Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar

Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar
link : Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar

Baca juga


Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar

Jakarta - Indah Purnamasari kini bisa senang, ia tidak saja bisa berkomunikasi lewat telepon dan sms dengan keluarganya di Miangas. Kini dia pun bisa melakukan panggilan video.

Miangas merupakan pulau terutara di Indonesia. Posisinya begitu dekat dengan negara Filipina ketimbang ke Manado.

Sebagai daerah perbatasan lain, Miangas dulu kerap dianaktirikan soal infrastruktur, termasuk telekomunikasi. Penduduk pernah harus bersusah payah hanya untuk menghubungi kerabatnya di daerah lain.

Memang mereka tidak harus membayar mahal layanan telekomunikasi negara tetangga seperti yang dialami warga pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Sebab jangkauan sinyal operator seluler Filipina tidak menjangkau pulau yang memiliki luas 3,15 KM2 itu.

Penampakan mercusuar dari pusat desa Miangas.Penampakan mercusuar dari pusat desa Miangas. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Tapi warga Miangas harus melakukan sedikit usaha agar mendapatkan sinyal operator telekomunikasi Indonesia. Mereka harus naik ke bagian atas mercusuar.

"Naik mercusuar baru dapat (sinyal). Tingginya hampir 10 lantai," kenang Indah saat berbincang dengan detikINET.

Dari rumah Indah ke mercusuar dapat ditempuh 15 menit dengan menggunakan motor. Ia kadang datang beramai-ramai dengan warga yang hedak melakukan komunikasi dengan keluarganya di daerah lain.

Masalahnya ketika hendak berkomunikasi di malam hari, penduduk tidak diperbolehkan menaiki mercusuar tersebut. Untungnya saat malam, area pantai kerap terjangkau sinyal seluler.

"Tapi terbatas, kalo lebih dari tujuh orang, sinyal hilang. Jadi harus bergantian," kata Indah.

Indah Purnamasari, warga Miangas, Sulawesi UtaraIndah Purnamasari, warga Miangas, Sulawesi Utara Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Syukurlah semua itu terhenti sejak 2011 silam, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membangun infrastruktur BTS di Miangas. Penduduk tidak perlu lagi menaiki Mercusuar dan berlari ke pantai untuk nelpon atau berkirim SMS, cukup dari rumah saja.

Dan semenjak seminggu lalu, kualitas jaringan seluler di pulau ini ditingkatkan, sinyal Telkomsel yang sebelumnya 2G menjadi 4G. Peningkatan jaringan ini sendiri merupakan salah satu program Universal Service Obligation (USO) di bidang telekomunikasi dan informatika yang dilaksanakan oleh Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kemenkominfo.

Adanya peningkatan ini, Indah dan ratusan warga Miangas lain bisa menikmati layanan internet kencang. "Senang sekarang sudah ada 4G. Tapi semoga harga pulsanya lebih murah. Karena harga di sini dan di Manado beda. Pula Rp 10 ribu harganya bisa Rp 15 ribu di sini," harap Indah. (afr/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2tZ9kvO
via IFTTT


Demikianlah Artikel Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar

Sekianlah artikel Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2017/07/warga-miangas-berburu-sinyal-sampai-ke.html

0 Response to "Warga Miangas Berburu Sinyal Sampai ke Puncak Mercusuar"

Post a Comment