Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem

Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem
link : Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem

Baca juga


Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem

Semarang - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Akhlaqiyah di Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, berinisiatif menyediakan opsi pembayaran pendaftaran sekolah lewat Gopay. Ide itu rupanya memang terinspirasi meme Nadiem Makarim yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Jika kalian masih ingat, ketika pendiri Gojek Nadiem Makarim diumumkan sebagai Mendikbud, netizen berkelakar bahwa bayar uang sekolah nantinya bisa pakai Gopay. Kepala sekolah MI Miftahul Akhlaqiyah Miftahul Arief (39) mengakui kalau ide itu datang dari sana.

"Meme dan cuitan secara langsung dan tidak, tetap menginspirasi. Yang beredar itu kalau menterinya Nadiem bayar pakai Gopay. Ya itu kita praktekkan," kata Arief ditemui detikcom di sekolah yang dipimpinnya, Jumat (29/11/2019).

Jika dilihat dalam keterangan di situs MI Miftahul Akhlaqiyah, opsi pembayaran lewat e-payment ini memang belum menggunakan standar kode QR untuk penyedia layanan pembayaran digital. Pilihan pembayaran ini murni merupakan inisiatif sekolah dengan menggunakan akun e-payment milik Arief yang diperuntukkan sebagai tujuan transfer.

Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikINET

Dijelaskan Arief, tujuan sebenarnya memang untuk memberikan alternatif pembayaran sekolah. Menurutnya, banyak juga yang kemudian bertanya apakah ada cashback jika bayar lewat Gopay dan e-payment sejenisnya.

"Begitu pasang (pengumuman), itu banyak yang tanya (soal cashback). Ya kita coba proses ke situ. Para orangtua yang anaknya sudah di sini juga bilang, menarik juga kalau ada cashback-nya," ujarnya.

Adapun opsi pembayaran digital yang disediakan sebenarnya tidak hanya Gopay, tapi ada juga Ovo, Linkaja dan Dana. Menurutnya, pilihan pembayaran yang lebih banyak bisa memudahkan orangtua karena pendaftaran peserta didik baru juga bisa dilakukan cukup lewat ponsel.

"Kita kan di perkotaan, kadang orangtua terpancang waktu harus kerja. Maka inisiasi pakai itu agar mudah. Pembayaran tunai tetap bisa, lewat Gopay dan lainnya itu merupakan fasilitas tambahan," jelas pria lulusan UIN Walisongo itu.

Pendaftaran peserta didik baru lewat online dan bisa bayar pakai Gopay itu akan di buka selama bulan Januari 2020. Pembayaran SPP juga rencananya akan dilakukan menggunakan e-payment.

Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikINET

"Nanti kita kembangkan untuk pembayaran seterusnya, Insya Allah SPP dan sebagainya. Kita kan APP kayak UKT sudah tunggal di awal sudah kalkulasi kebutuhan buku berapa field trip berapa, kita akumulasi bisa dibayar di awal atau dicicil. Di sini orangtua kan multi background, ada petani, ojek online, pejabat, dan lainnya," papar Arief.

Selain opsi pembayaran, pemanfaatan teknologi di sekolah yang berdiri sejak 1953 itu dikatakan Arief sudah banyak diaplikasikan. Contohnya, absensi siswa yang dilakukan menggunakan Google form sehingga jika ada anak yang terlambat bisa terpantau dan bisa dikenai sanksi edukasi.

Sebagai sekolah dengan komitmen unggul literasi, lanjut Arief, para pengajarnya pun diminta aktif menulis di website milik sekolahan sehingga informasi selalu update setiap hari.


"Siswa juga diajarkan mengirim tugas lewat Gmail, sebagai bentuk pengenalan," ujarnya.
Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikINET

Meski tanpa basic pengetahuan IT atau komputer, Arief menjelaskan jika pemanfaatan teknologi informasi harus dilakukan karena sudah menjadi kebutuhan.

"Saya tidak ada background IT, ini ya karena kebutuhan sekarang. Saya juga membuat bimbel online, sudah 6 tahun," katanya.

Simak Video "Nadiem Jadi Mendikbud, Bayar Sekolah Pakai Gopay Benar-benar Terjadi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2R1iouE
via IFTTT


Demikianlah Artikel Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem

Sekianlah artikel Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/11/madrasah-semarang-bayar-spp-via-gopay.html

0 Response to "Madrasah Semarang Bayar SPP via Gopay Terinspirasi Meme Nadiem"

Post a Comment