: Takut Garing!

Jakarta -

Meski konten prank sedang naik-naiknya, YouTuber dan member 'Weird Genius' Eka Gustiwana ogah ikut-ikutan trend yang ada. Menjadi diri sendiri bisa sukses, kok, itulah yang diyakini oleh Eka dan terbukti benar.

Dalam kuliah online d'Youthizen Virtual Class, Jumat (30/10/2020), Eka mengatakan bahwa setiap orang sudah memiliki anugerah masing-masing dari Tuhan untuk memberikan rasa dari setiap karya yang mereka buat.

"Ada beberapa yang nanya 'kak kenapa bikin musik sendiri di YouTube, kan banyak orang nonton prank?' saya jawab saya memang nggak mampu. Buat apa saya bikin ntar jadi garing. Biar saya bekerja dengan diri saya. Dan Puji Tuhan ada aja yang nonton. Fans-fans akan menunggu lagu-lagu apa selanjutnya," tutur Eka.

Nah, di sinilah peranan kamu untuk memanfaatkan media sosial sebagai wahana mempromosikan karya yang sudah kamu buat. Media sosial juga bisa jadi tempat menyalurkan kreativitas yang kamu pendam selama ini.

"Sebagai creator, penting medsos melepas kreativitas kita. Kalau dulu saya bikin speech composing, misalnya 20 tahun, lalu saya kasih ke mana? Sekarang ada media sosial, YouTube, kalau suka dia like, kalau tidak suka dia akan dislike, itu fair banget," sambungnya.

Masih bicara soal media sosial, Eka berpendapat bahwa apa yang ada di media sosial bukanlah representasi dari dirinya. Begitu juga dengan apa yang ada di media sosial milik orang lain.

"Jadi, apa yang muncul di medsos seseorang itu belum tentu diri dia. Kita jangan mudah terpengaruh 'teman gue punya ini-ini, loh'. Di medsos 50% benar 50% salah, jangan merasa terintimidasi. Jangan jadikan itu media yang 100% valid," tandasnya.

Simak Video "Terinspirasi Corona, Eka Gustiwana Bikin Lagu #dirumahaja"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2TEQ0OR
via IFTTT

Eka Gustiwana: Jadi yang Berbeda Itu Nggak Apa-apa!

Jakarta -

YouTuber dan member 'Weird Genius' Eka Gustiwana mengajak orang-orang untuk tidak takut menjadi berbeda dengan orang-orang lain. Kendalanya, ketika masih kecil, banyak sekali orang yang di-bully ketika menjadi lain dari yang lain.

"Di mana pun bidang kita, tidak sebatas musisi, kita harus diajak berpikir kritis dan kreatif. Permasalahannya, saat masih kecil diminta kreatif kita takut di-bully. Ketika kita bawa sampai dewasa, kita jadi takut 'nanti orang bilang apa ya?'" ucap Eka saat acara d'Youthizen Virtual Class, Jumat (30/10/2020).

"Berpikir sesuatu yang aneh itu nggak apa-apa, melakukan yang berbeda itu nggak apa-apa," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Eka berpesan untuk mulai bersahabat dengan diri sendiri. Karena terkadang, karena adanya perbedaan yang ada di diri kita sendiri, dan kita tidak menolaknya, potensi untuk berkembang menjadi hilang.

Ia pun menceritakan pengalamannya ketika melakukan pekerjaannya sebagai YouTuber. Siapa sangka, di awal-awal perjalanan karier, Eka yang dikenal sebagai speech composer mengalami kritikan dari orang-orang terdekat.

"Kalau YouTube saya buat hal kreatif misalnya mashup. Saya dikenal sebagai speech composer, diundang untuk speech composing padahal baru saya sendiri yang mulai saat itu -- tapi sekarang saya senang ada komunitasnya speech composer. Saya diskusi ke A,B,C,D banyak resistance, saya percaya untuk bisa stand up bisa buat sesuatu yang orang belum buat," kisahnya.

Untuk mempertajam kreativitas, Eka mengatakan dia menggunakan aplikasi Studio One untuk menggabungkan audio dan memakai sebuah aplikasi untuk 'memanipulasi' nada sehingga nada bisa dibuat lebih tinggi atau mungkin diperpanjang.

Nah, detikers, mulai sekarang jangan takut untuk jadi berbeda dengan orang lain, ya!

Simak Video "Musisi 'Ampun Bang Jago' Bakal Kolaborasi dengan Eka Gustiwana"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3e8jgqG
via IFTTT

Hari Ini Pengumuman CPNS 2019, Ini Cara Login di sscn.bkn.go.id

Jakarta -

Hari ini ditunggu banyak orang karena ada pengumuman seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Kamu bisa cek hasilnya di https://sscn.bkn.go.id.

Setiap tahun, tentu banyak fresh graduate yang akan melamar berbagai posisi di pemerintahan sebagai CPNS. Pengumuman pun akhirnya tiba hari ini, Jumat (30/10/2020).

Tentu banyak yang penasaran, bagaimana cara cek kelulusan CPNS 2019. Karena banyak yang melamar untuk formasi di pemerintahan daerah. Jadi, banyak yang mau tahu pengumuman CPNS kabupaten atau pengumuman CPNS pemkot.

Cara cek kelulusan CPNS 2019:

  1. Buka website https://sscn.bkn.go.id
  2. Login dengan NIK dan password kamu saat registrasi pertama kali
  3. Jika kamu lulus akan ada pengumuman LULUS atau tidak
  4. Jika lulus, ada ada dropdown list untuk mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH)
  5. Ada juga pilihan untuk mengundurkan diri, dan akan muncul kolom upload Surat Pengunduran Diri
  6. Lengkapi dokumen pemberkasan untuk pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Berkas itu meliputi pas foto formal berlatar merah, ijazah asli, transkrip asli, surat pernyataan 4 poin, SKCK, surat keterangan sehat, surat bebas narkoba, bukti pengalaman kerja
  7. Upload DRH dan dokumen pemberkasan

Setelah memastikan lulus dalam pengumuman CPNS 2019, kamu tidak serta merta langsung jadi CPNS. BKN akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Jika datanya valid, barulah dimulai proses penetapan NIP CPNS.

BKN akan menetapkan NIP CPNS 2019 secara elektronik (paperless) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) melalui https://ift.tt/37R2Odk.

Penandatanganan pertimbangan teknis (Pertek) penetapan NIP pun akan dilakukan secara digital (digital signature). Mekanisme pengusulan NIP dan lampiran dokumen pemberkasan dari peserta, sudah disampaikan kepada seluruh Instansi pembuka rekrutmen CPNS 2019 melalui Surat Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Nomor D 26-30/V 207-9/99 tanggal 23 Oktober 2020.

