Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional

Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional
link : Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional

Baca juga


Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional

Bitung -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengungkapkan, pentingnya Pusat Data Nasional bagi keberlanjutan sebuah negara. Saat ini, data center jumlahnya ribuan dan berceceran di mana-mana.

Disampaikan Johnny, tercatat sampai sekarang Indonesia memiliki lebih dari 2.700 data center. Namun mirisnya hanya 3% di antaranya yang sudah memenuhi standar global.

"Yang sebagian besar juga belum menggunakan cloud computing, masih menggunakan sistem lama. Karenanya berdampak pada konsolidasi dan interoperabilitas data yang mengakibatkan sulitnya mengambil keputusan data nasional atau satu data nasional," tuturnya dalam kunjungan kerjanya ke Bitung, Sulawesi Utara, Selasa (28/7/2020).

"Untuk itu, Pemerintah Joko Widodo menetapkan, di samping Pusat Data Nasional, Indonesia juga satu data nasional untuk memudahkan pengambilan keputusan dalam kebijakan publik," sambung Johnny.

Sejauh ini, pemerintah baru menetapkan empat calon lokasi yang akan dibangun Pusat Data Nasional, yakni di Jakarta, Batam (Kepulauan Riau), calon ibu kota baru negara, dan Bitung (Sulawesi Utara).

Adapun kunjungan kerja Menkominfo beserta jajarannya ke Bitung ini guna melihat kesiapan dan bagaimana kondisi lokasi yang direncanakan berdirinya Pusat Data Nasional.

Johnny kembali mengatakan akan pentingnya sebuah negara mempunyai Pusat Data Nasional, khususnya menyangkut masa depan Indonesia.

"Pusat Data Nasional ini terkait data bangsa dan negara dan potensi masa depannya. Karena apa? Yang menguasai data melalui artificial intelligence, big data, semua algoritma itu bisa meramal satu bangsa akan ada di mana di tahun-tahun kemudian. Kalau data tidak dikelola dengan baik, kita sendiri tidak tahu masa depan kita ada di mana," ucapnya.

Saat ditanya kapan kapan Indonesia resmi memiliki Pusat Data Nasional, politisi Partai NasDem ini enggan untuk menyebutkan waktu pastinya.

"Targetnya kita susun dulu, kita cek kesiapan lokasi, yang jelas bahwa sudah sangat urgent Indonesia punya Pusat Data Nasional," pungkas dia.

Simak Video "Divonis Bersalah oleh PTUN, Ini Respons Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2BF1HQr
via IFTTT


Demikianlah Artikel Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional

Sekianlah artikel Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2020/07/sudah-mendesak-indonesia-butuh-pusat.html

0 Response to "Sudah Mendesak, Indonesia Butuh Pusat Data Nasional"

Post a Comment