Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang

Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang
link : Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang

Baca juga


Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang

Jakarta - Belum rampung masalah penyalahgunaan data 50 juta penggunanya, Facebook harus menghadapi 'amukan' netizen yang tidak senang data dari ponsel mereka dikumpulkan oleh jejaring sosial tersebut.

Facebook diketahui telah mengumpulkan sejumlah data dari ponsel penggunanya. Informasi tersebut meliputi riwayat panggilan dan pesan pendek (SMS), baik yang diterima maupun dikirim oleh user tersebut.

Temuan tersebut diungkapkan oleh sejumlah netizen di Twitter. Mereka mengetahuinya setelah mengunduh file ZIP berisi data-data tersebut dari Facebook versi web. Sejumlah pengguna Twitter pun turut membagikan cara mengunduh file tersebut.

Kebanyakan warganet yang mengeluhkan dikumpulkannya informasi mengenai riwayat panggilan dan SMS milik mereka adalah pengguna smartphone berbasis Android. Mereka pun mengemukakan bahwa data tersebut sudah direkam selama bertahun-tahun.

Aplikasi Facebook untuk perangkat berbasis iOS diketahui memang tidak memiliki izin untuk mengambil data tersebut pada iPhone. Terlebih, Apple memang membatasi akses pengembang aplikasi pihak ketiga dalam mengumpulkan informasi sejenis.

Menariknya, pemilik akun Twitter @kellyhclay, yang merupakan pengguna iPhone, mengaku bahwa file ZIP dari Facebook miliknya menunjukkan bahwa jejaring sosial tersebut menyimpan seluruh kontak yang terdapat di dalam ponselnya. Padahal, ia tidak memiliki aplikasi Facebook di dalam iPhone miliknya.

Meski hal ini dikeluhkan oleh banyak penggunanya, pihak Facebook mengatakan bahwa akses terhadap riwayat panggilan dan SMS adalah hal yang normal bagi sebuah aplikasi. Terlebih, keputusan juga tetap berada di tangan user untuk menentukan apakah mereka ingin memberikan akses tersebut pada sebuah aplikasi atau tidak.

"Hal terpenting bagi sebuah aplikasi dan layanan yang ingin membantu penggunanya untuk berhubungan dengan orang lain adalah memudahkannya dalam mencari orang-orang yang ingin dihubungi olehnya," ujar juru bicara Facebook, seperti detikINET kutip dari The Verge, Selasa (27/3/2018).

Selain itu, melalui sebuah tulisan blog dalam situs resminya, pihak Facebook juga menerangkan bahwa pengumpulan data tersebut bersifat opt-in, jadi user dapat menghentikannya sewaktu-waktu. Meski perusahaan tersebut tidak menjelaskan bagaimana data tersebut digunakan, mereka menegaskan bahwa informasi yang dikumpulkan ini tidak diperjualbelikan.

Dengan menyeruaknya kasus penyalahgunaan data 50 juta pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica terkait dengan usaha firma asal Inggris tersebut dalam memenangkan Donald Trump pada pemilihan presiden Amerika Serikat 2016 lalu, tentu para pengguna raksasa jejaring sosial ini merasa khawatir bagaimana data mereka akan dimanfaatkan.

(afr/afr)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2I4QwxQ
via IFTTT


Demikianlah Artikel Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang

Sekianlah artikel Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2018/03/data-ponsel-dicomot-facebook-netizen.html

0 Response to "Data Ponsel Dicomot Facebook, Netizen Meradang"

Post a Comment