Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan

Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan
link : Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan

Baca juga


Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan

Jakarta - Ilmuwan China yang mengkalim telah menciptakan bayi hasil rekayasa genetika pertama di dunia, saat ini ditahan oleh kepolisian Shenzhen, China.

He Jiankui, demikian namanya, adalah seorang ilmuwan penelitian di Southern University of Science and Technology yang saat ini terlibat dalam dua startup yang bergerak dalam bidang bioteknologi.

Dia menjadi sorotan dunia dan menimbulkan kontroversi saat mengumumkan bahwa dirinya telah merekayasa gen sepasang bayi perempuan kembar agar imun terhadap HIV.

Klaim tersebut belum terkonfirmasi. Namun jika benar, ini adalah pelanggaran terhadap peraturan ketat terkait pemanfaatan rekayasa genetika pada manusia.

China pun telah menghentikan penelitian tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut. Seperti dikutip dari Tech Crunch, Minggu (30/12/2018), He dan keluarganya saat ini berada dalam pengawasan ketat pemerintah China dan menjadi tahanan rumah.

Pihak Southern University of Science and Technology tempat He melakukan penelitiannya menyatakan bahwa mereka tak tahu menahu perihal eksperimen yang dilakukan sang profesor.

Komisi Kesehatan Nasional China pun menyebutkan bahwa penelitian He telah secara serius melanggar hukum, peraturan dan standar etika China, dan mereka pun ikut menginvestigasi klaim tersebut.

Peralatan rekayasa genetika yang dipakai He dalam merekayasa bayi kembar yang 'diciptakannya' sebenarnya bukan hal baru di dunia sains. Peralatan itu pertama kali dibuat tahun 2012.

Cara pemakaiannya yaitu dengan menggunakan "gunting molekul" untuk memodifikasi helai DNA tertentu - entah memutus, mengganti atau menjepitnya.

Rekayasa genetika diperkirakan dapat bantu menghindari penyakit turunan dengan menghapus atau mengubah kode genetika bermasalah pada embrio.

Meski demikian, para pakar khawatir modifikasi gen pada embrio dapat membahayakan, bukan hanya bagi bayi tersebut, tapi juga bagi generasi berikutnya yang mewarisi perubahan genetika serupa.

Ratusan ilmuwan, baik di China maupun dari (rns/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2SqM95L
via IFTTT


Demikianlah Artikel Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan

Sekianlah artikel Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2018/12/ilmuwan-china-pencipta-bayi-rekayasa.html

0 Response to "Ilmuwan China 'Pencipta' Bayi Rekayasa Genetik Ditahan"

Post a Comment