Simak Video "Perhatian! Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31VBuqw
via IFTTT

Hari Ini Pengumuman CPNS 2019, Ini Cara Login di sscn.bk.go.id

Jakarta -

Hari ini ditunggu banyak orang karena ada pengumuman seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Kamu bisa cek hasilnya di https://sscn.bk.go.id.

Setiap tahun, tentu banyak fresh graduate yang akan melamar berbagai posisi di pemerintahan sebagai CPNS. Pengumuman pun akhirnya tiba hari ini, Jumat (30/10/2020).

Tentu banyak yang penasaran, bagaimana cara cek kelulusan CPNS 2019. Karena banyak yang melamar untuk formasi di pemerintahan daerah. Jadi, banyak yang mau tahu pengumuman CPNS kabupaten atau pengumuman CPNS pemkot.

Cara cek kelulusan CPNS 2019:

  1. Buka website https://sscn.bk.go.id
  2. Login dengan NIK dan password kamu saat registrasi pertama kali
  3. Jika kamu lulus akan ada pengumuman LULUS atau tidak
  4. Jika lulus, ada ada dropdown list untuk mengisi Daftar Riwayat Hidup (DRH)
  5. Ada juga pilihan untuk mengundurkan diri, dan akan muncul kolom upload Surat Pengunduran Diri
  6. Lengkapi dokumen pemberkasan untuk pengusulan Nomor Induk Pegawai (NIP). Berkas itu meliputi pas foto formal berlatar merah, ijazah asli, transkrip asli, surat pernyataan 4 poin, SKCK, surat keterangan sehat, surat bebas narkoba, bukti pengalaman kerja
  7. Upload DRH dan dokumen pemberkasan

Setelah memastikan lulus dalam pengumuman CPNS 2019, kamu tidak serta merta langsung jadi CPNS. BKN akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Jika datanya valid, barulah dimulai proses penetapan NIP CPNS.

BKN akan menetapkan NIP CPNS 2019 secara elektronik (paperless) melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan aplikasi pendukung dokumen elektronik (DOCUDigital) melalui https://ift.tt/37R2Odk.

Penandatanganan pertimbangan teknis (Pertek) penetapan NIP pun akan dilakukan secara digital (digital signature). Mekanisme pengusulan NIP dan lampiran dokumen pemberkasan dari peserta, sudah disampaikan kepada seluruh Instansi pembuka rekrutmen CPNS 2019 melalui Surat Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Nomor D 26-30/V 207-9/99 tanggal 23 Oktober 2020.

Simak Video "Perhatian! Hasil Seleksi CPNS 2019 Diumumkan 30 Oktober"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31RMaX5
via IFTTT

2030 RI Butuh 9 Juta Talenta Digital, Huawei Beri Dukungan Ini

Jakarta -

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional. Kebutuhan SDM yang menguasai teknologi dan informasi menjadi syarat penting tercapainya target pembangunan nasional.

Menurut Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko untuk menciptakan ekosistem digital bangsa ini butuh kerja sama dengan semua pihak termasuk industri agar talenta yang dimiliki bisa berkembang.

Terlebih hingga 2030, Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital atau SDM mumpuni di bidang TIK yang menguasai teknologi digital terdepan seperti Cloud, Kecerdasan Artifisial, Analitik Big Data, 5G hingga IoT.

"Ini kebutuhan yang butuh sinergi sejumlah pihak. Pemerintah tidak bisa sendiri, demikian pula swasta," ujar Moeldoko dalam keterangan tertulis, Kamis (29/10/2020). Hal ini ia ungkapkan saat melakukan penandatanganan kerja sama dengan Huawei Indonesia di Jakarta kemarin.

Oleh karena itu, Moeldoko mengapresiasi Huawei Indonesia yang mendukung pengembangan SDM yang menguasai teknologi informasi. Sebab menurutnya, bidang tersebut menjadi pondasi penting bagi Indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

Sementara itu, CEO Huawei Indonesia Jacky Chen menyatakan pihaknya siap untuk mendukung komitmen Pemerintah Indonesia ini. Menurutnya, keterlibatan aktif dalam pengembangan kualitas SDM di bidang TIK berkompetensi global merupakan bagian dari komitmen panjang Huawei sejak hadir di Indonesia 20 tahun lalu.

"Melalui Huawei ASEAN Academy Indonesia, kami menggelar berbagai pelatihan, seminar, studi banding, sertifikasi, hingga kompetisi yang dirancang memperkaya wawasan, memperdalam pemahaman, serta meningkatkan penguasaan terhadap teknologi-teknologi terdepan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Penandatangan Nota Kesepahaman antara Huawei Indonesia dan KSP ini bersamaan dengan digelarnya peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang bertema Bersatu dan Bangkit. Penandatangan kerja sama berdurasi lima tahun itu diharapkan bisa memberikan peluang kepada talenta yang dimiliki Indonesia.

Nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei Indonesia berisi pengembangan 100 ribu SDM di Indonesia melalui pendidikan vokasi. Diharapkan nantinya SDM Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dimiliki Indonesia bertaraf internasional.

Simak Video "Huawei Nova 7 Bisa Rekam Video 2 Arah, Ini Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2HLWed2
via IFTTT

Festival Belanja 11.11, Lazada Tebar 700 Juta Voucher Diskon

Jakarta -

Alibaba Group kembali menggelar 11.11 Global Shopping Festival di tahun 2020. Festival belanja di tanggal spesial tersebut berlangsung di beberapa platform e-commerce Alibaba Group, yakni Tmall, Taobao, dan Lazada.

Chief Marketing Officer (CMO) Alibaba Group Chris Tung mengatakan tahun ini diperkirakan ada 800 juta konsumen yang berpartisipasi dalam 11.11 Global Festival Shopping. Hal itu membuka kesempatan bagi para merchant untuk menggenjot penjualan produknya. Selain itu, ada sederet brand luxury yang berpartisipasi untuk kali pertama pada 11.11 Global Shopping Festival tahun ini, seperti Prada, Cartier, Montblanc, Balenciaga, dan lainnya.

Untuk memberikan keleluasaan bagi konsumen dalam berbelanja, festival belanja 11.11 akan berlangsung dalam dua periode. Periode pertama berlangsung selama tiga hari pada 1-3 November 2020 dan event puncaknya selama sehari penuh pada 11 November 2020.

"Dua periode belanja dibuat agar konsumen punya cukup waktu untuk berbelanja banyak barang. Saya pikir konsumen butuh waktu lebih panjang untuk memutuskan membeli barang mewah, seperti tas mewah misalnya," kata Chris dalam konferensi pers 11.11 Global Shopping Festival, Rabu (29/10) secara virtual.

Di Indonesia, Alibaba Group juga menggelar Festival Belanja 11.11 melalui platform Lazada. Berbagai penawaran diskon dan promo lainnya disiapkan untuk konsumen Tanah Air.

