iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?

iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut? - Hallo sahabat Berita Terkini Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel apa, Artikel bagaimana, Artikel di mana, Artikel IFTTT, Artikel inet.detik, Artikel kenapa, Artikel siapa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?
link : iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?

Baca juga


iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?

Jakarta - Tanggal 29 Juni sejatinya menjadi momen stimewa buat Apple karena produk andalannya, iPhone, mau berulang tahun. Tapi perayaan malah jadi terasa tidak enak, dan juga tak lengkap, karena tak ada Jonathan "Jony" Ive.

Ive baru saja diumumkan resmi cabut dari Apple setelah total 27 tahun mengabdi di perusahaan tersebut. Setelah nyaris tiga dekade di Apple, pria Inggris berusia 52 tahun yang dapat gelar "Sir di tahun 2012 itu pergi untuk menjalankan perusahaan sendiri.

Di Apple, Ive adalah sosok yang sedemikian penting. Bukan apa-apa, produk-produk ikonik Apple tak lepas dari polesannya sebagai desainer jagoan. Sebut saja produk iMac, iPod, iPhone, dan kemudian iPad.

Sehubungan dengan itulah maka momen cabutnya Ive menjadi hal yang menarik. Ia meninggalkan Apple beberapa saat sebelum ultah iPhone (yang pertama) pada tanggal 29 Juni.

Merunut sejarahnya, pengembangan iPhone original dimulai sejak tahun 2004. Alkisah, dikumpulkanlah sebuah tim khusus berisikan sekitar 1.000 karyawan yang turut berisikan sejumlah "bintang". Salah satunya Ive, yang saat itu sudah punya reputasi sebagai figur di belakang desain menawan iMac dan iPod.

"Project Purple", demikian nama proyek yang dikerjakan tim tersebut, konon bekerja dalam kerahasiaan tinggi. "Proyek Ungu" inilah yang kemudian berujung pada momen 29 Juni 2007, yakni kelahiran generasi pertama iPhone -- smartphone yang disebut-sebut sebagai produk "revolusioner" dan "mengubah banyak hal" dalam industri telepon seluler pada saat itu. Desain Ive pun kembali dapat apresiasi tinggi.

Sedemikian pentingnya Ive buat Apple, di tahun 2011 silam media Telegraph.co.uk pernah mengutip sebuah pernyataan Steve Jobs, dalam biografinya hasil karya Walter Isaacson, dengan kata-kata berikut ini.

"Ia bukan cuma seorang desainer. Itu mengapa dirinya bekerja langsung di bawahku. Kekuasaan operasional yang ia miliki di Apple lebih besar dibandingkan siapa pun, cuma kalah dari kekuasaan yang aku miliki. Tak ada siapa pun yang bisa menyuruh-nyuruhnya harus berbuat apa, atau berhak memintanya untuk menepi. Memang begitulah pengaturan yang aku lakukan."

Maka, sekali lagi, cabutnya Ive dari Apple pun memunculkan tanda tanya. Apalagi itu terjadi sebelum momen perayaan ultah iPhone, yang merupakan salah produk ikonik hasil karya si "Sir" tersebut.

Beragam dugaan dan asumsi boleh saja bermunculan tapi faktanya adalah Ive sudah cabut, yang mana juga langsung berimbas negatif ke saham Apple dengan penurunan 0,087%. Artinya, Apple diestimasi kehilangan USD 8 miliar langsung usai pengumuman cabutnya Ive.

Momen ultah iPhone tanggal 29 Juni jelas jadi tak enak. Sudah harus dirayakan tanpa salah satu sosok penting yang ikut membidaninya, eh ada pula pukulan di sektor saham.

(krs/fyk)

Let's block ads! (Why?)



from inet.detik https://ift.tt/2xkt78p
via IFTTT


Demikianlah Artikel iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?

Sekianlah artikel iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut? kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut? dengan alamat link http://berita-sekarang-indo.blogspot.com/2019/06/iphone-mau-ultah-jony-ive-kok-malah.html

0 Response to "iPhone Mau Ultah, Jony Ive Kok Malah Cabut?"

Post a Comment