China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?

China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani? - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?
link : China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?

Baca juga


China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?

Busan - Pemerintah China tanpa ampun menutup seluruh akses komunikasi WhatsApp demi kedaulatan digital di negaranya. Bagaimana dengan Indonesia?

Kabar tentang diblokirnya layanan messaging milik Facebook itu pun telah sampai ke telinga Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang tengah menghadiri ITU Telecom World 2017 di Busan, Korea Selatan.

"Begini, reaksi tiap negara berbeda-beda caranya. China dari awal tidak boleh masuk tapi kembangkan di dalam negeri," ucap Rudiantara di sela-sela kegiatannya itu di Busan, Selasa (26/9/2017).

Persoalannya, kata dia, berbeda dengan yang terjadi di Indonesia. Menurutnya, Indonesia terbilang terlambat dalam mengembangkan layanan Over The Top (OTT) seperti WhatsApp, Google, ataupun Facebook.

"Indonesia terlambat dalam artian sudah terbuka kita, makanya optimalisasi dari sekarang, (OTT global) sudah keburu masuk. Kalau kita usir, nggak bener itu, kita bicara baik-baik, diubah model bisnisnya," tuturnya.

Meski terbilang terlambat, sebagai Menkominfo, ia tetap mendorong agar OTT lokal untuk tumbuh. Sebab, Indonesia merupakan negara yang punya potensi besar mengenai ekonomi digital.

"Saya ke teman-teman, kalau nanya ke saya pakai WhatsApp, nggak saya balas. Pakai OTT nasional dong, boleh dong, kan sekalian promosi, tugas saya kan begitu, bos," ungkapnya.

WhatsApp sendiri akhirnya diblokir sepenuhnya di China. Setelah tak bisa berkirim foto dan video, kini layanan messaging milik Facebook itu pun tak lagi bisa berkirim pesan teks.

Seperti detikINET lansir dari CNBC, pemblokiran terhadap WhatsApp ini dilakukan setelah pemerintah China meningkatkan sistem firewall mereka untuk menerapkan kebijakan sensor dan proteksi yang ketat.

Dengan demikian, Facebook pun benar-benar dibuat mati kutu. Pasalnya, WhatsApp adalah layanan terakhir milik mereka yang mampu menembus tembok China setelah Facebook diblokir sejak 2009 lalu. Instagram pun demikian.

Pemblokiran ini merupakan salah satu upaya China untuk memperketat pengawasan terhadap aplikasi yang beredar di negaranya. WhatsApp menggunakan end-to-end encryption yang membuat pemerintah China tak bisa melihat isi pesan yang dikirimkan antarpengguna. (rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik http://ift.tt/2whPDfW
via IFTTT


Demikianlah Artikel China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?

Sekianlah artikel China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani? dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2017/09/china-tegas-blokir-whatsapp-indonesia.html

0 Response to "China Tegas Blokir WhatsApp, Indonesia Berani?"

Post a Comment