"Mulai 1 November konsumen bisa berbelanja dengan menyenangkan. Kami menawarkan lebih dari 200 juta penawaran dan fasilitas pengiriman gratis," sebut President and Regional Head of Commercial Lazada Group Jessica Liu.

Lazada juga memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan produk yang sesuai preferensi dan kebutuhannya, berkat algoritma cerdas yang mencocokkan preferensi konsumen dengan produk yang sesuai.

"Kami juga menyediakan total 700 juta voucher dengan penawaran diskon 10% atau lebih," imbuh Jessica.

Lazada juga memberikan hiburan bagi pengguna lewat permainan berhadiah di dalam aplikasi. Pengguna bisa memainkan game eksklusif dalam Festival Belanja 11.11, yakni Happy Bounce. Bentuk permainan tersebut yakni pengguna mengendalikan karakter kucing lucu untuk mencapai level yang lebih tinggi dengan cara menggerakannya ke kiri dan ke kanan.

"(Tersedia) reward senilai USD 2 juta berbentuk Lazada Coin yang bisa ditukarkan untuk berbelanja di lebih dari 5.000 brand dan penjual. Mereka juga bisa mendapatkan lebih banyak poin dengan mengundang teman untuk mengikuti game ini," jelas Jessica.

Untuk mengelola dan mengantarkan barang pesanan konsumen di 6 negara Asia Tenggara, Lazada memiliki 30 gudang pengemasan. Lazada menggandeng 45 mitra logistik dan hampir 400 titik transit.

"Untuk para penggemar K-Culture di Asia Tenggara Anda akan senang mengetahui Lazada memperkenalkan Lazada Regional Brand Lee Min Ho. Dia merupakan karakter yang optimis bersemangat," kata Jessica.

Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3mxcfCP
via IFTTT

Oreo Bangun Bunker Tahan Asteroid di Kutub Utara

Jakarta -

Ancaman asteroid yang menghantam Bumi dan menyebabkan bencana global telah menginspirasi beberapa kelompok untuk membangun bunker. Tidak hanya melindungi para penyintas, tetapi juga untuk memastikan keamanan tumbuhan dan hewan tertentu.

Demikian pula Oreo, mereka membangun bunker untuk memastikan biskuitnya yang jadi camilan populer semua orang di muka Bumi ini dapat bertahan melewati kemungkinan serangan asteroid.

Proyek bernama Global Oreo Vault ini sendiri bermula dari sebuah tweet dari penggemar mereka bernama Olivia Gordon pada 3 Oktober. Olovia menanyakan,"Jika asteroid yang muncul saat pemilu mencapai Bumi, siapa yang akan menyelamatkan Oreo?"

Ternyata Oreo pun menjawab dengan membuat sebuah bunker yang yg terinspirasi dari Gudang Benih Global di Svalbard, Norwegia. Gudang tersebut merupakan fasilitas penyimpanan berbagai benih yang telah dirancang dan dibangun untuk tahan terhadap bencana alam maupun akibat ulah manusia.

Bunker milik Oreo ini dibangun di permafrost pada koordinat 78 ° 08'58.1 "LU, 16 ° 01'59.7" BT. Ternyata posisinya tidak jauh dari Gudang Benih Global.

Biskuit Oreo yang dibungkus dengan mylarBiskuit Oreo yang dibungkus dengan mylar Foto: undefined

Dalam bunkernya, Oreo menyimpan biskuitnya. Sebagai tindakan tambahan, kemasan Oreo dibungkus dengan mylar yang dapat menahan suhu dari -62 ° C hingga 148 ° Celcius.

Selain itu tahan terhadap reaksi kimia, kelembapan, dan udara, menjaga cookie tetap segar dan terlindungi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Oreo turut menyimpan botol susu bubuk dalam bunkernya itu. Kabarnya hanya perlu ditambahkan salju sebelum siap untuk dicelupkan Oreo.

Terkait asteroid sendiri sebelumnya dikabarkan kalau benda angkasa ini akan jatuh ke Bumi sehari sebelum diselenggarakannya Pemilihan Presiden atau Pilpres AS.

"Asteroid 2018VP1 (namanya), batu antariksa yang sebesar sebuah kulkas, meluncur dengan cepat pada kecepatan 25 ribu mil per jam. Mungkin masuk ke Bumi pada 2 November, sehari sebelum pemilihan presiden," terang fisikawan terkenal Neil deGrasse Tyson di Instagram.

AsteroidIlustrasi asteroid Foto: Brainberries

Akan tetapi Tyson menambahkan, warga tidak perlu resah. Pasalnya asteroid itu ukurannya terhitung kecil untuk menimbulkan bencana. "Tidak cukup besar untuk menyebabkan kerusakan. Jadi andai dunia berakhir di 2020, itu bukan karena kesalahan alam semesta," tambah dia.

Jauh-jauh hari, NASA juga sudah menyatakan tidak perlu ada yang ditakutkan, apalagi peluang asteroid itu menimpa Bumi dengan memasuki atmosfer hanyalah sekitar 0,41%. Itupun kemungkinan batu angkasa ini akan hancur sebelum menembus Bumi.

"Obyek kecil yang mendekati Bumi tidaklah sesuatu yang langka dan meskipun benda dengan ukuran semacam ini akan menuju Bumi, kemungkinan ia tidak akan bertahan pada saat melintasi atmosfer Bumi," cetus Donald Yeomans, periset senior NASA.

Simak Video "Catat! Ada 2 Asteroid akan Mendekati Bumi Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jFVunb
via IFTTT

Buruan Daftar! d'Youthizen Virtual Class Hampir Habis

Jakarta -

Pendaftaran kuliah online kreatif d'Youthizen Virtual Class disambut antusias. Kuota untuk kuliah hari pertama hampir habis. Ayo, jangan ketinggalan.

d'Youthizen Virtual Class adalah kelas online untuk mahasiswa dari kampus jurusan apapun yang menghadirkan dosen dari kalangan praktisi, tokoh inspiratif, influencer maupun selebriti. Para dosen akan sharing tentang ilmu praktis yang tidak diajarkan di bangku kuliah dan dikemas dalam format digital interaktif serta edutainment.

d'Youthizen Virtual Class akan datang lagi dengan edisi keempat dan membawa tema 'Upgrade Your Skill in Digital Era'. d'Youthizen Virtual Class yang ketiga, sukses diikuti ribuan peserta mahasiswa dari seluruh Indonesia. Yang keempat sudah pasti tidak kalah serunya.

Catat nih waktunya ya! d'Youthizen Virtual Class akan digelar pada 30-31 Oktober 2020 pukul 13.00-15.30 WIB. Dosen tamunya seru-seru nih, kamu akan belajar bagaimana berpikir kreatif dan mencari peluang dari hobi, minat dan bakat menjadi profesi yang bisa menghasilkan uang.

