Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa

Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa
link : Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa

Baca juga


Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa

Jakarta - Media sosial (medsos) dinilai berperan penting dalam aksi mahasiswa dan pelajar dalam beberapa hari kemarin. Hal ini tak terlepas dari kedekatan mereka dengan layanan digital.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang menjelaskan, medsos merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi milenial. Dalam sebuah survei yang pernah dilakukan bahwa 94,4% milenial Indonesia telah terkoneksi dengan medsos.

"Mereka menjadikan medsos sebagai salah satu referensi informasi mereka. Maka bisa dipahami mengapa aksi kemarin terbilang sukses mengajak milenial turun ke jalan," tuturnya, Kamis (26/9/2019).

Meskipun, kata Rustika, ada juga yang sekedar ikut kumpul, duduk-duduk, dan tidak ikut dalam demo. Alasan kebersamaan, ikut dalam tren, pingin eksis, kemudian turut jadi agen perubahan juga menjadi salah daya dorongnya.

Dalam data analisa yang dimiliki Indonesia Indicator di Twitter sejak tanggal 22 September sampai 26 September, aksi mahasiswa mendapat respon dari dua kubu, yaitu kelompok mahasiswa dan kelompok kontra pemerintahan Jokowi. Jumlah netizen yang merespon mulai dari sebanyak 56 ribu - 112 ribu dalam 12 jam.

Percakapan aksi mahasiswa mendapatkan respons dari kalangan netizen milenial hingga sempat mencapai 91%.

"Hal ini terjadi karena karakter milenial yang suka mengikuti tren, ingin menjadi bagian perubahan, dan suka mengeksplorasi hal-hal yang baru. Beraktivitas di luar bersama-sama merupakan satu hal yang menarik, selain untuk menyuarakan apa yang menjadi pemikiran mereka," tuturnya.


Adapun sejauh ini percakapan mengenai kelompok percakapan aksi mahasiswa tersebut relatif organik, mengomentari berbagai hal dalam aksi, mengungkapkan kekecewaan pada DPR, dan kemarin mulai mencuitkan berbagai postingan kekerasan yang dilakukan oleh aparat.

"Akun manusia sebesar 142.377 (95,7%) dan akun robot 6.367 (4,3%). Akun manusia ini termasuk buzzer," ucapnya.

Indonesia Indicator melihat untuk sebaran gender, akun perempuan 43,7% dan akun laki-laki 56,3%. Menariknya perempuan terbilang cukup aktif dalam hal ini, dibandingkan dengan isu-isu politik lainnya. Perempuan usia 18-25 tahun lebih aktif (49,3%). Perempuan di atas usia 35 tahun hanya 6,2%.

Sebanyak 87,5% netizen yang merespons adalah kelompok milenial. Hanya terdapat 8,4% mereka yg berusia di atas 35 tahun. Kelompok usia 18-25 tahun memiliki proporsi terbanyak, yakni 45,4%.

Rustika mengatakan kelompok aksi mahasiswa kemudian 'terbelah' saat ada kelompok aksi pelajar (STM) yang juga melakukan demo di depan DPR.

"Kelompok kontra pemerintah terlihat turut aktif mendukung kelompok aksi mahasiswa. Meski demikian, terdapat perbedaan wacana, di mana kelompok ini lebih banyak menurunkan pernyataan yang menyalahkan Jokowi, memasifkan video kekerasan aparat, serta terus-menerus membuat tagar #turunkanJokowi dan tagar sejenisnya. Akun ini jumlahnya sedikit, namun cuitannya sangat aktif," pungkasnya.

Beberapa tagar yang berkembang #HidupMahasiswa (1.321k kicauan), #STMmelawan (330k kicauan), #STMBergerak (79k kicauan), #stmmahasiswabersatu (35k kicauan), #AyoSemuaBergerak (153k kicauan), #iniMAHASISWA (14k kicauan), #DenniSiregarDicariAnakSTM (11k kicauan) dan #SurabayaMenggugat (11k kicauan), #TurunkanJokowi (141k kicauan) dan #KRITISIJANGANprovokasi (11k kicauan).

Simak Video "Instagram Cs Pandu Orang Tua agar Melek Media Sosial"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2nb9RbG
via IFTTT


Demikianlah Artikel Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa

Sekianlah artikel Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/09/peran-medsos-dan-milenial-dalam-aksi.html

0 Response to "Peran Medsos dan Milenial dalam Aksi Mahasiswa"

Post a Comment