Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel

Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel
link : Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel

Baca juga


Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel

Jakarta - Selama lebih dari dua puluh tahun lamanya, Universal Serial Bus, atau lebih akrab disebut sebagai USB, telah membuat banyak dari kita kesal karena keliru menentukan arah masuknya saat ingin menghubungkan. Flashdisk, misalnya. Hal ini tak lagi jadi isu setelah lahirnya USB Type-C, atau paling tidak bagi pemilik perangkat yang sudah mengadopsinya.

Lantas, sejak pertama kali ditemukan kenapa USB tidak dibuat reversibel saja sehingga ujungnya itu bisa dicolok bolak-balik tanpa memusingkan bagian atas-bawah, seperti halnya USB Type-C? Hal ini coba dijelaskan oleh Ajay Bhatt, salah satu penemu teknologi tersebut.

Pada awal 1990-an, Ajay, yang saat itu bekerja di Intel, ingin mencari cara untuk meluruskan segala benang kusut yang melibatkan kabel, plug, dan konektor berbeda-beda untuk masing-masing tujuannya. Selain itu, secara pribadi, dirinya juga ingin agar keluarganya bisa mencetak sesuatu menggunakan printer dan komputer rumahnya tanpa bantuannya.

Selain Intel, nama-nama seperti Compaq, IBM, dan Microsoft juga ikut terlibat dalam meramu port yang sifatnya lebih universal. Bukan cuma urusan merancangnya yang menjadi soal, karena mereka juga harus meyakinkan para produsen PC untuk mengimplementasikan standar mereka.

Kala itu ada beberapa vendor yang cukup sensitif terkait dengan biaya untuk mengikuti standar konektor tersebut. Hal ini juga yang memengaruhi bentuk dari USB.

"USB yang dapat terhubung melalui dua arah membutuhkan dilipatgandakannya kabel dan sirkuit, yang kemudian dapat melipatgandakan biaya," ujarnya, sebagaimana detikINET kutip dari The Verge, Rabu (26/6/2019).

Siapa yang mengalami ini ketika coba menghubungkan flashdisk ke komputer atau laptop?Siapa yang sering mengalami ini ketika coba menghubungkan flashdisk ke komputer atau laptop? Foto: Starecat

Saat diperkenalkan pada 1996, USB diproyeksikan untuk menggantikan port-port berukuran besar kala itu. Meski demikian, siapa sangka, perangkat ini juga justru sukses menggusur standar FireWire milik Apple, yang punya kecepatan transfer lebih tinggi, tetapi lebih mahal.

Kini, standar modern dari USB, USB Type-C, sudah menyelesaikan masalah kemampuan reversibel dari port tersebut. Ia sekaligus memberikan pengisian daya yang lebih baik dan transfer data yang lebih cepat.

(mon/krs)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2RA6yFU
via IFTTT


Demikianlah Artikel Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel

Sekianlah artikel Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/06/ini-alasan-kenapa-dulu-usb-tidak.html

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Dulu USB Tidak Reversibel"

Post a Comment