Kuliah online hari pertama pada Jumat 30 Oktober 2020 akan menampilkan dosen Deputy Head of Sales detikcom, Kris Aditya. Kris akan mengajari jurus-jurus marketing ala detikcom. Setelah itu, Steven Pasaribu akan tampil bernyanyi menghibur kelas online.

Kemudian, siap-siap dengan dosen kedua musisi Eka Gustiwana dari Weird Genius. Kapan lagi nih diajari Eka Gustiwana. Eka akan membawa kuliah tentang How to Think Like a Genius. Materi kuliahnya tentang berpikir kreatif, out of the box, proses pembuatan konten kreatif, mencari ide dan memanfaatkan medsos untuk promosi konten kreatif. Bertindak sebagai dosen pembimbing adalah Safira Umm.

Eits, masih ada hari kedua nih. Sabtu 31 Oktober 2020 akan menampilkan dosen Product Manager Vivo Indonesia Risa Rismayanti dengan kuliah How to Create high Tech Products Customers Love. Risa akan menjelaskan bagaimana membuat ide, menjadi sebuah produk yang dibutuhkan orang. Usai kuliah sesi pertama, ada Nadiya Rawil yang akan mengisi sesi hiburan dengan lagu-lagunya.

Sesi pamungkas akan menghadirkan kolaborasi dua dosen tamu sekaligus. Ada Musisi Yura Yunita lho! Dia akan berduet dengan Meutia Maharani, pro player dan PUBG Mobile Campus Ambassador. Mata kuliahnya adalah Ways to make Extra Money, Turning Hobbies Into Jobs.

Yura akan berbagi inspirasi bagaimana awalnya dia membangun karir menjadi musisi profesional. Meutia juga akan berbagi inspirasi bagaimana hobi main game sambil tetap kuliah, lalu menjadi pemain pro.

Kamu bisa bebas tanya jawab dan juga mendapatkan e-sertifikat. Yang paling penting nih, acara ini tidak dipungut biaya alias gratis!

Pendaftaran untuk hari pertama, Jumat 30 Oktober 2020 kuota sudah menipis nih dan akan ditutup hari ini, Kamis (29/10/2020). Sedangkan, pendaftaran untuk hari kedua, Sabtu 31 Oktober 2020 masih akan dibuka sampai Jumat sore besok.

Kamu #detikIniBisa daftar di aplikasi detikcom, klik fitur 'Layanan' lalu cari 'Promo & Event'. Bagi yang belum memiliki aplikasi-nya, cukup klik di sini atau bisa daftar melalui detikevent.

Acara ini disponsori oleh vivo V20 | V20 SE. Kini vivo V20 | V20 SE dapat dibeli melalui layanan Whatsapp atau delivery service dari vivo Indonesia. Dan dapatkan juga promo menarik hanya di Toko Resmi vivo Indonesia melalui platform e-commerce. Cek info lebih lanjutnya di vivo.com/id sekarang.

Yuk segera daftar, hari ini terakhir untuk kuliah hari pertama, jangan sampai kehabisan. Ajak teman-teman kamu untuk ikut kuliah bareng bersama mahasiswa dari seluruh Indonesia dan luar negeri hanya di d'Youthizen Virtual Class. Sampai bertemu ya!

Simak Video "Anak Zillenials Wajib Punya Skill Ini !"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2TyF0m7
via IFTTT

Layanan Twitter Down di Banyak Negara Termasuk Indonesia

Jakarta -

Twitter down alias tumbang kembali dilaporkan jelang Kamis dini hari (29/10/2020). Masalah tersebut terjadi di banyak negara.

Pantauan di laman Downdetector pada Kamis (29/10/2020), layanan Twitter terkendala di Amerika Serikat, Inggris dan sebagian negara di Eropa, Jepang, India, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura serta Indonesia.

Twitter DownPeta sebaran #TwitterDown Foto: screenshot/detikINET

Banyak pengguna melaporkan tidak bisa mengakses website ataupun aplikasi Twitter di Android dan iOS. Tidak hanya itu sebagian mengeluhkan tidak dapat login ke media sosial berlogo burung itu.

Kendati saat ini layanan Twitter sudah terpantau normal kembali, netizen masih rampai membahas #TwitterDown. Sehingga tagar tersebut masih bercokol dalam daftar trending topic.

Berikut rangkuman kicauan para netizen soal #TwitterDown:


Seperti diketahui 16 Oktober lalu Twitter juga sempat tumbang. Masalah ini menyebabkan jutaan pengguna tidak dapat memposting kicauan.

Setiap kali akan memposting selalu saja muncul keterangan 'Overcapacity' atau kerap pula menampilkan 'Oops, something went wrong'.

Pihak Twitter mendeteksi bahwa ada masalah sistem internal. Rupanya masalah tersebut terjadinya perubahan sistem yang berdampak layanan kepada pengguna.

"Pemadaman ini disebabkan oleh perubahan sistem yang dimulai lebih awal dari yang direncanakan, yang mempengaruhi sebagian besar server kami," ujar Twitter lewat akun @TwitterSupport, Jumat (16/10/2020).

Selanjutnya, Twitter langsung memperbaiki permasalahan yang bikin layanannya tumbang. Dan, pada akhirnya, platform mikroblogging tersebut sudah bisa diakses lagi oleh pengguna.

Simak Video "Tumbang di Banyak Negara, Twitter Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31PIGEC
via IFTTT

5 Fitur Tokopedia agar Tetap Hemat Belanja Online

Jakarta -

Kegiatan belanja online menjadi pilihan masyarakat di era pagebluk ini. Selain bisa mengurangi interaksi langsung di tengah pandemi COVID-19, belanja online membuat pengeluaran terekam secara digital sehingga menjadi lebih transparan dan terukur.

"Ada juga banyak cara agar belanja online menjadi lebih hemat. Salah satunya, masyarakat bisa memanfaatkan sederet fitur di Tokopedia yang dapat membuat belanja online kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Rabu (28/20/2020).

1. Fitur Sort/Urutkan

Fitur Sort/Urutkan bisa digunakan untuk mengurutkan produk berdasarkan harga terendah hingga tertinggi. Hal ini mempermudah pengguna berbelanja sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Ekhel mengatakan selain menyortir pilihan harga, pengguna juga dapat menggunakan fitur Sort untuk mencari produk dengan ulasan terbanyak. Hal ini bisa membantu mendapatkan informasi lebih dalam sebelum membeli produk yang dibutuhkan.

2. Fitur Filter

Dengan menggunakan fitur Filter, pembeli bisa memilih area lokasi penjual terdekat agar biaya pengiriman lebih murah. Selain itu, pembeli juga dapat mengatur batas harga minimum hingga maksimum sesuai anggaran yang sudah ditentukan.

