Judul : Harkulnas GoFood Bantu Maksimalkan Omzet 74 Ribu Mitra Kuliner
link : Harkulnas GoFood Bantu Maksimalkan Omzet 74 Ribu Mitra Kuliner
Harkulnas GoFood Bantu Maksimalkan Omzet 74 Ribu Mitra Kuliner
Jakarta -GoFood terus memaksimalkan pendapatan UMKM kuliner di tengah pandemi. Melalui promo beragam kuliner favorit untuk memperingati Hari Kuliner Nasional (Harkulnas) pada 1 April - 5 Mei lalu, GoFood berhasil memberi kontribusi bisnis yang lebih positif untuk 74.000 mitranya yang mengikuti Harkulnas.
Chief Food Officer Gojek Group, Catherine Hindra Sutjahyo menyebut bahwa memang ada kecemasan terhadap keberlangsungan usaha kuliner lokal, terutama selama masa PSBB. "Karena, dengan semakin ketatnya aturan yang membatasi kontak sosial, terdapat perubahan perilaku konsumen yang sebelumnya memiliki banyak pilihan untuk makan di tempat makan (dine in), menjadi melakukan pemesanan makan secara online dari rumah," terang Catherine dalam keterangan tertulis, Senin (18/5/2020).
Menurut Catherine, hal ini yang menyebabkan banyak mitra merchant UMKM yang bisnisnya bergeser dari penjualan offline menjadi online. Berbagai upaya juga dilakukan Gojek, termasuk pada Harkulnas GoFood untuk meningkatkan eksposur dan visibilitas mitra usaha agar bisa menjaga kelangsungan mitra merchant termasuk UMKM.
Selama Harkulnas sendiri, GoFood juga meningkatkan penjualan harian merchant dengan cara mempromosikan UMKM melalui shuffle cards di aplikasi supaya lebih banyak menjangkau pelanggan, memberikan promo ongkir pada pelanggan, mengurangi biaya operasional melalui voucher diskon belanja bahan baku, hingga meningkatkan efisiensi bisnis UMKM melalui fitur Recommended Campaign di aplikasi GoBiz.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada kuartal I, ekonomi Indonesia hanya tumbuh 2,97%, cukup tergerus secara signifikan dari perkiraan pertumbuhan pada awalnya. Di tengah situasi ini, Harkulnas GoFood 2020 mencatat keberhasilan puluhan ribu mitra UMKM dalam memaksimalkan pendapatannya di mana jumlah pesanan dan omzet merchant yang berpartisipasi rata-rata lebih tinggi 12% dibanding merchant di luar program.
Beberapa temuan menarik pun didapat selama Harkulnas yang dapat menjadi referensi UMKM menyusun strategi bisnis, antara lain sebagai berikut:
● Batam, Jabodetabek, dan Surabaya mencatat pertumbuhan transaksi tertinggi selama program
● Aneka Kopi menjadi minuman yang paling sering dipesan menemani masyarakat yang semakin banyak bekerja dari rumah
● Ayam Geprek dan Aneka Nasi Goreng adalah tipe makanan yang paling banyak dipesan karena selain sudah populer di GoFood, pengguna kini turut memesan menu tersebut untuk anggota keluarga yang lebih lama menghabiskan waktu di rumah
● Waktu pemesanan tertinggi terjadi pada pukul 18.00 - 20.00 WIB (sebelum Ramadhan) dan pukul 16.00 - 19.00 WIB (saat Ramadhan)
"Selain hasil yang positif dari Harkulnas, harapan mitra usaha kuliner untuk bisa berangsur pulih terlihat semakin besar yang terlihat dari peningkatan transaksi serta pertumbuhan omzet rata-rata mitra merchant GoFood sebesar 10% di awal bulan Mei ini, dibandingkan minggu sebelumnya di bulan April. Bahkan, beberapa merchant yang menjual snack atau camilan mengalami kenaikan transaksi yang lebih tinggi, yaitu 30% dibandingkan sebelum masa pandemi, hal ini dikarenakan perubahan preferensi konsumen yang kini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah," lanjut Catherine.
GoFood juga mendukung gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia untuk membantu UMKM menjalankan bisnis secara online agar bisa melewati masa sulit selama pandemi. Selain itu, GoFood juga mengimbau mitranya untuk memperketat protokol keamanan dan kebersihan makanan, termasuk penerapan pengantaran tanpa kontak fisik langsung.
"GoFood dan mitra UMKM menghadapi pandemi ini bersama. Program-program yang selama ini telah kami fasilitasi seperti Harkulnas telah membuka jalan bagi para mitra usaha kuliner untuk semakin dikenal masyarakat luas dan menjadi pilihan kuliner favorit baru bagi pelanggan, agar secara konsisten dapat terus menjadi andalan, bahkan setelah masa promo berakhir. Kami optimis bahwa bersama-sama, pasti ada jalan untuk terus bertahan melalui masa sulit ini," tutupnya.
(prf/fay)from inet.detik https://ift.tt/3g6RnQH
via IFTTT
Demikianlah Artikel Harkulnas GoFood Bantu Maksimalkan Omzet 74 Ribu Mitra Kuliner
Anda sekarang membaca artikel Harkulnas GoFood Bantu Maksimalkan Omzet 74 Ribu Mitra Kuliner dengan alamat link https://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2020/05/harkulnas-gofood-bantu-maksimalkan.html
ReplyDeletePakai Pulsa Tanpa Potongan
Juga Pakai(OVO, Dana, LinkAja, GoPay)
Support Semua Bank Lokal & Daerah Indonesia
Game Populer:
=>>Sabung Ayam S1288, SV388
=>>Sportsbook,
=>>Casino Online,
=>>Togel Online,
=>>Bola Tangkas
=>>Slots Games, Tembak Ikan, Casino
Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang Tunai
|| Online Membantu 24 Jam
|| 100% Bebas dari BOT
|| Kemudahan Melakukan Transaksi di Bank Besar Suluruh INDONESIA
WhastApp : 0852-2255-5128
Agens128 Agens128