Judul : Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat
link : Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat
Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat
Jakarta - Budaya transaksi nontunai menggunakan dompet digital diyakini berdampak positif terhadap peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat. Menurut CEO DANA, Vincent Iswara, pelaku transaksi nontunai dengan dompet digital seperti DANA secara otomatisakan mendorong penggunanya untuk mengenal dan belajar tentang bagaimana mengelola dana yang tersimpan untuk saving, investment, hingga credit.
Vincent menyebut, transaksi dengan dompet digital bahkan dapat dikatakan sebagai salah satu cara yang paling efektif dalam membantu masyarakat meningkatkan inklusi keuangan yang berdampak pada tingkat kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi, terutama di kalangan masyarakat dengan akses perbankan terbatas.
"Saat ini yang menjadi tantangan terbesar adalah masih rendahnya tingkat transaksi digital di kalangan masyarakat Indonesia. Angkanya masih di bawah 7% dari total keseluruhan transaksi. Namun di sisi lain, kondisi ini menggambarkan masih besarnya jumlah masyarakat Indonesia yang perlu mendapatkan edukasi dan dorongan dari perusahaan teknologi penyedia layanan dompet digital, seperti DANA, untuk bertransformasi ke budaya transaksi digital yang jauh lebih efisien dan memberdayakan," tutur Vincent dalam keterangan tertulis, Minggu (1/9/2019).
Pentingnya Dukungan Infrastruktur, User Experience (UX) Ramah Pengguna dan Aman, serta Sinergi Ekosistem Transformasi menuju budaya transaksi digital akan berjalan makin optimal dan akseleratif jika didukung oleh performa prima dari infrastruktur pendukung, seperti jaringan telekomunikasi.
Vincent optimistis, dengan performa infrastruktur yang makin meningkat, penetrasi dompet digital di kalangan masyarakat luas akan meningkat pula. Dengan jumlah pengguna smartphone di Indonesia yang lebih banyak dari jumlah masyarakat yang telah memiliki akses perbankan, maka peningkatan penetrasi dompet digital makin bermakna kritikal dalam membantu meningkatkan literasi dan inklusi keuangan.
Dengan dompet digital, masyarakat yang belum terjangkau akses perbankan dapat terbantu secara efisien ketika hendak melakukan transfer uang, membayar tagihan dan kebutuhan finansial lain yang dapat terlayani oleh dompet digital, menyimpan uangnya secara aman dan tercatat, hingga melakukan perniagaan bagi pengguna dari kalangan usaha.
Sementara bagi masyarakat yang sebenarnya memiliki akses perbankan, atau yang pernah memiliki akun perbankan namun tidak aktif, penggunaan dompet digital yang telah terkoneksi dengan mitra perbankan untuk optimalisasi penggunaan, bisa terpicu untuk kembali memiliki atau mengaktifkan
akun perbankan.
"Sinergi dengan ekosistem seperti membangun kemitraan dengan dunia perbankan adalah salah satu kunci keberhasilan dompet digital dalam mendorong masyarakat yang unbanked menjadi bankable, dan membantu mereka memiliki literasi keuangan yang lebih baik. Sinergi dengan dunia usaha hingga penyedia teknologi pendukung juga tidak kalah penting dalam meningkatkan inklusivitas keuangan. Untuk itu kami menyambut baik hadirnya kebijakan-kebijakan yang membuka peluang sinergi, seperti kehadiran QRIS (QR Indonesia Standard) yang akan makin memberdayakan aktivitas perekonomian. Sebagai wujud dukungan dan kepatuhan terhadap regulasi, teknologi pemindaian Kode QR pada aplikasi dompet digital DANA sudah mendukung dan sudah bisa digunakan untuk memindai QRIS dalam transaksi," kata Vincent.
Faktor lain yang tidak kalah penting dalam mendorong masyarakat untuk bisa memberdayakan ekonominya dengan dompet digital adalah tersedianya pengalaman pengguna atau User Experience (UX) yang kaya dan ramah-pengguna. UX yang mengesankan dan nyaman dalam penggunaannya, berpotensi untuk menguatkan kepercayaan masyarakat akan keandalan dan keamanan dompet digital dalam mendukung setiap kegiatan ekonominya.
"Kami ingin memastikan pengguna dompet digital DANA merasakan kemudahan dan kepraktisan dalam bertransaksi digital, serta mendapatkan proteksi dan jaminan keamanan yang optimal, termasuk mendapatkan jaminan keamanan atas data-data personal mereka. Dengan keseriusan ini, kami optimistis akan makin banyak masyarakat yang beralih ke transaksi nontunai secara digital. Tidak saja di kalangan masyarakat di kota-kota besar, namun juga masyarakat di seluruh penjuru Indonesia," tuturnya.
Simak Video "Rp 122 M Dinilai Kurang, Pemerintah akan Naikkan Dana Parpol"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/krs)
from inet.detik https://ift.tt/2LoXJvR
via IFTTT
Demikianlah Artikel Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat
Anda sekarang membaca artikel Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat dengan alamat link https://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/09/kata-ceo-dana-agar-transaksi-digital-di.html
0 Response to "Kata CEO DANA agar Transaksi Digital di RI Meningkat"
Post a Comment