Fitur Filter di sisi lain bisa membantu pembeli memilih toko yang menawarkan berbagai nilai tambah, seperti cashback, diskon, harga grosir hingga bebas ongkir yang bisa didapatkan dengan sangat mudah, hanya dengan berbelanja minimal Rp 50 ribu.

3. Homepage Banner

Supaya belanja online bisa lebih efisien, pengguna juga dapat mengecek berkala Homepage Banner di bagian paling atas platform Tokopedia untuk memperoleh penawaran terbaru setiap harinya.

4. Tokopedia Play

Terintegrasi dengan aplikasi Tokopedia, pengguna bisa menikmati pengalaman berbelanja langsung atau live shopping yang juga menghibur melalui Tokopedia Play. Selain menyediakan beragam konten kreatif, interaktif, dan informatif, masyarakat juga bisa mengikuti berbagai kuis untuk mendapatkan sederet diskon dan nilai tambah lainnya.

5. TokoMember

TokoMember merupakan program loyalitas Tokopedia yang memungkinkan pengguna memperoleh berbagai nilai tambah yang ditawarkan berbagai mitra Official Store Tokopedia. Manfaat tersebut termasuk kupon cashback, bebas ongkir dan lain sebagainya.

Keuntungan tersebut dapat dimanfaatkan pengguna dengan mendaftarkan diri menjadi member tanpa biaya tambahan. Pengguna bisa berbelanja dan mengumpulkan stempel dari sejumlah Official Store Tokopedia yang berpartisipasi dalam program TokoMember.

Simak Video "Tergiur Diskonan Lazada, Pasutri Ini Jadi Korban Penipuan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31NzX5Q
via IFTTT

Ada ShopeePay Deals Rp 1 di 11.11, Bisa Beli Produk Apa Aja?

Jakarta -

ShopeePay kembali menghadirkan kampanye ShopeePay Deals Rp1 untuk menyambut Shopee 11.11 Big Sale yang akan digelar pada 1-11 November 2020. Kampanye ini membawa tema Jajan, Makan, dan Belanja.

Marketing Manager ShopeePay, Cindy Candiawan menyatakan ShopeePay Deals Rp 1 menyoroti komitmen ShopeePay untuk mendukung aktivitas belanja masyarakat, mulai dari kebutuhan sehari-hari, retail, hingga produk esensial lainnya.

"Kategori Belanja merupakan favorit kategori pengguna, terlebih di tengah pandemi di mana masyarakat lebih mengandalkan pembayaran nontunai. ShopeePay Deals Rp1 menjadi solusi yang kami hadirkan agar masyarakat dapat belanja dengan lebih nyaman, aman, dan memuaskan tentunya dengan kenyamanan fitur contactless," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (28/10/2020).

Diungkapkannya, ShopeePay mengamati adanya peningkatan signifikan dalam transaksi kategori Belanja yang terjadi di platformnya, dengan lebih dari 70% pengguna baru melakukan transaksi pertamanya di merchant kategori ini.

Selain itu, ShopeePay melihat pergeseran perilaku belanja, yaitu frekuensi Belanja juga meningkat hampir 3x lipat namun menuju nilai transaksi yang lebih kecil. Hal ini sejalan dengan perilaku konsumen mengurangi transaksi dalam jumlah besar di masa pandemi.

Cindy menjelaskan selama pandemi pula aktivitas belanja masyarakat lebih banyak melibatkan pembayaran digital. Melihat hal ini, ShopeePay Deals Rp 1 menggandeng merchant dari kategori Belanja yang meliputi beberapa jenis kebutuhan.

Pertama, kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan yang sifatnya vital terlebih di masa PSBB, termasuk di dalamnya bahan makanan, kebutuhan mandi, dan yang terpenting adalah produk sanitasi seperti detergen hingga cairan antiseptik. ShopeePay Deals Rp 1 didukung oleh toko swalayan terdepan di Indonesia seperti Alfamart, Superindo, Prima Freshmart, dan lain-lain.

Kedua, kebutuhan fashion. Walau beraktivitas dari rumah, masyarakat tetap dapat tampil modis terutama yang menghadiri on camera virtual meeting. Para pengguna dapat memanfaatkan ShopeePay Deals Rp 1 yang ditawarkan di merchant fashion favorit, seperti Someday, Gaudi, Holika Holika, dan Panama.

Ketiga, kebutuhan hobi. Selama di rumah saja, masyarakat bisa mengembangkan hobi dan mencoba hal baru, seperti dekorasi rumah, aksesori elektronik, membaca, dan lainnya. Kampanye ShopeePay Deals Rp1 menghadirkan merchant seru untuk menunjang hobi, seperti Usupso, Playworks, Unipin, dan Gramedia.

Lebih lanjut Cindy mengatakan selain Belanja, kampanye ShopeePay Deals Rp 1 juga membawa tema Jajan dan Makan yang memfasilitasi transaksi contactless di merchant-merchant pilihan seperti Burger King, Fore Coffee, Bakmi GM, Solaria, Janji Jiwa, Auntie Anne's, Gong Cha, dan lain-lain.

Program ini tersedia di fitur Deals Sekitarmu yang terintegrasi di aplikasi Shopee, fitur inovasi O2O (online-to-offline) ShopeePay yang memungkinkan para pengguna untuk mengakses voucher diskon dan cashback yang sesuai lokasi terdekat para pengguna.

"Kampanye ShopeePay Deals Rp 1 merupakan salah satu inisiatif untuk mengedukasi manfaat transaksi non-tunai, dan di saat yang bersamaan membantu para merchant kami untuk menjangkau para pelanggannya. Kami harap inisiatif ini dapat mendukung upaya memutuskan rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia lewat peningkatan adopsi transaksi nontunai," tutup Cindy.

Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/37OyAHO
via IFTTT

Apple Tawar Film Bond Terbaru Senilai Rp 5,8 Triliun

Jakarta -

Apple disebut tertarik membeli hak tayang film James Bond terbaru yang berjudul No Time to Die, dengan bayaran mencapai USD 400 juta atau sekitar Rp 5,8 triliun.

Dilansir Hollywood Reporter, ada beberapa perusahaan yang mendekati MGM untuk membeli hak tayangnya itu, termasuk Netflix dan Apple. Namun sejauh ini hanya Apple yang sudah menyebut angka penawarannya, yang berkisar antara USD 350 juta sampai USD 400 juta.

Uang sebanyak itu ditawarkan Apple untuk mendapat lisensi menayangkan No Time to Die selama 12 bulan di Apple TV+. Namun MGM selaku pemilik hak tayangnya sama sekali tak melirik tawaran tersebut, karena mereka menginginkan pembayaran yang jauh lebih besar.

