Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610

Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610 - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610
link : Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610

Baca juga


Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610

Jakarta - Di tengah suasana duka atas tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT 610, masyarakat diminta menahan diri untuk tidak memperkeruh suasana dengan ikut menyebarkan informasi tidak benar.

Sejauh ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melaporkan setidaknya sudah ditemukan tiga informasi palsu (hoaks/hoax) yang beredar terkait peristiwa ini dan sudah langsung diklarifikasi. Berikut adalah keterangan resmi dari Kementerian Kominfo, Selasa (30/10/2018).

Laporan Isu Hoax Terkait Lion Air JT-610

Tanggal 30 Oktober 2018
Waspadai Hoaks Beredar Soal Lion Air Jatuh

1. Hoax Pertama

Tersebar foto badan pesawat terbelah yang di duga korban di pesawat Lion Air JT-610

Penjelasan: Foto yang digunakan dalam postingan tersebut bukan merupakan kondisi pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang pada 29 Oktober 2018.

Faktanya, foto tersebut adalah kondisi pesawat Lion Air JT-904 dalam penerbangan Banjarmasin-Bandung-Denpasar yang terbelah di laut Bali pada tanggal 13 April 2013.

Waspadai Hoaks Beredar Soal Lion Air Jatuh

2. Hoax Kedua

Video dari saksi nelayan saat jatuhnya pesawat jatuh Lion Air JT-610

Penjelasan: Video tersebut sama sekali tidak terkait dengan peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta - Pangkal Pinang pada tanggal 29 Oktober 2018. Faktanya, video tersebut peristiwa jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines Flight 961 di Samudera Hindia pada tanggal 23 November 1996.

Waspadai Hoaks Beredar Soal Lion Air Jatuh

3. Hoax Ketiga

Berita satu bayi korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 yang selamat.

Penjelasan: Foto yang beredar di media sosial yang memperlihatkan seorang bayi dengan caption satu bayi korban pesawat Lion Air JT-610 'selamat terombang ambing di laut' adalah hoax.

Faktanya, foto tersebut merupakan salah satu penumpang selamat dari kejadian tenggelamnya kapal KM Lestari Maju di Perairan Selayar pada 3 Juli 2018.

Menteri Kominfo Rudiantara pun secara langsung meminta masyarakat untuk ikut menghentikan laju peredaran hoaks, yakni dengan tidak mudah percaya dan tidak ikut menyebarkan informasi yang tidak jelas asalnya.

"Duka mendalam atas musibah Lion Air JT610. Dlm kondisi ini kita bisa bantu dg tahan diri unt tdk bebani keluarga korban dg hoaks & foto2 kondisi korban. Mari merujuk kpd penjelasan2 dr sumber2 resmi pemerintah. Akan sangat berarti bagi yg sedang dirundung musibah," kata Rudiantara melalui akun Twitternya @rudiantara.

(rns/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2Rn0XkS
via IFTTT


Demikianlah Artikel Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610

Sekianlah artikel Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610 dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2018/10/tiga-hoax-yang-teridentifikasi-kominfo.html

0 Response to "Tiga Hoax yang Teridentifikasi Kominfo Terkait Lion Air JT 610"

Post a Comment