Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara

Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara
link : Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara

Baca juga


Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara

Jakarta - Sindikat Saracen terungkap, sebuah kelompok penyebar isu kebencian bertendensi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) di media sosial. Dan kelompok semacam itu juga merebak di mancanegara dan telah menjadi bisnis besar.

Seperti diketahui pada tahun lalu, Facebook jadi sorotan karena dinilai sarana penyebaran berita hoax yang menguntungkan Donald Trump, yang membantunya jadi presiden terpilih Amerika Serikat. Salah satu pembuat berita palsu itu rupanya ada di mancanegara.

Ya, salah satu pelakunya adalah remaja asal Makedonia ini, sebut saja namanya Victor. Dikutip detikINET dari Mirror, Victor yang baru berusia 16 tahun adalah editor sebuah situs berita hoax.

Ia di masa kampanye Pilpres itu membuat berita palsu yang menguntungkan Donald Trump, karena menurutnya banyak yang mencari berita pro Trump. Dan di sisi lain, membuat berita hoax atau kebencian yang menyasar sang lawan, Hillary Clinton.

"Mereka kehausan mencari artikel-artikel seperti itu. Mereka ingin membaca berita baik soal Donald Trump," sebut Victor.

Victor berasal dari sebuah kota bernama Veles di Makedonia. Penelusuran dari media asal Inggris menyebutkan jika ada ratusan orang di kota itu yang mencari nafkah dengan membuat banyak website berisi berita palsu, terutama kaum muda. Berita itu kemudian banyak tersebar di media sosial.

Bisnis berita hoax ini ternyata besar keuntungannya, mungkin dari iklan dan sebagainya. Sebuah sumber menyatakan, ada yang sudah menghasilkan USD 200.000 atau lebih dari Rp 2 miliar hanya dengan menulis berita-berita hoax yang bertebaran di medsos.

"Kami melakukan ini untuk uang, untuk rekreasi. Soalnya tak banyak yang bisa dilakukan di sini. Tidak banyak anak muda keluar dari sini sehingga kami melakukannya untuk mengusir kebosanan," tambah Victor.

Ia menyatakan sebenarnya tidak terlalu peduli dengan Trump kecuali ternyata berita tentang dia, meski palsu, bisa menghasilkan untung besar. Penelusuran dari Buzzfeed mengungkap sedikitnya ada 140 website yang memuat berita palsu soal politik AS dibuat di Veles.

Nama situs semacam itu berbau AS, sebut saja TrumpVision atau DonaldTrumpNews. Kebanyakan kontennya membela Trump sehingga disukai para suporternya dan banyak menyebar ke medsos meski kebenarannya sangat diragukan. Mereka juga banyak mendalangi berita hoax Hillary, misalnya dia terancam ditangkap karena kasus kriminal.

Entah berpengaruh atau tidak, yang jelas Trump akhirnya menang Pilpres. Dan Makedonia bukan satu-satunya negara yang dicurigai tempat asal berita-berita palsu. Rusia juga demikian. Peneliti independen yang memantau aksi ini menyebut tujuannya adalah untuk membantu Trump memenangkan Pilpres AS dan meruntuhkan kepercayaan terhadap demokrasi Amerika.

"Ini adalah hal yang biasa mereka lakukan saat Perang Dingin. Masalahnya adalah, hal ini sulit dilakukan sebelum adanya media sosial," ujar Clint Watts, seorang peneliti di Foreign Policy Research Institute. (fyk/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2wDmKOX
via IFTTT


Demikianlah Artikel Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara

Sekianlah artikel Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2017/08/menguak-komplotan-ala-saracen-di.html

0 Response to "Menguak Komplotan ala Saracen di Mancanegara"

Post a Comment