Seorang sumber menyebut MGM setidaknya meminta pembayaran sebesar USD 650 juta, bahkan mencapai USD 800 juta untuk hak siar secara global. Wajar memang jika MGM benar meminta uang sebanyak itu, karena biaya produksi No Time to Die saja sudah mencapai USD 250 juta, ditambah USD 50 juta untuk biaya pemasaran.

Ditambah lagi, adanya biasa lisensi yang harus dibayar ke United Artist dan Universal Pictures. Termasuk bonus box office yang bakal diberikan ke bintang utamanya, yaitu Daniel Craig dan Rami Malek, termasuk produser Cary Fukunaga.

No Time to Die sejatinya bakal dirilis pada April 2020 lalu, namun kemudian ditunda sampai November karena pandemi Corona. Baru-baru ini, perilisannya kembali ditunda sampai April 2021 mendatang.

Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/35DwV5r
via IFTTT

Facebook Ajak Masyarakat Asah Keterampilan Lewat Acara Rakit Bangkit

Jakarta -

Dampak pandemi COVID-19 masih terus dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi agar tetap bertahan, Facebook akan menyiarkan acara Rakit Bangkit.

Kepala Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia Revie Sylviana mengatakan acara ini akan menghadirkan banyak kreator, komunitas dan praktisi untuk saling berbagi pengetahuan secara virtual.

Acara Rakit Bangkit akan disiarkan lewat Halaman Facebook App Indonesia pada 30 Oktober sampai 1 November mendatang.

"Di rangkaian selama tiga hari ini kita akan membahas berbagai topik yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan keahlian dan memberi dampak positif ke masyarakat," kata Revie dalam konferensi pers virtual, Rabu (28/10/2020).

Revie mengatakan acara Rakit Bangkit akan mengusung topik yang berbeda setiap harinya. Di hari pertama akan ada pembicara seperti Raffi Ahmad, Ariel Tatum dan Luna Maya yang akan membagikan tips seputar kesehatan mental untuk mempersiapkan diri menjalani kehidupan yang baru.

Di hari kedua akan ada sesi berbagi keterampilan dari Atta Halilintar, YouTuber Hobby Makan, Chef Arnold Poernomo, dan lain-lain untuk membangun bisnis di tengah pandemi dan cara menghasilkan uang dari rumah.

Acara Rakit Bangkit akan ditutup dengan sesi tentang cara memanfaatkan Facebook, WhatsApp dan Instagram untuk melatih kemampuan dan keterampilan baru dari Samuel Ray, Komunitas Teknisi Ponsel Indonesia dan Komunitas Sharing, Yuk!. Akan ada juga hiburan dari penyanyi Raisa Andriana.

Revie mengatakan Facebook sebelumnya pernah mengadakan acara seperti Rakit Bangkit di negara lain seperti India dan Vietnam. Tapi untuk acara pertama di Indonesia, Facebook mengusung tema yang berbeda sesuai dengan tantangan yang dihadapi saat ini.

Selain berbagi keterampilan baru, Facebook juga mengajak masyarakat untuk berdonasi lewat Kitabisa.com yang akan disalurkan ke Rumah Gemilang Indonesia.

"Programnya difokuskan untuk memberikan pelatihan bagi jutaan pemuda pengangguran di Indonesia di berbagai kota sehingga mereka nanti dananya akan disalurkan dalam bentuk pelatihan untuk meningkatkan keahlian misalnya fotografi, kemontiran, kelistrikan, fashion dan lain-lain," pungkasnya.

Simak Video "Konten Spiritual Jadi yang Paling Banyak Dicari di Facebook"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/37OCy3k
via IFTTT

Bocah 12 Tahun Jadi Relawan Vaksin Corona Termuda

Amerika Serikat -

Percobaan kandidat vaksin Corona telah dilakukan secara masif, bahkan di Amerika Serikat sudah menyasar anak-anak. Para relawan kecil ini telah disuntik dosis pertama vaksin Corona dan diawasi dengan seksama apakah mengalami efek samping yang tidak biasa.

Dikutip detikINET dari CNN, Rabu (28/10/2020) tim di Cincinnati Children's Hospital telah mengimunisasi 100 anak dengan usia termuda 12 tahun, dengan vaksin COVID-19 buatan perusahaan Pfizer. Vaksin Corona ini harus terbukti aman untuk diberikan secara massal nantinya.

Salah satu relawan bernama Abhinav yang berusia 12 tahun merupakan salah satu yang paling muda. Dia berharap vaksin bisa membantu mengatasi pandemi Corona sehingga kakeknya dari India bisa berkunjung ke Amerika Serikat dan sekolah juga dapat kembali berjalan normal.

"Kupikir setiap siswa di sekolahku ingin kembali ke kondisi normal. Aku sungguh berpikir vaksin bisa mencegah penyebaran (Corona). Aku mungkin akan meminta anak-anak lain untuk ikut serta," katanya.

Dalam percobaan ini, separuh relawan tanpa diketahui sebenarnya tidak mendapatkan vaksin Corona yang sebenarnya sebagai salah satu prosedur, atau yang disebut metode plasebo. Namun Abhinav berharap yang disuntikkan kepadanya vaksin yang sesungguhnya untuk melindunginya dari Corona.

Orang tua Abhinav adalah yang mendaftarkan putranya sebagai relawan. "Intinya untuk melindungi anak saya. Kemudian juga akan membantu sains," ucap sang ayah yang bernama Sharat.

Sharat sendiri adalah seorang dokter dan juga menjadi relawan vaksin Corona dalam fase satu. Dia yakin vaksin Corona aman bagi dirinya maupun anaknya itu.

Dr Robert Frenck selaku pemimpin uji coba vaksin Corona ini mengakui mungkin ada ketakutan anak diberi vaksin, namun sebenarnya sudah dipastikan benar-benar aman. "Alasan kami bisa memberikan vaksin Corona ini pada anak adalah karena Pfizer telah mencobanya di 30 ribu orang dewasa dan punya data keamanannya," kata dia.

Vaksin Corona mungkin akan disetujui di Amerika Serikat untuk diberikan pada populasi di awal tahun depan. Pfzer sendiri adalah salah satu perusahaan terdepan, bahkan mendapatkan pujian dari Bill Gates.

"Pfizer punya peluang bagus untuk menjadi salah satu yang pertama (memberikan vaksin Corona), mereka adalah perusahaan vaksin yang sangat berpengalaman dan merancang studinya dengan sangat baik," ucap Gates.

Simak Video "Vaksin Corona Belum Direkomendasikan untuk Anak-anak dan Ibu Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2HJgeNn
via IFTTT

Sumpah Pemuda 2020 Disambut Meriah di Jagat Maya

Jakarta -

28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Masyarakat saling mengekspresikan antusiasme dan saling memberi semangat di Twitter.

