Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store

Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store
link : Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store

Baca juga


Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store

Jakarta -

Google akan memberlakukan aturan yang mengharuskan para developer aplikasi menggunakan sistem pembayaran di dalam aplikasi (in-app payment system). Artinya, developer yang para pelanggannya membayar aplikasi melalui debet kartu kredit, segera menggunakan sistem pembayaran Google Play Store yang memungut komisi 30% dari pembayaran ini.

Sebenarnya, kebijakan Google sudah sejak lama menyebutkan bahwa developer perlu menggunakan sistem penagihan Google pada pembelian di dalam aplikasi (in-app purchase) yang dilakukan di Play Store. Tapi selama ini, kebijakan tersebut belum diwajibkan.

Dikutip dari CNBC, Selasa (29/9/2020) para developer diberi waktu hingga 30 September 2021 untuk beralih menggunakan sistem penagihan Google sepenuhnya. Pengumuman tersebut membuat kebijakan Google Play Store sejalan dengan kebijakan App Store Apple.

Dalam beberapa bulan terakhir, Apple mendapat kecaman dari kalangan publisher, developer, dan regulator terkait kebijakan ini, termasuk poin yang memungut pajak sebesar 30%. Apple menentang pengawasan terhadap App Store-nya dan berkilah bahwa toko aplikasi lain seperti Google Play Store juga mengambil komisi 30% dari in-app purchase.

Sementara itu, saat mengumumkan hal ini, Google tidak menyebutkan aplikasi mana saja yang belum mengikuti aturannya ini. Namun dikatakan Google, 97% developer yang menjual konten digital di platformnya sudah mematuhi kebijakannya tersebut.

"Kami ingin memastikan bahwa kebijakan kami jelas dan diperbarui sehingga dapat diterapkan secara konsisten dan adil untuk semua developer. Jadi kami memperjelas bahasa dalam Kebijakan Pembayaran kami agar lebih eksplisit bahwa semua developer yang menjual konten digital di aplikasi mereka harus menggunakan sistem penagihan Google Play Store," kata Google dalam pengumumannya yang ditandatangani VP of Product Management Google Sameer Samat.

Salah satu developer yang paling lantang menentang kebijakan ini adalah Epic Games. Pembesut game Fortnite ini mengupdate aplikasinya pada Agustus lalu guna memungkinkan gamer bisa membayar langsung ke Epic Games untuk setiap in-app purchases yang mereka lakukan di Fortnite.

Tentunya, cara ini berupaya menghindari sistem penagihan Google Play Store. Google meresponsnya dengan menghapus Fortnite dari Play Store. Meski Fortnite tetap tersedia di Android, kami tidak dapat lagi menyediakannya di Play Store karena melanggar kebijakan kami," kata Google saat itu.

Hal ini pun membuat Epic Games menggugat Google. Masalah serupa terjadi di App Store. Apple juga menghapus Fortnite dari toko aplikasi, dan saat ini sedang bergelut dengan proses hukum melawan Epic Games. Dibandingkan dengan Apple, Google sejauh ini tidak terlalu disorot terkait kebijakan pemotongan komisi 30%. Mungkin saja ini akan berubah setelah Google mewajibkannya di tahun depan.

Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/3cKbQJx
via IFTTT


Demikianlah Artikel Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store

Sekianlah artikel Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2020/09/tahun-depan-google-wajibkan-developer.html

0 Response to "Tahun Depan Google Wajibkan Developer Pakai Sistem Pembayaran Play Store"

Post a Comment