Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook

Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook
link : Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook

Baca juga


Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook

Jakarta - Nasib nahas Facebook yang dimanfaatkan untuk mendukung kemenangan Donald Trump pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat ternyata juga dialami oleh Tumblr.

Tumblr menemukan terdapat 84 akun yang digunakan oleh sebuah kelompok asal Rusia untuk menyebarkan disinformasi selama Pilpres AS pada 2016 lalu. Platform online tersebut mengaku mulai melihat tanda-tanda mencurigakan pada akhir 2017.

Setelah itu, Tumblr pun melakukan investigasi yang akhirnya menggiring mereka pada kelompok bernama Internet Research Agency (IRA). Jejaring sosial ini pun menuduh 13 orang dari kelompok tersebut bersalah.

Tuduhan Tumblr merujuk pada aksi propaganda dalam membantu Donald Trump menang atas Hillary Clinton dengan menyebarluaskan disinformasi menggunakan 84 akun tersebut.

Situs microblogging ini pun bergerak cepat dengan mematikan akun yang terlibat dan menghapus seluruh unggahannya, sekaligus bekerja sama dengan US Justice Department dalam investigasi lebih lanjut.

Tidak hanya itu, pihak Tumblr mengaku bahwa mereka membuka ruang diskusi mengenai apa yang sebenarnya terjadi, sekaligus memberikan langkah-langkah lanjutan dalam mencegah platform tersebut kembali dimanfaatkan sebagai media penyebaran disinformasi.

Mereka mengatakan akan memberitahu via email bagi siapapun yang menyukai, membalas, mengunggah ulang, maupun mengikuti akun-akun yang terlibat dengan aktivitas kelompok IRA.

Selain itu, Tumblr juga akan memberikan daftar seluruh 84 akun yang dimanfaatkan oleh IRA sekaligus pengguna mana saja yang melakukan interaksi dengannya.

"Kami berkomitmen untuk menjaga transparansi dan ingin kamu semua mengetahui apa saja yang kami ketahui," ujar juru bicara Tumblr, seperti detikINET kutip dari The Guardian, Senin (26/3/2018).

"Kami memutuskan untuk membiarkan seluruh rantai reblog yang mungkin masih terdapat di dalam platform Tumblr. Kami memberikan kebebasan kepada user untuk membiarkannya atau menghapusnya karena setiap reblog mengandung sebuah unggahan yang dibuat oleh akun Tumblr asli," ujarnya menambahkan.

Keputusan Tumblr untuk membiarkan reblog tersebut karena di dalamnya terdapat sejumlah pembantahan terhadap informasi miring yang disebarkan oleh unggahan asli yang diciptakan oleh IRA.

(rou/rou)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2G72N4l
via IFTTT


Demikianlah Artikel Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook

Sekianlah artikel Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2018/03/alat-propaganda-pilpres-as-ternyata.html

0 Response to "Alat Propaganda Pilpres AS Ternyata Bukan Cuma Facebook"

Post a Comment