Sejarah Sumpah Pemuda merupakan momen istimewa untuk anak bangsa. Makna Sumpah Pemuda adalah momen bersatunya masyarakat yang multi etnis, merengkuh identitas bersama sebagai bangsa Indonesia.

Para tokoh yang berperan dalam Kongres Pemuda II adalah: Soegondo Djojopoespito dari PPPI (ketua), Djoko Marsaid dari Jong Java (wakil ketua), Muhammad Jamin dari Jong Sumatranen Bond (Sekretaris), Amir Sjarifudin dari Jong Sumatranen Bond (bendahara), Djohan Mu Tjai dari Jong Islamieten Bond Kontjosoengkoeno dari PI, Senduk dari Jong Celebes, J Lemeina dari Jong Ambon, dan Rohyani dari Pemoeda Kaum Betawi.

Kongres Pemuda II makin istimewa dengan tampilnya WR Supratman yang kali pertama menampilkan lagu ciptaannya Indonesia Raya. Para panitia Kongres Pemuda II selanjutnya punya peran penting dalam merebut dan mempertahankan Indonesia.

Dari kongres itu, lahirlah ucapan Sumpah Pemuda berikut ini:

Pertama Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda inilah yang dikenang sampai sekarang. Bahkan, kita masih bisa melihat teks Sumpah Pemuda ini di Museum Sumpah Pemuda, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat.

Tidak heran, Hari Sumpah Pemuda selalu disambut di media sosial. Seperti dipantau Rabu (28/10/2020) Selamat Hari Sumpah Pemuda menjadi trending topic di Twitter sepanjang pagi ini.

Netizen mengenang peristiwa bersejarah itu. Dari penyanyi Fiersa Besari sampai akun resmi Manchester United Indonesia, semuanya saling mengekspresikan semangat nasionalisme.

Inilah beberapa kicauan mereka di Twitter:

Simak Video "Gaya Para Menteri hingga Ketua DPR Bacakan Puisi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3e0qddw
via IFTTT

Mendiang Bos Samsung Bakar 150 Ribu HP Karena Jelek

Jakarta -

Lee Kun Hee, chairman bos Samsung yang baru saja meninggal dunia, memang sangat berjasa dalam membawa perusahaan menjadi raksasa yang disegani. Ia sangat fokus terhadap kualitas produk dan tidak mau perangkat Samsung dicap murahan. Bahkan ia pernah membakar ratusan ribu HP karena dianggap jelek.

Pada 1 Desember 1987, Lee diangkat jadi chairman Samsung, dua minggu setelah sang ayah yang merupakan pendiri Samsung, Lee Byung Chull, meninggal dunia. Ketika itu, Samsung sudah memimpin di pasar dalam negeri tapi kalah di mancanegara oleh produk Jepang.

Kondisi itu membuat Lee kecewa. Terlebih ia melihat kenyataan pahit itu dengan mata kepala sendiri. Tahun 1993, Lee menggelar tur global ke berbagai negara untuk mengetahui performa produk Samsung di sana. Alangkah kecewa Lee setelah melihat produk Samsung disepelekan.

Saat berada di sebuah toko di California, televisi Samsung diletakkan di rak bagian sudut yang hampir tidak terlihat. Sedangkan televisi Sony dan Panasonic dipajang sebagai barang jualan utama.

Bulan Juni 1993, Lee mengumpulkan ratusan bos Samsung dalam rapat besar di Frankfurt. Kata paling terkenal dari pidatonya di sana adalah 'ubah semua hal kecuali istri dan anakmu', dalam arti Samsung harus serius mentransformasi diri agar disegani dunia.

Ada lagi kisah menarik soal bagaimana Lee Kun Hee memimpin Samsung. Pada tahun 1995, beberapa ponsel buatan Samsung cacat produksi. Hal itu membuatnya geram.

Dikutip detikINET dari Yonhap, Lee Kun Hee lantas mengunjungi pabrik Samsung Electronics yang berlokasi di Gumi, provinsi Gyeonsang utara. Dia mengumpulkan ribuan pekerja pabrik itu, kemudian mengadakan upacara pembakaran dan penghancuran 150 ribu ponsel sejenis.

Terdapat pula di sana, banner bertuliskan Quality is My Pride atau kualitas adalah kebanggaan saya, untuk menekankan bahwa Samsung harus menghasilkan produk yang benar-benar baik. Sang bos Samsung ingin menanamkan hal itu dengan sangat serius.

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/34wTDgc
via IFTTT

Kisah Sedih di Balik Penciptaan WhatsApp

Jakarta -

WhatsApp kini adalah layanan messaging terpopuler di dunia. Tentulah layanan yang kini dimiliki Facebook itu tidak langsung sukses, bahkan awal penciptaannya cukup menyedihkan karena sedikit yang mau memakainya. Sudah begitu, kedua pendirinya pun sedang dalam masa sulit.

Kedua pendiri WhatsApp, Jan Koum dan Brian Acton yang keduanya telah resign dari Facebook, dahulu adalah mantan pegawai Yahoo. Keduanya memutuskan resign dari Yahoo dan liburan sejenak, lalu coba mendaftar ke Facebook. Tapi jejaring sosial itu tidak menerima lamaran mereka.

Jadi pengangguran, Koum dan Acton hidup dengan uang pesangon dari Yahoo sembari mencari peluang berikutnya. Nah pada Januari 2009, Koum membeli iPhone dan menyadari ada peluang besar bisnis aplikasi melalui App Store.

Koum mematangkan ide membuat aplikasi yang kemudian ia namai WhatsApp. Pada 24 Februari 2009, ia mendirikan WhatsApp Inc meskipun aplikasinya belum jadi. Setelah jadi pun, aplikasinya kerap bermasalah dan saat diujicoba, hanya sedikit yang mau memakainya.

Ya, rilis pertama WhatsApp pada Mei 2009 bisa dibilang tidak sesuai ekspektasi. Terlebih pada saat itu, WhatsApp belum sepenuhnya layanan pesan, hanya aplikasi untuk membuat status.

Koum terus berpikir mengembangkan WhatsApp. Akhirnya dia punya ide menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi messenger yang menggunakan kontak di ponsel sebagai jejaring serta nomor HP untuk login.

"Mampu menjangkau setiap orang di belahan dunia lain secara instan, di perangkat yang selalu bersama Anda, waktu itu itu adalah sesuatu yang hebat," kata Koum yang dikutip detikINET dari Forbes, Rabu (28/10/2020).

Halangan kembali datang karena setelah bereksperimen memakai WhatsApp harus berbayar, jumlah download menurun. "Kami tumbuh cepat ketika gratis, 10 ribu download per hari. Dan ketika kami memberlakukan pembayaran, mulai menurun sampai hanya seribu per hari," kisah Acton.

Akhirnya diputuskan user cukup membayar sekali dalam setahun. Fitur baru pun ditambahkan pada akhir 2009 yaitu kemampuan mengirim pesan gambar, yang membuat WhatsApp mulai menarik perhatian.

