Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India

Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India
link : Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India

Baca juga


Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India

Jakarta - Dalam beberapa waktu belakangan, Huawei terus terlibat konflik dengan Amerika Serikat. Mulai dari penangkapan Meng Wanzhou, CFO Huawei, hingga dicekalnya perusahaan asal China tersebut dalam menggelar teknologi 5G.

Untuk hal yang disebutkan terakhir, AS bukan satu-satunya negara yang memberlalukannya. Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, sampai Jepang pun memblokir Huawei untuk menjadi penyedia teknologi 5G di sana.

Di tengah-tengah penolakan tersebut, India jadi negara yang mungkin bisa memberikan Huawei kedamaian hidup. Pasar smartphone terbesar kedua di dunia setelah China itu masih membuka dirinya untuk bekerja sama dengan Huawei dalam mengembangkan 5G.

Hal tersebut tampak dari kedatangannya ke Negeri Gangga pada Desember lalu. Saat itu, pemerintah setempat mengundang Huawei untuk ikut serta dalam uji coba 5G di lapangan bersama sejumlah perusahaan lain seperti Nokia, Samsung, dan Ericsson, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Kamis (31/1/2018).

Amitendu Palit, ahli kebijakan perdagangan dan ekonomi dari National University of Singapore, mengatakan bahwa teknologi 5G yang dimiliki oleh Huawei dapat menguntungkan India. Salah satunya lantaran harganya yang seharusnya lebih murah dibanding pemain luar negeri lainnya.

Pemerintahan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Narendra Modi ini berencana untuk beralih dari 4G menjadi 5G pada 2020 mendatang. New Delhi, ibu kota India, juga berencana untuk melakukan lelang spektrum 5G kepada sejumlah provider lokal, walau para pemain seperti Vodafone Idea dan Bharti Airtel ingin hal tersebut ditunda sampai 2020.

Potensi Campur Tangan AS di India

Sayangnya, usaha Huawei untuk bernapas lega di India bisa jadi akan diusik oleh, lagi-lagi, Amerika Serikat. Hal ini terkait dengan proses hukum yang sedang dijalani oleh Meng Wanzhou.

"India tidak akan terlepas dari dampak perang teknologi antara Amerika dan China. Dengan pemerintah AS memburu Huawei, perhatian pemerintah India terhadap perusahaan tersebut akan lebih ketat," ujar C. Raja Mohan, analis kebijakan luar negeri India.

Negeri yang dikenal dengan Taj Mahal ini merupakan pemain krusial bagi AS dalam menggoyang dominasi China di Asia. Selain itu, keduanya merupakan sekutu di bidang pertahanan.

Terlebih, India juga sempat punya masalah dengan Huawei. Pada 2014 lalu, negara tersebut melakukan investigasi terhadap perusahaan itu, yang dituding membajak jaringan Bharat Sanchar Nigam, salah satu provider di sana, dengan klaim tersebut dibantah oleh Huawei India.

Hal itu berakar dari keputusan pemerintah dalam memblok para pemain telekomunikasi lokal untuk mengimpor perlengkapan dari China. Hal tersebut terkait dengan ketakutannya terhadap potensi spionase yang dilakukan oleh Negeri Tirai Bambu.

Meski demikian, di tengah-tengah perlawanan sejumlah negara terhadap Huawei, Mohan mengatakan India harus meninjau ulang argumen lamanya itu. Lebih lanjut, India mungkin harus melihat Huawei dengan sudut pandang baru dalam menjalin kerja sama dengannya.

Semoga saja Huawei bisa hidup dengan damai di India. Kalau mau mencari damai (baca: Damai), ya salah satunya memang ke sana, karena itu merupakan nama daerah di Bengal Barat, India. (rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://bit.ly/2MHXZ9I
via IFTTT


Demikianlah Artikel Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India

Sekianlah artikel Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/01/huawei-berseteru-dengan-as-berharap.html

0 Response to "Huawei: Berseteru dengan AS, (Berharap) Hidup Damai di India"

Post a Comment