Selanjutnya: Puncak kesuksesan WhatsApp...

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/31PlrKP
via IFTTT

Admin Medsos Diwanti-wanti Jelang Pilkada Klaten

Klaten -

Jelang pilkada, media sosial hiruk pikuk dengan postingan politik. Para admin medsos diwanti-wanti untuk menjauhi kampanye hitam.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Klaten mengundang puluhan admin media sosial di masa kampanye Pilkada. Para admin media sosial diundang untuk diminta bisa menyaring informasi agar terhindar dari kampanye hitam atau black campaign.

"Kami harapkan nanti pegiat media sosial, utamanya admin-adminya tolong bisa memfilter jika ada unsur kampanye hitam. Seperti mengandung unsur-unsur SARA sampai ujar kebencian," kata Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Klaten, Azib Triyanto saat acara sosialisasi pengawasan partisipatif bersama Admin Media Sosial dan media, Selasa (27/10/2020).

Pilkada tahun ini, ujar Azib diutamakan kampanye melalui media daring atau media sosial. Baik dengan iklan atau tanpa iklan.

"Bahwa untuk iklan kampanye di media termasuk media sosial baru bisa dilakukan 14 hari sebelum hari tenang. Kalau ditarik ke belakang iklan itu baru bisa mulai tanggal 22 November sampai 5 Desember," lanjut Azib.

Di media sosial, imbuh Azib, sempat ditemukan di FB semacam iklan bersponsor. Padahal baik di FB, IG maupun Twitter jika itu berbayar tetap tidak boleh sebelum tanggal 22 November.

"Kalau itu ada embel-embel bersponsor artinya berbayar dan iklan. Ini yang belum boleh saat ini tapi setelah cek dihapus sebab jika tidak dihapus bisa masuk pelanggaran kampanye di luar jadwal," ungkap Azib.

Lebih jauh dikatakan Azib, tidak dipungkiri saat ini penggunaan media sosial semakin signifikan. Tapi, jangan sampai penggunaan internet yang tinggi digunakan untuk hal yang tidak baik.

"Efek media sosial yang digunakan tidak baik bisa menyebabkan polarisasi sampai memecah-belah. Pernah ada berita berantai yang jadi demo, ada juga sampai menggunakan politik identitas, agama, suku dan lainnya," sambung Azib.

Ketua Bawaslu Kabupaten Klaten Arif Fatkurohman mengatakan pengawas Pemilu saat ini memiliki kendala keterbatasan personel. Apalagi saat ini panwas desa hanya satu orang.

"Panwas desa saat ini cuma satu. Berbeda dengan Pemilu 2014 waktu itu satu desa bisa lebih dari satu panwas sehingga sekarang satu panwas desa mengawasi satu desa sendiri," jelas Arif.

Dengan kondisi itu, Bawaslu membutuhkan peran masyarakat karena keterbatasan personel. Untuk itu admin media sosial bisa ikut mengawasi.

"Jika mengawasi ditemukan yang kampanye bersponsor dan iklan bisa disampaikan ke kami jajaran pengawas Pemilu. Atau jika ditemukan black campaign," sambung Arif.

Bawaslu, tegas Arif, ingin ada peran serta masyarakat dalam mengawasi Pilkada. Agar Pilkada berjalan sesuai aturan dan regulasi.

"Maka kami ingin ada peran masyarakat. Kami ingin masyarakat punya keinginan yang sama bagaimana Pilkada berjalan sesuai rel aturan yang ada dan minim pelanggaran serta mengawal prosesnya," papar Arif.

Kusumo, admin grup Gardu Aspirasi dan Informasi (Garasi) Klaten mengatakan menyambut baik admin disosialisasikan tentang pengawasan Pilkada. Sebab selama ini memang banyak posting berbau kampanye.

"Sering ada postingan yang berbau kampanye. Tapi di grup kami sejak awal sudah ada aturan tidak untuk politik praktis sehingga memposting sampai berapapun akan kami tolak," kata Kusumo pada detikcom.

Simak Video "Minibus Tabrak Gapura Desa di Karanganyar, 2 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sip/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3jFs0Gc
via IFTTT

Bill Gates Puji Calon Vaksin Corona Ini

Seattle -

Bill Gates tak henti mengamati perkembangan vaksin Corona yang dipercaya dapat mengendalikan pandemi dan mengembalikan keadaan dunia seperti kondisi sebelumnya. Terbaru, ia kembali memprediksi kapan vaksin Corona tersedia serta perusahaan mana yang jadi kandidat terbaik.

"Awal tahun depan. Dengan keberuntungan, kita akan punya dua atau tiga (vaksin Corona) dari 6 yang saat ini ada di fase percobaan," sebut sang pendiri Microsoft, ketika ditanya kapan vaksin Corona dapat diberikan ke masyarakat, khususnya di Amerika Serikat.

Secara khusus, ia memuji vaksin Corona buatan perusahaan farmasi Pfizer. "Pfizer punya peluang bagus untuk menjadi salah satu yang pertama, mereka adalah perusahaan vaksin yang sangat berpengalaman dan merancang studinya dengan sangat baik," ucap Gates.

Selain Pfizer, Gates menyebut vaksin Corona lainnya yang kemungkinan paling cepat disetujui, yaitu buatan AstraZeneca yang mengandalkan vaksin buatan Universitas Oxford, kemudian buatan Johnson & Johnson, Novavax, Moderna dan Sanofi.

Memang ada kabar kurang menggembirakan di mana dalam uji coba vaksin Corona buatan AstraZeneca, ada relawan meninggal dunia. Namun menurut Gates, kejadian semacam itu merupakan salah satu risiko dalam percobaan vaksin.

"Bahkan jika satu, dua atau tiga (vaksin Corona) mendapatkan persetujuan, efektivitas mereka dalam soal menghentikan kalian agar tidak jadi sakit atau tidak menularkan mungkin tidaklah sempurna," lanjut Gates yang dikutip detikINET dari Yahoo Finance, Selasa (27/10/2020).

Pada saat ini di tahun 2021, kemungkinan dunia sudah menjadi lebih baik ketika vaksin Coroan sudah tersedia secara luas. Akan tetapi menurut Gates, kehidupan belum akan sepenuhnya normal. Ia sebelumnya meramal kondisi dunia baru akan pulih sepenuhnya sekitar tahun 2022.

"Kita harus mendapatkan 70% plus populasi memperoleh vaksin Corona untuk benar-benar mendorong angka (penderita Corona) turun dan selama penyakit ini eksis di manapun di dunia ini, peluang untuk menular kembali akan selalu ada," tambah Gates.

Simak Video "Bill Gates Beberkan Kapan Pandemi Corona Berakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2HGMelf
via IFTTT